Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Memilih MPASI Pertama Anak yang Berkualitas

Saturday, September 14, 2019

Memilih MPASI Pertama Anak yang Berkualitas



Usia bayi 6 bulan menjadi momen yang ditunggu-tunggu karena waktunya MPASI alias Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Memberi MPASI untuk bayi perlu memperhatikan berbagai hal, salah satunya memilih MPASI yang berkualitas. Apa maksudnya?

menu mpasi anak 6 bulan

Diolah dari website Awalsehat.Nestle.co.id
Melihat bayi yang mulai MPASI membuat saya flash back beberapa tahun lalu. Saya masih ingat betul kekhawatiran ketika SID hendak MPASI. Di usia 5 bulan, ia sudah tertarik setiap melihat saya makan di dekatnya. Kalau diiming-imingi makanan, tangannya ingin menggapai. Waktu itu saya kurang mencari informasi, ternyata kalau anak sudah menunjukkan keinginan untuk makan tapi belum cukup umur, dapat disuapi ASI menggunakan sendok.

Awal MPASI Si Kecil saya sempat bingung dengan menu MPASI pertama kali yang cocok. Akankah ia mau makan dengan lahap? Atau makanannya disembur? Berapa takaran kebutuhan gizi yang ia butuhkan? Endebrei, endebrei … Buibu memang penuh kekhawatiran. Semoga tulisan ini mengurangi kegelisahan para ibu menghadapi momen MPASI.


ASI Saja Tak Lagi Cukup


Tiap usia memiliki kebutuhan gizi yang berbeda. Kalau 6 bulan pertama ASI-lah yang terbaik memenuhi gizi bayi, setelahnya tak cukup hanya dengan minum ASI. Contohnya, bayi usia 6 bulan butuh zat besi 11 miligram per hari. ASI hanya mengandung 0,2 miligram zat besi sehingga kekurangannya perlu diperoleh dari MPASI seperti daging, hati sapi, hati ayam, sayur berwarna hijau, beras merah, dan kacang-kacangan. Zat besi ini penting bagi perkembangan otak dan otot si bayi.

Fakta menarik, ternyata bayi butuh 5 kali lebih banyak nutrisi dan 2 kali lebih banyak energi dari orang dewasa. Tapi lambung bayi kan masih kecil dan saluran pencernaan belum terbiasa makan bermacam menu. Maka, variasi makanan bayi lebih sedikit dan cenderung lebih rentan terhadap kontaminan pada makanan dibandingkan orang dewasa.

mpasi yang berkualitas

Iya, sih, awal MPASI maunya memberi berbagai makanan ke SID tetapi harus selektif. Hari-hari pertama, saya catat menu apa saja yang sudah ia makan sambil mengecek adanya alergi atau tidak. Dari situ terlihat ia suka makanan yang mana dan rentan alergi makanan apa. Oh ya, saya mendapat saran untuk MPASI pertama kali dapat mencoba serealia karena paling hypoallergenic dan baik untuk saluran cerna bayi.

Perhatikan Kualitas MPASI


Selama memberi MPASI, kadang saya buat MPASI homemade, kadang pakai MPASI instan. Apalagi saat bepergian, MPASI bubur bayi instan dan biskuit sangat membantu karena praktis dan mencukupi kebutuhan gizinya. Kadang pula bubur bayi instan saya campur dengan sayur dan buah yang ada menjadi kreasi resep baru.

Momen paling bahagia itu kalau anak mau makan masakan saya. Entah gimana rasanya, hehe …. Saat seporsi habis dilahap anak, oh … hatiku berbunga-bunga. Akan tetapi, bukan berarti yang penting anak udah makan MPASI. Lebih penting lagi memperhatikan kualitas MPASI yang diberikan.
 
Sebaiknya, MPASI anak yang berkualitas. Maksudnya, ibu tahu dari mana bahan baku MPASI tersebut berasal, kualitas dan higienitas MPASI terjaga supaya enggak sakit perut atau efek samping lainnya, dan dapat mencukupi kebutuhan gizi harian anak. Yup, jumlah pemberian MPASI harus mencukupi kebutuhan gizi seimbang agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.


MPASI CERELAC yang Berkualitas


Siapa yang udah gede tapi masih suka cobain bubur bayi? Saya termasuk yang mengacungkan tangan, nih, soalnya bubur bayi itu enak.

Jadi teringat dua tahun lalu saya pernah mengikuti lomba membuat kreasi bubur bayi CERELAC. Unik deh menunya, ada yang membuat pudding, crepes, dan sebagainya dari CERELAC. Bergizi, rasanya enak, dan tampilannya menarik.

mpasi cerelac berkualitas
MPASI Cerelac yang berkualitas
Saat memilih menu makanan pendamping ASI, saya berikan bubur sereal susu CERELAC untuk variasi menu MPASI anak. Makanan bayi dari Nestle ini sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia, sudah 150 tahun lebih, lho. CERELAC adalah MPASI yang berkualitas karena:

Bahan Baku terpilih


Bahan baku CERELAC ditanam di ladang yang jauh dari polusi, benih pilihan dengan asal-usul yang dapat ditelusuri, serta petani dan peternak mendapat edukasi untuk menjaga kualitas bahan baku.

Bernutrisi


Kandungan gizi pada CERELAC disesuaikan dan dijaga untuk dukung pemenuhan kebutuhan gizi harian anak. CERELAC dilengkapi fortifikasi vitamin, mineral, makro dan mikronutrien, zat besi dan berbagai pilihan rasa dan tekstur sesuai tahapan usia anak.

Contohnya, CERELAC Tomato & Pumpkin Stew mengandung zat besi per saji yang memenuhi 65% angka kecukupan gizi untuk anak usia 6 – 24 bulan. Selain itu, CERELAC ini mengandung Omega 6 1400 mg/saji dan Omega 3 140 mg/saji.

Dalam buku The Science of Mom: A Research-Based Guide to Your Baby’s First Year, ahli nutrisi Alice Green Callahan menyarankan memilih bubur bayi yang menyediakan setidaknya 45% dari asupan harian zat besi bayi. Berarti sudah sesuai dalam semangkuk CERELAC, ya.

menu mpasi bayi 8 bulan
Komposisi CERELAC mengandung zat besi sesuai kebutuhan harian si kecil

Berkualitas


CERELAC diproduksi melalui pengujian dan standar yang ketat untuk memastikan keamanan dikonsumsi anak.

“Dibuat dengan bahan pilihan untuk dukung pemenuhan kebutuhan gizi harian Si Kecil sesuai tahapan usia tumbuh kembangnya.”

MPASI CERELAC dapat disajikan langsung setelah diseduh air hangat (sekitar 40°C). Cairkan bubur bayi menggunakan air, bukan susu, karena kandungan kalsium pada susu menghambat penyerapan zat besi.

CERELAC juga dapat dikreasikan dengan bahan-bahan homemade supaya variasi gizi dan rasa semakin banyak. Misalnya, campur MPASI CERELAC dengan buah yang mengandung vitamin C seperti pisang, jeruk, dan strawberry. CERELAC juga dapat dipadukan dengan sayuran seperti bayam, wortel, brokoli, dan sebagainya. Silakan sontek berbagai kreasi resep di website CERELAC.


1 Mangkuk CERELAC, pastikan nutrisi harian Si Kecil terpenuhi (Sumber: Instagram CerelacIndonesia)
Mengetahui CERELAC berkualitas, berkuranglah kekhawatiran repotnya menyiapkan MPASI untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak. Dalam 1 mangkuk CERELAC, pastikan nutrisi harian Si Kecil terpenuhi.

Bagaimana kiatmu menyiapkan MPASI untuk anak?

#Tenangajabunda
#CERELACmamamyuk

#mpasi
#mpasi6bulan

Info lebih lanjut kunjungi: www.mamamyuk.co.id
30 comments on " Memilih MPASI Pertama Anak yang Berkualitas"
  1. Sebagai working mom, mpasi instant juga andalan saya nih utk selingan mpasi anak. Apalagi kalau keburu waktu. Nggak perlu baper juga, krn mpasi instant kan sudah lulus bpom dan kandungan gizinya juga tertulis jelas pada kemasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mba. Aku pun mix aja mpasi homemade dan yang instan seperti Cerelac. Kualitasnya ok sih jadi ga khawatir beri ke anak bayi

      Delete
  2. Justru mpasi instant lebih dianjurkan krn kandungan gizinya sudah terfortifikasi. Daripada bikin mpasi sendiri tapi cuma seperti pure buah atau bahkan menu tunggal yg sudah g direkomendasikan lagi. Homade mpasi jg bagus tapi musti bener2 di takar semua kandungan gizinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. urusan MPASI emang kudu catching up the update terus yaa mba. Cari bahan yang sehat dan bergizi untuk anak.

      Delete
  3. Jadi ingat zaman masih anak-anak sy Mpasi. Keduanya drama banget kalau mau makan. Nggak pernah selahap anak orang. Pemberian mpasi instan sangat menolong karena di dalamnya sudah lengkap nutrisinya.. Apalagi bisa dicampur dengan bahan makanan lain. Pasti semakin mantap seperti cerelac ini yaa.. :)

    ReplyDelete
  4. Cerelac ini MP Asi kesukaan kedua anakku dulu.

    ReplyDelete
  5. Kalau MPASI instan begini udah pas ya takarannya. Cara menyajikannya juga praktis. Gak pakai lama udah bisa dinikmati

    ReplyDelete
  6. MPASI Cerelac juga jadi andalanku, maaakk
    Praktis, rasanya endeusss bayi dijamin sukaaak
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  7. Sekarang MPASI semakin mudah berkat cerelac, gak pakai ribet lagi apalagi buat Ibu-Ibu yang ngurus anaknya sendiri. Nutrisinya juga okeee

    ReplyDelete
  8. Yap MPASI yang tepat emang harus kita berikan ke anak ya mba. Dan setauku cerelac ini sudah terbukti memberikan MPASI yang tepat dan berkualitas :)

    ReplyDelete
  9. jaman anaku kecil jg suka makan pakai cerelac. alhamdulillah lahap dan suka semuanya. jadi tenang kan kalo anak mau makan banyak :)

    ReplyDelete
  10. Duh, jadi inget waktu anak-anak masih bayi dulu. Kadang-kadang bikin MPASI homemade, tapi kalau pas repot ya beli yang instan. Maklum, saya ngga pake ART soalnya, jadi semuanya dikerjain sendiri. Kalau pas lelah banget, CERELAC jadi salah satu penyelamat deh.

    ReplyDelete
  11. Anakku dulu pada suka juga sama Cerelac, suka tak beliin yang rentengan itu Mbak, biar variannya gonta-ganti setiap hari.

    ReplyDelete
  12. Wah MPASI ini masa deg2an kalau saya. Waktu anak pertama bingung kayak gimana, untung banyak bacaan dan MPASI instant kayak Cereal gini. Jadi, aman dah. Sampai anak kedua masih nyetok MPASI instant gini, masalah gizi pun terkandung di dalamnya dan nggak khawatir.

    ReplyDelete
  13. MP ASI instan dibutuhkan saat di luar rumah saja kan ya? Kalo di rumah mending banyakin ngejus sayuran dan nasi bubur aja lebih sehat

    ReplyDelete
  14. Zaman now seneng yah ada yang praktis namun sehat dan aman untuk anak, cerelac ini favorite banget ya sejak dulu, anak - anak pun suka.

    ReplyDelete
  15. Seneng ya kalo udah nemuin produk MPASI Instan yang kandungannya alami dan lengkap kayak Cerelac

    ReplyDelete
  16. Senangnya jadi ibu zaman sekarang ya.
    Ada banyap produk inovatif termasuk untuk mpasi
    Tinggal pilih sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  17. Wah, MPASI dengan CERELAC bisa lebih mudah nih. Tinggal dibuat kreasinya aja tambahin buah atau sayur.

    Dan yg terpenting kita enggak perlu repot-repot ngitung takaran kandungan gizi buat MPASI. Karena komposisi MPASI Cerelac udah memenuhinya.

    ReplyDelete
  18. Jadi runtuh deh pandangan kalau MPASI instan ngga berkualitas ya Cerelac terbukti bagi terjamin mutunya..

    ReplyDelete
  19. Benet bngt mba,, waktu awal2 mpasi Aku Juga ksih cerelac,, plng favorite tuh Rasa beras merah sekarang bnyak variay ya

    ReplyDelete
  20. Anak-anak saya suka dengan bubur bayi Cerelac, bahkan sampai mereka besar pun masih menyukainya. eh, emaknya juga deng hehehe
    Rasanya memang enak dan manisnya pas.

    ReplyDelete
  21. Aku pas anak keempat ini malah terbantu banget sama Cerelac. Jadi bikin 2 menu, trus campur cerelac. atau pas pergi gitu ya ampun memudahkan. yang jelas gak takut sih karena gizi dan komposisinya kan jelas yaa

    ReplyDelete
  22. Masa MPASI ini emang masa yang menghebohkan. Baik buat ibu maupun anak. Bubur cerelac ini bisa membangtu banget ibu-ibu yang galau soal menu MPASI. Ternyata bisa dicampur dengan buah yang dihaluskan atau sari buah. Anak nggak bakal bosen kalau rasanya bervariasi ya Mbak?

    ReplyDelete
  23. Setuju, mba.
    MPASI bukan melulu tentang anak mau makan, tetapi kualitas gizi MPASI kudu jdi perhatian!

    Jadi, kita sebagai orang tua terutama ibu, harus tahu apa saja tuh MPASI yang berkualitas dan bagaimana cara mendapatkannya!

    ReplyDelete
  24. Aku dan anak-anakku masih suka mamam Cerelac heheheh. Karena Cerelac khusunya yang beras merah dan susu itu wenak banget. Masih jadi andalan kalau Najib mogok makan atau lagi sakit. Tapi kalau sehari-hari cuma jadi camilan pas jam habis makan siang. Ya pokoknya meskipun gak ada balita, bubur yang satu ini masih rajin kubeli.

    ReplyDelete
  25. Salut banget ternyata bahan baku CERELAC ditanam di ladang yang jauh dari polusi dengan asal-usul produksi yang dapat ditelusuri.

    ReplyDelete
  26. Cerelac ini kualitasnya bagus soalnya dari sejak ditanam bibitnya udah dipilih yang paling oke kualitasnya yaaa. Haha oh iya keinget lomba itu, yang crepes kyknya masih enak dan relevan buat dipraktikin tu rasanya enak soale :D

    ReplyDelete
  27. MpA si pertama katanya lebih baik buah sih..,.tapi angsur2 memberikan makanan padat seperti cerelac..biar lebih lengkap gizinya.

    ReplyDelete
  28. Cerelac bagus sih sebagai mpasi instan yang dibawa kemana mana, variannya cukup memenuhi kebutuhan dan menyenangkan, pas umroh kemarin aku bawa cerelac loh buat mpasi Nurani

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,