Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Review MUGU Suction Bowl, Rekomendasi Makan Anak Anti Tumpah

Tuesday, March 30, 2021
Anak MPASI menjadi momen yang ditunggu tetapi ketika menjalaninya perlu banyak mengelus dada, salah satunya ketika menu MPASI yang tersaji tumpah karena mangkuk dibalik anak bayi. Huwaaa …. Kali ini saya mau mengulas peralatan makan anak anti tumpah MUGU Suction Bowl yang menjadi penyelamat waktu makan bersama baby Uno. Selain itu ada review MUGU Set lainnya dan diskon khusus untuk kamu.


Review MUGU Antispill Suction Bowl

Merk Peralatan Makan Bayi yang Bagus dan Kualitasnya Terbaik


Mencari merk peralatan makan bayi yang bagus menjadi to-do list menjelang bayi berusia 6 bulan. Saya ingat di Whatsapp Group Birth Club ramai pembicaraan mengenai membeli peralatan MPASI apa saja.


Memilih peralatan makan bayi enggak boleh sembarangan karena bayi masih belajar makan. Tentunya kita ingin menyediakan alat makan yang aman serta membuat proses pemberian MPASI menjadi mudah dan menyenangkan.


Ketika memilih alat makan bayi dan anak yang kualitasnya terbaik, saya perhatikan bahan pembuatnya pilih yang BPA Free. BPA atau bisphenol-A sebagai bahan untuk membuat wadah plastik mudah terlepas apalagi ketika disterilisasi sehingga rawan tertelan si kecil. Akibatnya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.


Botol plastik bisa digunakan. Pilih botol yang berbahan polypropylene/polyethylene, yang tidak keras dan tidak mengkilat.


Selain dari segi bahan, saya perhatikan desain alat makan. Bukan hanya gambar lucu tetapi harus aman bila digenggam bayi, tidak memiliki sudut tajam, ukurannya pas dengan anak, ringan, dan awet.


Baby Uno maunya makan sendiri


Bayi itu peniru ulung. Melihat orang tuanya makan, ia mau juga. Uno ikutan juga makan sendiri pakai sendok juga minum dari gelas.


Akan tetapi, peralatan makan yang besar terlalu berat untuk anak bayi yang masih belajar makan. Selain itu, alat makan mudah tumpah karena tersenggol atau Uno angkat bak mengguyur tubuhnya dengan makanan. Aseli yang ini saya gagal paham, apa maksudnya melakukan hal itu. Hihi ….


Setiap kali waktunya makan, jangan harap rapi. Nasi berceceran, kuah tumpah, wajah belepotan, ya begitulah namanya juga anak masih belajar makan. Saya memberinya kesempatan untuk makan sendiri, kalau tidak dilatih nanti kita sendiri yang repot harus terus menyuapi anak.


Jika anak diberi kesempatan dan berhasil makan sendiri (walau belum rapi), ia semakin percaya diri untuk terus mencoba. Makan sendiri termasuk dalam practical life skill yang perlu dikuasai anak-anak.


Memilih MUGU sebagai Peralatan Makan Anak Terbaik


Untuk melatih kemandirian anak sejak dini, saya sediakan MUGU sebagai peralatan makan anak terbaik di rumah. Saya memilih MUGU Set karena bahan-bahannya terbuat dari PP (Polypropylene), TPE, serta sedotan food grade silicone.  


Alat makan MUGU aman digunakan anak setiap hari untuk makan dan minum karena BPA Free, Latex Free, Pthalate Free, PVC Free, serta Nitrosamine Free.


Ditambah lagi, ukuran peralatan makan MUGU sesuai dengan tangan anak. Mungil-mungil, deh, dan juga ringan untuk Uno pegang sendiri sendok, garpu, maupun gelasnya. Jadi, mudah digunakan anak bahkan sejak awal MPASI.


Desain MUGU Set juga lucu, lho. Dominan warna biru yang soft dengan stiker ubur-ubur makin membuat alat makan anak nampak imut menggemaskan. Saya kan suka banget ubur-ubur karena pernah berenang bareng. *eh curhat.


Satu lagi yang penting yaitu setiap bagian MUGU Set mudah dilepas dan dicuci. Saya itu paling sebal kalau mencuci botol susu tapi kurang bersih karena lemak susunya ngumpet di sudut botol. Nah, botol minum MUGU memiliki desain yang mudah dijangkau spons pembersih. Proses mencuci jadi lebih mudah.


Review Peralatan Makan Bayi dari MUGU


Kali ini saya akan mengulas satu persatu MUGU Set yang Uno pakai. Review MUGU ini berdasarkan pengalaman kami menggunakannya, ya.

Review peralatan makan bayi dari MUGU:


MUGU Antispill Suction Bowl 450ml


MUGU Antispill Suction Bowl membuat makan anak anti tumpah

Mangkok makan bayi dan anak dari MUGU ini sesuai namanya yaitu antispill alias tahan dari tumpahan serta tidak mudah bergeser. Ini karena MUGU Antispill Suction Bowl memiliki karet di bagian bawah mangkok yang menghisap kuat alas meja. Saya coba tarik atau gerak-gerakkan, mangkuk tidak terlepas.


Bentuk mangkuk yang bundar memudahkan anak menyendok makanan. Saat belajar mengambil makanan dengan sendok, anak butuh proses bahkan untuk satu kali menyendok karena makanannya bergerak terus. Alih-alih menyendok ke bawah makanan, biasanya anak mendorong makanan dengan sendoknya. Mangkuk bundar ini membuat proses belajar menyendok lebih mudah.


Peralatan makan bayi ini aman digunakan pada microwave maupun mesin pencuci piring. Kalau saya mencucinya secara manual, pakai spons halus yang tidak menggores mangkuk. Mudah dibersihkan, kok.


MUGU Antispill Suction Bowl ini terdiri dari 2 varian, pink berkapasitas 340ml dan biru berkapasitas 450ml.


Harga MUGU Antispill Suction Bowl 450ml Rp58.650,- (promo dari harga normal Rp69.000,-)

 

MUGU Sensoric Spoon & Fork

Untuk sendok dan garpunya, Uno pakai MUGU Sensoric Spoon & Fork karena sendok garpu bayi ini memiliki indikator panas. Jika makanan terlalu panas >40°C, sendok dan garpu akan berubah warna menjadi putih.


Waktu itu saya mengambil bakso untuk Uno. Kuah baksonya masih panas sehingga sendok dengan cepat berubah menjadi putih. Indikator suhu pada sendok ini menjadi pengingat bagi saya agar tidak memberikan makanan panas pada anak.

Indikator panas pada sendok

Sendok dan garpu MUGU ini berbahan lentur dan halus. Ukurannya sesuai untuk anak yang baru MPASI.


Harga MUGU Sensoric Spoon & Fork Rp24.650,- dengan 2 pilihan warna, biru dan pink.

 

MUGU Training Bottle 220ml

MUGU Training Bottle dengan bola gravitasi

Botol minum bayi dan anak MUGU Training Bottle ini menjadi botol peralihan dari botol dot ke sedotan. Bahan food grade silikon membuatnya elastis dan awet. Pada ujung sedotan terdapat bola gravitasi yang memudahkan anak menyedot minuman dalam berbagai posisi tanpa tumpah.


Biasanya saat minum botol dot Uno sambil tiduran. Begitu minum pakai sedotan, dia bingung karena tidak bisa dipakai sambil berbaring. Dengan bola gravitasi (gravity ball) ini, baby Uno dapat minum pakai sedotan sambil berbaring. *tim rebahan mana suaranya….


Desain training bottle ini dilengkapi pegangan di kanan dan kiri memudahkan anak untuk memegang sendiri botolnya. Bentuk tutup flip cap mudah dibuka dalam sekali tekan.


Untuk membersihkannya pun mudah. Bagian-bagian botol mudah dilepas, dicuci, disteril, ataupun direbus selama 3 menit. Sudut bagian botol mudah dijangkau dengan spons pembersih sehingga sisa lemak susu tidak berbekas.


Harga MUGU Training Bottle Rp84.150,- dengan 5 pilihan warna.


MUGU Dinner Set

Gelas MUGU pas digenggam Uno

MUGU Dinner Set ini menggemaskan banget karena peralatan makan anak komplit dengan warna dan desain senada. Set tempat makan anak ini terdiri dari mangkuk (320ml), gelas (160ml), sendok, dan garpu. Ukurannya itu lho, mini banget, sesuai dengan ukuran tangan anak.


Harga MUGU Dinner Set Rp109.650,- dengan 2 pilihan warna, biru dan pink.

 

MUGU Strap Drink Bottle 350ml


Botol minum bayi dan anak MUGU Strap Drink Bottle ini berukuran lebih besar dibanding training bottle di atas namun sama-sama memiliki gravity ball. Botol minum ini dapat menjadi media latihan anak minum pakai sedotan.


Bahan sedotan food grade silikon yang elastisitasnya tinggi, tidak mudah rusak walau terlipat saat botol ditutup. Bentuk tutup flip cap mudah dibuka dengan sekali tekan. Botol minum MUGU ini dilengkapi tali panjang sehingga mudah dibawa bepergian.


Sama seperti training bottle, untuk membersihkannya pun mudah. Mau disteril atau direbus selama 3 menit juga bisa.


Harga MUGU Strap Drink Bottle 350ml Rp69.000,- dengan 2 pilihan warna, biru dan pink.

MUGU Strap Drink Bottle dan MUGU Lunch Box

                                   

MUGU Lunch Box 370ml


Kotak makan MUGU Lunch Box menjadi wadah bekal Uno ketika bepergian. Terdapat segel kedap udara di pinggir tutupnya sehingga makanan tertutup rapat dan tidak mudah tumpah.


Ada hal lucu waktu membersihkan kotak makan MUGU. Produk MUGU mudah dibersihkan dengan spons tapi kok ada putih-putih di sisi kotak yang susah hilang, ya. Ini bekas makanan atau busa sabun? Sudah saya bilas berulang kali tetap tidak bersih. Eh, ternyata itu motif ubur-ubur. *duh, mana kacamata.


Harga MUGU Lunch Box 370ml Rp33.150,- dengan 2 pilihan warna, biru dan pink.


FYI, ada harga spesial, nih, untuk pembaca blog Helenamantra. Pakai kode voucher: BLOGHELENA10 untuk berbelanja MUGU melalui website MOOIMOM. Voucher berupa potongan 10% dengan minimum belanja 300ribu rupiah.


Review MUGU peralatan makan bayi dan anak


Itulah enam review MUGU Set yang baby Uno pakai setiap hari, dari mangkuk, kotak makan, sendok, garpu, sampai botol minum. Peralatan makan bayi dari MUGU kualitasnya memang bagus dan nyaman dipakai baby Uno yang sedang belajar makan sendiri. MUGU Antispill Suction Bowl juga menjadi penyelamat momen makan yang menyenangkan karena tidak mudah tumpah.

Apa kiatmu melatih kemandirian anak untuk makan sendiri?


Referensi:

https://id.mamypoko.com/id/mamatips/tipsmamy08.html

25 comments on "Review MUGU Suction Bowl, Rekomendasi Makan Anak Anti Tumpah"
  1. Alat makan MUGU aman digunakan anak setiap hari untuk makan dan minum karena BPA Free, Latex Free, Pthalate Free, PVC Free, serta Nitrosamine Free.

    Yihaa, ini idaman ibu2 banget nih. Modelnya lucuuu, dan aman ya

    ReplyDelete
  2. Udah nyiapin lama, eh baru sesuap langsung tumpah hahahhaa.. aku banget. Anakkupun waktu belajar makan sendiri kayak gitu mbak. Tapi demi kemandirian mereka, biar bisa bertahan hidup dan nggak selalu meminta kita menolong mereka buat nyuapin makan. Sama kayak mbak sih, saya juga berusaha buat ngasih mereka makanan sendiri biarpun berantakan dimana-mana. Lebih baik capek sekarang dari pada capek terus nanti-nanti. Mugu bisa nih kurekomendasikan sama adek yang anaknya bayi, good review ;)

    ReplyDelete
  3. Wuah peralatan makan dan minumnya cakep banget, dominasi warna biru, aku sukaa!
    Memang memilih peralatan makan dan minum untuk bayi gak boleh sembarangan ya, pastinya yang nyaman dan aman digunakan. Mau aku rekomenin ah produk2 MUGU ini ke adik ipar yg punya bayi juga.

    ReplyDelete
  4. Baby Uno pinter banget mau makan sendiri. Waktu anak-anak batita aku juga suka pakai suction bowl gini, makanan jadi aman meski mereka makan sendiri.

    ReplyDelete
  5. kan kan peralatan makan anak balita dan bayik jaman now mah segemes dan se-usefull gitu, beneran dipikirin apa yang dibutuhkan anak dan bayik agar nyaman proses makannnya

    ReplyDelete
  6. Aduh, aku yang lemah pada peralatan bayi yang warnanya soft soft gini.
    Selain kegunaannya, yang dicari oleh mataku adalah harganya.
    Masih sangat afordable banget yah, bisa banget buat kado juga. Karena yakin pasti bermanfaat dan lucuuuukk buat dimiliki.

    ReplyDelete
  7. Setuju banget Mom, memilih peralatan makan bayi memang gak bisa sembarangan. Meskipun diluaran sana banyak banget peralatan makan bayi tapi yang benar-benar aman kan gak banyak. Mugu rekomen banget, wah apalagi ada yang anti tumpah. Maklum lah ya anak-anak mah aktifnya bukan main dan suka penasaran kalau liat orang dewasa makan, hehe

    ReplyDelete
  8. Dulu pas anakku belajar makan pertama kali, aku malah pake piring biasa. Tp pas temen2ku baru lahiran, eh kok yaa aku banyak beli Mugu bowl and plate utk mereka hahahahha. Dan semua pada sukaaaa. Krn memang jd LBH gampang mau ngajarin anak makan, ga kuatir tumpah ya mba :D.

    Jd pgn beli, tp anakku udh gedean dan ga perlu lagi pake begini :D

    ReplyDelete
  9. Uno mirip adek ipar aku 😆 peralatan makan bayi muguuu lucu. Lhaaa kan motifnaaa ubur2 iboook 🤣 lawak nih..
    Maem yg bergizi unoooo

    ReplyDelete
  10. Wah, rekomen banget nih mugu. Jadi lumayan mengurangi berantakan ya mba. Apalagi anak zaman now tuh gak ada istilah disuapin lg. Sukanya makan sendiri

    ReplyDelete
  11. ah bener banget, suka sedih deh kalau pas ngasih makan anak. Makanan yang diolah penuh cinta, malah tumpah sebelum sempat ada yang masuk ke mulut anak. Idenya Mugu bikin MUGU Antispill Suction Bowl ini bagus banget. Ngerti banget kebutuhan para ibu yang.

    ReplyDelete
  12. Iya kalau pilih peralatan makan anak yg bpa free ya mak Sid, btw baru tahu merk Mugu lucu dan harganya terjangkau bisa juga buat hadiah nih

    ReplyDelete
  13. Duh lucu banget wadahnya... Makin kece aja produk-produk buat bayi ya.. Alat makan begini selain aman.. anak-anak juga pasti suka.. Acara makan jadi makin menyenangkan.

    ReplyDelete
  14. wah lucu lucu ya mbak peralatan makan dari Mugu ini
    klo anti tumpah gini, bikin ibu tenang ya, anak jadi bisa belajar makan sendiri
    momen makan jadi menyenangkan deh

    ReplyDelete
  15. Ih keren ya peralatan makannya. Inovatif deh itu mangkuk yang antigeser dan antitumpahnya ya. Kudu punya deh yang punya anak kecil. Soalnya lumayan gemes kalo makanan tumpah gitu ya.

    ReplyDelete
  16. Benar sekali mbak, cari peralatan makan tuh gak boleh sembarangan. Salah-salah nanti malah berpengaruh sama kesehatan si kecil. Btw aku suka banget sama bowl antispill nya ngebantu banget biar makanan tetap berada di tempat ketika anak banyak gerak

    ReplyDelete
  17. Untuk anak bayi mah banyak banget ya pantangannya. Nggak boleh ada kandungan ini itu yang berbahaya. Alhamdulillah MUGU tidak mengandung bahan-bahan berbahaya sehingga aman digunakan oleh bayi/anak.

    ReplyDelete
  18. Waaah jd pengen beliin anak2 lunchboxnya utk dibawa ke sekolah gtu
    Mangkoknya manteb banget cocok buat anak yang belajar makan sendiri kalau ada karetnya gtu yaa, jd gak kegeser2

    ReplyDelete
  19. Peralatan makan Baby Uno bagus sekaliii..
    Anak-anak pasti happy, eh..mamanya juga happy saat menyiapkan makanan untuk si kecil. Tambah semangat makan.

    Selamat makan, Baby Uno ganteng...

    ReplyDelete
  20. Komplit banget ya produk Mugi ini, bisa dijadikan hampers buat kado yang lahiran tuuuuh.

    ReplyDelete
  21. Botol minumnya niihhh. Jadi anak bisa lebih mudah adaptasi dari dot ke sedotan

    ReplyDelete
  22. Lucu banget sih Dede maemnya jadi gak tumpah lagi nih kalau makannya pake MUGU

    ReplyDelete
  23. MUGU set nya sangat membantu anak belajar makan sendiri, ya. Nggak khawatir lagi karena makanan tumpah. Mau makan di rumah atau jalan-jalan, semua bisa pakai MUGU set 😃

    ReplyDelete
  24. Wah, ini satu set peralatan makan bayi MUGU komplit banget ya mbk. Nggak perlu was was makanan tumpah. Ini rekomended banget ya.. Next kalo punya baby harus beli ini

    ReplyDelete
  25. Warnanya lucu yaaa ,pastel gitu. Aku kemarin mau beli Mugu bowl buat Ammar, soalnya dia udah mulai aku kasih finger food dan makan sendiri. Tapi yang biru lagi kosong euy! Semoga segera ada lagi biar bisa pake voucher diskon. Mayaaan~

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,