Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Nia Ramadhani dan Para Artis yang Pulih Pasca Rehabilitasi Narkoba

Friday, November 4, 2022
Setiap orang punya masalah, tak terkecuali artis atau public figure. Dari kacamata penonton sepertinya enak jadi artis, bergelimang harta, terkenal, seperti enggak ada masalah. Namun, uang tak dapat menjamin kebahagiaan. Ada beberapa artis yang tersandung masalah narkoba hingga menjalani rehabilitasi, salah satunya Nia Ramadhani. Bagaimana para artis Indonesia pulih pasca rehabilitasi narkoba?

artis indonesia kena narkoba
Artis Indonesia yang terkena kasus narkoba (sumber foto Instagram @rogerojey, @ramadhaniabakrie, dan @dwisasono)

Saat membaca berita artis terkenal ditangkap karena mengonsumsi narkoba, sempat terbersit pikiran mengapa ya mereka menggunakan narkoba. Kalau ada masalah, mereka bisa makan enak bahkan beli restorannya sekalian (kalau uangnya cukup, hehe). Namun, mengapa larinya ke barang haram dan ilegal tersebut?

Yah, itulah pelajaran yang harus dilalui. Setiap orang punya tantangan hidup masing-masing. Tantangan ada untuk membuatnya kuat. Saya percaya Allah tidak akan menguji manusia di luar kemampuannya.

Hal menarik yang membuat saya penasaran adalah bagaimana para artis tersebut pulih pasca rehabilitasi narkoba. Stigma negatif dan diskriminasi masyarakat bahkan oleh orang yang tidak mereka kenal karena hanya membaca sekilas dari berita sangat rawan dihadapi para public figure tersebut.

Dipikir-pikir lagi, berat juga jadi orang terkenal. Saat ada masalah seperti ini tidak bisa pindah ke lingkungan baru dengan identitas baru. Mereka mudah dikenali apalagi artis yang terjerat narkoba ini masuk jajaran artis nasional.

Bagaimana cara mereka bangkit dan membangun semangat hidup? Kali ini saya membahas tiga artis yang pernah terjerat narkoba, yaitu:

1. Dwi Sasono


dwi sasono narkoba
Kedekatan keluarga Dwi Sasono (sumber: Instagram @dwisasono)

Dwi Sasono yang terkenal melalui sitkom berjudul “Tetangga Masa Gitu?” pada 2020 lalu ditangkap karena mengonsumsi ganja. Suami penyanyi Widi Mulia ini bebas dari hukuman setelah menjalani rehabilitasi selama enam bulan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

Awalnya Dwi Sasono merasa gagal sebagai suami dan ayah ketika ditangkap polisi. Ia sudah mempersiapkan diri jika istrinya minta cerai. Cobaan ini terasa berat sekali bahkan ia terpikir untuk bunuh diri.

Namun, Widi dan anak-anaknya menunjukkan dukungan yang luar biasa. Widi tidak pernah absen pada setiap persidangan suaminya. Dukungan keluarga siap menerima putusan apapun yang akan terjadi mampu menguatkan Dwi Sasono.

“Aku belajar menerima gelap dan terangku” 
Instagram @dwisasono. 

Menonton video Dwi Sasono saat pulang pasca rehab pada 27 November 2020 lalu saya merasa haru. Anak-anak penuh semangat menyambut kedatangan bapak.



2. Roger Danuarta


roger danuarta narkoba
Roger Danuarta dan keluarganya (sumber Instagram @rogerojey)

Sosok Roger Danuarta melekat di ingatan karena wajah Asia-nya seperti personel F4. Sempat kaget ketika 2014 mendengar Roger menjadi headline berita karena tertangkap menggunakan narkoba.

Ia khawatir dengan karirnya apakah bisa bekerja lagi? Apa besok masih bisa menjalani hidup lagi? Bagaimana keluarga dan teman-temannya?

Akhirnya ia ikhlas menjalani hari demi hari. Targetnya tak muluk-muluk, hari ini lebih baik dari kemarin.

Roger juga tak menyangka, selama rehabilitasi narkoba maupun setelahnya, mendapat dukungan dari keluarga dan teman-temannya.

Kini Roger telah menikah dengan Cut Meyriska dan dikaruniai dua orang anak. Ia merasa banyak berkah dari Allah karena kasus narkoba yang dialaminya tersebut.



3. Nia Ramadhani


nia ramadhani pasca rehab narkoba
IG post pertama Nia pasca rehabilitasi narkoba (sumber Instagram @ramadhaniabakrie)

Kabar Nia Ramadhani terjerat kasus narkoba membuat saya sedih. Waktu kecil saya senang menonton Nia dan Marshanda di sinetron Bidadari 2 di televisi. Nia memerankan Hellen. Tuh, dari namanya mirip saya walau wajah beda jauh, hehe.

Nia terkena kasus narkoba jenis sabu bersama suaminya, Ardi Bakrie, dan sopir mereka Zen Vitranto. Alasan Nia mengonsumsi sabu awalnya untuk bersenang-senang namun di balik itu ternyata ia memiliki luka masa kecil.


Nia dan suami menjalani rehabilitasi selama 10 bulan. Setelah itu mereka dapat berkumpul kembali dengan keluarga. Enggak kebayang bagaimana rasanya berpisah dengan ketiga anaknya selama berbulan-bulan. So, saya senang banget melihat potret Nia sekeluarga sedang berlibur pasca rehab.

Pasca rehabilitasi, Nia membangun kembali hidupnya lebih baik. Ia gemar olahraga seperti tenis, golf, dan lari. Lomba lari yang pernah Nia Ramadhani ikuti antara lain Onepride Fun Run 5K pada 16 Juli 2022 dan Jelajah Timur Run For Equality pada 18 September 2022.

Baru-baru ini Nia Ramadhani berhasil menuntaskan half marathon (21 KM). Suatu prestasi yang luar biasa buah ketekunannya berlatih. Ia berlatih hampir tiap hari di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Dukungan keluarga juga sangat terasa melalui postingan foto maupun video di akun Instagram @ramadhaniabakrie. Contohnya saat Nia mengikuti half marathon, keluarganya membuat poster bertuliskan dukungan. Mereka juga bersorak sorai menyemangati Nia saat berlari. Seru banget melihat story-nya Nia.

nia ramadhani 2022
Nia Ramadhani menekuni olahraga lari (sumber instagram @ramadhaniabakrie)

Kisah naik turun hidupnya Nia Ramadhani bakal dituangkan dalam bentuk novel berjudul “Cerita Ade”. Nia menggandeng Pidi Baiq, penulis kawakan, untuk meramu novelnya. Kita tunggu saja, ya, launching novel “Cerita Ade” tersebut.

When I look back on my life, I see pain, mistakes, and heartache.
When I look in the mirror, I see strength, learned lessons, and pride in myself..
I know my worth..
- Nia Ramadhani


Itulah tiga artis Indonesia yang sempat terjerat narkoba namun alhamdulillah berhasil bangkit. Jika ditarik benang merah dari Dwi Sasono, Roger Danuarta, dan Nia Ramadhani nampak peran besar keluarga dan teman-temannya yang mendukung mereka di kala menghadapi masalah. Circle positif seperti ini yang membuat diri menjadi semangat dan percaya diri menjalani hidup lebih baik, lebih produktif.

Belajar dari pengalaman ketiga artis tersebut, manusia wajar mendapat masalah. Namun, Allah tidak akan menguji di luar kemampuan hamba-Nya. Harapan itu selalu ada maka jalani hidup. “Keep swimming” kata Dory dalam film Nemo.


Referensi:
https://www.kompas.com/hype/read/2022/02/12/134649766/usai-tersandung-kasus-narkoba-dwi-sasono-akui-malah-jarang-ribut-dengan?page=all
https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20220421202324-234-788044/kronologi-nia-ramadhani-terjerat-kasus-narkoba-hingga-bebas.
21 comments on "Nia Ramadhani dan Para Artis yang Pulih Pasca Rehabilitasi Narkoba"
  1. Yang paling mengagetkan artis pengguna narkoba ini adalah Nia Ramadani :) Sebagai artis yang eksklusif dan menarik untuk disimak kisah sehari2nya, masyarakat tentu kecewa, apalagi keluarganya ya. Alhamdulillaah dia berhasil bangkit dengan mearih prestasi olahraga. Dukungan keluarga dan teman2 pasti menjadi penyemangat terbaiknya :)

    ReplyDelete
  2. Iya ya mbak, masyarakat tuh kalau lihat artis yang dilihat enaknya saja, terkenal, banyak uang. Padahal mereka juga pastinya pernah mengalami tekanan dalam hidup, nggak ada tempat berbagi, harus tetap tampil sempurna di hadapan kamera, akhirnya kenal narkoba untuk pelarian.

    Alhamdulillah para artis yang pernah kena narkoba bisa bangkit dan kembali menata hidupnya. Dukungan keluarga tentunya juga berperan besar

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah yaa Nia Ramadhani yang keren sih, setelah rehabilitasi bisa langsung berprestasi begitu. Semoga setelah ini bener2 bebas dari narkoba yaa dia dan suami.
    Yang aku kaget itu Dwi Sasongko loh, soalnya sosoknya kebapakan banget, jadi gak nyangka aja kalau dia juga terjerat narkoba. Alhamdulillah punya keluarga yang support banget, jadi bisa bangkit dan tetap semangat menjalani hari-harinya.

    ReplyDelete
  4. Sempat kaget banget saat Dwi Sasono dan Nia Ramadhani terkena kasus narkoba. Tapi alhamdulilah mereka berdua bisa bangkit ya. Apalagi Nia Ramadani jadi hobi olah raga.

    ReplyDelete
  5. Selalu ada hikmah yang bisa diperoleh ya mba untuk tetap maju menjalankan hidup. Mampu bangkit dari jeratan narkoba dan komitmen hidup bersih, harus didukung

    ReplyDelete
  6. Dari ketiga artis diatas yang bikin kaget banyak orang itu Nia Ramadhani ya mbak, kalo aku plus Dwi Sasono. Apalagi semua barang buktinya ada di rumah, ngikutin banget deh berita ini. Tapi Alhamdulilllah berkat dukungan dari bayak pihak khususnya keluarga, bisa sehat dan kembali semangat melakukan banyak hal positif

    ReplyDelete
  7. Dua orang yang tidak aku percaya ketika membaca kabar Nia dan Dwi kena jeratan narkoba. Tapi sekarang mereka udah selesai menjalani proses rehabilitasi, tiap orang pernah melakukan kesalahan. Dan mereka bisa bangkit menjadi lebih baik, itu yang penting. Aku suka dengan Nia sejak dulu, makanya sempat kecewa. Tapi sekarang melihat prestasinya di bidang lari, bikin ikut hepi. Dukungan orang terdekat terutama keluarga yang bikin Nia bisa bangkit dan memilih olahraga yang sesuai minatnya

    ReplyDelete
  8. Kadang manusia lalai dan jatuh ya, tapi yang penting bangkit lagi dan optimis menjadi diri yang lebih baik, itu yg bisa kita ambil dr pengalaman diri dan orang lain ya..

    ReplyDelete
  9. Mantab jiwa bangettt mamah muda keren satu ini

    Walau sempat kesandung, tapi bisa bangkit lagiiii

    Inspiratif bgt utk para mama jaman now

    ReplyDelete
  10. Memang tiap orang tuh punya masa lalu yaa. Sekarang tergantung orangnya mau berubah dan meninggalkan masa lalu atau terjebak di masa lalu. Macam Nia nih bagus dia yaa langsung berusaha memperbaiki diri dengan menjalani kegiatan-kegiatan positif. Salut.

    Btw, 11 12 kok Hellen dan Helena... hahaha

    ReplyDelete
  11. Salut pada ketiga artis yang disebutkan di sini, yang meski tersandung masalah narkoba, bisa bangkit dan kembali berkarier dengan baik lagi. Enggak mudah tapi mereka bisa melaluinya. Inspiratif

    ReplyDelete
  12. Kita tidak pernah tau yang kehidupan yang dijalani oleh mereka ya, kadang mikirnya enak ya padahal belum tentu juga.. semua selalu ada hikmah pelajarannya. Semoga kita juga bisa melalui ujian ujian kehidupan dengan baik sesuai tuntunanNya

    ReplyDelete
  13. MashaAllah~
    Sumber kekuatan terbesar itu memang dari keluarga yaa... Orang yang paling dekat dan paling mengenal siapa diri kita sebenarnya.
    Semoga para artis bisa sehat selalu dan kembali berkarya yang baik dan menginspirasi banyak orang.

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah ya mbak
    Setelah lepas dari jeratan narkoba, para artis ini bisa kembali melakukan banyak kegiatan positif
    Termasuk Nia Ramadhani, yang rajin olahraga lari
    Melakukan gaya hidup sehat

    ReplyDelete
  15. Masya Allah sakit sakau itu sakit banget yaaa...aku lihat di tv2...Alhamdulillah yg tersandung narkoba bisa lepass dan 2 tmp lain

    ReplyDelete
  16. Setiap ada artis yang terjerat narkoba, apalagi artis tenar, muda, kaya raya, akupun heran sendiri koq bisa ya? Mereka kekurangan apa?

    Tapi yang namanya masalah hidup kita nggak tahu karena bukan kita sendiri yang jalani. Semoga mereka yang sudah menjalani rehabilitasi bisa berubah & nggak pakai barang haram itu lagi

    ReplyDelete
  17. Semoga artis-artis ini ga kesangkut kasus narkoba lagi ya. Jadi inget artis Fariz RM yang bolak-balik masuk penjara gara-gara narkoba.

    ReplyDelete
  18. Setiap orang perna melakukan kesalaan. Artis juga manusia. Pokoknya tidak mengulangi kesalaan yang sama saja. Its ok. Semoga semua orang yang perna terjerat narkoba tidak akan terjerat lagi untuk kedua kalinya. Semoga mereka menjalani idup dengan baik.

    ReplyDelete
  19. Menulis tentang mereka yang berhasil mengalahkan narkoba dan kembali berperan di masyarakat bisa membuat mereka makin semangat untuk berprestasi. Dan tentu saja tak lagi merasa sendiri.

    ReplyDelete
  20. Salut sama semangatnya Nia ini, apalagi keluarga terutama suaminya mendukung apa yang dilakukan Nia. Semoga kedepannya nggak salah langkah lagi deh

    ReplyDelete
  21. Ngeri-ngeri sedap ya soal narkoba ini. Tapi dia kuat dan bounce back loh, salut juga. Yang penting jangan sampai terjerumus kembali ke kesalahan yang sama di masa depan yaa.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,