Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Jenis Pekerjaan Menjanjikan Sampai 10 Tahun ke Depan

Friday, May 26, 2023

akankah pekerjaan manusia tergantikan oleh AI?


Sebagian orang, terutama para lulusan baru yang hendak mendaftar lowongan kerja merasa mendapatkan pekerjaan menjanjikan tidak mudah. Tidak heran karena pekerjaan masa depan dikatakan akan tergantikan oleh AI (Artificial Intelligence).

Contoh kecil kemarin suami membuat website pakai AI. Ia cukup memasukkan beberapa petunjuk lalu kata-kata bermunculan dengan sendirinya membentuk menu-menu layaknya suatu website hingga selesai. Masya Allah, beginilah kecanggihan teknologi masa kini.

Memang, sih, belum ada kabar pasti mengenai tergantikannya pekerjaan utama yang dapat tergantikan oleh kecerdasan buatan tersebut. Karena selama pengembangannya, para peneliti berharap bahwa AI dapat mempercepat serta membantu pekerjaan manusia.

Sehingga bisa dipastikan, bahwa teknologi tersebut tidak akan menggantikan pekerjaan manusia. Bahkan, bisa jadi akan muncul berbagai pekerjaan baru di masa di masa depan asal kita mau beradaptasi dengan keadaan sekitar.


Pekerjaan Menjanjikan di Masa Depan


Memiliki pekerjaan yang bisa selalu dibutuhkan hingga 10 atau 20 tahun mendatang sangatlah membanggakan. Karena kita tidak perlu khawatir akan tergantikan sehingga dapat terus bekerja hingga merasa cukup.


Namun, karena perkembangan teknologi sangat cepat seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) mulai ramai diperbincangkan, banyak orang mulai khawatir berkurangnya pekerjaan menjanjikan bagi mereka.


Padahal meski adanya perkembangan kecerdasan buatan, ada beberapa pekerjaan yang diperkirakan masih relevan di masa depan. Beberapa pekerjaan tersebut melibatkan keterampilan manusia yang sulit digantikan oleh AI dengan contoh sebagai berikut ini:

Pekerjaan Kreatif



Pekerjaan yang melibatkan kreativitas seperti penulis, seniman, desainer grafis, musisi, dan sutradara film. Kemampuan untuk menghasilkan karya seni orisinal, ide-ide baru, dan ekspresi emosional adalah aspek yang sulit ditiru oleh AI.

Sekarang ini memang sedang marak beberapa gambar digunakan untuk generate AI, padahal kebanyakan gambar yang dihasilkan tidak memiliki emosi maupun ide-ide baru serta model AI tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Sehingga bisa dikatakan penggantian para seniman dengan AI rasanya masih terlalu jauh dikatakan. Karena bisa jadi dengan adanya AI ini, para seniman tersebut akan lebih mudah membuat karya nantinya.

Pekerjaan dalam Bidang Kesehatan


Jenis pekerjaan kedua, yaitu yang berhubungan dengan perawatan kesehatan seperti dokter, perawat, dan ahli terapi fisik.

Meskipun AI dapat memberikan bantuan dalam diagnosis atau analisis medis, interaksi empati dan pengambilan keputusan yang kompleks masih memerlukan kehadiran manusia.

Contohnya saja memberikan penjelasan keadaan pasien kepada keluarganya memerlukan empati. Sehingga dokter maupun perawat dapat membuat keluarga tersebut memberikan dukungan lebih terhadap pasien.

Pekerjaan dalam Bidang Pendidikan


Menjadi guru atau pengajar tetap tidak akan tergantikan sebagai pekerjaan menjanjikan di masa depan. Proses pembelajaran yang melibatkan interaksi antara guru dan siswa, pembimbingan, dan motivasi tidak dapat sepenuhnya digantikan oleh AI.

Pekerjaan dalam Bidang Penelitian dan Pengembangan


Pekerjaan yang melibatkan riset dan pengembangan di berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, teknologi, dan farmasi.

Kemampuan untuk merancang eksperimen, menganalisis data, dan mengembangkan konsep baru masih merupakan peran manusia yang kritis dalam inovasi sehingga jenis bidang ini masih menempati pekerjaan menjanjikan hingga 10 sampai 20 tahun mendatang nantinya.

Pekerjaan dalam Bidang Layanan Pelanggan


Terakhir adalah pekerjaan yang melibatkan interaksi langsung dengan pelanggan seperti petugas layanan pelanggan, agen perjalanan, atau pelayan restoran.

Kemampuan untuk memberikan pengalaman pribadi, menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, dan menangani situasi kompleks adalah aspek yang sulit digantikan oleh AI.

Meskipun perkembangan AI dapat mengubah beberapa aspek pekerjaan di masa depan, peran-peran di atas tetap penting dan masih memerlukan kehadiran dan keterampilan manusia untuk melaksanakannya dengan efektif.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa perkembangan teknologi juga dapat menciptakan peluang baru untuk pekerjaan menjanjikan yang belum ada sebelumnya.


Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20230201104538-561-907461/12-pekerjaan-yang-dibutuhkan-di-masa-depan-salah-satunya-akuntan

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220408110426-33-329949/ini-10-pekerjaan-menjanjikan-masa-depan-cerah-digaji-tinggi

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6411699/20-pekerjaan-yang-banyak-dibutuhkan-di-masa-depan-calon-sarjana-merapat
Post Comment
Post a Comment

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,