Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Liburan di Pulau Tidung Membawa Anak Balita

Saturday, September 28, 2019

Sepulang dari snorkeling di Pulau Abang Batam, saya terpikir mengajak anak balita untuk berwisata air. Cari tempat snorkeling yang bagus di Jakarta ya kepulauan Seribu, salah satunya Pulau Tidung. Banyak wisata alam menarik di Pulau Tidung dan termasuk ramah anak, cocok deh liburan keluarga di Pulau Tidung membawa anak balita.


paket wisata pulau tidung 2019
Wisata bawah laut Pulau Tidung (dok. Traveloka)


Cara ke Pulau Tidung dari Jakarta


Selama sekian tahun tinggal di Jakarta, saya belum pernah merasakan nyemplung di air asin Jakarta. Berwisata ke kepulauan Seribu sebenarnya sudah lama menjadi agenda keluarga tapi memang belum diseriusi, masih menimbang-nimbang, aman enggak ya bawa anak balita liburan ke pulau kecil?

Setelah mendapat pengalaman snorkeling dengan keponakan yang masih SD dan bertanya sana-sini ke teman yang pernah membawa anaknya berwisata air, sepertinya cocok lah usia SID yang 4 tahun ini diajak main air ke kepulauan Seribu. Dia betah banget main di pantai sedangkan pantai yang bersih di Jakarta kan jarang. Paling dekat ya Ancol tapi … gitu deh. Hahaha ….


By the way, wisata ke pulau bersama anak memang perlu memikirkan kenyamanan dan keamanan yang lebih. Beda dari zaman masih single, naik apa aja oke yang penting murah dan selamat. Namun, untuk liburan bawa anak, saya mencari cara ke Pulau Tidung dari Jakarta yang nyaman. Pilihan termurah (dan terlama) dengan kapal kayu langsung skipped. Cara yang lebih cepat dan nyaman ke Pulau Tidung yaitu:

  • naik kapal Bahari Express dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, atau
  • naik speedboat dari Pantai Marina Ancol.

Tinggal pilih lebih dekat dan nyaman dari rumah ke Muara Angke atau ke Ancol. Lama perjalanan sama-sama sekitar 1 jam.

Wisata Alam Menarik di Pulau Tidung


Letak Pulau Tidung termasuk dekat dari Jakarta sehingga perjalanan menuju ke sana tidak terlalu lama. Tahu sendiri, kan, anak kalau bosan bakal sering bertanya, “Are we there, yet?” sepanjang perjalanan.

Nah, di Pulau Tidung ada banyak spot-spot wisata alam menarik yang dapat dikunjungi. Jadi, tinggal di satu pulau aja udah bisa eksplorasi dari utara ke selatan, timur ke barat. Keliling pulau bisa sewa sepeda, harganya sekitar 15ribu perhari, atau naik bentor.
Nah, ini nih beberapa wisata menarik di Pulau Tidung:

Pantai Saung Cemara Kasih

Di pantai ini bisa menikmati kelapa muda yang segar dan berfoto instagrammable sambil naik ayunan di laut. Ayuanannya enggak jauh-jauh amat dari bibir pantai tapi kayak di tempat yang dalam, gitu. Anak masih bisa lah dibawa ke sana.

Pantai Saung Perawan

Pantai di barat Pulau Tidung ini cocok untuk melihat matahari terbenam alias sunset.

Jembatan Cinta

Jembatan iconic Pulau Tidung sepanjang 800 meter ini menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Kalau dulu jembatan hanya terbuat dari kayu, sekarang udah dipugar dari beton dan lebih permanen. Tiap sekian meter ada kaca di jembatan untuk melihat bawah dan ada tempat untuk uji nyali melompat dari jembatan.


liburan keluarga pulau tidung
Jembatan Cinta (dok. Traveloka)


Pulau Tidung Kecil

Pulau kecil tak berpenghuni ini ditujukan untuk budidaya tumbuhan bakau.

Olahraga air

Udah sampai Pulau Tidung kurang afdhol kalau belum snorkeling. Spot snorkeling yang oke ada di sekitar Jembatan Cinta. Kalau mau island hopping ke pulau-pulau lain juga bisa ikut wisata paket Pulau Tidung 2019.

Selain snorkeling, ada pilihan water sport alias olahraga air seperti banana boat, flying fish, sofa boat, dan juga kano. Buat anak-anak bisa sepuasnya main di pantai.

Penginapan Murah di Pulau Tidung yang Ramah Keluarga


Selain transportasi yang cepat dan nyaman, penginapan menjadi concern saat merencanakan liburan keluarga bersama balita. Jenis penginapan di Pulau Tidung beragam, dari cottage sampai homestay. Mau pilih yang mana, bisa sesuaikan budget.

Berhubung mau liburan hemat bahagia, saya cari penginapan murah di Pulau Tidung yang ramah keluarga. Standarnya enggak tinggi-tinggi amat, yang penting bersih, adem, dan mudah dijangkau.


liburan keluarga pulau tidung
Betah banget tiap bertemu pasir
Awalnya terbayang tinggal di pulau gini udaranya lebih panas dan banyak nyamuk. Repot juga nih tiap malam jaga lilin, eh, mengipasi anak supaya tidur nyenyak. Namun ternyata, penginapan sekelas homestay di Pulau Tidung pun udah ber-AC. Pas banget nih karena SID betah dingin. Pokoknya kalau udah ada AC, tidurnya makin pulas. Kamarnya memang enggak luas tetapi ada TV segala, lho, dan juga kamar mandi dalam. Harga homestay pun sekitar 300ribuan/kamar sudah mendapat fasilitas tersebut seperti Sera Homestay dan Charlie Homestay.

Tips Liburan di Kepulauan Seribu Bersama Anak Balita


Belajar dari pengalaman sendiri dan teman-teman yang pernah membawa anaknya berlibur ke pulau kecil, berikut tips liburan bersama anak balita supaya nyaman nan bahagia:

1. Pilih opsi transportasi dan penginapan yang nyaman.
2. Bawa mainan dan buku agar anak tidak bosan selama perjalanan.
3. Bawa kacamata renang dan jaket pelampung untuk anak karena umumnya peralatan renang/ snorkeling di tempat wisata hanya tersedia ukuran dewasa.
4. Anak sebaiknya pakai sandal gunung karena lebih kuat dan tidak mudah lepas meski dipakai di laut.
5. Bawa makanan dan camilan kesukaan anak untuk berjaga-jaga barangkali menu makanan tidak cocok untuk anak.
6. Saat merencanakan liburan bersama anak sebaiknya briefing mengenai kemungkinan kondisi yang tidak senyaman biasanya. Hal ini agar anak lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.


paket pulau tidung
Pantai Saung Perawan (dok. Traveloka)
Senangnya ada tujuan wisata air di Jakarta yang secantik Pulau Tidung dan pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Anak-anak bisa mengenal kekayaan dan keindahan laut Indonesia secara langsung. Liburan keluarga bakal berbeda dari biasanya karena berwisata ke kepulauan Seribu.

Pernah membawa anak untuk wisata air atau menginap di pulau kecil? 
50 comments on "Liburan di Pulau Tidung Membawa Anak Balita"
  1. Betul mba, anak paling cepet bosan jika perjalanan panjang. Apalagi seperti kami yang pny baby, perlengkapan dan sarana ke tempat wisata harus benar2 dipersiapkan

    ReplyDelete
  2. Lucuu yaa namanyaa mbak, pulau tidung wkwkw berasa pulau tidur yg manja" hehehe. . Baguss bangeeet pemandangannyaa. Pengen liburan kesanaa jadinya. Makasih tipsnyaa, mantaap banget pengen ajak keponakan main kesitu hehehe

    ReplyDelete
  3. Aman-aman aja sih menurut aku, soalnya dari anak=anak balita juga suka diajak kemana-mana apalagi kalau ke pantai pasti seneng main air. Sebelum berangkat anak dikenalkan dulu melalui gambar mungkn ya jadi gak kaget saat tiba di tempat berlibur

    ReplyDelete
  4. Belum pernah ke pulau tidung aku mak... Kayaknya bagus banget ya dari foto2nya...jadi pengen ajak anakku...

    ReplyDelete
  5. wah cakepnyaa... dah lama pengen ajak boyz ke pulau mana gitu sejak tinggal di makassar. eh ampe pindah ke bogor belum kesampean juga.
    pulau tidung sempet jadi perbincangan ama suami. terus dia lupa, aku juga. baca ini jadi inget lagi deh... kudu ke pulau tidung neh :D
    tengkiyu udah diingetin yaa

    ReplyDelete
  6. waah jadi beneran nyaman yaa buat trip ke sana sama krucilss....
    baeklaaah
    bs dipertimbangkan lagi niih...
    awalnya agk ngeri nh klo mau ke sana bwa krucils

    ReplyDelete
  7. Saya sekeluarga jarang banget ke pantai. Apalagi sampai menginap. Padahal pulau tidung gak terlalu jauh dari Jakarta, ya. Saya sih pengen banget. Tetapi, harus berusaha keras nih ngebujukin suami yang memang kurang suka dengan pantai :D

    ReplyDelete
  8. Dirimu ikut snorkeling jugakah? Kalau balitanya ga mungkin ikut snorkeling, ya hehehe..

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah ada AC kalau enggaaaak... pengap! aku juga bingung dengan kenyamanan anak anak aja sih kalau tidak tersedia AC

    waktu itu kan ke pulau Tidung rombongan besar dan nginep nya di rumah teman which is rumah pribadi salah satu walikota Jakarta

    nah di lantai 2 AC mati, aku dan anak anak kebagian kamar atas itu. kebayangkan rasanya kayak apaaaaa....

    mo pulang juga ga bisa lawong rombongan!

    ReplyDelete
  10. Waah seru bangeet ya Mbak menginap di Pulau Tidung kepulauan Seribu. Anak anakku juga suka ke pantai nih.

    ReplyDelete
  11. Bagus banget ya view di jembatan cinta, aku pengen banget ajak anak-anak ke sini, terimakasih ceritanya

    ReplyDelete
  12. Bumil rekreasi nya jauh banget, jadi iri deh. Makasih ya tipsnya, ada rencana untuk jalan2 sama Azzam soalnya.

    ReplyDelete
  13. Belummmm, kalau ke pulau kecil anakku belum pernah. Ke Bali aja sih palingan. Eh emang Bali kecil apa ya? Wkwkwk.

    ReplyDelete
  14. duh happy banget nih bisa liburan ke Pulau Tidung apalagi mencoba snorkeling aku mau ikuut dong haha

    ReplyDelete
  15. Apaaa.... ada jembatan untuk uji nyali melompat dari sana? Waduuuh.. apa enggak ngeri ya mba hehehe.. aku udah merinding dulu ngebayanginnya.

    Pengin juga euy jalan-jalan ke Pulau Tidung. Rame-rame bareng teman blogger pasti asyik ini ya mba.

    ReplyDelete
  16. Pengen banget ke pulau-pulau di Kepulauan Seribu, selalu baca pengalaman orang-orang dari sana kayaknya indah banget.

    ReplyDelete
  17. Aku pengen ke pulau tidung lagi tapi ga siap naik kapalnya. Kelamaan menurutku 3 jam lebih. Mungkin next time aku nyari yg deket aja ya kaya pulau bidadari

    ReplyDelete
  18. wah ajdi pingin ke sana, beberapa tahun yang lalu sih ke pulau ayer

    ReplyDelete
  19. Are we there yet?
    Eh aku kok otomatis nyanyi pas sampai di bagian ini.

    Berfoto di jembatan cinta dengan latar belakang matahari yang hampir tenggelam kayaknya bagus banget ya

    ReplyDelete
  20. Wah ini ya Pulau Tidung yang masuk kepulauan seribu, anakku pingin banget kesana, tapi emaknya phobia laut sih jadi aku tuh ketakutan kalau naik kapal atau melihat laut, padahal kata anakku pulaunya bagus-bagus. Nantilah setelah agak besar biar nyebrang sendiri hahahah, emaknya nunggu di rumah aja.

    ReplyDelete
  21. huhuhu.... gak pernah ke pulau2 itu. Waktu ke Jakarta keliling di tempat2 ikoniknya aja. Mudah2an tempat ini selalu terjaga ya.

    ReplyDelete
  22. Nah iya, perlu tuh anak di-briefing ke mana pun supaya mampu belajar beradaptasi. Kalo saya, ke warung pun saya briefing, hanya boleh beli satu dan ada range harganya .... hihi

    ReplyDelete
  23. Betull, dulu pas masih single pakai transportasi apapun masuk lah, yaa. Sekarang kalau bawa anak, mereka menjadi prioritas utama. :D Btw, duduk-duduk di jembatan cinta sambil nyunsett, syahduuu bangettt, Mbakkkk.

    ReplyDelete
  24. Betull, dulu pas masih single pakai transportasi apapun masuk lah, yaa. Sekarang kalau bawa anak, mereka menjadi prioritas utama. :D Btw, duduk-duduk di jembatan cinta sambil nyunsett, syahduuu bangettt, Mbakkkk.

    ReplyDelete
  25. uwuwuwuwuwwuwuwuwuuu, sid betah main pasir di pantai, bumil jg bahagia bisa babymoon yaaaaaa. seru bangeeeeet

    ReplyDelete
  26. Aku belum pernah nih mengajak anak menginap sambil wisata air. Pinginnya sih ke sabang. Tapi mungkin habis lahiran kali yaa

    ReplyDelete
  27. Dududu kalah ngomongin Pulau Tidung, sedaei gadis sampai punya anak satu kesana hanya sekedar wacana saja

    Btw, jadwal kapan nyebrang pulau apalah setiap waktu ada kak?

    ReplyDelete
  28. Waduh pulau Tidung, udah sejak lama kepengen banget bisa ke sana. Bawa keluarga besar makin seru kayaknya ya

    ReplyDelete
  29. Main kano yang terlihat menyenangkan ternyata susah juga looh..
    Jadi kalau sama anak-anak asiknya mainan pasir aja ya...di bibir pantai, sambil menikmati semilir angin pantai.

    ReplyDelete
  30. ternyata gak ribet tapi malah asyik ya. jadi momen menyenangkan main di banyak pantai bersama si kecil. salah satu potret yg membahagiakan

    ReplyDelete
  31. Pas kemarin lihat-lihat paket wisata ke Pulau Tidung sempet tertarik tapi mikir lagi nanti anak gimana ya? Mau diajak takutnya gak nyaman. Mau ditinggal kok gak tega karena bulan lalu baru ditinggal jalan-jalan juga. Jadi sebaiknya pilih transportasi dan penginapan yang paling nyaman lah ya buat anak-anak. Makasih advicenya 😊

    ReplyDelete
  32. jembatan cintanya tampak asiiik. belum pernah ke kep seribu. mudah2an suatu hari bisa ke sana

    ReplyDelete
  33. Fix pulau tidung masuk wish list liburanku akhir tahun ini nih, kebetulan aku belum pernah kesana juga, hehe

    ReplyDelete
  34. Kalau urusan wisata air si kecil emang paling seneng ya Mbak. Sama dengan anak saya. Kalau dibawa ke kolam renang gitu gak mau berhenti. Padahal udah menggigil hehe.

    ReplyDelete
  35. Gemes sama namnya pulau tidung, mau cari referensi wisata kayaknya asik nih. Mau nyiapin budget ah..

    ReplyDelete
  36. Kukira tadinya Pulau Tidung itu bukan di daerah Jakarta mbak, eh ternyataa di dalamnya yah, ehh di Kepulauan seribu hehee. Ahhh pengen dehh bisa jepret foto di Jembatan Cinta itu hehehe, mkaasih sharingnya, mbak ^_^

    ReplyDelete
  37. Beberapa kali mau ke pulau tidung ini tapi nggak pernah terwujud. Ternyata ramah anak juga ya. Boleh jdi rekomendasi tempat liburan selanjutnya. Apalagi letaknya nggak gitu jauh dari jakarta

    ReplyDelete
  38. Wah pulau tidung, daku kepingin banget ke sana apalagi karena sering lihat paket wisata ke sana. Seneng banget yak main pasir dan melihat pantai

    ReplyDelete
  39. Gambar jembatan cintanya bagus banget mbak. Apa emang pemandangan disana kayak gitu ya? Aku jadi penasaran nih mbak

    ReplyDelete
  40. Wah udah lama banget gak jalan-jalan ke tidung. Sekarang jembatan cinta makin kokoh. Dulu tuh agak horor jalan di situ haha jadinya cuma foto-foto abis itu kabur ke area daratan karena goyang-goyang kalau banyak orang hahaha

    ReplyDelete
  41. Wah, jadi kepengin nanya-nanya lebih jauh nih, Mba.... Menarik juga ya buat wisata keluarga di akhir pekan. Kadang khawatirnya soal penginapan itu sih kalau bawa anak-anak, ternyata ada ya yang cukup nyaman dengan harga yang tetap terjangkau.

    ReplyDelete
  42. Ya Allah aku terakhir main ke Pulau Tidung tuh kalau gak salah tahun 2010 dong, lama banget. Jadi kangen deh pengen mantai kesana lagi, sekarang pasti sudah banyak berubah deh.

    ReplyDelete
  43. Udah lama pengen kesana eh baca blog mba fix bgt bikin mupeng, langsung jadwalkan ah

    ReplyDelete
  44. Mamak Sid nih liburan teyus sehat2 yah sampe lahiran nanti, btw aku belum pernah bawa anak-anak ke pulau begini jadi pengen ajakin ke sana untung yah penginapannya udah ada harganya juga murah 300ribu

    ReplyDelete
  45. Waah Jembatan Cinta memang ikon Pulau Tidung banget. Udah bebeerapa Kali diajakin kesana belum pas pas waktunya huhu. Padahal sebagai orang Jakarta kumerasa wajib kesana haha

    ReplyDelete
  46. Indah banget pulau tidungnya mba, bawa balita dimari pasti menyenangkan ya mba
    bisa jalan2 bareng keluarga moga aku bisa ke sini. Pemandangannya luar biasa indah, jembatan cintanya pas senja indahnya

    ReplyDelete
  47. Akutu maju mundur mau travelling karena punya balita, baca ini jadi semangat mau coba, emang kudu prepare jauh2 hari ya

    ReplyDelete
  48. Emang seru banget nih bawa anak2 liburan ke pulau tidung, aku sering kesini sekeluarga bawa 3 anak, mereka seneng banget main ke pantainya dan berenang disana

    ReplyDelete
  49. MasyaAllah indah banget wisata bawah laut pulau Tidung-nya. Pengen deh kesana bareng anak-anak dan keluarga.

    ReplyDelete
  50. Bisa snorkeling di Pulau Tidung ya? Pemandangannya di sana keren banget ya. Udah sering baca sih tentang pengalaman teman yang sudah ke sini dan mupeng banget. Mudahan ada waktu dan kesempatan bisa main ke sana. Minimal bisa lihat pemandangan yang indah banget di jembatan cinta ituuu

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,