Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Catatan BloggerDay 2021: Keluarga Jempolan Tangguh Menghadapi Pandemi

Saturday, March 20, 2021
BloggerDay 2021 sebagai perayaan 6 tahun Komunitas Bloggercrony Indonesia kali ini harus dilaksanakan secara virtual. Selama 7 jam lebih nge-Zoom bukannya bosan malah minta perpanjangan waktu. Topik yang diangkat sangat menarik, dari jalan-jalan bareng ke Amerika, kiat menjadi content creator, sampai tips menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ). BloggerDay 2021 ini pun menjawab tantangan untuk menjadi keluarga jempolan yang tangguh menghadapi pandemi. Berikut catatannya.

Siap ikut BloggerDay2021 jalan-jalan ke Amerika

Tantangan Keluarga Saat Pandemi


Pandemi Covid-19 yang berlangsung selama setahun ini menguji keluarga kami. Kesehatan fisik perlu dijaga sementara kesehatan mental juga tak boleh abai.

Alhamdulillah hingga kini Allah berikan rezeki sehat pada keluarga kami. Setahun menjalani pandemi lumayan juga mengasah kesehatan fisik dan mental.

Bila menengok ke tahun 2020 rasanya ajaib dapat melaluinya. Hidup lebih naik, turun, naik lagi seperti duduk di roller coaster. Penuh tantangan!

Di saat kesehatan menjadi prioritas, sektor ekonomi terkena imbasnya. Perkantoran menjalankan Work from Home (WFH), larangan mengadakan acara dalam skala besar sehingga seminar, talkshow, maupun pelatihan dibatalkan begitu berimbas pada usaha suami, Foottrip Leather, yang menjual corporate souvenir.

Sebenarnya pengusaha sudah biasa dengan income yang tak tentu tetapi kali ini perekonomian berjalan begitu lambat. Mau pivot ke arah berjualan masker namun harga bahan baku sudah terlalu tinggi dan persaingan begitu sengit. Toko-toko di Tanah Abang pun banyak yang tutup ketika suami mencari kain di sana.

Jaga kesehatan fisik dan mental selama pandemi

Awalnya pandemi ini terasa berat. Hanya pikiran negatif yang berputar di kepala. Miskomunikasi pun sering terjadi dalam keluarga. Ya, begitulah ketika dipaksa harus beradaptasi dalam waktu singkat.

Namun, pandemi membuka banyak peluang. Suami dan saya mencoba berjualan frozen food karena kondisi bekerja dan belajar dari rumah membutuhkan asupan makanan yang praktis dan mudah diolah. Cara pemasarannya masih di lingkungan sekitar tempat tinggal saja supaya mudah mengirimnya. Alhamdulillah hingga kini beberapa tetangga menjadi pelanggan tetap.

Tak hanya makanan beku, selama setahun terakhir ini kami juga menjadi reseller kurma, beras Arab, buku, sampai mainan anak. Semuanya dicoba, yang penting halal.

Selain itu, suami mencoba berbagai hal baru termasuk mengasah passion-nya, memperluas jejaring, hingga mendapat kesempatan bekerja sama dengan rekan bisnisnya. Kini ia memiliki profesi baru, saya menyebutnya “penggambar peta strategis”.

“Ketika satu pintu tertutup, 1000 rolling doors terbuka” - Helenamantra

Kondisi pagebluk membuat komunikasi keluarga kami lebih baik. Saya belajar berkomunikasi melalui BloggerHangout Daring yang diadakan Bloggercrony bertajuk “Mental Health: Couple Survival Mode (Relationship) pada 9 Mei 2020 lalu melalui Whatsapp Group. Materi ini penting banget di masa sekarang ini. Kesehatan tak hanya tentang fisik tetapi juga mental.

Penjelasan Psikolog Klinis Dewasa Maharani Octy Ningsih, M.Psi., Psikolog siang itu membuka mata saya bahwa cara pria menghadapi masalah akan berbeda dengan wanita. Pria cenderung untuk diam, memikirkan sendiri, ingin terlihat kuat dan mampu menyelesaikan masalah. Berbeda dengan wanita yang lebih banyak bercerita, apa saja diceritakan.

Pada BloggerHangout ke-41 ini dibahas pula cara berkomunikasi dengan pasangan agar nyaman untuk saling terbuka. Bagaimana pentingnya mendengar tanpa buru-buru memotong, memilih waktu yang tepat, dan berterima kasih atas usaha pasangan yang berjuang untuk keluarga.

Keluarga Jempolan Saling Menguatkan Bersama Bloggercrony


BloggerDay 2021 #KeluargaJempolan

Setelah melahirkan di November 2019 lalu, saya belum pernah mengikuti blogger gathering karena prioritas utama pada bayi. Rasanya kangen banget berjumpa dengan teman-teman bloger. Eh, ditambah lagi kondisi pagebluk yang membuat mobilitas menjadi terbatas. Maka, ketika BloggerDay2021 diadakan secara daring, saya bahagia karena bisa mengikutinya.

Eh, tetapi kok durasinya dari pukul 10 pagi hingga 5 sore? Wow, sanggupkah HP, sinyal, dan fisik saya online selama itu? Akan tetapi, materinya menarik banget! Ada sisi parenting dibahas di sana selain topik seputar dunia blog. Saya pun mendaftar dan alhamdulillah terpilih sebagai satu diantara 100 BCC Squad yang dapat mengikuti Virtual 6th Anniversary Bloggercrony Community (BCC).

Saya (kiri atas) mengikuti BloggerDay 2021 secara virtual

BloggerDay 2021 yang diadakan pada Sabtu, 6 Maret 2021 lalu, mengangkat tema “Keluarga Jempolan”. Fawwaz Ibrahim sebagai ketua panitia mengajak BCC Squad bersama keluarga untuk bersama-sama menjadi keluarga tangguh dan jempolan dengan saling menguatkan dalam menghadapi pandemi. Itulah mengapa konsep acaranya ada virtual family trip dan membahas isu PJJ.

Sebelum jalan-jalan ke Amerika, Co-founder Bloggercrony Anesa Nisa mengumumkan Most Wanted Blog tahun ini yang jatuh kepada Herva Yulyanti. Yay, selamat ya, Teh! Salut dengan konsistensi Teh Herva menulis tentang dunia HRD di bundanameera.com.

Virtual Family Trip to USA


Siapa yang kangen jalan-jalan? Ini, nih, sisi unik pandemi membuat saya bisa jalan-jalan ke berbagai belahan dunia melalui virtual tour.

Ini kali kelima saya mengikuti virtual trip dipandu Certified Tour Leader Idfi Pancani. Enggak bakal bosan karena Kak Idfi yang ceria, ekspresif, dan tentunya menguasai medan dalam memandu perjalanan virtual ini.

Liburan virtual ke Amerika kali ini kami diajak mengunjungi White House di Washington D.C. Lalu, naik kapal menyeberang ke patung Liberty dan melihat air terjun Niagara sebagai air terjun terbesar di Amerika. Ternyata patung Liberty pada tahun 1886 berwarna emas, berbeda ya dengan sekarang.

White House

Perjalanan selanjutnya ke Georgia Aquarium. Akuarium raksasa di Georgia ini mengingatkan saya pada SeaWorld Ancol namun lebih besar lagi. SID yang ikut menonton virtual tour tertarik melihat lumba-lumba, pinguin, ikan pari, juga hiu.

Tak lengkap rasanya bila ke Amerika tanpa ke Universal Studio Hollywood. Di sini terdapat wahana bertema film-film produksi Universal Studio. Kami diajak uji nyali naik kapal masuk ke Jurrasic World. Di dalamnya tiba-tiba muncul T-Rex yang mengaum. Hiii ….

Jurrasic World

Sebagai penutup, kami menyaksikan parade tokoh kartun di Disneyland. Mickey, Donald, Aladin, juga Elsa menyambut dengan ramah. Wah, liburan satu jam keliling Amerika tak terasa. Semakin ingin rasanya menjejakkan kaki di negeri Paman Sam bersama keluarga. Aamiin ….

Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh


Dalam menjalani sekolah rumah bersama SID (5 th) kami biasa berkunjung ke perpustakaan, museum, taman, atau tempat-tempat menarik lainnya. Pandemi ini membuat kegiatan kami lebih banyak di dalam rumah. Kalaupun ke luar rumah kebanyakan hanya di sekitar tempat tinggal saja untuk berjemur atau bersepeda.

Keterbatasan ini sempat membuat saya pusing. Energi SID begitu besar, perlu disalurkan dengan tepat. Jika tidak, ia mudah tantrum.

Akan tetapi, keadaan ini perlu kami terima. Ya, mau gimana lagi? Dari kondisi ini malah memunculkan kegiatan yang kami belum pernah lakukan sebelumnya, seperti: membuat teka-teki silang (TTS), memasak bersama anak, mengikuti kelas bercerita dan sains lewat daring. Suami juga sering meminjamkan buku dari Perpusnas untuk kami baca di rumah. Hemat banget, nih, buku-buku di Perpusnas kan lengkap jadi enggak perlu beli buku baru.

SID belajar menggunakan laptop

Syukur alhamdulillah saya tidak mengalami tantangan Pembelajaran Jarak Jauh seperti yang diceritakan Mom Influencer Kania Safitri. Terkadang kendala anak belum tahu apa yang harus dikerjakan sehingga perlu selalu didampingi, sinyal kurang lancar baik dari sisi murid maupun guru, situs sekolah susah diakses, saat ujian ada sistem yang error dan pihak sekolah lama memberi solusi, ataupun materi pelajaran tidak dikuasai orang tua. Kepala berasap jiwa raga menjalani peran sebagai guru dan orang tua. Hihi ….

Untuk menyiasatinya, Kania menempatkan skala prioritas utama pada keluarga. Ia harus tetap tenang ketika ada kendala. Jika orang tua stres, anak bisa ikutan stres.

Kania Safitri dan putra-putrinya (dok. Instagram @kaniasafitrii)

Psikolog Klinis Ifa H. Misbach mengajak kita, para orang tua, untuk melihat dari kacamata guru dan anak dalam menjalani Belajar dari Rumah (BDR). Anak juga merasakan ngantuk, capek melihat layar terus-menerus. Guru juga bisa kehabisan kuota, sinyal internet byar … pet, kurang paham cara menggunakan aplikasi, HP lemot, bahkan menemani anaknya yang PJJ juga.

Saya membayangkan kalau di sekolah pun sebenarnya anak tidak fokus 100% ke pelajaran. Kadang colek temannya buat ngobrol, corat-coret di buku, atau izin ke toilet belok ke kantin. *eh.

Apa yang bisa orang tua lakukan?

  • Beri apresiasi untuk guru yang terus berusaha menjalankan BDR.
  • Saat protes, jangan agresif tetapi asertif. Fokus pada solusi.
  • Mumpung banyak waktu bersama anak, orang tua dapat mengobservasi minat bakat anak di bidang apa.
  • Fokus pada kebutuhan anak. Misal pada anak usia TK fokus pada belajar kemandirian. Bisa mandi sendiri, makan sendiri, memakai baju sendiri, membersihkan mainan, dan sebagainya.
  • Connection before correction. Bangun kedekatan dengan anak supaya tidak usah banyak ceramah.
Saat ini kita perlu fokus pada pemenuhan hak hidup dan hak sehat pada anak. 

“Jadi yang penting tetap sehat dan hidup. Ketinggalan pelajaran dan tak tercapai kompetensi saat pandemi tidak masalah, masih bisa dikejar, kalau anak kita terus sehat dan masih hidup.” -Retno Listriyanti

12 senses


Sesi terakhir BloggerDay 2021 ini dibahas juga 12 senses yang dikenalkan oleh Rudolf Steiner. 12 senses ini dibedakan menjadi 3 kelompok besar yaitu:

  • Willing yang berkembang di usia 0-7 tahun
  • Feeling yang berkembang di usia 7-14 tahun
  • Thinking yang berkembang di usia 14-21 tahun
Keduabelas indera ini saling berhubungan. Contohnya hubungan indera gerak (willing) dengan kemampuan bahasa (thinking). Sejak usia dini, anak perlu dibiasakan dibacakan buku atau dongeng sehingga ia tahu intonasi dan memahami gerak. Begitu pula hubungan antara sentuhan (willing) dengan ego (thinking). Saat anak tantrum, jangan dibentak tetapi dipeluk. Hal ini akan berpengaruh pada egonya.

Ifa H. Misbach dalam BloggerDay 2021

Sebagai penutup, Kak Ifa mengajak kami role play sebagai anak PAUD. Kami pura-puranya duduk tanpa kursi, memegang pensil, lalu menulis. Pegal!

Belajar menulis tak harus pakai alat tulis. Gunakan anggota badan seperti menggerakkan kepala, pinggang, atau kaki membentuk huruf. Hal ini lebih menarik untuk anak usia dini. Ketika saya praktikkan ke SID, ia bersemangat mencoba menulis dengan anggota tubuh. Mumpung ya karena ia sedang anti memegang alat tulis.


Penggalangan Donasi BloggerCare


Sesi sore sambil rehat untuk salat Asar, di BloggerDay 2021 Mbak Wardah Fajri mengadakan BloggerCare. Ini merupakan program Komunitas Bloggercrony Indonesia menggalang dana untuk teman-teman blogger maupun umum yang sedang dilanda musibah.

Pada BloggerDay 2021 lalu, alhamdulillah donasi BloggerCare terkumpul lebih dari 5juta rupiah untuk disalurkan ke blogger yang positif covid, terdampak pandemi, anaknya sedang sakit, dan pihak lain yang membutuhkan. Masya Allah, semoga berkah ya dengan saling membantu seperti ini. Benar-benar keluarga jempolan!

BloggerDay2021 Bertabur Hadiah


Panjang ya cerita tentang BloggerDay 2021 ini. Acaranya dari pagi sampai sore dipandu MC yang asyik Gita Siwi dan moderator Helen Simarmata yang semakin menghidupkan diskusi jadi nyaman mengikutinya.

Acara semakin meriah dengan banyaknya hadiah yang dibagikan dari kompetisi Facebook, Instagram, Blog, lucky draw, juga Kahoot games. Khusus 100 BCCSquad terpilih yang ikut dalam BloggerDay juga akan mendapat paket goodie bags.

Bocoran dari panitia, ini pertama kalinya event BloggerDay dengan dana mandiri bekerja sama dengan BloggerPreneur, lho! Jadi, hujan hadiah senilai lebih dari 10juta rupiah ini persembahan Bloggercrony dan BloggerPreneur.



FYI, BloggerPreneur merupakan para bloger member Bloggercrony yang juga memiliki usaha. Kreatif banget, deh. Ada yang produksi makanan, minuman, aksesoris, masker, bahan daur ulang, sampai jasa foto produk.

Salah satu anggota BloggerPreneur ada yang masuk 10 besar kontes untuk mendapatkan modal usaha, lho! Semoga lolos, ya, untuk Ayko Projects.

Terima kasih banyak untuk para pendukung acara #BloggerDay2021, yaitu (dengan akun Instagram):

KITATAMA EVENT @kitatama.id

BLOGGERPRENEUR :
  1. @duorajistore
  2. @katalensaku.photoworks
  3. @ebigsoo_fashion_
  4. @anesacooking
  5. @geraiaksesoris2
  6. @aykoprojects
  7. @makarame
  8. @resepdapurayah
  9. @dapursesukahati
  10. @hennahijab_collection
  11. @asiboostertea
  12. @kitatama.id
  13. @sreehandmate
  14. @photo_coffee_
Pengurus Komunitas Bloggercrony Indonesia


By the way, masih ada satu sesi mengenai Senjakala Content Creator bersama Maman Suherman dan Shafiq Pontoh yang akan saya ulas di artikel berikutnya berhubung ini sudah 1700 kata lebih. Oops!


Terima kasih Bloggercrony yang mendukung kami para bloger dan keluarga untuk semakin tangguh menjadi keluarga jempolan di tengah pandemi. Kamu ikut BloggerDay juga?
25 comments on "Catatan BloggerDay 2021: Keluarga Jempolan Tangguh Menghadapi Pandemi"
  1. Acaranya dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore, lama dan seru ya ... saya baca beberapa review, semuanya menikmati keseruannya. Masya Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Niar, malah waktu sesi terakhir pada minta nambah materi. heheh

      Delete
  2. Blogger day selain seru bertabur hadiah ya mbak. Asik bgt. Apalagi hujan hadiahnya mencapai total 10 juta. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. masyaAllah, memang melimpah hadiahnya. Ada lagi ... ada lagi ...

      Delete
  3. Mantap banget nih ngezoom sampai 7 jam malah ketagihan. Sukses terus buat bloggercrony dan para membernya!

    ReplyDelete
  4. Emang ga cukup kalau ratusan kata saja untuk menggambarkan kemeriahan Blogger Day ini ya. Secara banyak keseruan dan momen yg sangat berharga. Senang bisa ikutan acara tahunan ini

    ReplyDelete
  5. Wah, habis baca reviewnya seru banget acaranya, ya, Mbak. 7 jam pasti nggak kerasa, sih. Apalagi bisa jalan-jalan virtual sampai Amerika. Masya Allah. Sukses selalu buat rekan-rekan Bloggercrony.

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen jalan-jalan ke Amerika sebagai content creator 😆

    ReplyDelete
  7. Saya ga ikutan, mba. Membaca ulasan teman-teman tentang Blogger Day helatan dari Blogger Crony, sangat seru dan bergizi banget. Semakin merasa beruntung mempunyai keluarga yang saling peduli disegala kondisi. BCC kompak selalu.

    ReplyDelete
  8. Huhuhu, selaluuuu aja ketinggalan acara blogger day gini, padahal menarik banget ya, bertabur hadiah pula.
    Keren banget emang ya Blogger Crony kalau buat acara.

    Semoga acara mendatang saya jadi ga ke skip lagi, biar bisa ikutan keseruan kayak gini :)

    ReplyDelete
  9. Awal pandemi rasanya saya mimpi buruk terus tiap tidur. Setiap hari kerjanya kebanyakan menangis. Tetapi, memang semua berproses. Meskipun kondisi belum sebaik saat normal. Setidaknya setahun ini masih bertahan. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  10. blogger crony tu acaranya selalu seru2 ya mbak, selain seru juga banyak ilmu yang di bagikan dari blogger2 senior :)

    ReplyDelete
  11. weowe banget seharian ngezoomnya hehe
    Materinya seru ya gak seputar ngeblog aja tapi juga ngobrolin soal ketahanan keluarga, bagaimana pun jg soale pandemi ini mengubah segalanya terutama aktivitas kekuarga ya

    ReplyDelete
  12. Bener banget, kak Helena.
    Kita semua merasakan beratnya pandemi. Anak-anak belajar dari rumah dan sistem di sekolah pun terpaksa beradaptasi. Jadi sungguh apresiasi dan fokus mencari solusi yang terbaik untuk kebaikan pendidikan anak.

    Keluarga Jempolaaan keren.
    Selamat hari jadi ke 6 Blogger Crony.
    Love youuu semua para blogger terbaiik~

    ReplyDelete
  13. Halo mba Helena. Sepakat banget bahwa satu pintu tertutup maka 1000 pintu akan terbuka. Senang bisa ikut acara bloggercrony yang sarat ilmu dan juga hadiah ya

    ReplyDelete
  14. Mantap ya banyak banget hadiahnya. Temanya jg sesuai dengan saat ini, karena pandemi makin mendekatkan ikatan keluarga akibat di rumah aja hehe

    ReplyDelete
  15. Wah seru banget ya Blogger day tahun ini kaya ilmu dan kekeluargaan banget yes huhu aku ga ikutan untuk tahun ini soale kemarin masih rempong bolak balik ke RS.

    ReplyDelete
  16. Masyaallah seru ya meski pandemi tetap bisa eksis merayakan hari jadinya BCC. Sayang aku gak bisa ikutan, hadiahnya bikin mupeng deh

    ReplyDelete
  17. suka banget dengan apa yang disampaikan meskipun cuma sehari tapi sangat berkesan ya mba.

    ReplyDelete
  18. Ikut senang mba baca ulasan tentang kemeriahan acara ultah Blogger Crony. Banyak pengetahuan berharga plus bisa seseruan bareng banyak blogger seIndonesia yaa.. Selamat ulang tahun, Blogger Crony.

    ReplyDelete
  19. Bagi kita 7 jam lama wuih. Untungnya keluarga jempolan mengisi suatu yang bermanfaat dengan liburan USA, membangun hubungan komunikasi suami istri, berbagi dll

    Waktu 7 jam tersebut terasa lebih bernilai lebih

    ReplyDelete
  20. happy yaa mba jadi bagian bloggercrony, salah satu komunitas blogger yang aktif dan care banget sama membernya, kita dikasih berbagai amunisi dan program utk upgrade skill blogging kita juga

    ReplyDelete
  21. Event besar kayak gini malah bikin tambah kangen ya, kangeng kumpul2. Kalo tahun depan udah berakhir pandeminya, mungkin bakalan heboh lagi acaranya 😍

    ReplyDelete
  22. Pengen ikutan bagaimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut BloggerDay? Bisa dengan bergabung di komunitas Bloggercrony, ya. Temukan di Facebook, Instagram, atau Twitter. Ada juga websitenya. Terima kasih.

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,