Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Mudah Menghitung Zakat Maal dengan Kalkulator Zakat

Sunday, May 26, 2019

Kalkulator Zakat Cara Menghitung Zakat Maal 

SID dan Khal belajar tentang zakat
“Ibu, aku mau berzakat,” seru SID setelah kami membaca buku mengenai rukun Islam. Di bulan Ramadan ini kami belajar dengan tema rukun Islam melalui buku, lagu, worksheet, dan sebagainya. Saat mengetahui perintah berzakat sebagai bagian rukun Islam yang ke-4, ia ingin melakukannya.


Duh, malu rasanya anak balita udah kepikiran ingin bayar zakat sementara yang dewasa dan wajib bayar malah menunda-nunda untuk menghitungnya. Kayaknya ribet gitu menghitung zakat maal tetapi setelah mencoba kalkulator zakat yang satu ini, menghitung zakat maal menjadi terasa mudah.


Jangan Takut Berzakat

Sambil membacakan buku untuk SID, saya belajar pula mengenai perintah berzakat. Di buku anak berjudul “Ayo Kita Zakat” diceritakan pemilik kebun yang kufur nikmat, tidak mau membantu orang miskin, sehingga mendapat azab dari Allah. Rupanya kisah tersebut tercatat dalam Alquran surah Al Qalam ayat 17 – 33.

Melalui kisah pemilik kebun yang sebenarnya mampu namun tidak mau membantu orang miskin, Allah mengingatkan kita untuk tak perlu ragu bersedekah dan berzakat. Mungkin ada yang masih takut atau ragu berzakat, khawatir harta akan berkurang. Namun, berdagang dengan Allah itu unik. Setelah menunaikan kewajiban dengan membayar zakat, insya Allah pintu rezeki akan semakin terbuka.

Rezeki berbeda dengan gaji, lho, ya. Mungkin gaji naik setahun sekali. Akan tetapi, rezeki dapat terus mengalir dalam berbagai bentuk seperti kemudahan dalam bekerja, keluarga harmonis, tubuh sehat, dan sebagainya. Hal ini yang saya sendiri alami. Kadang, baru aja berniat untuk bersedekah, eh udah dapat rezeki tak terduga. Masya Allah.

Perintah berzakat juga ada dalam surah Al-Baqarah ayat 110 yang artinya, “Dirikanlah salat dan bayarlah zakat.”

Belajar perintah zakat melalui buku anak

Manfaat Membayar Zakat

Zakat menjadi wajib bagi orang yang memiliki harta. Zakat tersebut sebagai alat untuk membersihkan dan menyucikan harta mereka seperti disebutkan dalam surah At-Taubah ayat 103 disebutkan, “Ambillah zakat dari harta-harta mereka (orang-orang kaya) untuk membersihkan dan menyucikan mereka.” Hati dan pikiran akan lebih tenang setelah menunaikan rukun Islam tersebut.

Selain bermanfaat bagi diri sendiri, zakat memiliki dampak besar bagi perkembangan bangsa. Contohnya zakat yang disalurkan melalui lembaga amil zakat Dompet Dhuafa akan digunakan untuk pengembangan program di bidang:

  • Pendidikan seperti Beastudi Etos, Sekolah Literasi Indonesia
  • Ekonomi seperti Karya Masyarakat Mandiri, Grant Marking, Klaster Pertanian Indonesia Berdaya
  • Kesehatan seperti RS Rumah Sehat Terpadu, RS AKA MEDIKA Sri Bhawono
  • Sosial budaya seperti layanan ambulans jenazah gratis, layanan mustahik
  • Dakwah seperti Dai Nusantara, Dai Ambassador, dan Wisma Muallaf.
Masya Allah, luar biasa ya efek berzakat dapat menyejahterakan umat.

Cara Menghitung Zakat Maal dengan Kalkulator Zakat

Mumpung ini bulan Ramadan dimana amal ibadah pahalanya dilipatgandakan, mumpung pula THR udah nampak di rekening, saya mencoba menghitung porsi zakat mal yang perlu dibayar.

Kalau zakat fitrah kan lebih mudah, dengan memberi dalam bentuk beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa dari awal Ramadan hingga menjelang Idul Fitri. Sedangkan zakat maal ada nisab dan haul-nya.

Zakat Harta (Maal) adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan bila telah mencapai batas minimal tertentu (nisab) dalam kurun waktu (haul) setiap satu tahun kalender.

Untuk harta yang diwajibkan zakat adalah harta yang berjumlah diatas nisab. Nisab Zakat Harta (Maal) adalah setara dengan 85 gr emas 24 karat.

Harta yang dihitung meliputi harta dalam bentuk:
  • Tabungan, giro, deposito
  • Logam mulia (emas dan perak)
  • Surat berharga yaitu nilai tunai dari Reksadana, Saham, Obligasi, Unit Link, dll.
  • Rumah (properti) kecuali properti yang digunakan sehari-hari tidak dikenakan zakat.
  • Kendaraan kecuali kendaraan yang digunakan sehari-hari tidak dikenakan zakat.
  • Koleksi seni dan barang antik. Nilai Koleksi dapat ditaksir sendiri, bila dimungkinkan dapat dibantu kurator seni.
  • Stok barang dagangan
  • Piutang lancar
  • Bentuk lainnya

Jika ada hutang jatuh tempo saat membayar zakat maka hutang tersebut mengurangi harta.

Kalkulator zakat memudahkan menghitung zakat mal
Daripada mengira-ngira, saya menggunakan “Kalkulator Zakat” dari Dompet Dhuafa di situs https://zakat.or.id/layanan-zakat/kalkulator-zakat/. Cukup mengisi form sesuai harta yang dimiliki. Hasilnya langsung terlihat bahkan dapat segera dilakukan donasi online. Mudah banget!


Jika ada yang ditanyakan seputar zakat, bisa konsultasi zakat melalui online chat di website Dompet Dhuafa. Lembaga amil zakat yang satu ini sejak tahun 1993 telah mengelola dan menyalurkan zakat secara profesional.

*

Mendengarkan permintaan SID untuk berzakat menyadarkan saya untuk #JanganTakutBerzakat. Insya Allah harta yang dizakatkan akan membawa keberkahan. Lagipula menunaikan kewajiban zakat maal kini semakin mudah. Cukup hitung dengan kalkulator zakat kemudian segera donasi, tak perlu ragu atau menunda-nunda.
20 comments on "Mudah Menghitung Zakat Maal dengan Kalkulator Zakat"
  1. sering memanag dijumai orang yang kesulitan menghitung jumlah zakatnya

    ReplyDelete
  2. Naaahhh!
    Kalo ada kalkulator zakat gini kan praktis.
    Gak perlu ribet nanyain japri ustadz soal berapa rupiah zakat yg kudu dibayarkan :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Nah kadang zakat mal juga penting untuk dihitung, kalau zakat fitrah, insya Allah udah siap nih. Dengan adanya kalkulator jadi nggak perlu bingung hitung2

    ReplyDelete
  4. Zakat semakin mudah jadinya ya kak dengan adanya aplikasi di web maupun hp..

    ReplyDelete
  5. berarti ada alat bantu hitungnya ya
    kalau dulu sering nanya dengan yang paham pas mau bayar zakat, ngerepotin suer
    kalau gini kan enak

    ReplyDelete
  6. Baru tahu ada kalkulator zakat mal nya, boleh ini dicoba. Memang masih banyak yang lalai membayar zakat mal, dengan alasan lupa atau dengan dalih tidak mengetahui cara menghitung berapa jumlahnya.

    ReplyDelete
  7. Alhamdullilah sid makin pintar. Belajar bareng mamah ya tentang kalkulator zakat

    ReplyDelete
  8. Alhamdulilah yaa skrng kalau zakat kayak dimudahkan ada kalkulator seperti ini.. Karena emang ini kewajiban kita sebagai muslim

    ReplyDelete
  9. Ya ampun jaman semakin canggih ya, baru tau saya skrng ada kalkulator Zakat, jadi memudahkan bagi yg tidak mengerti brp zakat yg hrs dikeluarkan ya..

    ReplyDelete
  10. Wah enak ada kalkulatornya, jadi lebih mudah menghitung berapa zakat yang harus dikeluarkan. Udah nggak ragu ragu lagi...

    ReplyDelete
  11. wah boleh juga nih kalkulator zakatnya. cobain ah.. biar zakatnya gak kurang. .hehhe

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah ... Kalkulator zakatnya membantu banget. Aku seringkali kebingungan bagaimana cara menghitung zakat yang harus dibayarkan. Bayar zakatnya lebih DD aja dong, ya.

    ReplyDelete
  13. Masya Allah tabarakallah aku jadi pengen langsung mencoba kalkulator zakat ini biar bisa tahu berapa zakat yang harus aku Keluarkan tahun ini

    ReplyDelete
  14. Zakat ini emang salah satu ibadah penting sampai disandingkan perintahnya dengan perintah sholat yo.
    Aku suka nih kalkulator zakat DD bisa bantuin ngitung zakat gtu jd bisa belajar ngitung jg

    ReplyDelete
  15. waktu awal2 nikah, pak suami sempet bingung ngitung zakat dan bingung juga mau bayar dimana ... apakah di masjid dekat rumah ato masjid dekat bengkel wkwkwkwkk klo ada kalkulator zakat gini kan jadi praktis ya

    ReplyDelete
  16. Jadi lebih praktis ya, klo yang gak mau ribet memang sebaiknya pilih berzakat melalui Dompet Dhuafa

    ReplyDelete
  17. yay , sekarang udah ada kalkulator zakat buat yang susah ngitung... ga ada alasan malas berzakat sekarng

    ReplyDelete
  18. Wuaah, sid pinter banget masih kecil udah mau berzakat.
    Dengan adanya kalkulator zakat kayak gini jd memudahkan kita utk berzakat ya. Jd gak salah hitung..

    ReplyDelete
  19. Bener bnget zakat membersihkan harta dan hati intinya. Semakin mudah nih ada kalkulator zakat dr DD lbih mudah Dan praktis

    ReplyDelete
  20. Iya, kak Helen.
    Yang paling sulit menentukan dan mengeluarkan zakat itu selain maal juga profesi yaa..
    Semoga kita termasuk orang-orang yang mudah mengeluarkan harta di jalan Allah.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,