Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sambal? Ini Jawaban SehatQ.com

Friday, August 23, 2019


Bolehkah Ibu Hamil Makan Sambal? Ini Jawaban SehatQ.com


SehatQ.com - Ibu hamil tuh ya ngidamnya aneh-aneh. Seperti kehamilan kedua ini saya yang enggak doyan sambal justru ngidam sambal, terutama di trimester pertama. Setiap melihat sambal rasanya ingin colek, menggiurkan untuk mencoba. Sebenarnya ibu hamil makan sambal itu boleh atau tidak? Apakah aman untuk ibu dan janin?




Ibu Hamil Makan Sambal, Amankah?


Awal kehamilan itu masa yang super moody. Lapar tapi pilih-pilih makanan. Rasa mual yang mudah menyerang membuat saya makan dalam porsi sedikit tapi sering. Nah, salah satu makanan yang menggugah selera di trimester awal lalu yaitu sambal, spesifiknya sambal dari ayam geprek. Enggak tahu mengapa kalau lihat sambal di atas ayam geprek langganan tuh ingin banget mencoba. Biasanya sambal itu saya beri ke suami yang penyuka pedas.

Namanya sambal ayam geprek ya pedesnya mantab surantap! Saya makan dengan lahap sambil kepedesan. Besoknya, perut jadi mules dan bolak-balik ke toilet. Haha … salah sendiri makan pedas padahal sudah tahu lambung enggak kuat. Dilema ibu hamil yang ngidam sambal ya beginilah.


Ngidam sambal ini membuat saya berpikir, duh bahaya apa enggak nih makan sambal saat hamil? Apakah berdampak bagi pertumbuhan janin? Saya pun googling dan menemukan artikel seputar kehamilan di SehatQ.com yang berjudul “Bolehkah Makan Sambal Saat Hamil?”. Berikut petikan artikelnya.

Bolehkah makan sambal saat hamil?
Oh, alhamdulillah rupanya ibu hamil boleh saja makan sambal tetapi sadar dengan kemampuan diri. Kalau terlalu pedas malah tidak baik untuk ibu hamil apalagi di trimester kedua dan ketiga, makan pedas dapat memicu heartburn. Syukurlah ketemu artikel terpercaya di website SehatQ.com.

Buat Janji dengan Dokter, Cari Rumah Sakit, Sampai Konsultasi Kesehatan Online di SehatQ.com


Dari satu artikel tentang sambal tadi, saya jadi mengulik SehatQ.com yang mengusung tagline “Asisten Kesehatan Keluarga Anda”. Di sini lengkap juga kategori artikel kesehatan, dari kehamilan, bayi & menyusui, parenting, BPJS, olahraga, hidup sehat, kesehatan mental, dan sebagainya.

Selain itu, ada informasi seputar penyakit lengkap dengan gejala, pengobatan, sampai rekomendasi dokter yang kompeten untuk pengobatan tersebut. Kebetulan saya sedang menulis tentang penyakit pneumonia jadi mendapat referensi dari SehatQ.

Cari daftar rumah sakit dan klinik terdekat (sumber: SehatQ.com)
Di samping itu, di SehatQ.com bisa buat janji konsultasi ke dokter, lho. Tinggal pilih hari dan jam yang cocok. Mau dokter anak, kandungan, THT, mata, gigi, bedah, urologi, bedah, sampai jantung ada di sini.

Buat pendatang di kota Jakarta seperti saya, awalnya bingung waktu tahu hamil harus periksa ke mana. Di SehatQ, saya langsung mencari lokasi praktek dokter kandungan dan profil rumah sakit yang recommended dekat rumah.


Trus, ada “Forum” juga nih untuk konsultasi online dengan tenaga kesehatan. Selama hamil, tubuh mengalami penyesuaian termasuk muncul keluhan sakit di sana-sini. Mau konsultasi ke dokter waktu jadwal periksa kok ya lama. Kadang malah lupa bertanya saat bertemu langsung. Adanya “Forum” di SehatQ.com membantu banget nih untuk curhat ke dokter.

Kebetulan akhir-akhir ini saya ada keluhan kaki sakit setiap tidur telentang. So, saya langsung ajukan konsultasi dengan dokter secara online di SehatQ.com. Enggak pakai lama, di hari yang sama pertanyaan saya langsung dijawab. Rupanya kaki yang sakit itu karena aliran darah balik ke jantung yang terhambat. Ibu hamil disarankan tidur agak duduk atau posisinya miring ke kiri. Hoo … alhamdulillah ketemu solusi dengan konsultasi gratis.

Tanya dokter secara online
Punya keluhan apa selama kehamilan? Pernah ngidam yang aneh, enggak? Lebih baik cari tahu soal kesehatannya melalui sumber terpercaya seperti SehatQ.com.

Follow juga media sosial SehatQ.com untuk mendapat tips kesehatan:
Instagram: SehatQ_id
Twitter: SehatQ
Facebook: SehatQIndonesia
21 comments on "Bolehkah Ibu Hamil Makan Sambal? Ini Jawaban SehatQ.com"
  1. Aplikasinya bagus ya mba bisa konsultasi juga via chat. Menguntungkan dan gak ribet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lho buat sakit yang ringan atau sebelum cari dokter yang tepat bisa konsul ke SehatQ

      Delete
  2. Punya keluhan selama kehamilan jd lebih gampang menyikapi nya soalnya ada sehatq yah. Memang sekarang tuh apapun juga dimudahkan.

    ReplyDelete
  3. Waaah bumil terbantu ya sama sehatQ
    ibu2 dengan anak kecil yang suka tiba tiba sakit lah panas lah muntah laah juga terbantu banget ada situs kesehatan yg valid kakay gini

    ReplyDelete
  4. Aku juga pakai sehatq buat bikin janji sama dokter mbak. Menurutku solusi banget agar dateng ke rumah sakit ngak buang waktu percuma hanya untuk menunggu,

    ReplyDelete
  5. Untungnya ada situs terpercaya, sehingga bisa menjadi tempat konsultasi.

    ReplyDelete
  6. Sy sedang hamil trimester pertama mbak, trs makin hobi sama sambel heheh soalnya sambel sangat membantu sy ngurangin mual2 gitu apalagi pas makan siang biar tetep bisa makan walaupun perut lg g karuan rasanya

    ReplyDelete
  7. makan sambal, makan durian dan nangka, minum kopi hitam, dan makan kambing yang ngga pernah kulakukan pada saat hamil... btw SehatQ ini memudahkan banget ya untuk ketemuan sama dokter :)

    ReplyDelete
  8. Ternyata efeknya cukup besar juga, ya Mak. Kalau mengonsumsi cabai berlebihan saat mengandung. Kalau di Sehatq ada informasi mengenai alergi juga ga, ya. Jadi pengen kepoin

    ReplyDelete
  9. Enak bener jadi bumi jaman now. Mau tanya perihal gangguan kesehatan saat kehamilan, info seputar bumil ke SehatQ aja. Kredibel info dan bisa dipertanggungjawabkan penjawabnya. Daripada percaya mitos atau pedapat orang yang belum tentu benar.

    ReplyDelete
  10. Memang nih, SehatQ cocok banget buat pendatang yang masih awam dengan medan perjuangan, ceileh, perjuangan bahasanya. Boro-boro tahu dokter yang bagus praktik di mana, nama dokternya aja blm tentu tahu kan. Dengan SehatQ semua bisa dibantu.

    ReplyDelete
  11. Aku gak bisa kalau gak makan sambal huhuhu, tapi emang kudu berhati2 buat yang gak tahan pedes ya khawatir malah menci2 atau mual hearthbun. Tapi dulu alhamdulillah ku baik2 aja makan sambel.
    Wah oke juga tuh websitenya, ntr kubaca2 deh SehatQ ini.

    ReplyDelete
  12. Saya gak pernah ngidam dan gak pernah juga mual tiap kali hamil. Tetapi, pas kehamilan pertama yang saya tanyakan itu boleh makan sambal atau enggak. Soalnya saya penggemar makanan pedas. Alhamdulillah dibolehin ma dokter selama gak mengalami gangguan kesehatan setelah makan pedas :D

    ReplyDelete
  13. Saya termasuk orang yg suka ngingetin kalau bumil atau busui makan yg pedes2. Hahaa. Untung Ada Sehatqu ini buat tanya2 ya

    ReplyDelete
  14. Ooh makanya itu dibatasi ya kalau ibu hamil makan sambal atau makanan yang pedas-pedas. Noted. Sangat mencerahkan ini sehatQ

    ReplyDelete
  15. Aduh, aku jadi nginget2 masa hamil dulu jadinya. Aku normalnya suka banget sama pedes. Yang level gelo malah. Tapi saat hamil, pedes dikit pun gak kuat. Hehehehe. Btw, SehatQ ini keren banget ya. Artikel-artikelnya nambah wawasan banget.

    ReplyDelete
  16. Wow taglinenya MANTAP, asisten kesehatan keluarga Anda, bener bener sesuatu dengann fitur yang disediakan ya Mba. Dan pastinya artikel2nha no hoax.

    ReplyDelete
  17. Aku suka baca - baca referensi awal tentang kesehatan di situs Sehatq ini mba, membantu banget menurutku

    ReplyDelete
  18. SehatQ lengkap fiturnya, membantu banget untuk konsultasi seputar kesehatan ataupun informasi dari artikel2nya.

    Tapi yg saya tau bumil jgn kebanyakan makan yg pedas ya..

    ReplyDelete
  19. Lengkap banget fiturnya SehatQ
    Jadi bisa nanya macam-macam sekaligus konsultasi kesehatan ya
    Btw soal makan sambal saat hamil, dokter kandunganku dulu bilang sebenarnya ibu hamil ya gak ada pantangan, karena ibu hamil bukan orang sakit. Tapi semua ada batasnya, sewajarnya saja. memang semua yang berlebihan khan gak bagus

    ReplyDelete
  20. Nah, pertanyaan semenarik ini aja bisa dijawab sama SehatQ ya Mom. Fitur yang menarik dan cukup lengkap untuk membantu awam tentang informasi kesehatan yang dibutuhkan

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,