Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Kado Ulang Tahun untuk Anak TK yang Unik dan Edukatif

Saturday, October 5, 2019


Kado Ulang Tahun untuk Anak TK yang Unik dan Edukatif


“Undangan ulang tahun lagi???”

Jangan kaget, ya, buibu. Begitu anak mulai masuk TK akan sering menerima undangan pesta ulang tahun dari teman sekelasnya. Belum lagi tetangga yang merayakan ulang tahun. Teman saya curhat bisa dibilang hampir tiap bulan ada perayaan pesta ulang tahun di kelas anaknya yang TK. Wah, sepertinya perlu menyiapkan pos pengeluaran bulanan “kado/hadiah” selain “SPP”.

hadiah ulang tahun anak tk
Siapkan kado ulang tahun untuk anak TK karena banyak undangan ulang tahun
Usia TK (4 – 6 tahun) masih lucu-lucunya merayakan pesta ulang tahun. Kalau sudah SD atau SMP kadang si anak sungkan bila hari lahirnya dirayakan besar-besaran.

Nah, sekarang mau memberi kado ulang tahun anak TK seperti apa ya? Maunya hadiah yang unik, edukatif, dan bermanfaat. Di sini ada 10 ide hadiah ulang tahun untuk anak TK yang unik dan edukatif, yaitu:


1. Building blocks



Usia TK cocok banget dengan kegiatan konstruksi melalui permainan building blocks. Kado seperti Lego, megablocksmagnetic building blocks, LaQ, balok kayu, dan sebagainya bisa meningkatkan rentang konsentrasi anak dan menjadi penyaluran imajinasi mereka. Pilih bahan yang berkualitas supaya awet dan tidak melukai anak saat bermain.

Magnetic building blocks mengasah imajinasi anak


2. Buku belajar baca tulis hitung (calistung)


Di usia TK, anak dikenalkan dengan berbagai kegiatan pra-menulis dan pra-membaca. Di beberapa sekolah, pelajaran calistung juga mulai dikenalkan. Dengan memberi kado ulang tahun berupa buku belajar calistung, semoga bermanfaat dan meningkatkan semangat anak untuk belajar.


3. Picture book dan activity book


Selain buku calistung, anak usia TK suka dengan buku tipe picture book yang banyak gambar dan sedikit tulisan karena sedang atau belum lancar membaca tulisan. Anak dapat berimajinasi membuat cerita sendiri melalui ilustrasi di picture book. Selain itu, usia 3 tahun ke atas cocok dikenalkan pada activity book yang melatih kemampuannya mengenal warna, bentuk, menempel stiker, mencari jalan keluar (maze), dan sebagainya.

4. Puzzle edukatif


Hadiah puzzle edukatif menjadi pilihan menarik. Contohnya, puzzle tentang huruf, angka, geometri, bagian hewan dan tumbuhan, atau puzzle siklus hidup makhluk hidup menjadi media belajar sambil bermain untuk anak TK. Pilih jumlah kepingan puzzle dan tingkat kesulitan yang sesuai dengan usia anak.

Puzzle bagian tubuh Beleduc

5. Pakaian


Kaos, kemeja, celana, dress, dan pakaian anak lainnya dapat menjadi alternatif hadiah ulang tahun untuk anak TK. Pastikan ukuran yang dibeli sesuai dengan ukuran anak, berarti harus tahu nih sebesar apa anak yang berulang tahun. Coba deh cek di sini koleksi baju anak terbaru di ZALORA. Lucu banget ada kaos motif sarapan supaya meningkatkan nafsu makan, hihi ….

Koleksi pakaian anak di ZALORA (sumber: website ZALORA)


6. Alat tulis dan mewarnai


Entah mengapa alat tulis anak itu mudah raib, maka memberi hadiah ulang tahun anak berupa alat tulis cocok karena dapat digunakan setiap hari. Mau alat mewarnai seperti spidol, krayon, atau cat air juga bagus. Pilih spidol yang easy washable supaya mudah dihapus ketika si anak mencoba berkreasi di dinding, baju, atau lantai. Bisa juga memberi kado crayon khusus untuk kaos supaya anak bisa menggambar di kaosnya. Krayon ini bisa awet, lho, meski kaos sudah dicuci.



7. Mainan untuk pretend play


Mainan edukatif anak usia 4 tahun ke atas salah satunya mengasah imajinasi dalam bermain peran alias pretend play. Mainan ini cocok untuk mengenalkan berbagai profesi pada anak. Contoh mainan untuk pretend play seperti mainan alat kedokteran, masak-masakan, supermarket mini, alat pertukangan, dan sebagainya.

8. Kotak bekal custom


Kotak bekal makan dan minum menjadi barang wajib dibawa saat pergi sekolah. Supaya makin semangat makan, coba deh beri hadiah kotak bekal custom seperti diberi nama anak tersebut, botol minum dengan foto si anak atau karakter kesukaan anak.

9. Sepeda roda 4


Sepeda roda 3 dan push bike sepertinya sudah terlalu kecil untuk anak TK maka sepeda roda 4 menjadi ide kado ulang tahun anak yang menarik. Kalau si anak semakin besar, roda sampingnya bisa dilepas.

Kids love playground

10. Voucher arena bermain (playground)


Kids love playground. Bila kesulitan mencari hadiah berupa barang yang tepat untuk anak TK, mengapa tidak memberi voucher arena bermain supaya anak dapat bermain sepuasnya? Playground menawarkan berbagai aktivitas edukatif yang melatih motorik maupun sensori anak. Voucher bermain akan menjadi kado istimewa.


Banyak, kan, ide kado ulang tahun untuk anak TK yang unik dan edukatif. Supaya lebih hemat, bisa membeli kado dalam jumlah banyak supaya dapat harga grosir atau beli saat promo. Stok kado ini disimpan sehingga bila sewaktu-waktu ada undangan ulang tahun, mudah mencari kado yang tepat.

Selain kado di atas, apalagi ya hadiah ulang tahun untuk anak TK?

25 comments on "Kado Ulang Tahun untuk Anak TK yang Unik dan Edukatif"
  1. nahh voucher tiker main di play ground ini yang nyenengin banget kalo buat kadi anak anak mah ya mbak..

    ReplyDelete
  2. Hm, kesepuluh item ini sudah ini semua deh kayaknya, Mak .... oiya ... kartu-kartu bermain mungkin perlu ditambahkan? Atau mainan yang memakai papan seperti Ludo?

    ReplyDelete
  3. Idenya unyu unyu sekaliii
    Iya nih, kids jaman now siboookk banget
    banyak agenda ultah dll, nanti sunatan dll jugak :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Kalau untuk anak laki-laki, saya mentok di mobil-mobilan hehehe. Suka bingung cari kado kalau untuk anak perempuan

    ReplyDelete
  5. catet ahh ide kadonya. yg terakhir unik ya, jarang2 ada yg ngadoin voucher main plaground

    ReplyDelete
  6. Hahaha...jadi ingat lagi semasa anakku TK, perasaan setiap bulan ada aja yang ulang tahun dan sebelnya selalu di ramein jadi otomatis siap kado, tahu sendiri anak2, kadang suka pusing juga cari kado apa, belum lagi anakku bakalan merengek nih mau di ramein juga kayak temannya...hahaha.

    ReplyDelete
  7. Wah banyak banget ya idenya.
    Biasanya kalau anak laki, saya kasih mobil-mobilan. Kalau anak perempuan, dikasih mainan buat masak-masakan. Baca tulisan ini, jadi punya ide buat ngasih yang lain.

    ReplyDelete
  8. Sebenarnya banyak pilihan kado ulang tahun, ya. Tapi ngga tahu kenapa suka blank kalau mau ngasih kado untuk anak-anak. Dan ujung2nya mainan. Standard banget. Hahaha

    ReplyDelete
  9. Kalau ngadoin temena anakku udah pernah semua kayaknya, kecuali sepeda dan voucher. Karena jaman anakku TK belom ngetren voucher.
    Dan pas SD masih ada sih yang ngrayain. Seperti kapan hari, dah kelas 5 bikin acara ultah di sekolah. Besoknya aku suruh anakku kasih kado temennya itu. eh dibalikin, temennya gak mau, karena Mamanya pesen gak boleh terima kado hihihi.

    ReplyDelete
  10. Voucher bermain boleh juga nih idenya. Aku seringnya kalo nggak buku ya permainan.

    ReplyDelete
  11. Puzzle edukasi tuh bagus tapi suka dibuang-buangin, apa anakku belum ngerti ya,,, tapi so far mainan berbau edukasi paling sering aku jadikan kado

    ReplyDelete
  12. suka puzzle. soalnya bs dipakai main agak lama lagi. daripada dibeliin buku mewarnai pasti setelah selesai diwarnai semua terus gak pernah ditengok lagi. hehe

    ReplyDelete
  13. Gak kerasa ya waktu begitu cepat anak mbak usia 4taun anak aku masih 2taun baru mau... Cepet ya

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah, daku sudah melewati masa itu :) benar memang harus ada anggaran sendiri buat beli kado, tiap bulan ada aja anak TK yang ulang tahun, sementara anak sendiri, nggak dirayakan ultahnya, hahahaha. Kalau aku sering kasih buku atau alat mewarnai.

    ReplyDelete
  15. Boleh juga nih ide untuk kado ultahnya. Masih punya seorang anak nih yang sekolah di SD, kemungkinan masih ada yang ngundang ultah lagi hehehee... Boleh dicontek deh ini idenya asalkan jangan yang mahal-mahal aja. ;)

    ReplyDelete
  16. Iya bener mama Sid, saat anakku TK swlalu aja ada undangan ulang tahun, sampai bingung mau ngasih apa ya hihi alhamdulillah ada bbrp rekomendasi hadiah, bekal buat saki nanti nih kalau TK hihi tfs

    ReplyDelete
  17. mainan sih Mamak Sid biasanya kalau aku ngado dari boneka sampe mobil-mobilan jarang ngasih voucher kalau sepeda ngado buat anak sendiri hahaha

    ReplyDelete
  18. Aku jadi teringat saat mengajar TK dulu mbak, pasti setiap minggunya ada aja anak murid yang ulang tahun..
    Nah anakku juga sekarang udah sering nih dapat undangan ulang tahun

    Seperti memberikan voucher bermain di playground mau aku buat kado ah,
    Hehehe

    ReplyDelete
  19. Pas banget anak-anakku ulang tahunnya deketan. Pengen cari kado juga buat mereka.

    ReplyDelete
  20. zaman anak aku TK kalau ulang tahun teman temannya berbagi makanan di sekolah tapi orang tua tidak diwajibkan memberi kado Tapi waktu aku di Padang sering banget dapat undangan ulang tahun dan tetanggaku mengadakan acara jadi wajib beliin kado heheh

    ReplyDelete
  21. Terima kasih banyak ya Mbak atas ide-idenya. Saya yang termasuk suka kehabisan ide akalau ada anak-anak yang berulang thaun. Iya ya kayaknya sama dimana-mana. Anak TK ini sering banget ngadain ulang tahun di sekolah.

    ReplyDelete
  22. Idenya keren-keren, jadi bertambah alternatif untuk kado kalau si kecil diundang acara ultah. Biasanya ku suka kasih buku cerita karya sendiri :)

    ReplyDelete
  23. Kebetulan banget aku pengen beliin kado buat sepupunya Salim yang kemarin ultah.

    ReplyDelete
  24. tumbler dengan gambar yang unik mbak, selama sekolah TK anak saya baru sekali dapat undagan ultah temanya hehee

    ReplyDelete
  25. Tau aja suka bingung kasih kado kalo temennya fatih ultah, idenya boleh bgt nih

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,