Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Manfaat Suplemen Probiotik Interlac untuk Seluruh Keluarga

Saturday, May 27, 2023
Selama ini saya hanya tahu anak perlu mengonsumsi suplemen probiotik supaya sistem pencernaan sehat, enggak diare, sembelit, atau kolik. Ternyata suplemen probiotik, mengandung bakteri baik, memiliki manfaat yang lebih luas dari itu termasuk untuk dewasa. Memilih asupan suplemen probiotik pun perlu cermat karena tidak semua bakteri baik, sama baiknya. Lho, gimana maksudnya?
manfaat interlac untuk bayi anak dan dewasa
suplemen probiotik Interlac untuk bayi, anak, dan dewasa


Bakteri Baik Vs. Bakteri Jahat


“Tubuhku” menjadi tema belajar saya dan anak-anak minggu ini. Kami membahas tubuh bagian luar yang dapat dilihat hingga organ tubuh bagian dalam.


Kami juga membahas penyakit pada manusia. Alhamdulillah anak-anak termasuk memiliki daya tahan tubuh kuat, kalaupun sakit seputar selesma (common cold) yang mereda dengan sendirinya. 


aktivitas main tema tubuhku
media belajar Tubuhku


Namun, pernah satu kali SID mengalami muntaber ketika masih balita. Makan sedikit, dikeluarkan lagi. Bahkan minum air putih pun kembali muntah. 


Pengalaman ini menjadi cerita bahwa di dalam tubuh kita terdapat perang antara bakteri baik melawan bakteri jahat. Jika jumlah bakteri jahat lebih banyak, tubuh akan sakit. Oleh karena itu, kita perlu makan makanan bergizi seimbang dan minum suplemen probiotik untuk bantu menjaga kesehatan tubuh.



Hubungan Gaya Hidup dan Saluran Cerna


Mengapa jumlah bakteri jahat lebih banyak daripada bakteri baik?


Selasa, 23 Mei 2023 lalu, di Jakarta saya menghadiri Media Gathering Interlac dengan topik “Memilih Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Seluruh Keluarga”. Di sini dijelaskan secara komprehensif mengenai gaya hidup, saluran cerna, dan manfaat probiotik oleh para narasumber yaitu:

  • Isabelle Ducellier: CEO BioGaia
  • Derrick Sukamto: Vice President PT. Interbat
  • Mohamad Nurhadi: Head of Marketing Interbat Consumer Healthcare
  • Reisa Broto Asmoro: Brand Ambassador Interlac


Rupanya peningkatan jumlah bakteri jahat ini dipengaruhi oleh gaya hidup manusia yang terpapar polusi, pola makan kurang sehat (plus tidak teratur), melakukan praktik kebersihan yang berlebihan, tingkat stress, juga penggunaan antibiotik yang tidak tepat.


Nah, lho, siapa yang setiap batuk pilek asal saja mengonsumsi antibiotik? Padahal pilek itu karena virus, enggak mempan kena antibiotik. Efek sampingnya, tubuh menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut.


Gaya hidup tidak sehat ini mempengaruhi kesehatan saluran cerna. Diare, sembelit, maag, dan gangguan pencernaan lain sering terjadi.


Sementara itu, 80% sistem imun tubuh berada di saluran pencernaan. Berawal dari gangguan pencernaan, penyakit bisa merembet ke bagian tubuh lain. So, penting banget kita memperhatikan kesehatan saluran cerna, ya!


Pesan di atas bukan cuma untuk bayi dan anak yang rawan diare, sembelit, atau kolik. Buat orang dewasa hingga lansia juga, ya, karena kenyataannya di rumah ini yang lebih sering kena gangguan pencernaan itu Ayah SID. Baru saja kemarin ia terkena diare, langsung deh saya beri Interlac.


Baca juga: 3 Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Balita



Probiotics are Small Warriors


Lalu, bagaimana menjaga kesehatan sistem pencernaan, apalagi kalau sudah kena diare atau susah BAB?


Di atas sudah disebutkan apa saja pemicu bakteri jahat meningkat, maka hindari gaya hidup tersebut. Selain itu, suplemen probiotik baik dikonsumsi untuk bantu menjaga kesehatan sistem cerna.


Eh ya, dari tadi menyebut probiotik. Apa itu probiotik?


Menurut WHO, probiotik merupakan bakteri hidup yang jika diberikan dalam dosis yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.


Meskipun probiotik ini kecil … tapi dia kecil-kecil cabe rawit, bisa membantu menjaga kesehatan tubuh kita sampai ada istilah probiotics are small warriors.



Manfaat Probiotik Lactobacillus reuteri


Saat ini makanan dan minuman semakin beragam yang mengandung probiotik. Bukan berarti semua yang berlabel “probiotik” sama manfaatnya.


Tidak semua probiotik efektif di tubuh, tergantung kapasitas untuk bertahan hidup di saluran GI, resistensi yang tinggi terhadap asam lambung, kurangnya gen resistensi antibiotik yang dapat ditransfer, dan kapasitas untuk memberikan manfaat yang jelas pada inang (Montalban-Arques et al., 2015)


Senada dengan pernyataan di atas, Reisa Broto Asmoro menjelaskan masing-masing jenis bakteri memiliki manfaat dan keamanan yang berbeda-beda. Contohnya, bakteri Lactobacillus reuteri bermanfaat di saluran cerna sementara Lactiobacillus acidophillus mempertahankan keasaman seperti di organ intim wanita. Ibaratnya kakak-adik, satu marga tapi memiliki kekuatan masing-masing.


Lebih lanjut lagi, Reisa menjelaskan tentang bakteri jenis Lactobacillus reuteri yang memang ada di pencernaan manusia bahkan ditemukan pula pada ASI. Bakteri ini tahan dengan pH asam lambung. *ternyata ada bakteri baik yang tidak kuat hidup di lambung namun bermanfaat di rongga mulut.


Saya makin penasaran dengan si L. reuteri hingga menemukan sebuah jurnal mengenai penelitian manfaat L. reuteri untuk mengatasi maupun mencegah beberapa penyakit. 


Manfaat bakteri L. reuteri pada bayi dan anak-anak antara lain mencegah dan/atau perawatan saat diare, nyeri perut fungsional, karies, dermatitis atopik, alergi, intoleransi makan, dan regurgitasi (sumber). Selain itu bisa disimak di gambar berikut. Masya Allah, banyak banget manfaat probiotik Lactobacillus reuteri untuk manusia, dari bayi prematur hingga dewasa.


manfaat lactobacillus reuteri


INTERLAC Suplemen Probiotik untuk Kesehatan Keluarga


Walau kepala nyut-nyut 😫 membaca jurnal penelitian mengenai keunggulan bakteri baik Lactobacillus reuteri, namun saya happy karena selama ini benar memilih suplemen probiotik Interlac. Iya, dong, karena Interlac mengandung bahan aktif Lactobacillus reuteri DSM 17938, probiotik berpaten yang paling banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.


FYI, Interlac merupakan suplemen probiotik hasil kerja sama PT. Interbat dengan BioGaia, salah satu perusahaan probiotik terbesar di dunia asal Swedia. Interlac telah hadir di Indonesia sejak 2012 tapi pertama kali anak saya konsumsi pada 2018 lalu setelah ia kena diare. Duh, telat ya tahu ada Interlac.


Isabelle Ducellier, CEO BioGaia menjelaskan bahwa strain Lactobacillus reuteri yang digunakan Interlac telah didukung lebih dari 250 uji klinis. “We always do clinical trial,” ujarnya menegaskan produk suplemen probiotik ini telah diuji klinis untuk manfaat dan keamanan dikonsumsi.


isabelle ducellier biogaia


Produk Swedia apa cocok dikonsumsi orang Indonesia?


Mohamad Nurhadi selaku Head of Marketing Interbat Consumer Healthcare menjelaskan di Indonesia sendiri telah dilakukan 9 studi klinis terpublikasi pada bayi baru lahir, bayi prematur, anak-anak, hingga dewasa. Hasil efikasinya Interlac cocok dengan orang Indonesia.


derrick sukamto vp pt interbat


Reisa menambahkan pengalamannya merawat anak sulungnya, Ania, yang alergi sejak bayi. Ania pernah mengalami kejang dan diare berat efek dari alergi. Treatment dari dokter berhubungan dengan eliminasi makanan dan pemberian suplementasi probiotik. Anak-anak Reisa pun mengonsumsi Interlac. Alhamdulillah efek alergi yang terjadi tidak separah dulu.


Ibu hamil juga perlu mengonsumsi probiotik. Uji klinis menunjukkan konsumsi probiotik saat hamil mengurangi potensi alergi seperti eksim pada bayi. Selain itu, Interlac dapat membantu melancarkan BAB untuk bumil yang biasanya sembelit.


Apakah ibu melahirkan melalui SC? Tunggu, saya bukan mau ajak ribut tapi menurut penelitian bayi yang dilahirkan melalui operasi caesar menunjukkan kelimpahan Enterobacter yang lebih tinggi tetapi lebih sedikit Bifidobacterium dalam mikrobiota usus mereka (Garcia Rodenas et al., 2016; Nagpal et al., 2016). Dalam sebuah penelitian, merawat bayi seksio sesarea dengan L. reuteri DSM 17938 dari usia 2 minggu hingga 4 bulan memodulasi perkembangan mikrobiota usus menuju pola komunitas yang ditemukan pada bayi yang dilahirkan melalui vagina (Garcia Rodenas et al., 2016). (sumber)


Bayi yang terlahir melalui SC melewatkan proses transfer bakteri baik dari ibu. Hal ini dapat diperbaiki dengan pemberian suplemen probiotik yang tepat. 


Mau memberi suplemen probiotik ke newborn baby kan harus selektif banget, ya. Alhamdulillah ada Interlac Drops yang mudah diberikan. Cukup beri 5 tetes setiap hari untuk bayi. Interlac Drops tanpa pemanis tambahan, rasanya tawar (saya pernah coba, hehe).


media gathering interlac
(ki-ka: Mohamad Nurhadi, Head of Marketing Interbat Consumer Healthcare; Reisa Broto Asmoro, BA Interlac; dan Cisca Becker, MC)



Bentuk sediaan Interlac yaitu:

  • Interlac drop cocok untuk bayi baru lahir dan anak, membantu menjaga kesehatan saluran cerna.
  • Interlac sachet dilarutkan dengan sedikit air, cocok untuk bayi dan anak, membantu menjaga kesehatan saluran cerna.
  • Interlac tablet kunyah rasa lemon dan strawberry cocok untuk anak dan dewasa, membantu menjaga kesehatan saluran cerna.
  • Interlac + Vit D3, tablet kunyah rasa jeruk untuk anak (mulai 2+) dan dewasa, membantu menjaga kesehatan saluran cerna dan imun tubuh.
  • Interlac Pro-D tablet hisap rasa mint dan apel untuk anak (mulai 1+) dan dewasa, membantu menjaga kesehatan rongga mulut.

9 dari 10 ibu memilih Interlac sebagai Probiotik untuk kesehatan keluarga
(hasil survei Home Tester Indonesia kepada 247 anggotanya, November 2022)

Walau tidak ikut survei di atas, tapi saya termasuk ibu yang memilih interlac sebagai suplemen probiotik untuk seluruh keluarga. Saya sedia tiga macam Interlac di rumah. Si bungsu mengonsumsi suplemen probiotik bayi Interlac Drop; si sulung, suami, dan saya mengonsumsi suplemen probiotik anak maupun probiotik dewasa Interlac + Vit D3 (kombinasi ini meningkatkan penyerapan Vitamin D dalam tubuh dan menambah imunitas); serta menjaga kesehatan rongga mulut dengan Interlac Pro-D (rasa mint-nya semriwing!).


interlac usia berapa
Suplemen probiotik Interlac yang kami konsumsi 

Interlac mudah didapat di apotek-apotek, namun jika membeli secara daring lebih baik lewat Official Store Interbat di Shopee untuk menjamin keaslian produk. Khawatir, kan, kalau dapat produk KW apalagi bakal diminum oleh kita dan anak. Soalnya, tempo hari di akun Instagram https://www.instagram.com/interlacprobiotics/ dan Tiktok https://www.tiktok.com/@interlacprobiotics ada perbandingan Interlac asli vs palsu. Jangan terkecoh harga murah banget eh produknya palsu.

interlac asli vs palsu
waspada Interlac Drops palsu (sumber: Instagram @interlacprobiotics)


Itulah sedikit cerita mengenai bakteri baik yang bermanfaat buat manusia. Rasanya otak saya lebih berisi sepulang dari media gathering bersama Interlac (plus baca jurnal) karena makin tahu cara memilih suplemen probiotik yang aman untuk seluruh keluarga. Saya yakin dengan Interlac, suplemen probiotik yang mengandung Lactobacillus reuteri untuk bantu jaga kesehatan sistem pencernaan dari bayi baru lahir, anak-anak, hingga dewasa.


probiotik bayi interlac


Sehat saluran cernanya, kuat daya tahan tubuhnya!


Referensi:

Mu, Q., Tavella, V. J., dan Luo, X. M., (2018). Role of Lactobacillus reuteri in Human Health and Diseases. Front. Microbiol., 19 April 2018. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fmicb.2018.00757/full. Diakses 25 Mei 2023


57 comments on "Manfaat Suplemen Probiotik Interlac untuk Seluruh Keluarga"
  1. Wah keren nih artikelnya, bermanfaat banget lho Bu ✨. Anak saya hampir 2 bulan diare gak kunjung sembuh. Dan akhirnya diminta DSA buat beli Interlac, setidaknya dari post artikel ini menambah wawasan dan referensi terkait produk Interlac ini.
    Makasih.

    Salam, kunjung balik ke blog saya hehe, nuhun.
    franszi.com (kita satu grup di komunitas 1W1P -blogger parenting) he.hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah lama banget diarenya. Alhamdulillah dokter pun rekomen kasih interlac buat anak, ya. Semoga sehat selalu. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  2. Iya, kalo diagnosanya sih anak dlm kondisi sehat, fisik dan ususnya aman. Tapi gak tau entah dimana makanya si anak gak kunjung sembuh.

    Semoga Interlac bisa membantu .
    Aminn

    ReplyDelete
  3. Wah, aku termasuk yang bermasalah dengan oencernaan, ini sangat berguna ya buat pencernaan

    ReplyDelete
  4. Interlac memang bagus buat pencernaan anak. Saya punya nih buat Adek Fi. Lumayan dia jarang sakit perut krn salah makan dan kebelakangnya juga lancar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau pencernaan sehat, BAB juga lancar.
      sama dong kita pakai Interlac untuk suplemen probiotik.

      Delete
  5. lengkap ya, ada yang buat baby hingga orang dewasa, menjaga saluran cerna sekaligus imun untuk keluarga. Diberikan ketika bayi untuk mencegah alergi juga ya. Saat dewasa perlu juga nih, jaga saluran pencernaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah mbaa betul banget
      alhamdulillah BAB jadi lancar

      Delete
  6. Aware soal saluran cerna sejak mengerti pentingnya 1000 hari kehidupan nih. Tp soal macam2 bakteri baik malah baru tau disini. Ternyata ada yang paling kuat juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap jenis bakteri baik udah punya tugas masing-masing. Ada yang di kulit, pencernaan, rongga mulut, dan sebagainya.

      Delete
  7. Beruntung ya sekarang makin banyak perkembangan dalam menemukan suplemen agar anak tumbuh baik dan sehat tanpa drama. Apalagi kalau urusan sistem pencernaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, banyak varian juga Interlac dari drop, sachet, sampai kunyah untuk suplemen probiotik keluarga.

      Delete
  8. Wah banyak ya. 9 dari 10. Interlac ini banyak yg pakai. Saluran cerna memang penting bener deh. Aku aja kalau ada masalah pencernaan nggak enak, apalagi kalau anak2 ya. Sid Uno sehat2 yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. qodarullah seminggu kemarin Uno demam. Ga mau minum obat pereda nyeri padahal demam sampai 38,8. Dia maunya Interlac aja. Bismillah ku kasih tiap hari buat bantu jaga imun tubuhnya.

      Delete
  9. Ternyata bahaya juga ya.. konsumsi antibiotik.
    Karena efek jangka pandeknya bisa lekas sehat, tapi efek jangka pannjangnya. Jadi sebelum sakit, ada baiknya untuk menjaga kesehatan dengan memahami apa yang dibutuhkan untuk kesehatan cerna. Memberikan asupan probiotik, bisa menjadi salah satu alternatif jaga kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. antibiotik dipakai seperlunya dengan resep dokter, jangan beli langsung di apotek. Khawatir kurang tepat, misal sakit karena virus dikasih antibiotik jadi enggak mempan.

      Delete
  10. kesehatan saluran cerna sangatlah penting dan memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. Tak hanya anak, orang dewasa seperti kita pun perlu menjaga kesehatan saluran cerna salah satunya dengan asupan probiotik Interlac.

      Delete
  11. Ternyata gitu ya, walaupun sama-sama bakteri baik, tapi kalau jenisnya berbeda, ya manfaatnya juga berbeda. Jadi gitu ya, kalau SC gak terjadi transfer bakteri baik ya jadi harus diberi probiotik tambahan. Alhamdulillah interlac bisa dikonsumsi sejak bayi, jadi insyaAllah bayi SC gak kekurangan bakteri baik untuk melindungi kesehatan cernanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mbak, bakteri baik itu baik tapi baiknya di bagian mana. Ada yang baik di kulit, di perut, di rongga mulut, dan sebagainya.

      Delete
  12. Wah ini suplemen bisa buat jaga kesehatan saluran cerna keluarga ya, soalnya kesehatan saluran cerna sangat penting agar penyerapan zat-zat gizi dari makanan bisa maksimal terutama anak-anak yang masih dalam usia pertumbuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah betul Mba Mutia
      Interlac bagus untuk bantu kesehatan saluran cerna supaya ga sembelit atau diare

      Delete
  13. Nah, bagian ini, benar-benar baru untukku!

    ... sementara itu, 80% sistem imun tubuh berada di saluran pencernaan. Berawal dari gangguan pencernaan, penyakit bisa merembet ke bagian tubuh lain. So, penting banget kita memperhatikan kesehatan saluran cerna, ya!

    Well noted, banget!

    Seperti biasa, aku banyak mendapatkan informasi yang mencerahkan kalau mampir di blog Mak Helena!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih terima kasih Mbak Anna yang selalu penuh semangat belajar :)

      Delete
  14. Anakku pas diare juga dikasih Interlac sama dokter. Dikasihnya yang sachet, Mbak. Dan anakku alhamdulillah suka sama rasanya. Hihi.
    Btw ada yang palsu juga ya ternyata. Kudu hati-hati banget kalau mau beli. Mana persis banget sekilas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ow iyaa ada Interlac sachet yah biasa untuk balita. Mudah diminum, campur ke air aja.
      betuul yang KW itu mirip sekilas kalau ga teliti. Mendingan beli di official store Interbat saja.

      Delete
  15. Luar biasa, penasaran sama jurnalnya walaupun mungkin lebih nyut2 juga.

    Selain manfaatnya beda2,rasanya juga beda-beda ya. Jadi mau semuanya.

    Bocah saya ini, pencernaannya sering terganggu. Saya nya yg khawatir. Makanan jg kadang masih picky. Mestinya siapin interlac sih, karena gak semua probiotik sama manfaatnya kan. Gak cuma buat bocah, buat saya juga penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi ... mumet deh baca jurnal tapi jadi tahu memang kandungan Interlac baik untuk kesehatan tubuh kita baik anak-anak maupun dewasa.

      semoga anaknya lebih baik yaa kesehatan saluran cernanya setelah konsumsi Interlac rutin.

      Delete
  16. Brand interbat ini emang bagus meski harganya emang agak mahal ya. Anak2 aku udah biasa juga pake interlac, emang manjur dan ngefek cepat. Jadi sebandinglah sama harganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya lumayan yah memang tapi anakku cocok minum Interlac. Jadi ya ku anggarkan aja untuk stok suplemen probiotik Interlac di rumah.

      Delete
  17. Ternyata probiotik ini bukan hanya untuk bayi dan anak yaa.. ternyata bagus juga untuk dewasa. Dari Ara bayi kolik memang sudah konsumsi probiotik dan memang kerasa sekali manfaatmya mba

    ReplyDelete
  18. Kesehatan saluran cerna berhubungan sama imunitas anak , jd penting banget menjaga kesehatan saluran cerna. Sekarang ada interlac jadi tenang ya

    ReplyDelete
  19. asyik ya banyak manfaatnya buat tubuh dan pencernaan juga sehat. Ilmu banget kalau ikut acara seperti ini ya.

    ReplyDelete
  20. Toss Bun. Aisha juga pake interlac nih. Dari dulu langganan konsumsi interlac untuk memperbaiki mikroflora di pencernaan. Rasanya enak banget, jadi nggak perlu perjuangan untuk kasih ke Aisha nya

    ReplyDelete
  21. interlac emang bagus sih, biar pencernaannya bagus, jadinya lebih sehat buat keluarga. memang tidak semua probiotik ternyata bagus, kalau interlac udah terbukti bagus sih, apalagi banyak yang konsumsi.

    ReplyDelete
  22. kejadian di aku sih mbak, entahlah ya kalau periksa batuk pilek ga jauh-jauh obatnya tuh dikasih antibiotik. Makanya aku kadang kalo masih belum terlalu parah udah rawat dirumah aja.
    interlac ini pas banget untuk rawat kesehatan pencernaan keluarga. anak2ku soalnya suka mengalami masalah pencernaan apalagi kalau alerginya kambuh

    ReplyDelete
  23. Edukasi baru untuk para orangtua yang kerap khawatir ketika anaknya punya masalah sering ga ena perut. Salah satunya dengan memberikan suplemen yang mengandung probiotik, sehingga membuat anak sehat dan kuat dari dalam dalam.

    ReplyDelete
  24. Produk Interlac bukan hanya untuk bayi dan anak, tapi juga orang dewasa bisa, ya.

    Bukan hanya produk untuk kesehatan pencernaan, tspi afa juga untuk kesehatan rongga mulut.

    Wah, ada yg niruin. Kalau beli kudu hati-hsyi. Langsung ke official storenya saja, ya.

    ReplyDelete
  25. Wah Interlac, aku sudah pernah nyoba waktu anak bungsuku masih balita. Bagus deh. Anakku yang biasanya gampang kolik, jadi lebih kuat. Padahal waktu itu kandungan produknya gak selengkap sekarang. Keren deh Interlac, terus berinovasi. Makin lengkap juga produknya. Gak hanya buat anak tapi juga ada untuk orang dewasanya. Kayaknya aku kudu make lagi deh. Supaya keluarga lebih tahan dan pada gak gampang sakit.

    ReplyDelete
  26. Kabar baik buat adikku ini yg anaknya akhir-akhir ini sering bermasalah pencernaannya. Solusinya Interlac suplemen probiotik.

    ReplyDelete
  27. Interlac hadir untuk menjawab rasa cemas orangtua ketika anaknya sakit ya mbak. Apalagi kalau diare anak pasti gak nafsu makan. INterlac hadir untuk menjaga saluran pencernaan anak

    ReplyDelete
  28. Kalau anak saya diare, dokter suka kasih probiotik. Sampai sekarang pun masih rutin mengkonsumsi probiotik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Karena banyak penyakit yang bersumber dari pencernaan. Jadi memang sebaiknya dijaga tetap sehat.

    ReplyDelete
  29. Ternyata penting banget ya menjaga saluran pencernaan. Hubungannya banyak banget sama kesehatan tubuh. Kalau aku sekarang lagi belajar gimana menerapkan pola makan yang sehat.

    ReplyDelete
  30. Suplemen interlac emang bagus ya kak untuk pencernaan anak karena ada bakteri baik atau prebiotik yang jadi benteng pertahanan tubuh

    ReplyDelete
  31. Interlac ini harganya agak pricey tapi emang manfaatnya buat tubuh bagus ya Mba. Sukanya lagi, produk ini dihadirkan bukan buat kebutuhan baby doang, tapi buat dewasa juga

    ReplyDelete
  32. Interlac ada dalam bentuk tablet juga ya, saya kira hanya bentuk drops untuk anak dan bayi. Memang bagus ini untuk menjaga kesehatan saluran cerna

    ReplyDelete
  33. Semakin hari tantangan kesehatan untuk anak-anak memang berat ya. Berbeda dengan masa kita kecil. Makanya perlu tambahan suplemen agar tumbuh kembang optimal

    ReplyDelete
  34. Ternyata 9 dari 10 ibu memilih Interlac sebagai Probiotik untuk kesehatan keluarga. Sebuah fakta bahwa para Ibu di Indonesia sudah mulai memahami soal kesehatan menggunakan bakteri baik ya

    ReplyDelete
  35. Ternyata memang bagus ya interlac itu. Jadi aman kalau mau dikasihkan ke anak anak

    ReplyDelete
  36. Enggak salah milih Interlac dari anak pertama karena manfaatnya bagi sistem pencernaan anak tuh sangat membantu

    ReplyDelete
  37. wah seneng sekali nih sekarang sudah ada interlac untuk membantu menjaga kesehatan saluran cerna ya

    ReplyDelete
  38. Interlac bagus buat pencernaan. Tapi akh belum nyoba yang drop. Khawatir si bungsu gak mau. Jadi baru nyoba yang tablet aja. Mereka suka karena kayak permen.

    ReplyDelete
  39. Interlac banyak pilihannya ya, dan cocok buat seluruh keluarga. Anakku pake Interlac juga.

    ReplyDelete
  40. Aku di rumah juga pake interlac nih mak. Anak-anak ku cocok pake ini. Apalagi yang tablet hisapnya favorit anak-anak Hahaha. Enak soalnya

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,