Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Ikut Arus Balik Mudik Gratis Naik Bus, Ini Pengalaman Keluarga Kami

Tuesday, May 9, 2023

Jakarta, here we come! Saat masih galau kapan balik Jakarta, alhamdulillah ada rezeki kami sekeluarga ikut program arus balik mudik gratis ke Jakarta. Ini pertama kalinya kami mudik gratis naik bus. Sungguh pengalaman tak terlupakan! 

balik kerja bareng bpkh
balik kerja ke Jakarta setelah libur lebaran


Daftar Arus Balik Mudik Gratis

Alhamdulillah tahun ini kami sekeluarga bisa mudik untuk merayakan Idulfitri di kampung halaman di Jawa Timur. Kami naik kereta api Argo Bromo Anggrek tanpa bayar karena rezeki program mudik gratis DAIA Deterjen. Ceritanya bisa dibaca di "Cerita Mudik Lebaran Gratis".


H-2 lebaran kami masih belum menentukan kapan balik ke Jakarta. Iyes, belum beli tiket. Maunya agak lama di rumah orang tua sembari menunggu harga tiket bus atau kereta kembali normal (FYI, harga tiket naik hingga dua kali lipat selama libur lebaran). 


Suatu siang, Ayah SID mengirimkan flyer arus balik ke Jakarta gratis yang ia dapat dari temannya. Arus balik ini naik bus start dari Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Kebetulan hanya tersisa titik keberangkatan dari Surabaya yang masih tersedia.


Enggak pakai lama, kami pun mendaftar program tersebut dengan mengisi form secara online, melengkapi berkas data diri, termasuk dokumen yang menunjukkan peserta mudik benar bekerja di Jabodetabek. Alhamdulillah saya punya soft file yang tersimpan di laptop maupun cloud sehingga mudah mengisi form tersebut. 


Beberapa hari setelah lebaran, Ayah SID menerima konfirmasi melalui WhatsApp bahwa kami lolos program tersebut dan berhak mengikuti arus balik ke Jakarta gratis untuk 4 orang. Alhamdulillah ☺


Surabaya - Jakarta Naik Bus 16 Jam

bus pandawa jakarta
siap berangkat kembali ke Jakarta


Tak ada persiapan khusus untuk perjalanan naik bus menuju Jakarta, hanya membawa jaket, buku, dan mainan. Sementara makanan akan di-cover oleh pihak penyelenggara karena sesuai keterangan peserta akan mendapat snack 2x dan makan siang 1x.


Program arus balik ini diselenggarakan oleh BPKH RI bekerja sama dengan BMM dan DT peduli. FYI, BPKH merupakan lembaga yang mengelola keuangan haji. Saat ini ikut mudik gratisnya, semoga selanjutnya bisa berangkat haji. Aamiin.... 


Sekitar pukul 07.00 WIB Ayah SID melakukan registrasi ulang di Masjid Al Akbar Surabaya. Setiap peserta mendapat kaos, jadi couple-an dong Ayah SID dan saya 😆. 


Baca juga: Wisata Menara Masjid Akbar Surabaya


Pukul 09.30 WIB ada seremoni dan bus pun beranjak meninggalkan masjid terbesar di Jawa Timur ini diiringi lambaian tangan para panitia. 


Long story short, perjalanan kami tergolong ramai lancar. Di tol diberlakukan contra flow sehingga sejak Semarang kedua lajur mengarah ke Jakarta semua. 


Kami berhenti makan siang dan salat dhuhur di Ngawi dan beberapa kali berhenti di rest area dalam tol untuk ke toilet maupun salat. 


Alhamdulillah dari berangkat sampai tiba di Jakarta snack masih banyak. Sepertinya kerjaan di bus hanya makan-tidur-makan-tidur, hahaha.... 

makan di bus
snack dan makan siang yang melimpah

Perjalanan kami agak tersendat selepas maghrib dan AC bus makin dingin. Saya lupa tidak bawa jaket sehingga pakai kaos dobel dan gantian pakai jaket Ayah SID. *Udah so sweet macem abege 🤣


Walau perjalanan lumayan lama, alhamdulillah anak-anak senang dan kooperatif. Mereka bisa tidur nyenyak sampai tiba di terminal Pulogebang. Terima kasih BPKH RI sudah memfasilitasi program "Balik Kerja Bareng BPKH".


Tips Mencari Program Mudik Gratis Lebaran

Pengalaman mengikuti mudik gratis PP menjadi pelajaran kami bahwa ternyata banyak lho penyelenggara mudik lebaran gratis, terutama dari Jakarta ke Jawa Tengah/Yogyakarta dan Jawa Timur. 


Sebagian besar mudik gratis (sebelum lebaran). Kalau arus balik ke kota asal pilihannya lebih sedikit tapi sudah lumayan kan hemat biaya transportasi.


Moda transportasi mudik gratis ini pun beragam. Paling banyak yang saya jumpai naik bus. Ada juga naik kereta bahkan kapal perang TNI AL! Wah sepertinya seru, tuh, buat tahun depan. 😁


Baca juga: Pengalaman Pertama Naik Sleeper Bus di Indonesia


Bagaimana bisa ikut mudik tanpa biaya (malah biasanya dapat souvenir dan makanan)? Berikut tips mencari mudik gratis lebaran:

  1. Rajin mencari informasi mudik gratis melalui media sosial. Misal lewat instagram cari hashtag #mudikgratis atau #mudikgratis2023 (ganti tahunnya aja). Cari sekitar sebulan sampai 2 minggu sebelum libur Idulfitri. 
  2. Scan dan simpan berkas seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran anak, KIA di gawai maupun cloud storage (google drive, drop box, dkk).
  3. Perhatikan cara daftar, ikuti syarat dan ketentuan, serta lengkapi berkasnya. Program mudik gratis ada yang hanya mengisi form, ada pula yang perlu mengikuti kuis dengan hadiah tiket gratis (seperti DAIA). 
  4. Banyak berdo'a semoga terkabul, ya, serta cek media sosial penyelenggara untuk mengetahui update informasinya apakah sudah ada pengumuman atau belum. 
  5. Bila mendapat pengumuman terpilih, konfirmasi kehadiran. Jangan ragu bertanya hal-hal seputar mudik gratis supaya dapat mudik dengan aman dan nyaman. Jangan sampai salah jadwal 🥲.
mudik gratis surabaya
bismillah #SemuaBisaHaji

Itulah sedikit tips mudik gratis lebaran yang bisa dicoba. Alhamdulillah ongkos transportasi mudik kali ini pergi-pulang bisa disimpan untuk hal lain. Hemat! 


Punya pengalaman mudik gratis atau mau mencoba tahun depan? 

Post Comment
Post a Comment

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,