Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Main di Alun-alun Magetan

Tuesday, June 8, 2021

Main di Alun-alun Magetan menjadi agenda wajib setiap kali kami berkunjung ke rumah Akung dan Uti. Belum juga sampai di Magetan, SID sudah menagih janji, "Nanti ke alun-alun, ya!". Kalau tidak dituruti, setiap hari ia akan mengulang-ulang permintaannya tersebut. Memangnya ada apa di Alun-alun Kabupaten Magetan sampai begitu dirindukan?


cosplay bumblebee di alun-alun magetan
Ada Bumblebee di Alun-alun Magetan! 


Arena Bermain di Alun-alun Magetan

Alun-alun Magetan menjadi tempat favorit anak-anak karena ada arena bermainnya. Tak hanya ruang terbuka hijau dengan lapangan rumput yang luas, terdapat pula wahana bermain bongkar pasang alias non-permanen di sana.


Permainan seperti odong-odong, memancing mainan plastik sampai ikan beneran, memanah, melukis, Hot Wheels dengan arena besar dan berputar, juga permainan ketangkasan lainnya tersedia di sana. Harganya pun sangat terjangkau, sekitar 5.000-8.000 rupiah untuk tiap permainan. 


Selesai bermain, anak-anak dapat memilih satu hadiah seperti mobil-mobilan, puzzle, buku gambar, fidget spinner, dan sebagainya. Ini yang SID tunggu-tunggu, terkadang ia lebih tertarik hadiahnya dibanding permainan di sana.


Menantang juga nih bermain menangkap ikan


Selain itu, terdapat persewaan mobil dan motor aki juga skuter. Saat SID berusia 3 tahun, ayahnya yang mengendalikan mobil-mobilan dengan remote control. Sementara SID pura-pura menyetir. Sekarang ia sudah bisa mengendarai motor trail mini sendiri. Ini pengalaman pertamanya di usia 6 tahun. *udah bisa bonceng Ibu ke pasar, hehe.


Naik mobil-mobilan aki selama sekitar 10-15 menit ini pengunjung dikenai biaya 10.000 rupiah saja. Lamanya waktu bermain tergantung ramai-tidaknya pengunjung hari itu. Kadang SID sudah lama muter-muter sampai bosan, kok ya enggak dipanggil petugasnya.


main di alun-alun magetan
Naik mobil-mobilan di Alun-alun Magetan


Minggu lalu ketika saya berkunjung ke Alun-alun Magetan, ada pemandangan baru di sana. Sekarang ada arena bermain anak di Alun-alun Magetan. Maksudnya, bukan permainan seperti di atas tetapi perosotan berbagai bentuk tersedia di sana. Arenanya cukup luas tetapi waktu itu ramai pengunjung di akhir pekan maka kami menunda bermain di sana.


Selesai bermain, biasanya kami jalan-jalan di lapangan rumput alun-alun. Di area ini ada penjual gelembung sabun dan mainan yang kalau dilempar ke atas bisa turun sambil berputar dan memancarkan cahaya (apakah namanya?). Kadang SID minta main gelembung sabun. Ia berlari mengejar bubble yang tertiup angin. Lapangannya luas, enak buat aktivitas fisik menghabiskan energi anak supaya setelahnya tidur nyenyak.


Baca juga: Ide Bermain di Rumah


Kami sering berkunjung ke Alun-alun Magetan di malam hari. Baru sekali ini ke sana siang hari sebelum melanjutkan perjalanan ke Gresik. Enaknya waktu malam enggak panas dan lebih sepi. Trus, ada juga kereta kelinci dan kendaraan kayuh yang dipasangi lampu di sekelilingnya. Tarif kereta kelinci per orang 5000 rupiah. Saya belum tahu tarif kendaraan kayuh, setiap kali mau naik antreannya panjang.


Tahun lalu kami naik kereta kelinci keliling bagian luar alun-alun. Malu sih, untungnya wajah tertutup masker, haha. Mana waktu itu yang naik badannya gede-gede, justru anak-anaknya hanya bertiga. Syukurlah keretanya berjalan dengan aman, enggak oleng. 


wisata keluarga di magetan
Naik kereta kelinci memutari Alun-alun Magetan


Wisata Kuliner di Alun-Alun Magetan


Puas bermain di arena bermain anak Alun-Alun Magetan, waktunya beli jajan di sampingnya. Deretan street food yang dijajakan pedagang kaki lima tersedia di sana, seperti tahu bulat, pentol, bakso, mie ayam, STMJ, sampai minuman kekinian kopi dan teh juga ada.


Ketika tahun lalu kami ke sini, alun-alun baru dibuka setelah tutup sekian lama karena pandemi. Para pedagang sepi pembeli. Berbeda dengan tahun ini, mungkin juga karena akhir pekan, nampak para pengunjung menikmati makanan di atas tikar yang tersedia.


Baca juga: Kegiatan Anak Homeschooling Usia Dini


Saya belum pernah membeli makanan berat di sini namun untuk camilan harganya standar. Di gerobak biasanya tersedia daftar menu beserta harganya.


masjid agung baitussalam magetan
Masjid Agung Baitussalam sebagai latar dari alun-alun Magetan


Masjid Agung Baitussalam Dekat Alun-Alun Magetan


Tak lengkap rasanya ke Magetan bila belum salat di Masjid Agung Baitussalam Magetan. Letaknya dekat dengan Alun-alun Magetan, cukup menyeberang saja, bahkan kendaraan bisa diparkir di area dekat masjid.


Masjid Agung Baitussalam merupakan bangunan baru yang dibangun ulang sejak 2012. Tiga tahun lalu, setelah selesai dibangun, saya berkesempatan salat di masjid ini.


Bagian luarnya terdiri dari satu kubah besar dengan dua kubah kecil di kanan-kiri. Terdapat pula dua menara kembar di samping bangunan utama.


Baca juga: Menjaga Kesehatan Keluarga di Masa Pandemi


main di alun-alun magetan
Ikan ... sini dekat Uno


Beragamnya permainan di Alun-alun Magetan membuat anak-anak rindu main di sana. Itulah mengapa SID selalu antusias main di Alun-alun Magetan. Harga permainan yang terjangkau masih aman lah di kantong lagipula anak-anak dapat bermain di ruang terbuka tanpa gawai.


Pernah main di Alun-alun Magetan? Adakah alun-alun di kotamu?

3 comments on "Main di Alun-alun Magetan"
  1. Ya ampun SID,...aku iri. Seru banget Alun2 Magetan. Kalau di sini, Ciracas mana ada huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah di Jakarta enggak ada alun-alun. Monas kali ya tapi tempat main gini masih tutup

      Delete
  2. Lho beneran ada bumblebee di alun alun magetan. Asik sekali suasana di sana Mba kalau malam. Apalagi kalau bisa sambil jajan jajan.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,