Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Fasilitas Camping di Bumi Perkemahan Pleseran, Jawa Tengah

Monday, November 7, 2022
Camping di Bumi Perkemahan (Buper) Pleseran ternyata enggak perlu bawa banyak barang. Bawa baju dan uang saja sudah bisa, lho, karena fasilitas di sana termasuk lengkap. Berikut fasilitas camping di Buper Pleseran, Tawangmangu, Jawa Tengah.


buper pleseran tawangmangu
tempat camping kami di Buper Pleseran, Nglurah, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah


Fasilitas Buper Pleseran Ramah Anak

Melanjutkan cerita sebelumnya tentang pengalaman pertama camping keluarga di Buper Pleseran, ya. Tempat camping ini kami pilih karena ramah anak dan cocok untuk pemula seperti keluarga kami.

Fasilitas di Buper Pleseran pun termasuk lengkap. Kami bawa banyak barang di sana karena belum tahu bagaimana sih camping. Sepulang dari sana saya berpikir ternyata enggak perlu serempong itu. Bawa baju dan uang saja sudah cukup. Seems like money can buy everything, hehe ….

Di Buper Pleseran terdapat:

Penyewaan Peralatan Camping


berkemah di pleseran nglurah
berayun di hammock

Di sini kita bisa menyewa tenda, matras, sleeping bag, sampai senter untuk keperluan camping. Mau berayun di hammock pun bisa menyewa alatnya di sini.

Buat keperluan memasak, misal mau memasak di alam supaya berasa camping-nya bisa menyewa kompor dan gas isi ulang di sini. Atau mau mencoba membuat api unggun, kayu bakar-nya bisa dibeli di sini. FYI, api unggun kami gagal gaes, hahaha ….

Biaya:

  • Sewa tenda 50.000
  • Sewa sleeping bag 15.000 rupiah
  • Kayu bakar 15.000 rupiah
  • Gas isi ulang 10.000 rupiah

Camp Area 1, 2, dan 3

camping keluarga di pleseran
SID di depan camp area 2

Di Buper Pleseran terdapat tiga area camp yang bisa dipilih. Di dekat pintu masuk ada camp area 1. Di belakangnya ada camp area 2 yang paling luas dan berundak-undak. Sementara camp area 3 terletak di dekat Telogo Asmoro.

Toilet

toilet di pleseran
deretan toilet di dekat Camp Area 1

Terdapat dua area toilet di Pleseran yaitu dekat Camp Area 1 dan 2. Ada toilet untuk mandi dan ada WC jongkoknya.

Bentuk toiletnya sederhana tapi aman tertutup. Airnya dingin, segar, dan mengalir lancar.

Oh ya, di toilet tidak ada lampu jadi perlu bawa senter kalau ke sana.

Mushola


Di seberang Camp Area 3 terdapat mushola cukup luas. Ada alat salat seperti sajadah, sarung, dan mukena.

Wastafel


fasilitas di buper pleseran
tempat cuci piring

Iya, lho, ada wastafel untuk mencuci piring di dekat Camp Area 2. Aku terharu, kirain bakal cuci piring di sungai seperti cerita bidadari. Spons dan sabun cuci piringnya bisa pakai yang ada di sana, biasanya dari sisa pengunjung lain.

Warung makan

fasilitas di kemah pleseran
enggak bawa bekal? bisa beli makan di sini

Ini fasilitas yang membuat saya tercengang. Lho, ada warung makan? Warung sederhana ini menjual mie instant, minuman, sampai tempe mendoan. Mungkin ada juga nasi tapi waktu itu kami membawa bekal jadi tidak bertanya lebih lanjut.

Warung makan yang terletak di dekat Telogo Asmoro ini buka pagi hari. Saat kami datang sore hari warungnya sudah tutup.

Selain warung makan yang satu ini, ada juga warung di dekat gapura Pleseran. Misal mau beli jajan cukup jalan kaki keluar gerbang langsung deh berjumpa dengan warung di sisi kanan.

Charging Port


Di Pleseran sumber listriknya menggunakan genset sehingga terbatas. Kalau mau numpang mengisi daya baterai HP atau gawai bisa ke bagian loket. Di sana nge-charge HP dikenai biaya 5.000 rupiah saja.


Berkemah di Buper Pleseran Banyak Hal Bisa Dilakukan


Bumi Perkemahan Pleseran, Tawangmangu, Jawa Tengah tak hanya menjadi tempat berkemah. Di sini banyak hal yang bisa dilakukan, seperti:

Flying fox


Yes, ada track flying fox dari Camp Area 3 ke Camp Area 1. Selama kami berkemah di sana tidak nampak pengunjung yang meluncur dengan flying fox. Kami juga tidak mencobanya.

Bermain di sungai dan Telogo Asmoro

anak main di sungai
sungai kecil di dekat Camp Area 3

Di sisi Camp Area 3 terdapat sungai kecil nan jernih. Anak-anak senang bermain air di sana.

Bagian ujungnya terdapat telaga bernama Telogo Asmoro. Airnya dingin … tapi lama-kelamaan tubuh menyesuaikan berenang di sana.

Naik mobil off-road

naik mobil off-road di tawangmangu
mobil jeep off-road siap disewa

Di Pleseran juga bisa naik mobil Jeep off-road melewati jalanan berbatu yang menanjak. Sewa mobil Jeep seharga Rp300.000,00.

Rezeki Ayah dan Uno yang bisa naik mobil gratis karena diajak teman. Rasanya gimana? Deg-degan khawatir enggak kuat karena ban mobil sempat selip.

Memberi makan burung

buper pleseran
Uno memberi makan jagung ke burung

Banyak burung dara di Pleseran. Ada kandangnya di lapangan belakang Camp Area 1. Waktu itu Uno memberi makan jagung ke kawanan burung. Sempat juga burung-burung ini mendatangi kemah kami mencari sisa-sisa makanan.

Museum Lumpang Nglurah

museum lumpang nglurah
Uno di antara tumpukan lumpang

Di belakang Camp Area 3 terdapat Museum Lumpang Nglurah. Rasa penasaran membawa kami pagi hari berjalan-jalan ke sana. Museum ini berisi tumpukan lumpang, alat penumbuk makanan tradisional, yang ditemukan di kecamatan Tawangmangu. Lumpang digunakan untuk menumbuk biji-bijian sejak zaman dahulu. Bahannya terbuat dari batu besar dengan lubang di tengahnya.


Tiket Masuk Buper Pleseran

biaya masuk pleseran
Loket di gerbang masuk Pleseran

Setelah melewati gerbang bertuliskan “Selamat Datang di Bumi Perkemahan Pleseran”, saya turun dari mobil menuju loket. Di sini pengunjung perlu melaporkan tujuannya, mau hanya berkunjung atau berkemah.

Iyes, boleh berkunjung aja, main-main di Pleseran tanpa menginap. Mau piknik atau berenang di telaga, bisa. Saat pagi harinya, kebetulan akhir pekan, pengunjung datang dari berbagai usia. Ramai, lho!

Di loket tersebut saya membayar tiket masuk. Kami berempat, 2 dewasa dan 2 anak tetapi hanya dihitung 1 anak karena Uno masih berusia dua tahun. Sepertinya anak usia 5 tahun ke atas sudah bayar full.

Saya juga diminta menitipkan KTP/kartu identitas ke petugas di loket. Esoknya saat check-out, KTP bisa diambil.

Tak lupa saya menyewa tenda di sini. Petugas yang akan membawakan tenda ke camp area pilihan kita.

  • Parkir Mobil Rp 5.000,00
  • Parkir Motor Rp 2.000,00
  • Camping Rp 15.000,00/orang
  • Berkunjung Rp 10.000,00/orang

    telaga di pleseran
    berani berenang di Telogo Asmoro?

Camping Keluarga, Mau Lagi atau Kapok?


Camping keluarga pertama kali ini ada beberapa tantangan seperti saat mendirikan tenda (kalau buat pemula sebaiknya minta tolong petugasnya), api unggun yang tak kunjung menyala, bahkan Uno sempat muntah karena kekenyangan minum susu. Alhamdulillah ia baik-baik saja bahkan tidur nyenyak sampai pagi.

Kami berkemah di musim hujan. Setiap hari Magetan hujan sehingga kami was-was bagaimana jika nanti hujan. Eh beneran tengah malam di Pleseran hujan. Udara terasa dingin sehingga saya menggunakan jaket dan selimut berlapis. Perbekalan di luar memang basah kuyup karena tidak disimpan namun alhamdulillah enggak ada bocor atau air masuk tenda.

Akan tetapi, secara keseluruhan camping kali ini seru banget! Anak-anak bermain di sungai, SID berenang di telaga, kami bisa berjalan-jalan di tengah hutan rindang, menghirup udara bersih, masya Allah … rezeki banget!

Anak-anak pun bisa tidur nyenyak, enggak ada nyamuk (mungkin karena udara dingin). Saya yang terbangun beberapa kali mendengarkan tetangga ngobrol sambil main kartu, main gitar, sampai dangdutan tengah malam. Ini camping lebih ramai daripada komplek rumah.

Makanan yang kami masak pun sederhana namun terasa lezat. Malamnya makan mie instan, paginya sarapan roti bakar dan steak tuna Chef Danang. Berasa mewah deh makan tuna saat berkemah.

makanan saat camping
Chef Danang memasak steak tuna

Kami juga bisa bersilaturrahim dengan teman backpacker Danang dan Ovi sementara anak-anak berkenalan dengan teman baru yang kebetulan seumuran, Zio dan Sakha.

So, kalau ditanya camping keluarga kapok atau mau lagi? Tentu saja mau lagi! Semoga ada rezeki, ya, berkemah di tempat lain, tadabur alam, mensyukuri berkah Illahi.

Fasilitas Bumi Perkemahan Pleseran yang tergolong lengkap cocok untuk pemula, termasuk membawa anak balita sekalipun. Itulah saya merekomendasikan tempat camping di Tawangmangu, Jawa Tengah satu ini. Berencana camping di sana? Baca dulu Persiapan Camping Keluarga untuk dapat inspirasi barang apa saja yang perlu dibawa, ya!

Oh ya, punya rekomendasi tempat camping ramah anak dan cocok untuk pemula?

bumi perkemahan pleseran

Bumi Perkemahan Pleseran

Jalan Candi Menggung, Desa Nglurah, Area Hutan, Tawangmangu, Karanganyar Regency, Jawa Tengah 57792

Informasi dan reservasi silakan menghubungi Mas Ikin 087826924966

Instagram @buper_pleseran
16 comments on "Fasilitas Camping di Bumi Perkemahan Pleseran, Jawa Tengah "
  1. Kebetulan saya adalah tipe orang yang senang camping. InsyaAllah jika saya mampir ke Jawa Tengah, saya akan sempatkan waktu untuk ke bumi perkemahan ini. Terimakasih banyak informasinya kak.

    ReplyDelete
  2. Akupun ketagihan untuk ngecamp, jadi pengen lagi dan pengen lagi hehehe, next aku mau nyoba juga ahhh Bu Sid ngecamp di Pleseran. Ohhh ya aku rekomendasiin Bu Sid nih next utk ngcamp di Mawar Camp Gunung Ungaran, kurang lebih fasilitasnya sama dgn Pleseran. Kita ga usah repot-repot bawa tenda dan macam2, asal dompet isinya tebal ajh hehehehe jadi semua bisa nyewa, utk tenda sudah di berdiri jd kita ga perlu repot untuk pasang tenda.

    ReplyDelete
  3. Iyes mbak, di bumi perkemahan yang dikelola baik biasanya sudah lengkap fasilitasnya. Bahkan di gunung-gunung luar negeri kayak Gunung Kinabalu Malaysia juga sudah selengkap itu, bahkan ada hostel di dekat puncak.

    Nah, buper Pleseran cocok nih buat kemping sama keluarga atau first timers.

    ReplyDelete
  4. Salah satu wishlist aku nih, camping ga perlu bawa apa2. Wkwkwk. Mana harganya cukup terjangkau lagi ya.

    ReplyDelete
  5. Sepertinya tempatnya menarik, notes dulu buat liburan selanjutnya....

    ReplyDelete
  6. Seru pasti ya, bawa sekeluarga camping ky gini. Sewa perlengkapannya termasuk murmer jg, terjangkau 👍

    ReplyDelete
  7. Aaaaa aku jadi kangen camping gara-gara lihat ini. Terakhir camping tahun lalu deh. Sayangnya sekarang lagi hujam melulu di Bogor, jadinya masih maju munjur cantik mau camping. Btw, ini fasilitas camping di Buper Pleseran asyik banget ya

    ReplyDelete
  8. Camping zaman now, semua serba gampang Yaa mba. Padahal dulu aku mikir lamaaaaa bgt kalo diajakin kemping. Yg mikir toilet lah, mikir tempatnya, mikir ada cacing atau ular ga 🤣, dan lain lain yang terlalu overthinking.

    Kalo skr tinggal datang dan bawa duit. Bahkan ada warung hahahaha. Ini model kemping idamanku 😄, ga usah repot jadinya.

    Aku ngebayangin asik juga kayaknya kemping trus ujan. Duuuh langsung berasa petualangan. Tapi kuatirnya jgn sampe ada petir, aku takut petir soalnya wkwkwkw...

    ReplyDelete
  9. Duhhh... Udah lama banget gak kemping nih.. Buper Pleseran ini hisa banget jadi opsi kalau kangen kemping tapi tidak perlu jauh-jauh. Apalagi fasilitasnya lengkap banget yaa.. Cuss lah kemping disana..

    ReplyDelete
  10. Kalau aku sih enggak pernah kapok kalau diajak camping begini, bikin happy dan seru terus. Pengen juga bawa anak-anak ke Buper gini biar main air, tanah sepuasny.

    ReplyDelete
  11. aku juga pengen banget mbak ngajak suami dan anak-anak camping kayak gini pastinya seru banget meski aslinya aku nggak pernah camping. hihi. tapi kalau sekarang insyaAllah camping juga bisa nyaman ya karena tempat campingnya sudah punya fasilitas yang cukup lengkap

    ReplyDelete
  12. Camping jadi makin menyenangkan ya di sini, apalagi sewa tenda dan lain-lain sangat murah. Jadi ga perlu repot juga,

    ReplyDelete
  13. Pernah camping di Tawangmangu, ampun dinginnya. Tp apik tenan viewnya. Murse pula biaya camping di sana. Kamu tuh nda balik Jkt meneh opo?

    ReplyDelete
  14. Camping minim bebawaan is my dream, mas ..not her!
    Pleseran sepertinya akan jadi wish list next trip en wisata

    ReplyDelete
  15. Seru banget campingnya. Anak2 juga keliahatan happy bermain disana. Pengen juga deh ajak ponakan kemping bersama kaya gini

    ReplyDelete
  16. Seru banget kalau bisa camping bareng anak-anak di tempat ini mbak. Apalagi perlengkapannya komplit dan juga lingkungannya ramah anak jadi nyaman banget.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,