Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

SabaQu Mainan Edukasi Anak 6 Tahun dengan 800 Soal untuk Dipecahkan!

Saturday, June 26, 2021
sabaqu mainan edukasi anak 6 tahun
Mainan edukasi anak pengganti gadget

Pusing melihat SID main hape melulu. Mau mengajaknya main di luar, situasi pandemi masih mengkhawatirkan. Untungnya ada mainan edukasi anak 6 tahun dengan ratusan soal yang membuat SID asik bermain tanpa gadget. Permainan pengganti gadget ini dapat membuat anak percaya diri, lho! Berikut ulasannya.

Mengatasi Anak Main HP


Akhir-akhir ini SID makin sering main HP. Bukan sepenuhnya melarang, anak gen Alpha perlu mengenal gadget tetapi tetap ada batasnya, kan. Screen time terlalu lama untuk anak-anak tidak baik karena di usianya masih butuh banyak aktivitas fisik.

Untuk mengatasi anak main HP terlalu lama, perlu mengalihkannya dengan kegiatan tanpa gadget yang menarik. Biasanya saya ajak anak untuk bersepeda, berenang, atau bermain di taman namun sekarang PPKM semakin diperketat. Arena bermain dan kolam renang ditutup (lagi). *hiks.

Solusinya, saya sediakan mainan edukasi untuk anak di rumah. Mengapa mainan edukasi? Ssstt … ini teknik supaya anak bisa belajar sambil bermain, enggak terasa sedang belajar. Masuk usia 6 tahun bahkan usia sekolah seperti SD, media belajar tak hanya lewat buku. Belajar dengan cara menyenangkan melalui mainan edukasi.

Review SabaQu Mainan Edukasi Anak dengan 800 Soal untuk Dipecahkan!


Mainan edukasi SabaQu sudah membuatku jatuh hati ketika pertama kali melihatnya awal tahun lalu. Di suatu workshop, Mbak Leila Niwanda mengikuti pelatihan bersama kedua anaknya. Anak-anak ini nampak anteng selama acara. Saya penasaran, dong, kok bisa betah? Ternyata mereka sedang asyik memasang keping warna pada sebuah papan hijau. Oh … ternyata ini mainan edukasi SabaQu.

mainan edukasi anak sd
SID memainkan SabaQu tema logika

Mendengar kata “SabaQu” mengingatkan saya pada sabak. Mainan zaman SD berupa kertas berlapis yang bisa ditulisi berulang kali. Saat lapisan atas diangkat, tulisan akan hilang. Sabak juga menjadi buku catatan di masa ibu saya bersekolah, sebelum ada buku tulis. Rupanya nama SabaQu terinspirasi dari sabak.

“SabaQu merupakan permainan inovatif untuk membantu anak belajar secara menyenangkan. Dengan mekanisme “periksa sendiri jawabanmu”, mendorong anak untuk belajar mandiri.”

SabaQu menjadi mainan edukasi anak 6 tahun hingga 10 tahun. Soal-soal SabaQu bertingkat, dari level 1 yang paling mudah hingga level 4 yang semakin menantang. Melihat soal-soalnya, sepertinya anak 5 tahun sudah dapat mencoba memainkan SabaQu level awal.

Cara Bermain SabaQu


Bagaimana cara bermain SabaQu?

Dalam permainan SabaQu, kita menggunakan kotak SabaQu (papan hijau), lembar main, dan keping warna.

mainan edukasi anak 6 tahun
petunjuk bermain SabaQu

Cara bermain SabaQu, yaitu:

1. Siapkan kotak SabaQu, pasang lembar main yang dipilih, dan pasang semua keping warna di bagian pinggir atas dan bawah.

2. Bagian gambar dalam adalah soal sedangkan bagian luar adalah jawaban. Pasangkan keping warna yang sesuai antara soal dengan jawaban.

3. Setelah selesai menjawab, balik kotak SabaQu dan periksa jawaban dengan mencocokkan kunci jawaban dengan warna keping warna. Bila cocok maka jawaban benar.


Manfaat Bermain SabaQu


Mainan edukatif SabaQu memiliki 4 tema lembar main, yaitu matematika, logika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Soal-soal SabaQu dirancang berdasarkan kurikulum nasional sekolah dasar oleh para pendidik profesional. So, bisa dipakai di rumah atau pelengkap alat belajar di sekolah.

Soal-soal SabaQu terdiri dari 4 tema

Mainan edukasi ini menuntut ketelitian dalam menjawab soal. Ragam soal berupa teks dan gambar butuh kecermatan saat menjawabnya, termasuk mencocokkan keping warna. Beberapa kali saya perhatikan SID sudah menjawab dengan benar melalui lisan tetapi salah meletakkan keping warna. Perlu fokus mengerjakannya.

Lembar main di SabaQu disajikan dalam ilustrasi menarik dan berwarna-warni yang membuat anak penasaran mencobanya. Ilustrasi ini dapat menstimulasi imajinasi mereka.

Mainan edukasi anak 6 tahun ke atas ini juga bisa meningkatkan kreativitas. Terdapat empat level soal yang semakin tinggi levelnya, semakin menantang untuk dipecahkan bahkan anak bisa membuat soal sendiri. SID belum pernah belajar pembagian sampai puluhan bahkan melihat angka 100:5 itu suatu angka yang besar bagi anak TK. Namun, saat melihat soal di lembar main SabaQu, ia mau mencoba menghitung 100:5 sambil membayangkan punya 100 yogurt untuk dibagikan ke 5 orang. Sebagai alat bantu, saya ajak menghitung bersama menggunakan manik-manik.

SabaQu juga melatih kemandirian anak. Ia bisa memilih lembar main mana yang mau dikerjakan lalu memeriksa sendiri jawaban dengan cara membalik kotak SabaQu. Sebagai orang tua, saya hanya mendampingi tanpa perlu menyalahkan. SID bisa memahami bagian mana yang perlu diperbaiki. Mainan edukasi ini dapat meningkatkan rasa percaya diri anak.

mainan edukasi anak 6 tahun
Periksa sendiri jawabanmu

Kelebihan lain SabaQu yaitu bisa dipakai berulang kali dan tidak mudah robek karena bahan lembar mainnya tebal dengan laminasi doff. Sekarang bisa dimainkan SID, kelak bakal jadi mainannya Uno. Lumayan, kan, bisa turun-temurun.

Selain itu, terdapat 80 lembar main dengan masing-masing 10 soal. Totalnya 800 soal SabaQu untuk membuat anak sibuk bermain dan belajar yang menyenangkan. Wow, banyak banget!

Kotak SabaQu juga mudah dibawa karena bahan plastiknya ringan. Seperti perjumpaan pertama saya dengan SabaQu saat workshop, mainan edukatif ini bisa menjadi teman anak saat bepergian.

Harga SabaQu Mainan Edukasi Anak


1 box SabaQu terdiri dari:

  • 4 lembar amplop tema (matematika, logika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris)
  • 80 lembar main (@20 lembar main untuk masing-masing tema)
  • 1 kotak SabaQu
  • 10 keping warna

Sebanyak ini bisa didapatkan dengan harga SabaQu Rp790.000,00,. Mau lebih murah? Ini, lho, ada diskon 20% dengan klik https://bit.ly/InfoPromoMainanEdukasi.

Sepaket SabaQu (dok. mandira.id)

Menyediakan mainan edukasi SabaQu membuat anak teralihkan dari gadget. Anak bisa belajar sambil bermain memecahkan ratusan soal juga meningkatkan rasa percaya diri karena bisa memeriksa sendiri jawabannya. Yuk, ajak anak-anak bermain dengan SabaQu!

Info lebih lanjut: @medialiterasianak
56 comments on "SabaQu Mainan Edukasi Anak 6 Tahun dengan 800 Soal untuk Dipecahkan!"
  1. Bagus banget buat permainan sikecil, jadi betah dan ga melulu gadget ya mbak

    ReplyDelete
  2. Wah bagus sekali mba permaianannya, sabaqu ini berperan sebagai maianan edukatif ya.. keren!

    ReplyDelete
  3. Asik nih. Metode bermain sambil belajar yang menyenangkan buat anak-anak. Apalagi kk juga bentar lagi 6 tahun. Bisa jadi inspirasi nih. Makasih ya

    ReplyDelete
  4. Masya Allah keren banget SabaQu ini ... saya langsung berhitung baca diskonnya 20% hihi .... tengok budget dulu ...

    ReplyDelete
  5. Seru banget ya kak anak2 kalo bermain pake SabaQu. Anak2 jadi lebih mandiri dan bisa merasa lebih bangga gitu kalo bisa nemuin jawabannya sendiri. tema2nya jg kek pelajaran sekolah, jd sangat2 membantu dalam pembelajaran di sekolah. Ilustrasinya lucu2 😍😍

    ReplyDelete
  6. Wah, ini nih yg dibutuhkan ortu jaman now.
    karena memang cukup challenging ya, memilih permainan yg bisa membantu anak belajar secara menyenangkan.

    Kalo pakai SABAQU nih asyik.
    Dengan mekanisme “periksa sendiri jawabanmu”, mendorong anak untuk belajar mandiri.

    ReplyDelete
  7. Pengaruh gadget memang harus diminimalisir agar hidup kita terhindar dari kecemasaan gadget. Sabaqu bikin anak betah belajar sambil bermain

    ReplyDelete
  8. Wow banyak bener, 800 soal yg bisa dipecahkan. Kalau soalnya sebanyak ini mah dijamin anak nggak bakal bosen ya mbak. Trus desain mainannya juga asyik, full warna dan gambarnya, bakal bikin anak-anak mau meninggalkan hpnya. Dah, jadi mauuu beli in juga buat bocilku nih, mbak. Makasih reviewnya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kebayang banget ini serunya 800 soal permainan yang edukatif, ortu gak perlu nyari ide permainan yang menyenangkan lainnya lagi. Anak anak pasti dah gak kepengn mainin hape mbak

      Delete
  9. bagus ya mainan edukasinya.. jadi pengen beliin juga nih buat si kecil kalau pas nginap di rumah. trmksh sharingnya mba..

    ReplyDelete
  10. Mainan yang ok banget nih buat anak-anak biar gak main hp terus ya

    ReplyDelete
  11. Alat bantu belajar seperti ini keren nih ! Anak tidak sadar kalau sedang belajar, mereka tahunya sedang bermain games ya kak.

    ReplyDelete
  12. langsung terfokus sama diskon 20%, mayan banget ini buat beli SabaQu.

    Dengan harga yang dibandrol buat mendapatkan 1 paket SabaQu ini, saya kira worth it banget karena bisa mendapatkan Mainan Edukasi Anak dengan 800 Soal dengan desain yang sangat atraktif, yg bikin anak-anak "tertantang" utk menyelesaikan soal demi soal secara mandiri. Apalgi desain SabaQu ini digadang-gadang bisa mengalihkan perhatian anak-anak dari gadget, tentu ini sangat membantu emak-emak mengatasi godaan gadget pada buah hatinya.

    ReplyDelete
  13. Kemarin aku lihat di feed, SID main sabaqu.
    Anak-anak pasti happy ya...diajak main bareng begini. Dulu anak-anak saat usia pra sekolah juga happy banget kalau beli mainan yang seru nan kreatif.
    Sekarang Hana hobinya ngajakin main scrabble.
    Asiknya pandemi itu begini yaa.. secara gak sadar kita ada waktu untuk anak 24/7.

    ReplyDelete
  14. Menarik ini kak.memang akhir2 ni lagi berpikir keras gmn caranya agak anak2 gak main hp melulu.nyari mainan yg lebih bermanfaat.Sabaqu bisa jd alternatifnya ya

    ReplyDelete
  15. Wuih keren nih bisa jadi solusi banget buat mengalihkan anak dari ber hape ria ya mba...

    ReplyDelete
  16. Tuh kan! MakEmak di zaman milenial ini ada workshop tentang edikasi anak agar bisa melupakan gadget utk bermain dengan 800 permainan di SabaQu. Harganya juga cukup terjangkau aplg ada 20% diskon. Pengeluaran budget tak kan terasa berat demi melihat anak2 giat dan antusias aktif bermain dengan SabaQu. SabaQu ini melihat bentuk dan tampilanya pastinya berasal dari alat tulis jaman bunda sekolah SD yg disebut SABAK dan alat tulisnya disebut Grib atau Gerib. Tp ketika cucu bunda TK lebih modern lg hanya dengan menggeser tombol utk menghapus tulisannya. Memang sangat menarik dan anak2 tidak terlalu cepat bosan dlm bljr. SID itu yg selalu menemani mamanya ke Worksop ornprlatihan utk para bligger ya. So swert gak cerewet dan gak nyusahin ya. Btw SabaQu dengan 800 varian soal sdh pasti bikin anak2 asyik dan merasa tertantang.

    ReplyDelete
  17. Bener bangt jangan melarang untuk mengenal gadget tapi pelru pembatasan aja ya, kalau ga dikenalkan malah jadi gaptek. Salah satu cara membatasinya menyediakan mainan edukasi kata SabaQu. Banyak juga ragam permainannya ya tinggal ganti2 modul gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anakku masih kecil aku pasti mpeng juga pingin beliin Sabaqu nih :) Jdi investasi ya buat anak-anak juga supaya lebih kreatif

      Delete
  18. daripada main handphone terus, mendingan beliin ini aja buat anak yaa, Mba. jadi tertarik beli buat anakku nih

    ReplyDelete
  19. menarik ya permainan sabaqu ini mbak, kayaknya saki juga bakalan anteng mainan begini ya. selain membuat anak lepasa dari gadget juga menambah pengetahuannya yaa.

    ReplyDelete
  20. Seru juga nih SabaQu.. apalagi soal2nya sampe 800..lumayan awet lah ya...Jadi gak buru-buru beli mainan baru lagi..hehe.. Pengen kucobain ke ponakanku nih..

    ReplyDelete
  21. Makin beragam banget ya mainan edukasi salah satunya ini. Cocok nih buat anak balita selain seru terus mereka dapat ilmu juga yes.

    ReplyDelete
  22. Kayaknya harus kasih tahu nih keponakanku buat main Sabaqu biar gak main gadget terus soalnya takut gimana gitu.

    ReplyDelete
  23. Waah, senangnya SID menikmati main SabaQu... Ini karena sebagian kepingan yang di rumah ilang waktu bersih-bersih dari banjir, jadinya diganti pakai karton :D. Ada lembaran yang basah juga dan akhirnya diikhlaskan, ada yang jual spare part gitu nggak sih ya, hehehe.

    ReplyDelete
  24. Asiiiik ada diskon 20% hihihi. Ibu2 pada nyerbu deh kepengen beli SABAQU :D Permainan edukasi ini cakep amat mak, 800 soal kayaknya cocok banget buat dikerjakan sambil santai di rumah. Apalagi pas liburan di di rumah aja jangan ke mana2 kan hehehe. Ga ngebosesnin nih mainan di Sabaqu, bervariasi sih... :D

    ReplyDelete
  25. Whoaaa, rabatnya mayan banget!
    Mumpung diskon, kayaknya buibu wajib gercep.
    Soalnya kita ga tau yaa... anak2 kudu PJJ sampe kapan.
    Pastinya butuh variasi mainan edukatif yg mantull, ye kan.

    ReplyDelete
  26. Aku termasuk yang setuju jangan memperkenalkan henpon pada anak yang masih kecil. Keponakanku udah kenal henpon, kalau nggak di kasih nangis belum ada 2 tahun. Hiks

    ReplyDelete
  27. Aku tuh selalu kagum sama bunda-bunda yang selalu ada aja ide buat main sama anak-anaknya, yang enggak cuma main, tapi juga edukatif. Salut bangey deh

    ReplyDelete
  28. Ini sih membantu banget ya buat mengisi kegiatan anak jadi lebih bermanfaat dan edukatif juga, jadi nggak ngebosenin deh walaupun kegiatannya di rumah.

    ReplyDelete
  29. wah mantap nih, mainan yang berkualitas ya :) jadi anak juga merasa senang belajar gak ada paksaan :) metode belajar kaya gini memang membantu sih :)

    ReplyDelete
  30. Memang kadang bingung, bikin serba salah mamak sekarang tuh, main hp kelamaan da sekolah pun lewat hp hihii. Dibatasin tetep tapi aa aja alesan lain..

    Btw solusi ini SAbaqu, bisa menjadi pilihan dan alternatif mainan edukasi buat SID ya, apalagi kalo denger harga ada promonya. Ohh gitu tho mainnya, apalagi dirancang berdsarkan kurikulum sekolah dasar, jadi bener buat nambah2 belajar sambil bermain di rumah.
    Ikutan main donk atee SID

    ReplyDelete
  31. Sudah lihat-lihat Sabaqu ini ... ya ampun mupeng banget tapi masih lihat-lihat budget.


    Dari kemarin lihat2 saja ya hehehe.

    ReplyDelete
  32. 800 soal... Mantaps nian nih, jadi membuat anak-anak belajar yang mengasikkan ya mbak. Apalagi ada mata pelajaran layaknya di sekolah, sangat membantu meningkatkan kualitas belajarnya juga

    ReplyDelete
  33. Baca tulisan "Seba" ingat nama anaknya kak Mila. Hehe.
    DuoK punya mainan mirip seperti ini tapi lebih sederhana.
    Memang menarik ya ini, jadi bisa belajar sambil bermain yang menyenangkan dengan SebaQu.

    Screen time berkuang jauh lah ya kalau pakai SebaQu ini.

    ReplyDelete
  34. Kami juga punya SabaQu mam, beli saat ada promo, hehe... Karena memangvuntuk 6+, anak usia di bawahnya harus benar-benar didampingi agar tidak bingung.

    ReplyDelete
  35. Sepertinya seru sekali ya Mba. Jadi mupeng nih hahaha pengen ikutan main. Harganya bikin kudu nabung. Karena belum ada anak kecil aku rekomin aja ke emaknya keponakan aku yang ada anak kecilnya ah. Makasih M a Helen sharingnya.

    ReplyDelete
  36. Sabaqu ini bisa melatih motorik anak ya, mainan edukasi untuk anak usia 6 tahun dengan 800 soal yang menurutku dikemas cukup menarik

    ReplyDelete
  37. Wooww, lumayan banget ini buat kegiatan liburan supaya nggak bengong aja. Harganya pricey tapi worth it lah buat anak yah.

    ReplyDelete
  38. Wah harganya lumayan juga ya tapi mainan begini bikin anak cerdas dan kritis nantinya

    ReplyDelete
  39. wah sangat bermanfaat ay, sekarang beli sesuatu untu edukasi sangat bervariasi

    ReplyDelete
  40. mainan edukasi yang pas untuk anak usia 6 tahun ya Sabaqu ini, anak-anak terstimulasi dalam tumbuh kembangnya juga

    ReplyDelete
  41. Aku baru tahu SabaQu ini. Kayanya cocok buat Keponakan yang besok masuk SD. Ini kaya menjodohkan gitu kan. Sama kaya pelajaran di TK. Minimal mereka gak main gadget terus ya

    ReplyDelete
  42. Bener juga nih, daripada main hp terus sepertinya aku prefer ngasih mainan edukasi modelan gini untuk membunuh waktu di rumah. Karena masih di rumah saja jadi aku harus pinter juga menyiasati permainan di rumah agar dia gak bosen

    ReplyDelete
  43. Teralihkan main gadgetnya kalau udah megang SabaQu. Jadi lebih fokus dan kreatif. Keren banget, walau untuk membelinya harus nabung tapi manfaatnya memang banyak banget untuk anak

    ReplyDelete
  44. Lngkap ya, bisa 800 permainan dalam satu APE. Ini bagus dan jatuhnya lebih murah. Dan mainan ini ga punya efek mata pedih seperti kalau kebanyakan main gawai.
    Duh jadi sangat sangat pengen. Tapi menunggu Gi agak gedean Dia masih fase menyobek kertas. Huhuhu

    ReplyDelete
  45. Aluna juga punya SabaQu di rumah mbak
    asli klo main ini seru banget, bakal lupa sama gadget
    mainan edukatif yang sangat bermafaat bagi anak

    ReplyDelete
  46. Keren mainan kayak gini. Karena anak jadi belajar dengan cara menyenangkan. Bisa buat saya kadoin juga untuk keponakan :)

    ReplyDelete
  47. Sabaqu, bisa jadi alternatif sarana buat ngajari anak dengan cara menyenangkan nih. Nggak cuma geser dan scroll layar hp, tapi bisa lebih banyak aktivita fisiknya kalau pakai sabaqu ini

    ReplyDelete
  48. Huwaaaa harganyaaaa
    Tapi emang bener di masa kyk sekarang penggunaan gadget rasa2nya jd lbh banyak ya, kudu ada penyeimbang dengan mainan2 edukatif kyk gini
    Mencocokkan keping warna melatih kesabaran dan ketelitian anak yaa

    ReplyDelete
  49. Bener...
    Aku jadi inget sabak, ini mengapa namanya Sabaqu yaa..
    Kreatif sekali...membuat anak-anak belajar berpikir deep learning. Selain jawaban, juga memberikan warna yang tepat.

    ReplyDelete
  50. Dulu saya nabung SabaQu ternyata enggak bisa dipakai untuk membelinya karena kebetulan ada keperluan mendesak. Nah, sekarang Salfa minta lagi jadi tak suruh nabung lagi.

    ReplyDelete
  51. Harus dikasih mainan kayak gini nih emaaang supaya gak ke gadget melulu. Liburan di rumah mlulu tuh bikin mati gaya klo ada mainan seru

    ReplyDelete
  52. Asik juga ya main Sabaqu. Kek belajar sambil main. Bisa banget buat ngisi liburan sekolah nih secara liburannya masih 10 hari lagi dan ibunya udah mulai mati gaya.

    ReplyDelete
  53. Ini 800 soal itu kira-kira bisa dikerjakan dalam waktu berapa ya? hahaha.. tapi maaf, agak pricey ya buat kantong mamak yang kalau anak sekolah aja nunggu hp gantian sama mamahnya.

    ReplyDelete
  54. Dulu ada di Amway nih, SABAQU tapi versi Amway loh ya
    namanya apa gitu, tapi kurang lebih ini melatih banget kecerdasan berbahasa sekaligus anak mengenal warna dll

    Keep on going Sid!

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,