Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Dukung Inner Strength Melejitkan Potensi Anak

Wednesday, November 23, 2022
Pernah kesulitan mengajak anak belajar? Anak malas-malasan mengikuti kelas atau les? Duh, sayang ya padahal sudah bayar. *eh. Anak butuh dukungan orang tua salah satunya dengan memahami inner strength anak.

Memahami Inner Strength Anak


Di awal semester ini saya sempat mengalami masalah di atas. Ini tahun pertama SID belajar di jenjang sekolah dasar. Banyak pilihan student club (SC), semacam ekstrakurikuler, yang tersedia. Bebas, mau ikut banyak atau tidak sama sekali. Setiap student club begitu menarik maka saya ikutkan SID ke beberapa SC, salah satunya English Club.

Rupanya definisi “menarik” bagi saya dengan SID berbeda. Setiap kali jadwal SC English Club tiba, ia mogok tidak mau mengikuti kelas. Sudah saya ingatkan berkali-kali, tetap tidak mau. *sabar, Bu.

Berbeda dengan kelas-kelas SC lain yang memang menjadi pilihan SID. Setiap kali waktunya student club, ia akan mempersiapkan secara mandiri. Meski sedang asik bermain dengan temannya, ia tahu kapan waktunya pulang untuk mengikuti kelas SC.

Menurut saya belajar bahasa Inggris itu penting namun SID belum mau belajar melalui English Club. It’s okay karena banyak jalan menuju Roma. *eh kok malah ke Italia?

Maksudnya, belajar bahasa Inggris bisa melalui banyak cara. Lewat game, membaca buku, ngobrol dengan natives, atau sekalian saja ya jalan-jalan ke luar negeri.

Pelajaran berharga bagi saya supaya berdiskusi dan meminta pendapat pada anak sebelum mendaftarkannya mengikuti suatu program. Pendapat anak perlu didengar karena ia yang akan menjalani kelas tersebut.

Selain itu, setiap anak memiliki kekuatan masing-masing. Penting bagi orang tua memahami potensi kekuatan anak.

Kekuatan anak tak sebatas apa yang dapat dilihat dari nilai rapor. Setiap anak memiliki inner strength. Inner strength adalah kekuatan mental yang tercermin pada kekuatan karakter dalam setiap anak.

Bila kekuatan dalam diri ini ditumbuhkan maka akan lahir anak-anak generasi tangguh, berani, percaya diri, dan baik hati.

Semua orang jenius. Tapi jika Anda menilai seekor ikan dari kemampuannya memanjat pohon, ia akan menjalani hidupnya dengan percaya bahwa itu bodoh. – Albert Einstein

Cara Menumbuhkan Inner Strength pada Anak

'
Inner strength tergantung tingkat intelektual anak dan lingkungan di mana ia tumbuh. Sebagai orang tua, kita dapat mendukung anak untuk menumbuhkan inner strength-nya. Percayalah bahwa tiap orang tua itu paling memahami anak masing-masing. You are the expert of your child. Maka, penting juga untuk belajar dan bertumbuh bersama anak.

Cara menumbuhkan inner strength pada anak dapat melalui berbagai cara, antara lain:

  • Memberi anak kesempatan bereksplorasi.
  • Memberi rasa aman dan nyaman pada anak untuk menumbuhkan rasa percaya diri.
  • Mengajarkan etika dan norma bermasyarakat.
  • Memberi kesempatan anak bersosialisasi dengan orang lain.
  • Melatih anak mandiri, bertanggung jawab, dan disiplin.
  • Melatih anak memahami dan meregulasi emosinya.
  • Memberi anak kesempatan untuk salah dan belajar dari kesalahan tersebut (selama tidak membahayakan).

Menumbuhkan Inner Strength Anak Melalui Sepak Bola


Sepak bola menjadi perbincangan hangat di masyarakat karena sedang berlangsung Piala Dunia (FIFA World Cup 2022) di Qatar. SID tak mau ketinggalan, ia dan teman-temannya punya jagoan negara masing-masing.

SID senang bermain sepak bola bersama para tetangga. Komplek kami memiliki lapangan tempat SID dan kawan-kawannya bermain sepak bola. Tidak terlalu luas ditambah lagi bercampur dengan ada yang bermain basket, jogging, atau balita yang bersepeda. Hiruk pikuk tetapi lumayan lah daripada tidak ada lahan sama sekali untuk berolahraga.

Pernah suatu kali SID bercerita kalau ia tidak mau menjadi kiper. Ia merasa permainannya payah.

Saya juga enggak bisa main sepak bola tetapi coba mengajaknya latihan menjadi kiper. Pagi hari saat lapangan sepi, kami berlatih. SID sebagai penjaga gawang berusaha menangkap bola yang saya tendang.

Setiap kali berhasil menangkap bola, senyumnya merekah. Itulah yang dapat saya lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya bahwa ia mampu bila sering berlatih.

Di lain waktu, kami pergi sekeluarga untuk menonton pertandingan bola. Ingin rasanya mengajak anak menonton bola langsung di Gelora Bung Karno (GBK). Namun, mengingat masih pandemi maka kami memilih lapangan sepak bola dekat rumah.

menonton pertandingan sepak bola bersama anak-anak

Tak hanya menguatkan fisik, olahraga sepak bola melatih inner strength anak. Anak menjadi berani, percaya diri, tangguh, serta meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain.

Biskuat Academy Dukung Inner Strength Anak Indonesia

ngemil Biskuat jadi momen ngobrol bareng anak


Siapa suka ngemil Biskuat? Biskuat menjadi jajanan saya zaman sekolah. Nempel banget deh tagline “Biskuat, Sekuat Macan”. Rasanya setelah makan Biskuat tubuh jadi punya energi untuk banyak beraktivitas, kuat … sekuat macan.

Sekarang setelah punya anak, saya juga suka makan Biskuat bareng anak. Camilan Biskuat enak dan kaya gizi mengandung 9 vitamin, 6 mineral, susu, juga gandum.

Tak hanya bergizi, Biskuat sebagai salah satu brand unggulan Mondelez International juga mendukung anak Indonesia berprestasi. Setiap anak memiliki potensi tak terbatas melebihi apa yang terlihat. Biskuat mendorong pencapaian prestasi anak-anak Indonesia di bidang olahraga seperti sepak bola melalui program Biskuat Academy.

FYI, Biskuat Academy telah berlangsung sejak 2019. Awalnya program ini berlangsung luring namun karena pandemi, sejak 2020 Biskuat Academy berlangsung daring.

Biskuat Academy adalah rangkaian acara tahunan dari Biskuat untuk memberikan pembelajaran olahraga bagi anak Indonesia. Acara ini bertujuan mengembangkan kekuatan fisik sekaligus kekuatan baik dari dalam (inner strength) untuk menciptakan #GenerasiTiger

Manfaat Mengikuti Biskuat Academy 2022

Hah? Belajar sepak bola kok online? Emang bisa?

That’s the good side of pandemic. Proses belajar menjadi lebih terbuka, banyak cara terjadi di luar kebiasaan.

Belajar luring ataupun daring, masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan. Sisi positifnya, sekolah sepak bola online ini mencakup peserta dari berbagai daerah dengan cara belajar yang fleksibel.

Para peserta Biskuat Academy 2022 bakal mendapat manfaat berikut:

1. Belajar teknik sepak bola dari pelatih bersertifikasi UEFA A
2. Belajar langsung dari pemain nasional Indonesia
3. Berkesempatan memenangkan tur ke stadion di Eropa dan ratusan hadiah lainnya
4. Mendapat e-certificate untuk seluruh peserta. Khusus finalis mendapatkan sertifikat fisik yang ditandatangani oleh Kemendikbud dan Kemenpora.

Teringat SID dan saya ketika latihan menjadi kiper ya tekniknya gitu doang. Kalau di Biskuat Academy bisa dilatih oleh pelatih dan pemain bola profesional. Bakal naik level, dong!

Hadiah Biskuat Academy 2022

sumber: biskuatacademy.com

Bisa sekolah sepak bola online, dapat ilmu baru, plus berkesempatan memenangkan banyak hadiah. OK banget nih hadiah Biskuat Academy 2022, tur ke stadion bola internasional! Ada juga hadiah yang akan diundi secara mingguan.

Hadiah Utama (1 pemenang utama)

Tur Stadion Bola Internasional Bersama 1 pendamping

Hadiah Top 10 (Untuk 10 Finalis Biskuat Academy)

Uang tunai sebesar Rp 5.000.000 (untuk masing-masing pemenang)

Hadiah Top 20 (Untuk 20 Finalis Biskuat Academy)

  • Kaos Kaki Biskuat
  • Topi Biskuat
  • Backpack Biskuat
  • Jersey Biskuat
  • Bola Biskuat

Hadiah Mingguan (20 pemenang setiap minggu)

Bola Biskuat atau Voucher @ Rp100.000


Cara Mengikuti Biskuat Academy 2022

Biskuat Academy berlangsung dalam bentuk sekolah sepak bola online mulai 25 September 2022 hingga 15 Januari 2023. Kabar baiknya masih bisa, lho, daftar sekarang. Kelas-kelas yang terlewat bisa diakses di website biskuatacademy.com.

Setelah menyaksikan video pelatihan, peserta diminta mempraktikkan teknik yang sudah dilatih, lalu mengunggahnya ke Instagram. Juri akan menilai dari postingan tersebut.

Beli paket Biskuat di Tokopedia gratis tote bag

Cara mengikutnya sangat mudah dengan membeli Biskuat kemasan khusus berlogo “Biskuat Academy” di sisi kiri kemasan sejumlah tertentu (pilih salah satu), yaitu:

  • Untuk Biskuat 121.6g harus membeli sebanyak 1 buah
  • Untuk Biskuat 60.8g harus membeli sebanyak 1 buah
  • Untuk Biskuat 22.8g harus membeli sebanyak 2 buah
  • Untuk Biskuat 7.6g harus membeli sebanyak 2 buah

Cek bagian belakang kemasan terdapat kode unik/kode promo.

kode promo di bagian belakang kemasan

Kirim WhatsApp ke 0812 1222 5919. Ikuti instruksi yang diberikan oleh tim Biskuat melalui WhatsApp untuk mendapatkan akses login menuju Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022, salah satunya memasukkan kode promo pada kemasan Biskuat.

Info mengenai Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022 dapat diakses di biskuatacademy.com.

Proses mendaftar Biskuat Academy 2022 lewat WhatsApp



Siapa yang bisa ikut Biskuat Academy 2022


Tidak ada batasan usia mengikuti Biskuat Academy namun kurikulum yang disusun lebih cocok untuk anak usia 5-15 tahun. Peserta khusus berdomisili di Indonesia, ya.

Saya sudah ngobrolin Biskuat Academy 2022 pada SID dan ia tertarik. Ini kesempatan emas ia berlatih dengan lebih pro, enggak cuma asal menendang.

Oh ya, teringat ketika kami menonton sepak bola dengan pemain seumuran anak SMP. Skor saat itu 6-1. Alamak … tertinggal jauh! Namun, begitulah pertandingan. Ada menang, ada kalah. Bagaimana para pemain ini di usia muda bangkit, memupuk percaya diri, dan tangguh untuk terus berlatih butuh dukungan banyak pihak terutama keluarga dan pelatih.

Berlatih sepak bola butuh lebih dari teknik. Kekuatan dari dalam (inner strength) juga akan dilatih. Dukungan pelatih profesional untuk memotivasi, melambungkan mimpi, serta melejitkan potensi sangat dibutuhkan. Tonton video berikut, ya, bagaimana Coach Aji, seorang pelatih sepak bola asal Indonesia melatih anak-anak.



Memahami inner strength anak dapat membantu orang tua mendukung potensi anak supaya berkembang menjadi optimal. Kekuatan baik dari dalam membentuk karakter yang penting bagi kehidupan anak itu sendiri. Salah satu cara menumbuhkan inner strength melalui olahraga sepak bola yang membangun keberanian, rasa percaya diri, tangguh, serta baik hati. Biskuat Academy 2022 menjadi wadah sekolah bola online yang dapat diikuti anak menguatkan inner strength-nya.

Saya sudah mendaftarkan SID untuk mengikuti sekolah bola online Biskuat Academy 2022. Bagaimana denganmu?


"Artikel ini diikutsertakan pada lomba KEB X Biskuat Academy"
42 comments on "Dukung Inner Strength Melejitkan Potensi Anak"
  1. Penting banget inner strength ini. Semoga kita bisa menanamkan pada anak-anak agar mereka bisa menjadi yang terbaik sesuai potensi.

    ReplyDelete
  2. Inner Strength punya peran amat signifikan agar anak² bisa tumbuh dan berkembang jadi generasi yg kuaatt

    Senang sekaliii karena Biskuat punya program yg amat cetharrr dan sarat faedah 😁

    ReplyDelete
  3. Semangat Sid jadi kiper, tangkap semua bola yang ditendang sama teman dan mama.keren mama Helena membantu Sid sampai ikutan main bola juga plus sediakan biskuat

    ReplyDelete
  4. aku sempat lupa nih mbak buat stimulasi inner strength anak, padahal mah itu penting juga yak. Nah setelah tahu ini, bisalah yah aku stimulasi inner strength anakku melalui olahraga seperti sepak bola. Btw seneng deh ada biskuat academy ini, karena membuka kesempatan lebar selebar-lebarnya bagi anak-anak yang ingin menggapai mimpi menjadi pemain sepak bola handal. Alhamdulillah, semoga program yang diadakn biskuat ini, makin sukses dan panjang umur aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendidikan karakter sama pentingnya dengan akademis. Yuk Mbak anaknya ikutan Biskuat Academy

      Delete
  5. Inner strength ini modal dasar banget yang perlu dikembangkan dalam diri anak sedini mungkin ya. Pasti akan bantu anak tumbuh lebih percaya diri dan mandiri juga dalam bersosialisasi. Nah, kalau anaknya punya potensi dan suka main bola. program di Biskuat Academy menurutku juga bagus sih dengan pelatih dari UEFA A

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa dilatih oleh Profesional, lho. Bakal jadi pengalaman berkesan buat si anak.

      Delete
  6. Kifah juga mau banget ikutan biskuat academy, soalnya impiannya banget bisa ke stadion di eropa, soalnya banyak tim sm pemain kesukaan dia d eropah sanah, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kifah suka main bola yah. Semangat ikut Biskuat Academy!

      Delete
  7. Wah Biskuat bikin program belaar bola online yang biasa diikuti olejh siapapun yaa, keren nih.
    Anak2ku sayangnya tak ada yg suka bola.
    Tp bener, setuju kalau yang namanya inner strength sangat dibutuhkan supaya ortu bisa mengenali potensi anak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa dengan kelas online gini jadi menjangkau peserta lebih luas

      Delete
  8. Belajar memang kesadaran dan kebutuhan masing-masing anak ya, kak Helen.
    Yang perlu ditumbuhkan adalah curiousity anak terhadap sesuatu. Sehingga bisa memunculkan keinginan untuk mengetahui lebih banyak hal. Termasuk dengan bergabung di Biskuat Academy 2022 yang bisa menumbuhkan inner strenght anak selama proses belajar dan berolahraga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lho kalau si anak butuh jadi cepat belajarnya. Udah terbukti berulang kali. Kitanya yang kudu sabaaaaar mendampingi.

      Delete
  9. Seru banget kayaknya kalau anak-anak bisa join Biskuatacademy, apalagi sekarang pas momennya piala dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah
      bisa belajar dari idola mereka di piala dunia juga tuh sambil praktik teknik yang diajarkan di Biskuat Academy

      Delete
  10. Wuahh..hadiahnya banyak. Berkesempatan belajar sepakbola langsung dengan ahlinya tuh impian anak-anak banget. Semoga Biskuat Academy 2022 ini bisa jadi jalan untuk lahirnya para pesepakbola muda Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... semoga lanjuut jadi event tahunan yah

      Delete
  11. Keren sekali program Biskuat Academy yang turut serta mengembangkan bakat anak-anak yang hobi di bidang sepakbola. Pelatihnya juga pasti sudah certified ya

    ReplyDelete
  12. Kalau baca2 ilmu parenting seperti ini jd inget masa anak2 masih kecil..kadang jd pengen balik lagi tapi ga boleh berandai andai hikmahnya selalu lakukan yg terbaik apa yg kita hadapi ya Mba .

    ReplyDelete
  13. Inner strength anak perlu banget untuk didukung supaya lebih berkembang terlebih minat olahraga anak yg butuk skill kalau di asah main bagus mainnya

    ReplyDelete
  14. Menjadi Ibu masa kini pr nya banyak sekali yaaa yuk semangat para Moms muda,

    ReplyDelete
  15. Semoga anak2 kita membesar dgn sehat.. aminn

    ReplyDelete
  16. Inner Strength anak tentu saja dapat melejitkan potensi anak, jika kita selaku orang tua pandai mengulik kelebihan pada dirinya. Tak masalah jika anak lebih merasa mampu aktif dan berprestasi di bidang non akademis. Dukungan kita akan membuatnya luar biasa. Nah, cocok nih ada program Biskuat Academy 2022, anak bisa menjadi pemain sepak bola profesional dengan coach terkece dan hadiah menarik.

    ReplyDelete
  17. Salah satu keuntungan juga ikut biskuat academy secara online ini, walau daftarnya nyusul, masih bisa mengakses materi yang telah lewat ya mbak.

    Emang jamannya online, jadi walau bermain bola itu berupa ketrampilan pun, tetap bisa diajarkan secara online.

    ReplyDelete
  18. Semangat SID..ini sama nih dengan Mas yang di rumah, kalau ekskul saran dari Ibunya dia ada magernya ikutan, kalau pilihan dia sendiri semangat luar biasa haha
    Btw, Biskuat Academy 2022 keren ini, sekolah bola online! Misinya sungguh mulia buat lejitkan potensi anak-anak Indonesia

    ReplyDelete
  19. Huaa, ini penting ibuu, aku pas daftarin eskul, lumayan debat 😆 anaknya aku suruh seni rupa, tapi minta taekwondo padahal dia sering gambar2 😅 bingung deh ngasih pengertian, akhirnya seni rupa juga.
    Eh jadi Sid suka bola ya. Keren Sid pasti gigih banget nih berlatih. Apalagi klo ngemil biskuat yg soklat aku suka Siid, bagii dong

    ReplyDelete
  20. Catet ya cara menumbuhkan inner strength pada anak. Jadi mereka bisa mulai belajar bersiap untuk hidup bersama, bermasyarakat

    Terus seneng deh ada Biskuat Academy lagi. Ini kesempatan bagus buat anak-anak ngembangin kemampuannya

    ReplyDelete
  21. Memberikan kesempata anak berekplorasi ini memang penting banget. Karena dari situ kita bisa lebih maksimal tahu juga potensi anak ya mba. Semangat selaluu

    ReplyDelete
  22. Hallo SID...semoga lolos biskuat academy yaaaa.... go go go SID! Dan terima kasih bunda helena utk poin2 menumbuhkan inner strenght anak. Semoga kita para parents bisa membersamai anak2 mengoptimalkan inner strength mereka ya kan..

    ReplyDelete
  23. Di sekolah anakku juga kelas 1 SD ngga ada pelajaran bahasa Inggris. Kayanya kita dulu juga baru kelas 4 apa SMP ya? Padahal jaman now anak paud aja udah les bhs inggris haduuw.
    Anak cow sih emang kebanyakan suka main bola sih, otomatis juga jadi suka nobar pertandingan. Ini juga kapan2 mau diajakin bapaknya nonton Arema.

    ReplyDelete
  24. Salut banget parenting yang dilakukan kak Helen.
    Aku seneng banget kalo kak Helen berbagi mengenai ilmu pengasuhan,

    Dukung penuh program yang dilaksanakan Biskuat Academy Dukung Inner Strength Anak Indonesia. Semoga bisa menjadi bekal bagi anak Indonesia tumbuh kuat dan cerdas.

    ReplyDelete
  25. Sukaa dengan program biscuat akademy semoga tercetak atlit atlut muda berbakat dalam bidang sepak bola ya...

    ReplyDelete
  26. Salah satu tugas ortu ya utk bisa memperlakukan anak sebaik mungkin supaya mereka merasa nyaman, dihargai dll sehingga inner strengthnya bisa muncul.
    Wah kok seru tuh beli Biskuat dapat totebag :D
    Biskuat Academy tampaknya bagus untuk melejitkan bakat anak2 yang hobinya memang main bola yaa.

    ReplyDelete
  27. Jika anak sudah mwmiliki inner strength insya Allah akan tumbuh dengan kuat. SID semoga selalu beruntung ya, Nak. Sukses dunia akhirat.

    ReplyDelete
  28. Aduh kalau aja ponakanku dah agak gede bisa ikutan biskuat academy deh mbak, anaknya masih 2 tahun ngomong aja belum jelas wkwk. Soalnya anaknya suka banget sama bola dan beberapa hari ini dia nonton world cup sama bapaknya. Kayak yang ngerti aja bayi nih. :))

    Btw, biskuat ini camilan favoritku dari dulu juara banget rasanya nggak pernah berubah. Enaak.

    ReplyDelete
  29. Ini ya yang sering gak disadari para orang tua. Anak punya inner strength yang sangat potensial berkembang, dan bisa jadi andalan di masa depan. Bisa dalam bidang apa pun. Termasuk sepak bola. Jika dikembangkan bisa jadi atlet harapan bangsa. Salut buat Biskuat yang punya program ini. Semoga akan ditemukan bibit-bibit atlet untuk masa depan.

    ReplyDelete
  30. Semoga SID happy ya dengan ikut serta Biskuat Academy ini. Berlatih sepak bola ada banyak manfaatnya. Olahraga yang satu ini butuh kerja sama tim, jadi memang lebih ke taktik saat bermain ya. Semoga saja pelatihan yang diberikan bisa menumbuhkan inner strength pada anak.

    ReplyDelete
  31. Lama banget gak lihat SID, udah tinggi banget Mba. Perlu didukung banget program Biskuat Academy ini, bia generasi muda hari ini jadi bibit unggul masa depan, bisa kali ya kita ikut Piala Dunia 2030

    ReplyDelete
  32. Aku mbak, kadang suka tarik napas kalau ngajarin Gendish belajar. Nah, apalagi kemarin PAS tertulis bahasa Inggris, anakku kan baru bisa pengucapannya angka dan warna dalam bahasa Inggris, ketika aku ajarkan tulisan nya dia keder. Huaaa mau nangis rasanya

    Btw, aku juga suka ngemilin biskuat loh mbak sambil ngeteh atau ngopi
    Hihihi

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,