Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Yang Fleksible Tapi Cuan

Friday, May 12, 2023

ilustrasi ibu rumah tangga yang bekerja (sumber: freepik)

Ide usaha sampingan ibu rumah tangga bisa terinspirasi dari berbagai hal. Bisa dari hobi yang Anda geluti. Atau usaha yang memungkinkan untuk dilakukan dari rumah sambil mengurus keluarga. Anda bisa jadi guru les, ibu katering, bahkan jadi Yakult lady. Ada banyak bisnis yang bisa Anda jalani. 


Inspirasi Ide Usaha Sampingan Untuk Para Ibu Rumah Tangga


Ada beragam bisnis yang bisa Anda lakukan secara paruh waktu. Kalau tidak sedang mengurus rumah, anak atau suami, Anda bisa terjun berbisnis dan mendapatkan penghasilan. Berikut adalah beberapa ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang menguntungkan.

1. Bisnis Katering


Kalau Anda hobi masak, maka ide ini cocok untuk dibuat menjadi bisnis. Anda bisa mulai dengan menu makanan yang Anda kuasai. Makanan rumahan adalah bisnis yang mengiurkan. Semakin banyak rumah tangga yang sibuk dan tidak sempat untuk masak sendiri. Ini adalah peluang yang bisa Anda kembangkan. Kelanjutanya bahkan bisa melakukan ekspansi pada menu selain dari makanan.

2. Dropship dan Reseller


Menjual pakaian, makanan, bahkan kosmetik adalah hal-hal yang berkaitan dengan keseharian ibu rumah tangga. Anda bisa berjualan dengan memakai sistem dropship atau reseller. Pada dasarnya Anda tidak perlu memiliki stok barang tapi tetap bisa berjualan. Caranya ada banyak. Bisa dengan berjualan online, memakai media sosial, dan lain sebagainya.

3. Menawarkan Jasa


Kalau tidak ingin menjual barang, Anda selalu bisa menawarkan keterampilan. Ini adalah ide usaha sampingan untuk ibu rumah tangga yang tepat. Tiap orang tentu memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Yang Anda perlu lakukan adalah menawarkannya secara profesional. Anda bisa jadi pengajar privat, MUA, jasa penulisan dan lain sebagainya.

4. Usaha Daycare


Potensi bisnis bisa melihat dari kesulitan orang lain. Misalnya pasangan dengan anak kecil yang bekerja. Mereka perlu menitipkan anaknya selama orang tua bekerja. Ini cocok bagi Anda yang memiliki tempat dan menyukai anak-anak. Coba cari tahu apa saja persyaratan untuk bisa memulai bisnis ini.

5. Bisnis Laundry


Bisnis laundry bukan hanya milik perusahaan besar. Anda bisa memulainya dirumah dengan peralatan yang ada dirumah. Tentu degan berjalannya waktu Anda akan perlu mesin cuci lebih besar dan lebih banyak. Tapi, londri kiloan dan jasa setrika saat dibutuhkan dan memiliki potensi besar untuk sukses.

6. Bisnis Kerajinan Tangan


Kalau Anda memiliki keterampilan artistik maka bisa berbisnis yang memanfaatkan keahlian tersebut. Anda bisa menawarkan lukisan yang dibuat sesuai pesanan, membuat souvenir, atau membuka jasa jahit. Pilihan lain adalah membuat rajutan atau merangkai bunga. Pilihannya ada beragam dan potensi suksesnya sangatlah besar.

7. Bisnis Waralaba


Idenya adalah bisa bekerja sampingan dengan mengambil franchise dari perusahaan tertentu. Bisa mengeluti bidang makanan, jualan dan lain sebagainya. Atau Anda membuat racikan bumbu instan, makanan frozen, kripik yang dijual dan membuka peluang untuk waralaba, atau reseller. Anda bahan bisa membantu ibu rumah tangga lainnya untuk berpenghasilan.

Itu adalah beberapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa Anda coba. Kenali terlebih dahulu apa keahlian atau hobi yang Anda miliki dan berpotensi untuk dikembangkan jadi bisnis. Anda bisa cari nspirasi lain melalui www.beranda.co.id

Platform berita online ini membahas tentang bisnis juga UMKM. Secara umum, target audiennya adalah Generasi Z dan para Milenial. Walaupun, tidak tertutup untuk para peminat lainnya. Anda bisa mencari ide dari portal tersebut dan mencobanya sendiri. Semoga sukses ya!



Sumber

https://kontrakhukum.com/article/ide-bisnis-untuk-ibu-rumah-tangga/

https://www.qoalaplus.com/media/bisnis-dan-strategi/usaha/usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga/

https://rey.id/blog/gaya-hidup/karir/ide-usaha-sampingan-ibu-rumah-tangga/


Post Comment
Post a Comment

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,