Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

STIMUNO Syrup untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Thursday, September 12, 2019

STIMUNO Syrup untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Anak dengan segudang aktivitas, ya sekolah, ya les, sampai rumah masih bermain bersama kawan-kawannya, bila daya tahan tubuhnya tidak terjaga akan rentan sakit. Seperti curhatan tetangga yang anaknya tahun ini masuk SD. Di kelas anaknya sedang musim batuk pilek sampai menular dari satu anak ke anak lain. Sudah 2 minggu terjadi, anaknya belum juga sembuh. Bagaimana ya cara meningkatkan daya tahan tubuh anak?

stimuno anak
Meningkatkan daya tahan tubuh anak dengan STIMUNO anak atau STIMUNO syrup



Mengapa Anak Mudah Sakit?


Mengapa anak mudah sakit? Pertanyaan pembuka dalam Stimuno Blogger Gathering di Jakarta pada Jumat (6/9) lalu dijawab lugas oleh Prof. Dr. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K). Anak, terlebih bayi, mudah sakit dan mudah tertular penyakit karena sistem imun di tubuhnya belum sempurna.

Ingatkah imunisasi pertama apa yang didapat bayi? Bayi baru lahir langsung diberi imunisasi DPT karena imunitas tubuhnya menurun untuk melawan penyebab difteri, pertussis, dan tetanus. Sedangkan imunisasi campak diberikan saat bayi berusia 9 bulan karena imunitas tubuhnya melawan campak mulai menurun di usia tersebut.

Merawat bayi di bawah usia 1 tahun memang perlu perhatian ekstra. Dr. Zaki menyebutkan orang tua harus “pelit”, maksudnya jaga kebersihan lingkungan. Saat batuk pilek, pakailah masker. Bayi jangan didekatkan ke orang yang sakit karena mudah tertular. Boleh, lho, menolak orang yang mau mencium atau menggendong si bayi bila memang kondisi orangnya sakit.


Guna mempertahankan kekebalan tubuh, dapat dilakukan beberapa cara, yaitu:
1. Pencegahan infeksi
2. Pencegahan penyakit ganas
3. Menghindari obat-obat tertentu kecuali dengan resep atau pengawasan dokter.
4. Konsumsi gizi yang baik (seimbang).
5. Hindari kontak dengan infeksi pada usia yang sangat muda atau tua.

Manfaat Imunomodulator dalam Tanaman Meniran


Banyaknya aktivitas anak sehari-hari dapat membuat anak lelah sehingga daya tahan tubuhnya menurun. Saat seperti ini anak menjadi rawan terkena serangan penyakit, baik dari virus, bakteri, parasit, maupun kuman.

Sistem imun tubuh dapat kembali normal dengan sendirinya. Namun, terkadang pula butuh bantuan dari luar dengan mengonsumsi imunomodulator.

manfaat meniran hijau
Imunomodulator terdiri dari imunostimulan dan imuno supressan
Imunomodulator tersedia dalam bentuk alami dan olahan (sintetis). Imunomodulator alami antara lain terdapat dalam meniran, ginseng, chamomile tea, minuman lemon atau zaitun. Sedangkan imunomodulator sintetis terbuat dari bahan alami yang sudah diolah dengan menjaga kandungan manfaatnya.

Seperti yang disebutkan di atas, tanaman meniran hijau (Phyllanthus niruri L.) ternyata memiliki efek meningkatkan kekebalan tubuh. Daunnya hijau kecil namun memiliki manfaat besar sebagai imunomodulator.

Imunomodulator tidak diberikan terus-menerus. Saat yang tepat memberikan imunomodulator pada anak yaitu ketika terdapat gangguan kekebalan tubuh yang menyebabkan anak mudah terserang penyakit.

Tanaman meniran hijau (dok. grid.id)

STIMUNO untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak


Tahu enggak, mengonsumsi meniran makin gampang, lho. Manfaat tanaman meniran dapat ditemukan dalam STIMUNO.

STIMUNO anak mengandung bahan aktif meniran hijau yang menjadi imunomodulator. Setiap 5 ml obat STIMUNO sirup mengandung 25 mg ekstrak meniran hijau yang dikemas dalam botol berukuran 60 ml dan 100 ml, serta kemasan stick pack atau sachet sekali minum.

kandungan stimuno
Irene Dwi Sari, Head of Marketing of CHD, menjelaskan manfaat STIMUNO bagi anak
Saat ini, SID sedang sakit batuk efek kegiatannya yang aktif dan lingkungan teman-temannya yang bergantian batuk pilek. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak balita tersebut, saya beri STIMUNO.

STIMUNO sirup ada 3 varian rasa yang enak yaitu rasa original tutty fruity, anggur, dan orange berry. SID doyan nih yang rasa orange berry, kecut segar, sampai ia minta nambah lagi. Eh tapi kan STIMUNO termasuk dalam imunomodulator fitofarmaka alias obat. Maka, ada dosis pemakaiannya yaitu 1-3 kali sehari. Tiap 1 sendok takar sebanyak 5 ml untuk anak usia 1 tahun ke atas.

“Fitofarmaka merupakan tahapan sertifikasi produk herbal dr BPOM paling tinggi. Perbedaanya adalah jamu khasiatnya di buktikan secara empiris, OHT di buktikan secara pre-klinis, sedangkan Fitofarmaka di bukti secara klinis (uji pada manusia).”

FYI, bila anak sakit dapat diberikan STIMUNO 3x sehari untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Namun bila baru timbul gejala atau mencegah anak tertular penyakit, misal saudaranya ada yang terkena cacar air, dapat diberikan STIMUNO 1x sehari.


daya tahan tubuh anak
STIMUNO syrup untuk anak 
STIMUNO tidak dianjurkan untuk diberikan bersamaan dengan obat penekan sistem imun (seperti kortikosteroid) dan pada seseorang dengan kondisi sistem imun yang hiperreaktif, autoimun, atau memiliki alergi terhadap meniran.


kandungan stimuno anak
STIMUNO stick pack untuk sekali minum
Selain membahas kiat meningkatkan daya tahan tubuh anak, pada Stimuno Blogger Gathering kali ini para undangan diajak membuat bekal sehat yang dihias sedemikian rupa alias bento. Jujur, ini pertama kalinya saya membuat bento karena riweuh dan SID belum minta dibuatkan bekal dengan bentuk-bentuk lucu, sih. Hahaha .... 

Dipandu Mbak Rien Suryo, mom bloggers sibuk dengan peralatan masing-masing untuk memotong dan menghias makanan menjadi bentuk menarik. Menu makanannya juga sehat, lho, seperti nasi hijau, homemade nugget, telur, dan aneka sayuran. Asyiknya, hasil karya bento boleh dibawa pulang lengkap dengan peralatan dan resep masakan. Wah, bisa jadi oleh-oleh menarik untuk anak.

rien suryo bento
Rien Suryo (kiri) menjelaskan resep masakan sehat untuk anak
Hasil karya bento pertama saya
Melihat anak tumbuh sehat dan bebas beraktivitas tentunya menjadi idaman orang tua. Bila daya tahan tubuhnya mulai menurun, saya siapkan STIMUNO untuk membantu menjaga kesehatannya. Apa kiatmu menjaga kesehatan anak?

3 comments on "STIMUNO Syrup untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak"
  1. aank2 memang perlu tambahan multivitamin ya biar daya tahan tubuhnya kuat

    ReplyDelete
  2. Wah baru tahu loh kalau ada stimuno yang stick, praktis buat di bawa ya jadinya.

    ReplyDelete
  3. Stimuno nih dah lama kami percaya khasiatnya, apalagi dari bahan baku meniran. Alhamdulillah cukup membantu untuk jaga stamina anak-anak, bahkan aku pun minum

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,