Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Jangan Kendor, Jaga Daya Tahan Tubuh Anak Balita dengan Interlac + Vit D3

Tuesday, November 8, 2022
Punya anak balita aktif di satu sisi alhamdulillah, di sisi lain kudu dijaga banget kesehatannya. Pandemi belum usai, selesma datang, eh ditambah lagi berita mengenai gagal ginjal akut pada anak yang diduga efek konsumsi obat sirup yang tercemar EG dan DEG. Yuk, kurangi worry dengan cara menjaga daya tahan tubuh anak balita berikut ini.

Interlac + Vit D3
jaga daya tahan tubuh anak balita dengan Interlac + Vit D3


Batuk, Pilek, Demam Seperti Ping Pong


Nyadar enggak, setiap buka media sosial belakangan ini ada saja isinya cerita anak sakit, sekeluarga gantian kena flu, foto termometer yang menunjukkan suhu tinggi, atau ruang opname. Saya doakan semoga teman-teman maupun keluarganya yang sedang diuji sakit diberi kesabaran dan kesembuhan. Aamiin.


Keluarga kami pun sempat bergantian demam dan flu. Di catatan kecil jurnal harian saya, tertulis si bungsu, Uno, yang berusia 2,5 tahun selama Agustus 2022 sudah dua kali demam. Bulan September ia pun sempat demam selama tiga hari.


Baru saja bernapas lega melihat demamnya anak turun, gantian si Ayah yang terkena flu. Kebetulan kami sedang bepergian jadi waktu itu segera membeli termometer dan obat penurun demam. Sepertinya penting ya untuk membawa termometer dan kotak obat, at least yang basic seperti penurun demam, plester, dan suplemen imunitas tubuh saat bepergian.


Cemaran Obat Sirup dan Varian Covid Baru, Apalagi Ini?


Eh, ngomongin tentang obat anak sedang heboh nih berita mengenai obat sirup yang tercemar etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) di luar ambang batas aman. Cemaran obat sirup ini diduga memicu peningkatan kasus gagal ginjal akut di Indonesia.


FYI, Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgGAPA) yaitu penurunan yang cepat dan tiba-tiba pada fungsi ginjal ditandai dengan penurunan volume buang air kecil hingga tidak buang air kecil sama sekali.


Gejalanya seperti demam, batuk, pilek pada anak usia 0-18 tahun, gejala infeksi saluran cerna (mual dan muntah), warna urine berubah menjadi coklat, dan jumlah urine menurun hingga tidak buang air kecil sama sekali selama 12 jam.


Menurut data Kementerian Kesehatan RI per 22 Oktober 2022, kasus gangguan ginjal akut misterius pada anak di Indonesia kini telah mencapai total 245 kasus. Sebanyak 141 pasien di antaranya meninggal dunia. *innalillahi wa innailaihi rojiun

gejala gagal ginjal akut
gejala gagal ginjal akut pada anak

Jujur, ya, saya kurang paham EG dan DEG. Sebagai konsumen awam, saya tahunya selama produk tersebut lulus BPOM berarti aman dikonsumsi sesuai dosis. Contohnya, obat sirup penurun demam yang jadi obat wajib di rumah dan mudah dibeli di apotek tanpa resep dokter.


Masalahnya, kondisi akhir-akhir ini dimana flu dan demam menjangkiti anak membuat orang tua ragu mau memberi obat maupun suplemen yang tepat. Biasanya pakai sediaan sirup karena mudah diberikan ke anak, sekarang jadi berpikir lagi mengenai keamanannya.


Ditambah lagi kabar munculnya subvarian baru Omicron XBB yang menurut Satgas Covid dan WHO, puncaknya akan ada di Januari 2023. Alamak! Kapankah pandemi berakhir?


Kalau himbauan dari Kemenkes RI yaitu menggunakan obat dalam bentuk lain, seperti tablet, kapsul, suppositoria, atau lainnya. Sementara untuk mencegah kasus gagal ginjal akut, salah satu himbauan IDAI yaitu mengurangi aktivitas anak-anak, khususnya balita, yang memaparkan risiko infeksi seperti kerumunan, ruang tertutup, atau tidak menggunakan masker.


Suplemen Imunitas Alternatif Selain Sirup Interlac + Vit D3

Jaga Imunitas dengan Jaga Kesehatan Saluran Cerna


vitamin anak interlac + vit D3
Anak sehat aktif dambaan orang tua


Harapan orang tua tentu anak-anak sehat. Tetapi ada kalanya anak perlu keluar rumah, berangkat sekolah, berkunjung ke keluarga, bahkan kami sempat berkemah yang berpotensi terpapar virus maupun kuman penyakit.


Di sinilah pentingnya kita menjaga imunitas anak. Caranya gimana? Salah satunya dengan menjaga kesehatan saluran cerna dengan asupan bergizi seimbang karena 80% sistem imun manusia terletak pada saluran cerna.


Saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang mendukung sistem imun. That’s why ada peribahasa “you are what you eat” alias dirimu adalah cerminan apa yang kamu makan. Kalau punya kebiasaan makan yang buruk atau kurang higienis dapat mengakibatkan berkembangnya bakteri jahat yang mengganggu kesehatan saluran cerna.


Stres juga berefek pada kesehatan saluran cerna, lho! Otak dan usus pada tubuh saling berkomunikasi. Dikutip dari situs YGI, penelitian menunjukkan bahwa ketidakseimbangan dalam komunitas bakteri usus dapat menyebabkan penurunan beberapa metabolit dan lemak yang penting untuk fungsi otak sehingga mendorong timbulnya stress dan depresi begitu pula kondisi stress dan depresi dapat menyebabkan ketidakseimbangan bakteri pada usus yang nantinya dapat menyebabkan manusia rentan terkena penyakit saluran cerna.


Interlac + Vit D3 Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Anak Balita

interlac vit D3
Uno konsumsi suplemen Interlac + Vit D3


Selain asupan makanan bergizi seimbang, saya beri si kecil suplemen imunitas Interlac + Vit D3 untuk membantu jaga daya tahan tubuh. Interlac mengandung bakteri baik (probiotik) Lactobacillus reuteri DSM 17938 sejumlah 108 CFU dan Vitamin D3 400 IU pada tiap tablet.


Lactobacillus reuteri DSM 17938 bermanfaat:

  • membantu menjaga kesehatan saluran cerna

  • mencegah dan mengatasi diare, sembelit, dan kembung.


Vitamin D3 bermanfaat untuk:

  • mempengaruhi imunitas bawaan (innate) dan imunitas didapat (adaptive

  • mengatur kadar insulin dan gula darah

  • menjaga kesehatan tulang, jantung, dan pembuluh darah.


Suplemen praktis ini menggabungkan probiotik dengan Vitamin D3 sehingga penyerapan vitamin D menjadi lebih optimal.


Kombinasi Lactobacillus reuteri DSM 17938 dan vitamin D3-nya memiliki manfaat double action karena selain mampu menjaga kesehatan saluran cerna juga menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, Interlac + Vit D3 dapat membantu mengurangi kambuhnya alergi seperti asma, dermatitis atopic, dan mencegah infeksi bakteri dan usus.



Interlac + Vit D3 Tablet Kunyah Rasa Jeruk Disukai Anak


interlac vit D3 anak balita
Interlac + Vit D3 tablet kunyah untuk anak dan dewasa


Interlac + Vit D3 dapat dikonsumsi anak-anak mulai usia 2 tahun, dewasa, juga lansia. Ibu hamil juga dapat mengonsumsi suplemen Interlac ini karena baik untuk pertumbuhan bayi selama 1.000 hari pertama kehidupan.


Aturan pakai Interlac + Vit D3 yaitu cukup 1 tablet kunyah setiap hari atau sesuai anjuran dokter. Tablet kunyah rasa jeruk disukai anak karena rasanya seperti makan permen jeruk yang asam manis.


Buat buibu yang mencari alternatif suplemen selain sediaan sirup, cobain deh Interlac + Vit D3 yang telah teruji tanpa cemaran EG & DEG. Insya Allah aman, ya.


Interlac mudah dijumpai di apotek, babystore, maupun marketplace Interbat Store di Shopee. Follow juga Instagram-nya di @interlacprobiotics.


Self-reminder buatku, waspada boleh namun jangan overthinking. Sebagai orang tua kita ingin anak tumbuh dan berkembang dengan optimal. Ikhtiar kita menjaga daya tahan tubuh anak dengan asupan bergizi seimbang plus suplemen imunitas Interlac + Vit D3. Punya tips menjaga imunitas tubuh anak balita? Sharing, yuk!



Referensi:

Pengaruh Stress dan Depresi pada Saluran Cerna. Yayasan Gastroenterologi Indonesia. https://ygi.or.id/pengaruh-stress-dan-depresi-terhadap-saluran-cerna/. Diakses tanggal 3 November 2022

53 comments on "Jangan Kendor, Jaga Daya Tahan Tubuh Anak Balita dengan Interlac + Vit D3"
  1. Bulan lalu DuoNaj juga batuk pilek terus kayak ping pong. Tapi alhamdulillah recoverynya cepet dan pas mereka masuk sekolah lagi jadi gak gampang tertular. Sampai skrg di kelas mereka masih kayak ping pong aja si batpil. Berkat konsumsi suplemen imunitas, daya tahan tubuh anak-anak lebih kuat dan tetap aktif berkegiatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya mbak Ais
      memang batuk pilek ini kayak main ping pong, sakit dari sekolah dibawa ke rumah terus muter aja. Bismillah ikhtiar dengan suplemen Interlac.

      Delete
  2. Lagi musim banget orang sakit bukan hanya anak, orang dewasa juga harus banget jaga imunitas. Aku dan anak2 kebetulan juga dari dulu konsumsi Interlac buat pencernaan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeeet mbak :( bismillah yaa ikhtiar jaga kesehatan

      Delete
  3. anak-anakku juga nih Mbak sering gantian batuk flu, juga demam nih makanya harus banget bisa jaga imun tubuh biar gak gampang sakit apalagi udah mulai aktif sekolah kan, dan di sekolah juga gitu anak-anak gantian sakit, huufft.
    pas banget anak saya juga sudah konsumsi Interlac ini dan mereka suka dengan rasa jeruknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa rasa jeruknya enak
      aku juga ikutan konsumsi lho karena bisa buat dewasa

      Delete
  4. Musim. anak sakit ya mb.
    Cuaca ga menentu.
    Memang paling bener nyetok Interlac yak
    Supaya bs jaga daya tahan anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikhtiar ya Mbak Nurul
      kalaupun sempat sakit, alhamdulillah cepat pulih

      Delete
  5. Kadang2 aku tuh sampe di tahap pengen pasrah aja, Krn anak2 sejak masuk sekolah ttap muka ga usah ditanya pola sakitnya. Sakit, trus sembuh bentar, sakit lagi 😅. Padahal vitaminnya udh cari yg terbaik, madu juga yg katanya naikin imun dll lah. Pas msh sekolah online, iyaa mereka jrg sakit. Tapi skr sudahlaah 😅 .

    Cuma tetep aku ga akan stop KSH suplemen utk bantu imunitas nya mba. Salah satunya pakai interlac vit D ini. Krn dulu DSA nya pernah bilang, kesehatan saluran cerna itu efeknya ke imunitas tubuh. Kdg penyakit timbul Krn saluran cernanya juga bermasalah. Tapi kalo sehat, nutrisi makanan jadi terserap baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heu heu iya kan mbak apalagi anak sekolah ketemu banyak teman setiap hari. Bismillah yaa kalaupun sempat sakit sebentar aja karena daya tahan tubuh kuat.

      Delete
  6. Memberikan anak makanan bergizi untuk saluran cerna mereka tetap butuh juga suplemen imunitas agar daya tahan tubuh lebih kuat ya mbk
    Beruntung juga suplemennya dalam bentuk tablet kunyah, jadi bikin mereka happy waktu konsumsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi rasa Interlac itu jeruk, ga berasa pahit. Seperti makan permen

      Delete
  7. Cemaran dalam obat sirup emang bikin ketar ketir ibu seIndonesia ya mbak. Termasuk aku juga jadi harus banting stir mencari suplemen yg bukan sirup tapi tetap bisa disukai anak, alhamdulillah ada interlac ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh benar banget, alhamdulillah saat itu anak-anak sehat jadi ga panic buying.

      Delete
    2. Aku sempat gak bisa tidur malah, karna anakku baru aja habis konsumsi obat sirup

      Delete
  8. XBB, apa itu temannya PBB, baris berbaris hikksss, ada ajaa ini. Aku jg merasakan ibu Sid pasca pandemik, dari Juli sampai Oktober gonta ganti sowan ke dsa mulu anak2 iniiih, sampai akhirnya ada berita EG DEG, hadeh ku pun nggak ngerti. Alhamdulillah pas kasus ini ada, anak2 baik2 aja, dan harus hati2 sama asupannya, nampaknya perlu interlac jugaaaa euy. Sehat2 yaa Sid dan Adik Uno semuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOL, ini tahu aja pelatihan baris berbaris kek zaman sekolah
      tuh kan sampai ke dsa. Alhamdulillah anak-anak sehat yaa sekarang.
      Aamiin

      Delete
  9. stay safe and stay healthy everyone :D

    ReplyDelete
  10. Nah idem aku juga mikrinya yang udah lolos BPOM dah pasti oke, eeehhh ternyata.... Jd ovt skrng kasi anak2 apa2, wes masak dewe wae lah sbg ganti camilan snack2.
    Utk suplemen atau obat pun gitu aku mengindari sirup dulu deh, idem anakku juga konsumsi Interlac yang tablet kunyah sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak soalnya aku kan awam ya kalau soal detail
      udah percaya selama lulus BPOM dan halal MUI, okeee

      Delete
  11. Duh, bener banget perumpamaannya. Batuk, pilek, demam, udah kayak ping pong. Dihempas, balik lagi, dihempas, balik lagi. Apalagi buat anak-anakku yang sekolahnya udah normal lagi. Itu penyakit muter aja sekelas. Tapi mengurung mereka di rumah terus juga bukan pilihan yang terbaik buat kami. Jadi satu-satunya pilihan adalah menguatkan daya tahan tubuh mereka. Alhamdulillah ada Interlac + Vit D ya, Mak.. Bismillah, semoga anak-anak senantiasa diberi kesehatan. Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iyaa mbak, awalnya panik karena batuk pilek enggak selesai-selesai, saling menulari. Lama-lama yaa memang harus berdamai dan jaga imunitas.

      Delete
  12. You are what you eat...dan aku baca bagian ini pas menyuap kue kacang (BW sambil ngemil wkwkw). Jadi apakah aku adalah kue kacang? hehehehe. Btw, baca2 komen, di mana-mana kok sama aja, batpil melanda nusantara? Bersyukur kalau cuma batpil masih relatif mudah penangannnya ya.. (jangan bandingkan sama covid :D). Plus, untuk daya tahan tubuh bisa dibantu suplemen pencernaan dan tambahan vit D seperti interlac ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOL, ga gitu juga sih
      apa ya filosofi kue kacang, hahaha
      iya mbak, di Jakarta banyak yang bapil

      Delete
  13. Karena anak-anakku lebih melipir ke nasi ayam goreng renyah daripada sayur mayur seger nan hijau,ini vitamin kita perlu bangettt mba iyaa. Walau buah-buahan mereka suka,tapi ga sering soalnya. Jadi tambahan suplemen memang perlu hehe. Apalagi uda sering pakai interlac prebiotiknya buat anak-anak 🙂

    ReplyDelete
  14. Setuju banget.. asupan bergizi seimbang plus suplemen imunitas Interlac + Vit D3 mesti kita usahain buat anak ya, Mbak. Udah ngurangin worry tuh, dan biar gak overthinking. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebiasaan mama itu ya.. ovt.
      Padahal kita bisa stay calm kalau sudah maksimal jaga daya tahan tubuh anak menggunakan suplemen terbaik Interlac + Vit D3.

      Delete
  15. kalau anak lagi aktif-aktifnya untuk eksplorasi dan ga diimbangi dengan vitamin yang baik untuk daya tahan tubuhnya, bisa kelimpungan ya kita mba. Jangan sampai mereka sakit. Dengan interlac ini ngebantu bgt penuhi asupan vitamin hariannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul Dys apalagi balita itu masanya eksplorasi, banyak gerak, jadi perlu dijaga imunitasnya.

      Delete
  16. Ternyata sama aja, ya. Di rumah juga batpil lempar2an. Sedih bangettt liat anak2 batuk ya, Mak. Emang harus stok Interlac, nih. Supaya tubuh semakin kuat dr paparan virus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak Idah, ini di rumah paduan suara batuk

      Delete
  17. Sejak ada kasus gagal ginjal akut, sebagai orangtua tentu harus semakin selektif dalam memilih akan obat dan suplemen. Alhamdulillah kalau kini ada suplemen yang bisa bantu perkuat imun tubuh anak dengan kandungan paduan probiotik dan Vitamin D3.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sementara ini aku skip sediaan sirup deh kalau buat anak

      Delete
  18. Ngeri juga ya pas pembahasan gagal ginjal akut. Lha wong anak masih kicik lhooo kok bisa terkena gagal ginjal. Alhamdulillah ada Interlac yang bisa menumpas keraguan para mama untuk memberikan vitamin pada anak. Kemasan tablete kunyahnya bikin mama no worry lagi yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak, trus cepat gitu kritis sampai meninggal. Kan khawatir

      Delete
  19. Bersyukur ada Interlac, jadi masih bisa kasih suplemen kesehatan ke anak. Obat sirup jadi bikin cemas gara-gara kasus gagal ginjal itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak alhamdulillah ada pilihan tablet sebagai suplemen anak

      Delete
  20. Hadeeeh sadis ya anak anak kok bisa kena gagal ginjal, akut pula!
    Kalo orang Kalimantan bilang, "Jauh jauhkan balaaaa"

    Sediain aja Interlac ini, bisa membuat anak anak nyaman lambungnya karena dengan interlac yang mengandung probiotik

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaget banget anak-anak kok sampai gagal ginjal, serba mendadak gitu
      ternyata dicurigai dari obat yang terkontaminasi
      astaghfirullah

      Delete
  21. Sejak bulan lalu ibu2 sesama wali murid galau karena topik obat sirup ini. Takut mau ngasi obat sirup sementara anak-anak bergantian demam dan batpil. Akhirnya nggak berani beli penurun demam atau obat lain yang biasanya dijual bebas dan banyak menghiasi kotak obat. Ke dokter anak deh biar dapat obat puyer. Salah satu supermarket di kota saya juga sempat stop jual produk kesehatan untuk anak yang bentukannya sirup. Termasuk suplemen multivitamin bentuk sirup. Sementara sebagian ibu merasa anaknya butuh asupan tambahan menghadapi cuaca tak menentu dan juga banyak teman2 yang ganti-gantian sakit. Nah kalau ada tablet kunyah begini kan jadi nggak was-was ada cemaran dalam pelarutnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilema ya mbak, di satu sisi musimnya batuk pilek, di sisi lain khawatir obat sirupnya kenapa-kenapa
      sekarang akupun stoknya ya yang tablet aja
      thanks for sharing, Mbak Heni

      Delete
  22. Banyak orang yang merasa kalau pandemi tuh sudah selesai, padahal belum ya mbak. Huhuhu, kita nih sebagai orang tua yang nggak boleh lengah jaga kesehatan anak-anak. Ditambah kasus gagal ginjal akut pada anak bikin orang tua makin cemas. Untungnya ada Interlac ya mbak yang bisa bantu jaga imunitas anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beluuuum,
      mana ini covid naik lagi kan
      keknya ya si omicron ini nih yang berulah

      Delete
  23. Interlac + D3 ìni sangat membantu ya Mak dimusim yang tak menentu ini. Dengan rajin memberi suplemen kepada anak, kesehatan mereka jadi terjaga.

    ReplyDelete
  24. Biasanya anak yg pencernaannya sering bermasalah rentan sakit. Itu aku alami banget dulu pas anak msh kecil. Huhu. Emg musti banget dijaga pencernaan anak ini. Baru tau sm interlac mba. Jd pengen nyetok jg

    ReplyDelete
  25. anak-anak juga kukasih ini nih, habisnya sejak sekolah tatap muka, sakit pada ganti-gantian aja, hiks.
    Untungnya sekarang ada vitamin yang enak gini. Semoga daya tahan tubuh anak-anak jadi semakin kuat yaaa dengan rutin dikasih Interlac + Vit D3 ini

    ReplyDelete
  26. Anak2 mesti dijaga banget daya tahan tubuhnya, apalagi cuaca lagi tdk menentu akhir-akhir ini. Selalu sedia suplemen Tablet Kunyah interlac + vitamin D3 jadi ikhtiar buat jaga daya tahan tubuh anak

    ReplyDelete
  27. Ada masanya rajin kasih Interlac ke anak-anak, tapi udah beberapa lama nggak lagi. Mau kasih lagi ah habis ini.

    ReplyDelete
  28. Benar mba di sekolah anak-anak aja ada yg batpil , tiap hari ada aja yang ga masuk. Anak-anak harus punya imun ekstra, interlac jadi salah satu solusi

    ReplyDelete
  29. Anak sekolah rentan sekali terkena sakit-sakit ringan. Pada dasarnya saat mereka kurang vitamin tertentu memang jadi mudah sakit, eh, ada teman yang bergantian sakit pula. Interlac sudah yang paling tepat.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,