Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Menjaga Kesehatan Keluarga di Masa Pandemi Bersama Cosmos

Tuesday, May 25, 2021

“Kasus Covid-19 di Jakarta naik 38 persen dalam seminggu, klaster keluarga sumbang peningkatan” begitu judul panjang artikel yang saya baca di Kompas.com hari ini. Been there, done that. Yap, keluarga kami sudah pernah menjalani isolasi selama dua pekan karena Covid-19. Serumah kena semua termasuk anak-anak. Sejak saat itu, menjaga kesehatan keluarga lebih saya tingkatkan supaya kami segera pulih 100%. Berikut ini tips sehat yang mudah dilakukan di masa pandemi.



Tips Hidup Sehat dan Praktis a la Zata Ligouw

Sebagai manajer keluarga, menjaga kesehatan suami, anak-anak, tak lupa diri sendiri menjadi concern saya. Selama isolasi di Wisma Atlet bulan lalu, kami sekeluarga mengonsumsi makanan bergizi, obat dan vitamin secara teratur, beraktivitas fisik ringan, juga berjemur saat pagi. Kebiasaan baik ini kami lanjutkan di rumah setelah dinyatakan negatif Covid. Kalau ada yang malas-malasan makan atau berjemur, saya tak bosan mengingatkan. Ini demi kesehatan kami semua. Aseli, yang namanya sakit itu enggak enak.


Selain hal di atas, saya mendapat insight ketika mengikut Halal bi Halal via daring bersama Cosmos pada Jumat, 21 Mei 2021 lalu. Acara yang berlangsung hangat ini menghadirkan Zata Ligouw, Mamapreneur dan Content Creator, dipandu host Annekeliu. Topik hari itu ibu-ibu banget, deh.


Halal bi halal bersama Cosmos

Mbak Zata berbagi tips hidup sehat dan praktis dalam mengerjakan tugas rumah tangga alias domestik. Menurut beliau, banyaknya aktivitas selama pandemi yang dilakukan di rumah membuat kita perlu mempertahankan kesehatan secara fisik dan mental. Mood harus bagus karena semuanya di rumah seharian.


“Kuncinya pada disiplin,” ia menambahkan. Contohnya sehari-hari kegiatan di rumahnya yaitu bangun pagi, sarapan, Mbak Zata dan suami kerja dari rumah sementara anak-anak sekolah online. Sorenya lebih santai dengan olahraga ringan dan nonton TV.


Ibu tiga anak ini juga melibatkan anak-anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Justru hal ini baik, lho, supaya anak tetap bergerak.


Halal bi halal Cosmos, 21 Mei 2021


Untuk menu sarapan sehat dan praktis, di keluarganya suka sayur dan buah. Mereka sudah terbiasa minum jus di pagi hari. Buat hemat ya pilih buah yang sedang musim, lebih murah dan mudah didapat.


Dalam membuat jus di rumah, Mbak Zata mengandalkan blender Cosmos. Menurutnya, blender ini mudah digunakan bahkan untuk anaknya yang masih berusia sepuluh tahun. Wah, mau juga ah mengajari SID membuat jus pakai blender Cosmos.


Selain asupan makanan, tips sehat berikutnya yaitu dengan menjaga kebersihan pakaian sampai masker. Saking rajinnya menyetrika, masker pun disetrika, lho. Ada bagusnya juga supaya virus dan kuman bye … bye ….

 

Bangga Cosmos Awetnya Kebangetan!

Bagi Mbak Zata, Cosmos itu mempermudah hidup. “Blendernya besar dan tangguh, setrika juga enggak menempel sehingga Cosmos itu mempermudah hidupku dan keluarga,” tuturnya.


Brand Cosmos di bawah naungan PT. Star Cosmos menyediakan peralatan rumah tangga yang telah ada sejak 1976. Wow sudah 45 tahun! Pantas aja sejak saya kecil ada tagline “Ingat beras, ingat Cosmos”. *hayo … siapa yang ingat?


Saking nempelnya brand Cosmos, peralatan di rumah saya banyak yang pakai Cosmos. Ada rice cooker, kipas angin, mixer, oven, blender, juga setrika.


Saya percayakan Cosmos karena memang sudah punya pengalaman pakai rice cooker yang awetnya kebangetan. Waktu kuliah, ibu membelikan rice cooker Cosmos untuk dipakai di kost. Setelah lulus, rice cooker itu saya bawa ke rumah.


Eh, beberapa bulan kemudian saya merantau untuk kerja. Lagi-lagi ibu membawakan rice cooker Cosmos di dalam koper lengkap dengan nasi dan lauk yang sudah matang. *niat banget!


Setelah resign, saya kembali pulang membawa rice cooker Cosmos ke rumah. Lanjut lagi deh si rice cooker dipakai di rumah ibu. Saat ini rice cooker-nya sudah pensiun, ganti pakai Cosmos Rice Cooker Harmond yang bentuk angry birds, akan tetapi jasanya sudah belasan tahun.


Teman-teman saya juga mengakui ketangguhan Cosmos. Waktu saya share di Instagram, berikut beberapa komentar mereka tentang Cosmos.

 


Review Blender dan Setrika Cosmos

Rezeki anak sholeh, saya mendapat hampers THR dari Cosmos berupa blender dan setrika. Langsung dong saya coba karena kedua produk ini turut andil menjaga kesehatan keluarga di masa pandemi. Berikut ulasannya.

 

Review Blender Cosmos CB-281 P

Membuat jus sendiri lebih sehat dan hemat. Sehat karena bahan-bahannya bisa kita atur, lebih banyak buahnya daripada gulanya. Kebersihannya pun terjaga.


Saya pakai blender Cosmos untuk membuat jus susu kurma. Kandungan kurma yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh plus ASI booster, cocok untuk saya yang menyusui. Segar dan menyehatkan!


Cosmos Blender CB-281 P 


Cosmos blender CB-281 P ini seri BETA alias besar dan tangguh. “Sama seperti manajer keluarga yang tangguh,” jelas Erik Williyanto, Product Manager Blender Cosmos.


Fitur blender Cosmos CB-281 P yaitu:


1. Goblet plastik kapasitas besar sampai 2 liter cocok untuk porsi sekeluarga (5-6 gelas).


2. Pisau stainless steel dengan dua mata pisau dapat menghancurkan es serta melumat lebih halus. Tak perlu menumbuk es terlebih dahulu, langsung saya masukkan ke blender bongkahan es dari cetakan. Benar, lho, hancur dengan mudah.


3. Thermostat, mesin akan berhenti jika panas berlebih.




4. Safetylock system sebagai pengaman agar mesin tidak menyala jika posisi body dan goblet tidak sesuai. Terdapat tanda pada body blender dan bunyi “klik” saat goblet terpasang dengan tepat.


5. Anti-slip di bagian bawah mencegah blender bergeser. Anti-slip ini menempel banget. Waktu saya coba pasang di kursi plastik, eh malah kursinya terangkat ketika saya bawa blendernya.



6. Bagian tutup goblet menyatu dengan body, enggak repot cari tutupnya. Di bagian atas tutup terdapat lubang berbentuk lingkaran untuk memasukkan bahan tanpa membuka tutupnya. Dilengkapi pengaduk juga.


7. Dry mill untuk melumat bumbu kering termasuk biji kopi, biji pala, juga kayu manis. Asik juga ya mengolah biji kopi menjadi bubuk dengan bantuan blender. Patut dicoba.


8. Terdapat 3 tombol, OFF, LOW, dan HIGH. Daya masukkan untuk LOW 200W sementara HIGH 380W. Saya pakai yang LOW untuk menghancurkan es batu, bisa berfungsi dengan baik.

 

Jus susu kurma sudah siap

Blender “BETA” tersedia dalam beberapa pilihan :

-          Goblet Plastik dengan tambahan 1 mill / 2 mill (tipe CB-281 P / CB-282 P)

-          Goblet Anti Pecah dengan tambahan 2 mill (tipe CB-282 AP)

-          Goblet Kaca dengan tambahan 1 mill / 2 mill (tipe CB-281 G / CB-282 G)

 

Review Setrika Cosmos CIS-428

Apa bagian pekerjaan rumah tangga yang kurang disukai? Kalau saya, menyetrika. Sebisa mungkin pilih bahan pakaian yang tidak mudah kusut supaya enggak harus menyetrika semua jemuran. Hehe ….


Biasanya saya pilih yang wajib-wajib saja untuk disetrika seperti kemeja, gamis katun, juga jilbab. Itupun baru disetrika menjelang akan digunakan. *Oops!


Setrika Cosmos CIS-428


Supaya semangat menyetrika dan cepat selesai, saya perlu setrika yang tepat. Syukurlah sekarang saya pakai setrika Cosmos CIS-428. Warnanya itu lho, pinky gemas deh!


Fitur setrika Cosmos CIS-428 yaitu:

1. Tapak stainless steel yang luas, menyetrika pakaian lebih cepat licin dan rapi. Setrika juga lebih awet karena tidak mengelupas dan tidak menempel pada pakaian.


tapak stainless steel bisa buat bercermin


2. Jalur kancing memudahkan menyetrika pada bagian sela-sela kancing, enggak nyangkut.


3. Handle nyaman digenggam.


4. Kabel lentur dengan swivel cord yang memudahkan menyetrika tanpa dilema kabel mbulet tertekuk.



5. Kabel lebih panjang (1,8m) mudah menyetrika dan tanpa perlu kabel roll.


6. Thermostat sebagai pengatur suhu otomatis.


7. Petunjuk pengatur suhu sesuai bahan kain yang akan disetrika (nilon, sutera, wol, katun, dan linen). Fitur ini membantu banget supaya suhu setrika pas. Kalau terlalu panas, bisa merusak pakaian. Jika kurang panas, pakaian masih kusut.


8. Lampu indikator.


9. Daya 400W membuat setrika cepat panas, hanya butuh beberapa detik.


Beberapa tipe setrika Cosmos dengan tapak stainless steel:

-          Tipe CIS-318 F1, yaitu setrika dengan model klasik berwarna elegance grey

-          Tipe CIS-418 dengan model trendy berwarna shocking orange

-          Tipe CIS-428 dengan model yang cantik berwarna soft pink

-          Tipe CIS-438 dilengkapi jetspray untuk menyemprotkan pewangi pakaian.

kabel setrika panjang membuat leluasa menyetrika 


Masker menjadi benda wajib yang dipakai saat keluar rumah. Untuk perlindungan ekstra menjaga kesehatan keluarga, masker kain bisa disterilkan dengan cara disetrika.


Anastasia Lubalu, Product Specialist Setrika Cosmos menunjukkan tips cara mensterilkan masker kain yaitu dengan mencuci, merebus masker selama 10 detik, kemudian menyetrikanya.

*

Wah, pakai setrika Cosmos membuat pengalaman menyetrika lebih menyenangkan. Pakaian cepat rapi, setrikaan beres, lanjut minum jus susu kurma yang diolah dengan blender Cosmos. Mau juga? Kabar baiknya, produk Cosmos sudah tersedia di marketplace, toko elektronik terdekat, juga website store.cosmos.id.


Menjaga kesehatan keluarga di masa pandemi perlu perhatian ekstra. Tips sehat dan praktis di atas mudah dilakukan di rumah dibantu Cosmos. Bagaimana caramu tetap sehat selama pandemi?

59 comments on "Menjaga Kesehatan Keluarga di Masa Pandemi Bersama Cosmos"
  1. Aduh aku kabita dengan setrikanya. Huhu kebetulan kemaren setrikaku mati. Bagus ya setrikanya bisa buat selfie 😁

    ReplyDelete
  2. Keluarga saya juga ngandelin merk Cosmos mbak, karena memang terbukti awet dan kualitasnya bagus lho, wheheh... antiribet pakai Cosmos

    ReplyDelete
  3. Jadi makin sering bikin jus ya tante kalau pakai Cosmos Blender BETA hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dibanding beli ya Lebih hemat buat jus sendiri.

      Delete
  4. Cakep ya mom blender sama setrikaannya. Bisa buat selfie juga itu setrikaan :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ... Selfie Jangan lupa supaya nyetrika tetap bahagia

      Delete
  5. cosmos untuk blender dan strikaan emang udah terbukti sih kualitasya juara. Udah bertahun-tahun pake masih awet aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeet. Rice cooker cosmosku itu 10 tahun lebih dari aku kuliah sampai punya anak 2.

      Delete
  6. Produk2 cosmos emang nggak perlu diraguin lagi deh kualitasnya.. Bikin kegiatan rumah tangga sehari2 terbantu banget karena keawetannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yasss! Alhamdulillah memudahkan banget buat pekerjaan rumah tangga

      Delete
  7. bangga cosmos awetnya dari aku masih anak kecil sampe punya anak kecil terus berinovasi dengan produk2 barunya. suka banget ini sama cosmos blender BETA ukurannya bikin aku yang ibu2 gak repot lagi kalau bikin jus buat sekeluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ingat beras, ingat Cosmos. Tagline ini nempel banget yaa

      Delete
  8. Wow... ini setrikanya bisa dipakai buat ngaca juga ternyata ya, jadi ada before after setrika ya mbak. Emang deh ya produknya Cosmos ini mengerti banget kebutuhan para ibu di rumah ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyetrika berasa lagi konser atau jadi model kali yaa. Heheh

      Delete
  9. setrika nya sampe bisa ngaca..
    dulu klo ada iklan cosmos, inget beras inget cosmos :)
    btw aku jg make blender cosmos awet banget udah 4tahun deh sejak ganti karena rusak dulu merek sebelumnya beli karena tergiur diskon eh cepet rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak betul! Itu tagline cosmos teringat banget yah dari zaman aku kecil

      Delete
  10. memang cosmos adalah brand lokal yang paling juara secara kualitas dan terpercaya sejak dulu, bayangin aku masih simpen blender dan penanak nasi merk Cosmos yang aku beli di tahun 2010 dan masih awet sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangga pakai Cosmos, produk lokal yang aweeet

      Delete
  11. Di rumah tuh Mbak, ada setrika cosmos yang udah dipake sejak aku SMA. Sedangkan aku sekarang udah kuliah semester akhir, dan itu setrikaan masih lanjay aja dipakai. Awet banget sih

    ReplyDelete
  12. Kualitas produknya Cosmos memang gak diragukan lagi. Bikin jus bisa banyakan, apalagi soal tumpukan setrika bisa dilibas dengan Cosmos CIS-428

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat jus untuk sekeluarga dalam sekali pencet, bisaaa. Seneng Kan!

      Delete
  13. Kalau saya yg cosmos tuh blender sama kipas angin. Kalau blendee sekitar tiga tahunan. Kalau kipas angin seusia Fahmi deh, udah delapan tahun masih awet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw kipas angin awet juga yah. Aku baru pake hampir 2 tahun kipas Cosmos buat menemani lembur

      Delete
  14. kalo setrikanya kayak gini, pasti semangat yaaaa nyetrika biarpun tumpukan baju udah kayak gunung semeru :D wkwkwk
    Aku demen juga produk COSMOS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak Semeru dong! Nyetrika lebih cepat rapi, cepat kelar, trus bisa minum jus

      Delete
  15. Aku ada blender cosmos juga di rumah, Alhamdulillah awet sampai sekarang.. yg di postingan ini warnanya sukaa banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pake blender cosmos juga yah. Cakep yaa warna biru

      Delete
  16. Cakep banget strikaannya apalagi bagian tapaknya yang pakai stainless steel gtu enak kyknya ya lbh bikin pakaian rapi.
    Kapasitas blendernya yg besar jg hemat waktu dan tenaga utk bikin minuman sehat utk sekeluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setrikanya itu jadi meluncur enak buat dipakai nyetrika yang kusut.

      Delete
  17. aku paling suka ngejus mba, kalau lihat buah dan sayur bawaannya pengen di cemplungin semua hahaa

    ReplyDelete
  18. Naah..ada beberapa peralatan kita yg sama nih mba.. Emang Cosmos tih andalan banget dah ya..

    ReplyDelete
  19. mau blendernya mbaa.. menarik banget ini emang cosmos.. banyak elektronik yg awet dan harganya jg terjangkau

    ReplyDelete
  20. Rice cooker ku Cosmos mba hehehe yang lain blender ama strika belum punya. Cakep strikanya bisa buat ngaca ya Mba. Serunya belajar bareng mba Zata. Enak banget sharing amba Zata aku pernah ikutan sekali

    ReplyDelete
  21. Cosmos itu andalan mama aku sejak dulu mau beli setrika, pemanas nasi dan lain lain semuanya harus Cosmos, katanya tahan lama

    ReplyDelete
  22. Cosmos ini memang brand appliances andalan ibu-ibu Indonesia. Harga terjangkau dan lumayan awet. Setrikanya lucu yaaa warnanya putih pink gemes gitu bikin semangat setrika hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warnanya gemesss yah. Ada juga yang oranye loh

      Delete
  23. Iyaaa, cosmos emang awet banget yaa. Mulai dari rice cooker, dispenser, kipas angin, blender smpe setrikaan alhamdulillah masih pada awet ;)

    Aku suka blendernya tipe BETA ini, bikin busui makin rajin smoothiesan hihi

    ReplyDelete
  24. aku juga paka ibeberapa peralatan Cosmos di rumah mba.. memang membantu banget karena very handy dan banyak pilihannya

    ReplyDelete
  25. setrikanya unyu banget sii mbaa.. warnanya pink gituu. kalau aku pakai itu trus anakku tau pasti mereka rebutan haha karena keduanya suka warna pink. bunda gajadi nyetrika deehh entaar

    ReplyDelete
  26. Penasaran, jaur kancing tuh kek gimana mba maksudnya? Setrikaan aku udah mulai dol nih indikator lampunya. Kayaknya mau coba cosmos deh.

    ReplyDelete
  27. Setuju dengan Mbak Zata. Melibatkan anak dan suami juga supaya ibu gak capek dan stress karena mengerjakan urusan rumah sendirian. Tetapi, untuk menyetrika tetap selalu saya. Padahal gak suka menyetrika hihihi. Makanya sangat butuh setrikaan yang membatu meringakan kerjaan saya :D

    ReplyDelete
  28. Pokoknya sekarang kalau butuh peralatan rumah tangga yang awet plus harganya terjangkau, ya...Cosmos.
    Hehhee, sku juga pakai rice cooker Cosmos.

    ReplyDelete
  29. Aku kabita sama-sama blender dan setrikanya... Setrikanya warna kesukaanku banget dan bisa buat bercermin tuh asyik banget hehe...

    ReplyDelete
  30. Beberapa peralatan elektronik di rumahku juga pakai Cosmos, nih, Mbak. Ini sih brand yang udah terkenal banget dari zaman baheula, yaa. Hehe.

    ReplyDelete
  31. Tiap lihat blender ngiler, belum beli yang baru yang lama rusak
    ini dapet rekomendasi dari mba Helen, siap-siap nabung lagi nih

    ReplyDelete
  32. Fokus pada tampilan seorang perempuan di setrika. Sempat sempatnya ngaca di setrika. Hahah. Tapi saking bersih bener ya Setrikanya. Aku punya blender cosmos mba. Andalan banget deh

    ReplyDelete
  33. Wah-eah para mom berkumpul bersama di acara cosmos dan menariknya dpt blnder dan strika lucu,,,aku gak kebagian nih,,,hihihi selamat mbakku

    ReplyDelete
  34. Duh jd kepengen jus deh cuaca panas2 gini, seger. Mayan kalau kapasistas gelas blendernya gede jadi bisa bikin satu kali ngeblender aja.
    Suka sama seterikaannya pink lucu gtu :D

    ReplyDelete
  35. Suka nih aku kalau ada webianr bernada edukasi seperti cosmos.

    Karrna memang selama pandemi tuh harus-harus bener-bener serb hati-hati dalm menggunakan barang, maka nya aku bangga sama merk yang peduli terhadap kesehatan pelanggannya

    ReplyDelete
  36. produk-produk Cosmos oke punya ya, canggih dan tanguh.
    awet dan tahan lama gitu ya, jadi hemat tapi tetap bisa difungsikan sebagaimana mestinya, apalagi sekarang emang harus jaga kesehatan, buat jus dengan blender ini bisa banget ya buat sekeluarga, setrikanya juga oke biar pakaian bebas dari bakteri ya :)

    ReplyDelete
  37. Setrikaanya keren ya jadi kita bisa ngaca juga saking beningnya hehehe. Btw bangga juga nih pakai cosmos saole produk Indonesia juga yes.

    ReplyDelete
  38. Brand Cosmos ini memang legend deh, banyak sekali alat-alat elektronik dengan merk Cosmos. Rata-rata memiliki kualitas yang bagus dan awet. Bisa jadi andalan keluarga banget lah.

    ReplyDelete
  39. Setuju banget mengerjakan pekerjaan rumah sendiri itu malah bikin kita stress, akhirnya marah2, hehhe. Memang lebih baik meminta bantuan dan mengajak anak dan suami ikut mengambil bagian.
    Btw, produk Cosmos memang sangat terbukti bagus dan awet ya, mbak

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,