Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Cara Membuat Teka-teki Silang Online untuk Aktivitas Bermain di Rumah

Sunday, March 28, 2021
cara buat teka teki silang online
Buat teka-teki silang online gratis

Siapa yang suka mengisi TTS alias Teka-teki Silang di koran? Old skool banget tapi kegiatan mengisi TTS menantang, lho, apalagi kalau sudah yakin jawabannya itu eh enggak cocok dengan soal yang lain. Kepikiran membuat TTS sendiri untuk kegiatan anak-anak di rumah? Sekarang ini membuat teka-teki silang semakin mudah dan super kilat bisa jadi soal plus jawaban, begini caranya.


Ide Bermain di Rumah: DIY Crosswords alias TTS

Ada saja ide kegiatan Ayah SID di awal pandemi. Kala itu, kami beradaptasi harus berdiam di rumah padahal biasanya muterin Jakarta. SID merasa bosan karena geraknya dibatasi. 


Tring! Ayah SID punya ide untuk membuatkan soal TTS bagi SID yang sedang belajar menulis. Soal TTS ini tentu saja disesuaikan dengan pengetahuan dan kebiasaan SID sehari-hari. Soalnya berhubungan banget dengan SID seperti nama anggota keluarga, nama buah, makanan kesukaan, dan sebagainya.


Awalnya SID sebal ketika salah menjawab atau kesulitan menebak TTS. Tetapi, rasa penasaran membuatnya tergerak menyelesaikan lembar demi lembar soal TTS buatan ayah.


Membuat Teka-teki Silang Manual

Saat membuat soal teka-teki silang secara manual, kita perlu teliti menghitung kotaknya. Misal jawaban terdiri dari 8 kata, jangan sampai salah membuat kotak hanya 7 kata.


Selain itu, letak kotak yang terhubung satu dengan lain harus presisi. Pernah beberapa kali saya dan Ayah SID salah menghitung kotak sehingga jawaban melenceng dari kotaknya. 


Membuat TTS manual memang rawan salah padahal waktu membuat kotak di Ms. Excel kayaknya sudah benar eh ketika dikerjakan ada saja yang terlewat. Nah, kalau soalnya salah, SID bisa protes berujung ngambek. Yah, enggak jadi latihan menulis, deh.


Membuat Teka-teki Silang Online Tanpa Unduh Aplikasi


Sudah lama berselang sejak SID menyukai mengisi TTS. Akhir-akhir ini ia lebih suka beraktivitas motorik seperti bersepeda atau mengejar temannya yang naik skuter. 


Kapan, ya, ia tertarik memegang alat tulis? Sebagai ibu yang penuh rasa khawatir, saya resah SID lupa cara menulis alfabet. Mau menulis P saja lupa hadap kanan atau kiri sampai buku dicoret-coret.


Saya pun iseng menawari SID untuk mengisi TTS. "Ibu buatkan teka-teki silang, ya. Mau nama buah atau hewan?" tanya saya sebelum tidur malam. Ia memilih nama buah-buahan sebagai topik TTS kali ini.


Setelah anak-anak terlelap, giliran saya beraksi di depan laptop membuat TTS. Sebagai tim mager, saya mencari cara untuk membuat teka-teki silang online, bukan lagi manual dengan Ms. Excel atau menggarisi buku tulis. Alhamdulillah ketemu caranya di sini pakai fitur criss-cross di situs discoveryeducation.com. Tanpa unduh aplikasi, lho!


Cara membuat soal TTS online ini mudah, yaitu:

1. Siapkan soal/petunjuk beserta jawaban TTS


2. Buka https://puzzlemaker.discoveryeducation.com/criss-cross


buat tts gratis di puzzlemaker
hore ... bisa membuat TTS otomatis online


3. Ketik judul TTS maksimal 49 karakter di "enter a title for your puzzle" . Contoh: TTS Buah


4. Ketik jawaban diikuti spasi lalu soal/petunjuk di "enter your words and clues". 

Contoh:

(jawaban)_(petunjuk)

apel buah berwarna merah

semangka buah segar berdaging merah banyak mengandung air

lemon buah oranye dengan rasa masam

tulis jawaban dan petunjuk sesuai format


5. Beri tanda centang pada "show instruction" jika ingin menampilkan instruksi di bawah TTS.


6. Cek kembali poin 3 hingga 5. Jika sudah yakin, klik "Create My Puzzle"

Selesai!

cara buat tts online gratis
Buat TTS online gratis secepat kilat


Lihatlah jawaban-jawaban di poin 4 sudah tersusun rapi dalam kotak TTS. Fitur criss-cross ini otomatis menyusun jawaban yang sesuai dan mengurutkannya. Lengkap deh ada petunjuk untuk soal mendatar (across) dan menurun (down). Sedetik doang, lho, sudah jadi soal TTS untuk bermain di rumah.


Kalau ada jawaban yang tidak bisa disambungkan dengan jawaban lain, akan ada keterangan di bagian bawah instruksi berarti ia dikeluarkan dari soal tersebut. Misal: 4 of 4 words placed artinya keempat soal yang saya input di poin 4 bisa disusun menjadi satu TTS. Namun jika tertulis 3 of 4 words placed berarti ada satu soal yang tidak termasuk dalam TTS tersebut. *semoga kau memahaminya.


Selanjutnya, di bawah judul TTS terdapat beberapa opsi sebagai berikut:

  • Show answer:  klik ini maka nampak jawaban di kotak-kotak TTS.
  • Print puzzle: langsung cetak TTS, perlu sesuaikan ukuran kertas agar mudah terbaca.
  • Copy puzzle: salin TTS untuk ditempel di aplikasi lain, misal Ms. Words
  • Copy answer: salin jawaban TTS untuk ditempel di aplikasi lain, misal Ms. Words
  • Rebuild puzzle: mengubah jawaban dan petunjuk TTS

diy toys crosswords
fitur Show Answer TTS online


Yang saya lakukan setelah TTS ajaib ini jadi, copy puzzle ke Ms. Words atau PowerPoint lalu perbesar ukuran kotaknya supaya SID lebih nyaman menulis. Maklum ia masih belajar jadi beri kotak yang besar-besar. Copy answer juga untuk self-correction.


Kali ini saya sengaja membuat teka-teki silang dengan pertanyaan berupa gambar. Jadi, SID menebak nama buah dari gambar buah tersebut supaya lebih mudah. Oleh karena itu, bagian petunjuk saya isi gambar buah menggunakan Canva kemudian cetak TTS kustom ini dan siap dimainkan.


💖Unduh TTS Buah di Lembar Main💖


Gampang banget, ya, membuat teka-teki silang online. Zaman now itu segala-gala tersedia online jadi cepat dan mudah. Potensi kekeliruan menghitung jumlah kotak seperti saat pembuatan TTS manual pun dapat dihindari. 


Sejak tahu ada kecanggihan TTS online, jadi ingin membuat TTS berbagai tema untuk anak TK, dijilid jadi satu buku, trus covernya orang naik moge. *eh ... itu mah TTS sebelah.


Membuat TTS sendiri bisa juga jadi alternatif soal ujian selama Belajar dari Rumah (BDR), lho. Buat guru cocok untuk variasi proses belajar mengajar supaya lebih menarik.


Selanjutnya, buat TTS mengenai apa ya?

30 comments on "Cara Membuat Teka-teki Silang Online untuk Aktivitas Bermain di Rumah"
  1. noted mak.
    anak2ku jg suka mengisi tts. Artikel yg usefull nih. Bikin tts tanpa ribet

    ReplyDelete
  2. aku pernah bantuin Mamahku yang Guru PAUD buat bikin tugas harian murid-muridnya sesuai tema yang ada di kurikulum, seru banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mamahnya guru PAUD ya. Berasa lagi main kalau sedang kerja.

      Delete
  3. Wah seru, bisa bikin TTS tanpa ribet bikin kotak-kotak sendiri. Saya penggemar TTS nih, anakku juga sering ada soal TTS di tugas sekolahnya. Bisa buat belajar sambil main.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak Ayi, enak deh ga pakai hitung kotaknya. Cuss buat mba

      Delete
  4. Wah, makasih share-nya yah mbaaak. Bisa ikutan bikin juga buat anak-anak di rumah nih. Mainan TTS tuh jadi inget zaman masih ada koran sih, sekarang baca berita udah di hape nih hehe

    ReplyDelete
  5. Ide bermain dan info yang sangat menarik ini, habis bingung kan dirumah mainnya apa lagi ya, screentime makin tinggi ya walaupun tontonannya ada edukasinya tetep sih kemampuan kosa kata langsung begini perlu

    ReplyDelete
  6. Seru banget bikin TTS sendiriii, soal dan jawaban jadi bisa kita custom sendiri yaa, jadi mau bikin juga deh, bisa jadi kegiatan tambahan saat ngumpul sekeluarga.

    ReplyDelete
  7. Saya suka isi TTS. Seru juga kalau ajak anak main TTS. Semacam main tebak-tebakan gitu kan, ya

    ReplyDelete
  8. Wah asyik nih mba. Kebetulan perlu banget nih. Buat TTS buat anak-anak juga ngisi waktu.

    ReplyDelete
  9. Wah bisa nih untuk seru-seruan sama anak-anak biar nggak gabut ya di rumah, pertanyaannya bisa disesuaikan dengan usia anak dan minatnya juga

    ReplyDelete
  10. anak2ku juga bertiga suka bikin iseng2 DIY TTS kayak gini nih di rumah dengan bahans eadanya dan manual aja sih...pake tulis tangan... dan soalnya gampil2 heheheh (buat ibunya)

    ReplyDelete
  11. Jaman kecanduan isi TTS, aku pernah bikin juga. Sekarang enak ya ada fitur untuk bikin TTS dan gak ribet bikin di Excel. Jadi pengen main TTS lagi dan bikin dengan tema tertentu. Tengkiyuuu infonya yaa

    ReplyDelete
  12. wah enak banget kalau bisa bikin TTS online gini. Tinggal masukin kata-kata jawabannya, udah tersusun deh kotak=kotak dan pola mendatar menurunnya. Kalau manual kan ribet, mesti ngitung dan mencocok-cocokkan irisan selnya

    ReplyDelete
  13. Wah, seru banget nih. Bisa jadi ide buat tebak-tebakan di rumah bareng anak-anak. Ya, sambil bermain dan nambah pengetahuan kan..Cobain bikin ah. Thank for sharing mak.. :)

    ReplyDelete
  14. Ya ampuun, kreatif bangettt. Aku belum sampai kepikiran buatin TTS untuk anak, nih. Bisa dicontohhh idenyaa, Maakk. Makaasiii

    ReplyDelete
  15. Langsung bookmark. Aku mau bikin jg ah. asyik banget. Aku dulu pas masih SD pernah bikin TTS tapi manual, bikin garis2 gitu. Kalau kayak gini asyik juga buat anak ya.

    ReplyDelete
  16. Aakkk.. praktis banget sih bikin TTS seru begini. Anak-anakku kayanya bakalan betah nih nyelesein crossword puzzle model begini. Makasih Mak, langsung cus cobaiiin

    ReplyDelete
  17. Seru nih anakku suka TTS, buat TTS online pakai pertanyaan mata pelajaran di sekolah menarik juga nih

    ReplyDelete
  18. Asik bangettt... Biasanya cuma bisa ngerjain aja.. Kalo bikin TTS makin seru pastinya ya...

    ReplyDelete
  19. Hahahaha Project Passion Hexagonia lalu, aku malah buat manual TTS untuk mengisi halaman Hexa Magz

    ReplyDelete
  20. Asyiknya klo bisa membuat TTS sendiri, recomended untuk media menabung kosa kata buat anak-anak tanpa membuat mereka terpaksa menghafalkan.

    ReplyDelete
  21. Aaah....lucuk bangeett~
    Aku suka dimintain ngisi TTS, tapi kalo yang skalanya uda susah bet, nyerah deeh... Kaya zaman dulu, bantuin Babe isi TTS di koran.

    Kalo anakku sekarang suka banget, terutama yang nomer 2. Dia selalu bisa nemuin jawaban.
    Harus dibikin levelling yang susah kayanya yaa..

    ReplyDelete
  22. Wah wah, boleh-boleh nih dicontek caranya. Selama ini aku bikin manual deh pake pencil dan penggaris. Nanti nyobain ah 😅

    ReplyDelete
  23. Wah, nice info banget. Cocok buat belajar menulis buat Najib. Entahlah, anakku ki masih malas menulis biasa. Dia harus ada trigger menulis yang kayak TTS gini atau game-game gitu. Segera dicoba.

    ReplyDelete
  24. idenya simple tapi bener2 bagus ya buat anak kecil. saya salah fokus, bukan ke cara buatnya tapi ke pertanyaannya. pertanyaannya cukup gambar dan jawabannya nama buah itu. belajar mengenal nama buah buat anak kecil jadi makin asik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kan ceritanya anak belajar membaca dan menulis
      kalau soalnya berupa tulisan panjang, khawatir dia jadi malas duluan, so beri aja gambar buah dan tugasnya menulis nama buah itu

      Delete
  25. Wah menarik mbak. Aku baru tahu ada aplikasi beginian. Hehe. Jadi pingin buat TTS juga nih buat anak-anak di rumah. Bisa bahasa inggris juga kan ya TTS nya?

    ReplyDelete
  26. Wah menarik nih secara masih banyak aktivitas di rumah. Jaman kecil suka beli yg murah

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,