Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Sakit Saat Mudik, Peserta JKN-KIS Tetap Dapat Berobat Pakai BPJS Kesehatan

Thursday, May 30, 2019

Hai, udah mudik apa belum? Mudik saat libur lebaran menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Rasanya kurang berkesan kalau merayakan Idul Fitri jauh dari keluarga. Namun, bagaimana bila saat libur lebaran malah jatuh sakit? Peserta JKN-KIS seperti keluarga kami apakah masih dapat berobat menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan?

Saya dengan kakak-kakak blogger di press conference "Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan"
Kekhawatiran di atas sempat menghinggapi pikiran saya. Kami akan mudik ke Jawa Timur sedangkan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) kami ada di Jakarta. Bukan berharap hal buruk terjadi namun buat berjaga-jaga kalau selama mudik ada yang sakit, bagaimana berobatnya? Apakah masih bisa menggunakan asuransi BPJS Kesehatan untuk berobat meski bukan di FKTP terdaftar?

Rasa gundah saya terjawab sudah ketika menghadiri press conference “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan” di Headquarters BPJS Kesehatan, Jakarta, pada Senin, 27 Mei 2019 lalu.

Peserta JKN-KIS Dapat Berobat di Luar Kota

BPJS Kesehatan memberikan pelayanan spesial sejak H-7 sampai H+7 lebaran, tepatnya dari tanggal 29 Mei hingga 13 Juni 2019. Peserta JKN-KIS tetap memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan meski bukan di FKTP di mana ia terdaftar. Seperti kondisi saya yang mudik ke Gresik maka tetap dapat berobat menggunakan BPJS Kesehatan seperti biasa di FKTP terdekat di Gresik.

Menurut Asisten Deputi Direksi Bidang Pengelolaan Faskes Rujukan BPJS Kesehatan Beno Herman, jika di tempat tersebut tidak ada FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran atau FKTP tersebut sudah tutup, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk pelayanan medis dasar.

Asisten Deputi Direksi Bidang Pengelolaan Faskes Rujukan BPJS Kesehatan Beno Herman


Sedangkan untuk pasien penyakit kronis dapat mengambil obat lebih awal dari jadwal bila pengambilan obat penyakit kronis jatuh pada masa libur lebaran. Pengambilan obat ini bisa dilakukan di kota di mana peserta tersebut terdaftar ataupun di kota tujuan mudik dengan membawa persyaratan tertentu.


Amit-amit nih ya, tapi kalau menghadapi kondisi gawat darurat maka peserta JKN-KIS dapat langsung memperoleh pelayanan baik tingkat pertama maupun lanjutan di daerah mana saja. Hal ini tidak hanya berlaku saat libur lebaran tetapi setiap saat.

“Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani,” jelas Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma’ruf.

Oh ya, daftar FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dapat ditanyakan ke BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dan aplikasi “Mudik BPJS Kesehatan”. Aplikasi terbaru ini juga menyediakan informasi telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, tanya jawab, info, tips, lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Kantor Cabang BPJS Kesehatan Memberikan Pelayanan Khusus Selama Libur Lebaran

Selama libur lebaran, kantor BPJS Kesehatan memberikan pelayanan khusus, lho. Rinciannya sebagai berikut:

  • Tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019 pukul 08.00 – 12.00 waktu setempat, Kantor Cabang, Kantor Kabupaten/Kota Pulau Jawa, dan beberapa Kantor Kabupaten/Kota di luar Pulau Jawa menyediakan pelayanan khusus. 
  • Bila Kantor Kabupaten/Kota tidak membuka pelayanan, maka kebutuhan peserta seputar administrasi dan denda dapat dilakukan melalui koordinasi PIC Rumah Sakit dengan Petugas Piket.

Pelayanan khusus meliputi:
diolah oleh Helenamantra

Posko Mudik BPJS Kesehatan  

Mau mudik naik apa? BPJS Kesehatan membuka posko mudik selama libur lebaran di 3 rest area, 3 pelabuhan, dan 2 terminal untuk membantu kenyamanan pemudik.

Posko mudik BPJS Kesehatan bisa dijumpai di:
  • Rest area Tol Cikampek KM 57
  • Rest area Tol Purwakarta KM 88
  • Rest area Tol Ungaran KM 429
  • Pelabuhan Merak, Banten
  • Pelabuhan Gilimanuk, Bali
  • Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar
  • Terminal Pulo Gebang, Jakarta
  • Terminal Bungurasih, Surabaya

Ketua YLKI Tulus Abadi berharap layanan selama libur lebaran berlangsung lancar
Wah, banyak ya fasilitas pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan supaya mudik lebaran semakin nyaman. Semoga kita diberikan kesehatan supaya enggak perlu pakai fasilitas tersebut.

Namun, bila hal tak terduga menimpa, peserta bisa mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan tersebut dengan syarat menjadi peserta JKN-KIS aktif. Maka, jangan lupa rutin membayar iuran kepesertaan. Selain itu, bawa kartu peserta JKN-KIS, ya.

Selamat mudik, selamat berkumpul bersama keluarga di hari yang fitri!


Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,