Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Siap-siap Weekend Bareng Keluarga ke Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019

Sunday, August 25, 2019
Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019 (Muslim LifeFest) pada 30 Agustus – 1 September 2019 mendatang di Jakarta Convention Centre menjadi acara yang kami tunggu. Insya Allah kami sekeluarga mau ke sana karena pameran industri syariah & halal ini menyuguhkan rangkaian acara yang komplit untuk ayah, ibu, juga anak. Ini lho hal-hal menarik untuk menghabiskan weekend bareng keluarga di Muslim LifeFest 2019.

Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019



Gaya Hidup Halal dalam Keluarga


Sebagai pemeluk agama Islam, keluarga kami berusaha menerapkan gaya hidup halal dan sesuai Syariah. Contohnya saat membeli makanan kemasan, saya tunjukkan ke SID untuk mencari logo halal supaya ia peduli pentingnya menggunakan barang halal. Yang menantang itu ketika kami ke Singapura kemudian memilih jajanan di sana. Kalau enggak yakin, mending enggak jadi beli, deh. Pernah juga sudah beli sekardus cokelat yang sedang hits ternyata komposisinya ada yang meragukan karena menggunakan lemak hewan. Zonk!

Gaya hidup halal alias halal lifestyle makin meluas, enggak hanya berhubungan dengan makanan atau minuman. Produk halal di Indonesia pun semakin beragam seperti halal travel dengan destinasi wisata religi di Indonesia hingga luar negeri juga halal cosmetic. Yang terakhir ini menjadi pertimbangan saya pula dalam memilih skincare dan kosmetik yang halal. Kosmetik akan menempel dan meresap di kulit maka penting memilih produk yang telah tersertifikasi halal.

Di samping itu, kecanggihan teknologi sekarang ini memunculkan berbagai startup dan fintech, contohnya di bidang pembayaran yang semakin cashless. Sebagai keluarga yang (mencoba) mengikuti perkembangan zaman, saya pakai produk keuangan kontemporer seperti gopay dan e-money karena memudahkan. Akan tetapi, pernah dengar, kan, perdebatan halal vs haram produk tersebut? Bagaimana yang tepat menurut ajaran Islam?

dok Muslim LifeFest 2019


Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019 dari Produk Halal, Kajian Parenting Hingga Pelatihan Bisnis


Masih banyak hal-hal yang berkaitan dengan Syariah dan halal lifestyle yang perlu kami pelajari. That’s why kami senang banget ada pameran industri dan gaya hidup halal terbesar dan terlengkap Muslim LifeFest 2019. Hasil kepo-in rundown acaranya, banyak banget kajian, talkshow, dan workshop menarik. Duh … duh … duh … sampai bingung pilih yang mana.

Awalnya saya tahu Muslim LifeFest ini dari Ayah SID. Beliau sudah booking tanggal di akhir bulan enggak bisa diganggu gugat karena ada workshop bisnis Syariah. Ternyata acaranya enggak hanya seputar bisnis. Ada pameran fashion sampai pendidikan juga. Asyik, ikut ah ….

Indonesia Muslim Lifestyle Festival merupakan kolaborasi LIMA Event dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam Indonesia (PULDAPII), dan Yayasan Alumni Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran (YAPIAT). Pameran ini akan menampilkan produk-produk halal dari 8 sektor yaitu sekolah berbasis islam, modest fashion, halal food, halal travel, sharia property, halal cosmetic, halal media dan startup berbasis syariah. Tuh, kan, cocok banget untuk weekend bareng keluarga ke Muslim LifeFest.

“Pameran ini merupakan salah satu bentuk kontribusi pengusaha muslim terhadap Indonesia yang sedang mempersiapkan sebagai tuan rumah ekonomi dan keuangan syariah tahun 2024. KPMI berupaya merespon semua insiatif sekaligus mengkaji kasus-kasus muamalah kontemporer, seperti fintech syariah, propertI syariah, kebab syariah, dan koperasi syariah. Belum lagi soal produk keuangan kontemporer seperti gopay, OVO, e-money bagaimana tinjauan syariahnya sehingga umat tidak bingung,” jelas Ketua Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), Rachmat Surtanas Marpaung.

Ini nih beberapa jadwal Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019 yang menarik:

Untuk Ayah SID yang sedang belajar menjalankan bisnis sesuai Syariah, Muslim LifeFest mengadakan forum bisnis, investor forum, dan business matching dengan internasional buyers. Ada juga kompetisi social entrepreneurship untuk startup. Selain itu ada beragam talkshow dan kajian seputar bisnis, seperti:

  • Talkshow Peran UMKM dalam Industri Halal oleh Ketum OKE OCE, KPMI, Kemenkop UKM, Ayam Bakar Wong Solo (30 Agustus 2019)
  • Talkshow Hijrah Membawa Berkah oleh El Chandra – Xbank (30 Agustus 2019)
  • Bedah Buku “Pasar Modal & Dunia Makelar” oleh Ust. Ammi Nur Baits, ST, BA (31 Agustus 2019)
  • Kajian Keutamaan & Keberkahan Berdagang oleh Ust. Ali Hasan Bawazier, Lc (30 Agustus 2019)
  • Kajian Kewajiban Menafkahi Keluarga oleh Ust. Aris Munandar, SS., MPI (1 September 2019)
  • Talkshow Bursa Muslim, Property Syariah, dan Koperasi Syariah (1 September 2019)
  • Business Workshop tentang Startup, Ekspor for Muslim Entrepreneur, Digital Marketing, dan Permodalan Tanpa Riba
  • Business Matching bersama Komunitas Pengusaha Muslim di seluruh Indonesia
  • Talkshow Perizinan tentang Sertifikat Halal, Izin Edar, juga P-IRT. Bisa curhat nih ke MUI dan BPPOM soal mengurus perizinan usaha.
  • Job Fair dengan perusahaan yang bergerak di industri halal.


dok. Muslim LifeFest 2019

Kalau saya yang tertarik dengan Islamic parenting ingin ke bagian Islamic Education Fair oleh PULDAPIA yang menampilkan lebih dari 50 sekolah berbasis Islam seperti Pesantren Tahfizh Al Hunafa, Al Kaaffah Integrated Islamic Boarding School, dan Pondok Pesantren Al Irsyad Tengaran. Ada juga, lho, talkshow dan kajian parenting, antara lain:

  • Talkshow Pendidikan Islam untuk Anak Milenial, Ust. Kholid Syamhudi, Lc. (30 Agustus 2019)
  • Kajian Tanamkan Tauhid Sejak Dini oleh Ust. Dr. Syafiq Riza Basalamah, Lc., MA (31 Agustus 2019)
  • Kajian Parenting oleh Ust. Yusuf Usman (31 Agustus 2019)

Salah satu kajian di Muslim LifeFest 2019 (dok. Indonesiamuslimlifefest)

Oh ya, pameran produk halal di bidang fashion dan cosmetic juga ada, lho di sini. Berbagai brand modest fashion akan menampilkan koleksi terbaiknya. Pas banget, kan, ke pameran ini bareng suami supaya gampang kirim kode memboyong baju baru, hoho ….

Pameran fashion muslim di Muslim LifeFest 2019 (dok. Indonesiamuslimlifefest)

 Untuk anak-anak, Muslim LifeFest 2019 menyelenggarakan berbagai lomba dan kids activities seperti:

  • Talkshow bersama Naja, difabel penghafal Quran yang divonis cerebral palsy (30 Agustus 2019). Masya Allah, menonton penampilannya di YouTube aja bikin merinding. Semoga bisa bertemu langsung dengan anak cerdas ini.
  • Lomba Tahfidz Quran (1 September 2019).
  • Kids Activity oleh Nussa Official.
  • Olimpiade Halal bertajuk “Produk Halal Pilihan Generasi Millenial” oleh LPPOM MUI untuk siswa SMA/sederajat se-Jakarta.

 
(dok. Indonesiamuslimlifefest)
Setelah berkeliling ke ratusan booth di Muslim LifeFest, jangan lupa mampir ke Pusat Jajanan Halal yang menyajikan makanan dan minuman yang telah mendapat sertifikasi Halal MUI atau sedang proses finalisasi pengurusannya. Di area kuliner ini dikenalkan pula profesi khusus untuk peracik makanan halal yang telah mendapatkan sertifikasi kompetensi food handler, lho!

(dok. Indonesiamuslimlifefest)


Stroller Gratis untuk Keliling Muslim LifeFest


Area pameran Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019 ini luas banget meliputi Plenary Hall, Main Lobby, Lower Lobby, dan Cendrawasih Hall di JCC Senayan. Kebayang dong bawa anak balita muter-muter tempat seluas itu bakal pegel. Nah, untunglah panitia memahami kebutuhan mamah muda ini dengan menyediakan fasilitas stroller saat weekend yang bisa didapatkan di area information booth – Main Lobby.

Ada juga fasilitas pendukung yang dapat digunakan pengunjung secara gratis, yaitu:
  • Fasilitas wheel chair di area information booth - Main Lobby.
  • Fasilitas reading corner di area Cendrawasih Hall.
  • Fasilitas nursery room di area Plenary Hall.

 
Kurangi sampah plastik (dok. Indonesiamuslimlifefest)

Harga Tiket Muslim LifeFest 2019


Untuk menikmati berbagai kajian, talkshow, dan pameran produk halal ini, pengunjung Muslim LifeFest 2019 cukup membayar tiket masuk Rp25.000,-/orang. Anak usia 5 tahun ke atas perlu membeli tiket sendiri, ya. Syukurlah SID masih balita jadi gratis. Hoho ….

Talkshow dan workshop seputar bisnis juga business matching biayanya beda, ya, tergantung acaranya. Selengkapnya bisa beli tiket secara online di bursamuslim.com supaya enggak kehabisan tiket on-the-spot.

Khusus hari Jumat, tgl 30 Agustus 2019, tiket masuknya gratis! Puas-puasin deh belajar mengenai halal lifestyle di Indonesia Muslim Lifestyle Festival dari pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.


Kamu tertarik ikut acara yang mana di Muslim LifeFest tahun ini?

Indonesia Muslim Lifestyle Festival

JCC, Senayan, Jakarta
30 Agustus - 1 September 2019
Pukul 09.00 - 21.00 WIB
HTM Rp25.000,- (gratis khusus Jumat)
www.muslimlifefest.com
Instagram: @indonesiamuslimlifefest
30 comments on "Siap-siap Weekend Bareng Keluarga ke Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019"
  1. Maaakk, ini acaranya kenapa keren amaatttt
    semoga segera diduplikasi di kota2 lain
    Aku pengin ikutan kajian Ustadz Basalamah
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kali pertama di Jakarta. Semoga selanjutnya road show ke kota-kota lain di Indonesia yaa

      Delete
  2. Aku pun menantikan acara ini mbak, gak sabar deh pengen datang karena penting nih untuk keluarga. Acaranya pun bagus banget ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu weekend bareng keluarga ke Muslim LifeFest

      Delete
  3. Ternyata tiketnya gak mahal. Pengen banget deh saya ke sini. Ajakin keluarga sekalian. Cari kulineran sih saya maunya :)

    ReplyDelete
  4. wow...Muslim Life Fest keren banget nih...kita jadi nambah wawasan juga tentang keislaman...

    ReplyDelete
  5. Seru banget pasti ini ya acaranya. Jadi pingin ke sana deh

    ReplyDelete
  6. Waw...bakalan seru kayaknya nih 😊 Aku demen main2 di pameran sejak kecil loh. Mau dateng ah Jumat biar free HTM nya hahaha...mau puas2in di sana. Tq infonya ya mb Helena 😊 Ada jualan busana muslim juga kan ya dan kosmetik? Liat2 ah...

    ReplyDelete
  7. Acaranya menarik banget. Pingin ikut semua, biar bisa dapet banyak ilmu. Wah, ada Nusa juga ya. Anak2 seneng nih pastinya

    ReplyDelete
  8. Berharap ada event kayak gini di kota lain, Surabaya gitu lah, biar saya bisa berkunjung juga. Kalau Jakarta kejauhan, cuma bisa mupeng aja

    ReplyDelete
  9. Wah bakal meriah banget acaranya, mulai dari stannya keren hingga rangkaian acara talkshow, serta fashion shownya, puas banget ni kalau datang ke sini

    ReplyDelete
  10. Duuhhh... Ini kayaknya seru banget acaranya😍
    Enaknyaaa yg tinggal di jakarta..

    ReplyDelete
  11. Waah ada Nusaa. Anakku pasti senang nih . Kayaknya harus datang ke sini nih. Banyak acara menarik kayaknya.

    ReplyDelete
  12. Mbaaa, sungguh aku tak sabar pengen datang ke acara ini juga mba. Soalnya deket rumah. Pulang kerja bisa langsung kabar :)

    ReplyDelete
  13. Ku tertarik dengan Talkshow Pendidikan Islam untuk Anak Milenial. Seru pasti!
    Tiket masuk pun murah sekali ya..dah cuss ke webnya aja mau booking seat dan kepoin info selengkapnya

    ReplyDelete
  14. Keren banget eventnya yah, jadi pengusaha muslim semakin memiliki peran penting dalam dunia bisnis, semoga sukses selalu 😊

    ReplyDelete
  15. aku dukung acara kayak gini seolah kita kan mayoritas muslim, kalo nbisa di tiap daerah deh dibuat kayak gini ya Mba helena. biar makin naik daun makanan muslim

    ReplyDelete
  16. Aaaah ada Ustadz online saya Dr. Syafiq Riza Basalamah. Pengen banget datang ke kajiannya. Biasa nyimak di akun youtube beliau saja.

    ReplyDelete
  17. Wah aku bertiga wes bayar tiket siji anake hehe...
    Lengkap juga nih acaranya. Aku penasaran sama pameran pendidikannya, kali ada sekolahan ISlam di Bogor ikut pameran. Kalau yang belajar bisnis syariah itu bayar lagi atau free?

    ReplyDelete
  18. berarti SID udah tahu yaa gimana caranya cari mana yg makanan dan minuman halal. emang wajib dikenalkan sedari dini. kan halal tuh menyangkut segala sendi kehidupan kita ya kak

    ReplyDelete
  19. Keren ya ini kolaburasi lima event bisa berkumpul bersama di muslim lifestyle festival. DUh moga-moga aku hari Minggu bisa mampir ke sana sekalian ke CFD nih paginya

    ReplyDelete
  20. Whaaa mbak, aku suka banget hadir di event kayak gini. Bisa puas nyari info pemenangnya produk halal buat keluarga

    ReplyDelete
  21. Lengkap ya Dan luas bngt yg buka stand juga banyak next aku hrs kesana nih... Bisa Tau lg sekolah utk kidos, kulineran dn ada kajian juga

    ReplyDelete
  22. Iyaya, kak...
    Anakku ini sudah beberapa kali pengiiin banget bikin hot-choco marsmallow kaya di kapekape itu loo..
    Tapi sampai saat ini belum pernah nemuin marsmallow yang ada lambang halal-nya.

    Huhuu...
    Penting banget memang membiasakan diri bergaya hidup halal.

    ReplyDelete
  23. wah baru mau akan ya festival ini, untung aja blogwalking ke blog mama sid, aku lagi pengen weekend berfaedah sama anak-anak. jadi pengen ajak mereka ke sini deh. makasih infonya ya mam

    ReplyDelete
  24. Wah, acaranya full dan padat sekali ya. Materinya juga macam-macam. Ini tinggal nandain aja materi yang mana yang pengin didengarkan kajiannya. Tapi yang paling penting ya jalan-jalan sama jajannya. Mumpung semua dijamin halal, kan, ajdi santai bisa makan apa aja. Duit e sing gak santai, wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  25. Wah hari ini terakhir πŸ˜…. Coba colek pasangan hidup mau ke sini enggak ya?

    ReplyDelete
  26. Wah, semoga acara sebagus ini bisa diadakan di kota-kota lainnya. Supaya gaya hidup "halal" bisa menjadi gaya hidup umat muslim di manapun berada.

    ReplyDelete
  27. Huaa andai tahu ada Nusa bakalan datang deh. Anyway 25 ribu mah murah banget ya untuk sekelas Jakarta. Keren ih ada talkshow dan kajiannya

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,