Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Cara Mudah, Tepat, dan Cepat Dapatkan Promo Saat Belanja Online

Sunday, September 29, 2019

Tips Dapat Promo Belanja Online

Saya melongo dibuatnya saat teman saya sharing harga OOTD. Bukan ... bukan karena harganya berjuta-juta. Malahan outfit from top to toe kece yang ia pakai harganya murah banget! Paling sukses bikin mata melotot ya tas selempang lucu yang harganya enggak sampai seribu rupiah. Katanya semua itu hasil berburu promo belanja online. Hei, kok bisa sih? Gimana cara mendapat promo belanja online sampai hemat cerdas cermat begitu?

Wajah fokus ke layar pantengin promo belanja online
Salah satu alasan besar kenapa semakin banyak orang berbelanja online adalah banyaknya promo. Aneka diskon yang diberikan oleh e-commerce atau toko online bisa menghemat biaya dari puluhan, ratusan, bahkan jutaan rupiah.

Untuk menemukan dan mendapatkan promo ini sebenarnya sangat mudah. Dari mana saja, menggunakan smartphone atau laptop cukup buka toko online atau e-commerce favorit kemudian cek banner promo yang tersebar di halaman utama atau menu-menu khusus info diskon.

My drop-down favorite menu is PROMOTION

Namun, cara ini umumnya kurang disukai karena menghabiskan banyak waktu. Selain itu, terkadang produk yang didiskon tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Memanfaatkan info promo yang random pun berisiko boros karena keinginan membeli produk lain yang belum tentu butuh. So, simak tips berikut untuk mendapat promo saat belanja online:

1. Manfaatkan Fitur Wishlist


Jika harganya belum promo coba simpan dulu. Hampir semua e-commerce atau toko online memiliki fitur Wishlist atau sejenisnya. Fitur ini untuk menyimpan atau menandai barang yang diinginkan. So, saat hendak belanja bisa menyimpannya dulu jika merasa harga barang mahal dan ingin dapat harga promo. Di musim diskon seperti HARBOLNAS, hari raya besar, akhir tahun dan sebagainya, biasanya barang yang disimpan itu akan dijual dengan promo besar-besaran.

Menariknya, beberapa e-commerce biasanya memiliki teknologi canggih yang bisa mendeteksi perilaku pelanggannya. Lewat fitur semacam Wishlist, mereka bisa mengetahui produk apa yang kita inginkan dan menawarkan promo hemat jika diperlukan. Pengertian banget, deh!


2. Daftar Newsletter


Salah satu syarat wajib belanja online adalah membuat akun agar memudahkan transaksi. Setelah itu, jangan lupa untuk mendaftar newsletter. Dengan ini, kita bakal secara otomatis memperoleh info promo terbaru dan terbaik dari e-commerce atau toko online favorit.

Aneka info diskon yang dibagikan melalui newsletter ini terkadang bersifat khusus, seperti membagikan kode voucher rahasia untuk mendapatkan potongan harga. Jadi tak perlu repot mencari promo. Cukup cek email dari tempat belanja online favorit, untuk menemukan diskon dan belanja hemat.

3. Belanja Melalui ShopBack



Iklan ShopBack mudah ditemukan di mana-mana, namun sudahkah menggunakannya? Platform ini adalah tempat berkumpulnya berbagai informasi mengenai kode promo terbaru dari e-commerce dan toko online. Tempat yang cocok jika ingin membandingkan harga dan promo, untuk belanja sehemat mungkin.

Serunya, ShopBack menawarkan tambahan cashback hingga ratusan ribu rupiah, jika berbelanja melalui website atau aplikasinya. Cashback itu bebas dipakai berbelanja lagi atau dicairkan ke rekening pribadi. Coba manfaatkan ini bila ingin belanja super hemat.

4. Gunakan Aplikasi Mobile

Sudahkah mengunduh aplikasi mobile dari e-commerce atau toko online favorit? Jika suka belanja hemat dan ingin selalu dapat promo menarik, pastikan mengunduh aplikasinya. Hal ini karena cukup banyak perbedaan antara belanja online lewat website dan aplikasi mobile.

Biasanya, belanja melalui aplikasi akan lebih mudah mendapatkan info promo, mudah berbelanja, hingga bertransaksi. Bahkan, ada beberapa promo yang hanya bisa digunakan melalui aplikasi mobile. Jadi tidak ada salahnya mengunduh aplikasi tempat belanja favorit demi bisa belanja hemat setiap saat.


5. Ikut Event atau Kuis Berhadiah

Sejumlah e-commerce atau toko online ternama di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan sebagainya terlihat sering mengadakan event menarik. Event atau kuis ini biasanya berhadiah voucher belanja dengan potongan besar. Lumayan untuk menghemat biaya saat belanja online.

Persyaratan mengikuti event biasanya sangat mudah. Hampir sebagian besar pelanggan yang aktif ikut kuis dan event pun merasakan keuntungan tersendiri. Event atau kuis ini bisa dilihat langsung di website, aplikasi mobile, atau media sosial milik e-commerce favorit.

6. Kenali Waktu Tepat Belanja Online


Satu lagi cara tepat untuk bisa mendapatkan promo termurah dan terbaik saat berbelanja online adalah mengenali waktu. Catat di agenda dan pasang alarm waktu-waktu terbaik e-commerce atau toko online menawarkan promo besar-besaran. Misalnya seperti momen akhir tahun yang diisi dengan HARBOLNAS, 10.10, 11.11, Hari Raya Besar, dan sebagainya.

Tungguin Big Sale, Harbolnas, dan promo besar-besaran lainnya
Memang ada banyak sekali cara mendapatkan promo belanja online. Cara yang dijelaskan di atas adalah yang termudah dan tercepat. Lumayan, kan, dapat diskon membuat belanja lebih hemat. Tapi ingat juga, lho, sebaiknya atur pengeluaran dan buat anggaran belanja sebelumnya supaya barang yang dibeli memang sesuai kebutuhan. Selamat mencoba!
6 comments on "Cara Mudah, Tepat, dan Cepat Dapatkan Promo Saat Belanja Online"
  1. Duh sekarang saya malah kepenuhan sms info promo dari ritel besar. Padahal lagi gak tinggal di kota yang ada M*taharinya

    ReplyDelete
  2. Lamaa banget gak belanja lewat shopback, bsa mulai lg nih habis beli kartu indo dan lg pulang kampung. Promo-promo menarik gak boleh kelewatan hehehe mantap mbak😁👍

    ReplyDelete
  3. Bener nih, kalo dapet promo senengnya bukan main. Jadi selalu nungguin promo buat belanjaa.

    ReplyDelete
  4. Paling sukak kalo ada kata "Promo" sampe-sampe belanja di swalayan pun muter2 ngebandingin harga termurah.. hehe.. dan tips di atas memang beberapa sudah saya jalankan. mantull

    ReplyDelete
  5. Ini yang ditunggu tunggu menjelang 10.10, 11.11, 12.12 hehe

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,