Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

3 Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Balita

Friday, December 14, 2018

Infeksi saluran pencernaan perlu diwaspadai karena kerap terjadi pada anak-anak. Berikut 3 gangguan pencernaan yang sering dialami bayi dan balita.

3 Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Balita


Gangguan Pencernaan pada Bayi dan Balita


Pusing ya begitu anak sakit. Orang tua ikut merasakan sakit. Tapi, yang lebih sakit itu kalau belum ketahuan apa jenis penyakitnya. Anak menangis berjam-jam tanpa sebab. Jangan-jangan, anak terkena gangguan pencernaan berikut ini:

1. Diare

Jangan sepelekan diare karena penyakit diare menjadi penyebab 30% kematian bayi dan 25% kematian balita di Indonesia*. Kekurangan cairan saat mengalami diare membuat bayi lemas hingga dehidrasi.

Diare disebabkan antara lain: infeksi parasit, bakteri, atau virus; keracunan makanan, alergi obat tertentu; atau alergi makanan tertentu.

Jika bayi dan anak balita buang air lebih sering dan lebih encer, mulutnya kering, muntah-muntah, badan lemas, bahkan tidak ada air mata saat menangis, perlu diwaspadai ia sedang terkena diare.

SID pernah mengalami diare terparah di tahun ini. Ia bolak-balik ke toilet dan menolak makan karena tiap ada makanan yang masuk, sebentar kemudian akan keluar lagi (muntah). Tubuhnya lemas dan hanya bersandar di kasur. Ya Allah, hati ini terpoteque melihatnya.

cara menangani diare pada bayi
Awas diare sering menyerang bayi dan balita


2. Sembelit

Bayi terkadang mengalami sembelit atau susah buang air besar (BAB). Ada yang BAB setiap hari, ada yang tiga hari sekali, atau seminggu sekali.

Orang tua perlu mengetahui pola BAB si bayi. Bila frekuensi BAB berkurang, teksturnya keras, sulit keluar, rewel terutama saat BAB sampai menangis, perlu diwaspadai bayi mengalami sembelit.

Sembelit dapat terjadi karena trauma, perubahan pola makan, perubahan susu formula, dehidrasi, kurang aktivitas fisik, dsb. Kalau SID sembelit, ia akan menolak makan. Bisa lho dalam sehari ia hanya makan satu kali. Mungkin perutnya terasa penuh tetapi susah keluar.

3. Kolik

Pernahkah anak bayi menangis selama lebih dari 3 jam sehari. Hal ini berulang, setidaknya tiga kali dalam sepekan dan berlangsung sekitar 3 pekan atau lebih. Biasanya bayi menangis ketika petang dan tidak berhenti menangis meski sudah digendong. Jika mengalami tanda-tanda di atas pada bayi baru lahir, waspada bayi mengalami kolik.

Penyebab pasti kolik belum diketahui namun ada kemungkinan gangguan pencernaan bayi terganggu karena tidak cocok mengonsumsi protein susu sapi. Bila bayi mengonsumsi ASI, sebaiknya ibu menghentikan konsumsi susu sapi.

Kolik merupakan hal normal yang terjadi pada bayi dan akan membaik seiring pertumbuhan bayi. Namun, bila disertai tanda-tanda seperti: muntah cairan hijau, diare, kejang, nafsu makan berkurang, tubuh lemas terkulai bila diangkat, maka segera periksakan ke dokter.

Probiotik Bantu Mengatasi Gangguan Pencernaan pada Bayi dan Balita

Cara mengatasi gangguan pencernaan pada bayi perlu diketahui penyebabnya. Bila karena intoleransi makanan atau obat tertentu, maka hindari pemberian makanan atau obat tersebut.

Usahakan orang tua tetap tenang ketika menemani anak. Buatlah ruangan senyaman mungkin, gendong, dan ajak bicara anak dengan suara pelan untuk menenangkannya.

obat sembelit untuk bayi
Talkshow cara menangani sembelit di IMBEX 2018, Jakarta, 30 November 2018
Selain itu, saya mendapat tips mengatasi sembelit dari dr. Intan Diana Sari pada saat mengunjungi Indonesia Maternity, Baby and Kids Expo (IMBEX) 2018 lalu, yaitu:

  • Pemberian obat suppositoria (dimasukkan lewat anus)
  • Cukup asupan air (kurang lebih 1 liter)
  • Makan sayur dan buah
  • Pijat perut bayi dengan gerakan tertentu
  • Toilet training
  • Konsumsi probiotik atau mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya (WHO)). Probiotik atau lebih dikenal dengan bakteri baik terdiri dari Lactobacillus dan Bifidobacterium.
Di dalam tubuh manusia terdapat sejumlah bakteri baik yang melawan bakteri jahat. Jika jumlah bakteri jahat lebih banyak, timbul gangguan pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi probiotik dapat membantu menjaga saluran cerna dan menjaga daya tahan tubuh.

Ada fakta unik dari pemaparan dr. Intan mengenai proses kelahiran. Allah telah menciptakan bakteri-bakteri baik di vagina ibu hamil. Bayi yang lahir normal akan mendapat bakteri baik tersebut sehingga daya tahan tubuhnya lebih optimal. Sedangkan kelahiran melalui proses section caesarea (SC) tidak mendapat bakteri baik sehingga bayi yang lahir perlu konsumsi probiotik.

Jaga Kesehatan Pencernaan Anak dengan Probiotik INTERLAC

Probiotik mudah dikonsumsi dalam suplemen makanan Interlac Probiotics dari BioGaia. Interlac adalah satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri Protectis. 

“Interlac terbukti aman tanpa efek samping untuk segala usia, termasuk bayi prematur, bayi baru lahir, bayi dan anak-anak, juga remaja,” jelas Mohamad Nurhadi, Brand Manager Interbat. Suplemen makanan asal Swedia ini telah mendapat predikat GRAS dari US FDA yang menunjukkan sertifikasi keamanan tertinggi.
gangguan pencernaan pada bayi dan balita
Suplemen makanan Interlac Probiotics aman untuk segala usia 
Ada empat bentuk sediaan Interlac, yaitu:

  1. Interlac drops: cocok untuk bayi baru lahir hingga berusia 1 tahun. Dapat dicampur dengan air dan tidak berasa (tawar). 
  2. Interlac sachet: cocok untuk anak usia 1-5 tahun dengan rasa tawar. Untuk dilarutkan dengan sedikit air. 
  3. Interlac tablet kunyah rasa strawberry: cocok untuk anak usia 6-12 tahun. 
  4. Interlac tablet kunyah rasa lemon: cocok untuk anak usia 6-12 tahun. 
Meski probiotik baik untuk kesehatan tubuh, perhatikan dosis penggunaannya 1x sehari. Jangan melebih dosis, ya, kecuali atas anjuran dokter.

Rekomendasi pemakaian untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan pada bayi dan balita sebagai berikut:

  • Diare: 5 hari pemakaian 
  • Sembelit: 2 minggu pemakaian 
  • Kolik: 3 minggu pemakaian 
Interlac Probiotics dapat dibeli secara offline di Guardian, Viva Health, dan toko perlengkapan bayi. Bisa juga beli Interlac secara online di Mothercare.co.id, JD.ID, dan Orami.

Info selengkapnya ada di:
Website : www.interlac-probiotics.com
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : interlacprobiotics
Probiotik membantu menjaga kesehatan saluran cerna dan menjaga daya tahan tubuh
Tiga gangguan pencernaan pada bayi dan balita di atas perlu diwaspadai. Jaga kesehatan saluran cerna anak agar ia tumbuh optimal.

Punya tips menangani diare, sembelit, atau kolik pada bayi dan balita?


*Referensi:
  • https://www.alodokter.com/menangani-diare-pada-bayi
  • https://www.alodokter.com/kolik-pada-bayi-ditandai-dengan-tangisan-berjam-jam.html



51 comments on "3 Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Balita"
  1. Saya baru tau mengenai Kolik mbak, kalau masih bayi gtu emang harus lebih waspada ya trhdp gangguan pencernaan yg menungkinkan terjadi. Thank you mbaak helenaaa sharingnyaa, lamaa ndak mampir kesini. makin kecee ajaa mbaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu gadis koreya!
      Sistem cerna bayi masih tahap pertumbuhan jadi rawan kena gangguan pencernaan. Makasih ya udah mampir.

      Delete
  2. Iya Bun. Aku juga sekarang ada Interlac di rumah. Untuk persedian jaga-jaga kalau anak diare atau sembelit. Karena biasanya anak kecil itu suka rentan ya kena diarenya karena mereka lagi seneng banget eksplore sana sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tangan pegang Sana sini trus lanjut makan tanpa cuci tangan. Haduh...

      Delete
  3. Ranu dulu tuh masalahnya sembelit terus, ternyata krn susunya gk cocok. Skrg udah nggak Alhamdulillah lancar. Blm pernah coba Interlac aku, biasanya makan pepaya ajaa. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sufor Ada yang buat sembelit karena susah dicerna. Kalau makan buah ini tergantung anaknya. Ada juga yang makan pepaya malah sembelit.

      Delete
  4. wahhh ternyata ada interlac.. kemaren waktu anakku diare aku beneran bingung banget.. tapi akhire ke dokter sih

    ReplyDelete
  5. Keponakanku pernah terkena sembelit dan itu bikin keponakanku rewel banget. Wah seru nih ternyata Interlac bisa dibeli secara online dan offline.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perut begah, penuh tapi enggak bisa pup. Itu Kan ga enak banget, ya. Sedia interlac buat jaga kesehatan saluran cerna anak.

      Delete
  6. Kesehatan pencernaan memang penting utk dukung tumbuh kembang anak ya

    ReplyDelete
  7. Penting banget ini informasinya Mbak walaupun anak-anak saya sudah besar tetpi ini baik untuk ponakan-ponakan yang masih balita.

    ReplyDelete
  8. Ini aku bener-bener buta masalah sembelit, mba...
    Selalu saja nasehatnya sama dan berulang (karena anak-anak sudah bisa diajak komunikasi) bahwa makan sayur dan buah yaa...yang kaya serat.
    Biar gak kesulitan ke belakangnya.

    Dan jawaban mereka selalu sama "Iya, Ma..."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, buah Dan sayur wajib masuk menu harian supaya lancar BAB

      Delete
  9. Merawat anak gk mudah yah kak, tp mudah2an jadi ibu nanti, apalagi ini ada interlac yang membantu tumbuh sehat anak ��

    ReplyDelete
  10. Anakku kalau mencret dan diare mempannya sama interlac, jadi memang mesti nyetok interlac terus di rumah

    ReplyDelete
  11. Keke juga pernah kena diare waktu usia dia 2 tahunan gitu. Dari yang gemuk jadi kurus banget. Sedih lihatnya. Makanya sejak itu saya perhatiin banget deh kesehatan pencernaan anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susut badan karena diare itu cepet banget ya. Ini masih kejar BB supaya normal

      Delete
  12. Masalahnya penyakit itu Klo dibiarkn cukup bahaya ya mba..untuk sekarang Ada jaln keluarnya ya interlac

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah sekarang ada Interlac, bisa buat sedia payung sebelum hujan.

    ReplyDelete
  14. Anak saya pernah konsumsi prebiotik juga ni Mbak due to diare akut, pernah juga karena habis opname dan setelah konsumsi antibiotik. Baik yang merk Interlac maupun merk lainnya tergantung resep dokter. Penjelasan dari dokter memang untuk mengembalikan bakteri baik dalam pencernaan, namun juga tetap harus perbaiki pola makan dll. :) Semoga anak-anak kita sehat selalu ya Mbaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. antibiotik biasanya membuat sembelit. Supaya pup lancar lagi, bisa konsumsi Interlac.

      Delete
  15. Dengan adanya interlac ini beneran bikin pencernaan anak menjadi lebih baik ya mba. Sehat aehat Sid :)

    ReplyDelete
  16. bayiku dulu juga pernah kolik dan aku belum terlalu ngeh saat itu. sekarang gedean dikit, masalahnya adalah sembelit. harus bener-bener jaga pencernaan dengan makan sayur dan buah, dan kalau perlu dengan bantuan interlac ini juga.

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah anak-anakku udah lama gak kena diare. Dulu waktu kecil iya, karena sering makan apa yang ada di lantai hehe... Sekarang mereka lebih jijikan daripada aku. Makanan jatuh, gak boleh diambil lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha ... malah lebih higienis gitu ya anakmu, mbak.
      tapi bagus juga sih udah sadar akan kebersihan.

      Delete
  18. Anakku yang ke-4 pernah dapet gangguang saluran cerna waktu masih bayi. Sampe susah konstipasi. Dulu dikasih Interlac. Alhamdulillah sampe sekarang gak pernah lagi kena gangguan berarti :)

    ReplyDelete
  19. Aku selalu stock interlac yg chewy tablet di rumah. Udah paking cocok buat anak2 kalo pas diare :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini paling gampang buat anak balita soalnya dikunyah kayak permen.

      Delete
  20. Kasian ya Mba kalo anak-anak lagi sakit dengan gangguan pencernaan, soalnya ngamatin keponakan juga gitu kasihan sampe nangis. Untung sekarang ada interlac

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah dulu.saki juga saya kasih interlac drop mbak, dan memang terasa banget khasiatnya. Dia ga gampang sakit

    ReplyDelete
  22. Ponakan ku sering sembelit mak..setelah konsumsi interlac pencernaannya mulai lancar.

    ReplyDelete
  23. Baru tahu kalau kolik termasuk gangguan pencernaan.. Ilmu baru ini..

    ReplyDelete
  24. aku juga sedia interlac Mak Sid *pamer* hahaha karena khasiatnya ok banget bahkan Neyna juga kemarin sempet sakit perut kasih interlac langsung enakeun

    ReplyDelete
  25. Anakku pernah sembelit dan alhamdulillah sembuhnya pakai interlac :)

    ReplyDelete
  26. Interlac ini bagus lho buat anak-anak kalau minum ini jadi ga berasa minum obat hehe.

    ReplyDelete
  27. SID kenapa kamu imut banget disitu. Gemasss deh. Btw makasih sharingnya sis

    ReplyDelete
  28. Aku paling kasihan kalau ada anak yg alami masalah pencernaan kaya diare atau sembelit. Orang gedhe aja kesakitan apalagi anak2 ya

    ReplyDelete
  29. Dulu kalo anakku diare, susunya aku ganti. Dari pada sampe masuk rumkit, ntar malah rempong

    ReplyDelete
  30. Sediiih banget kalau anak-anak sakit yaaa.. dan gangguang pencernaan itu bikin menderita banget!

    ReplyDelete
  31. Paling sedih kalau lihat anak terserang diare. kelihatan badannya lemes dan tidak bergairah. Sebagai ibu, kita harus jaga kesehatan mereka ya, Mbak.

    ReplyDelete
  32. Anak2 ini memang pencernaannya masih rentan banget yaaa. Memang butuh diperhatikan banhet.Aku di rumah stock interlac jg buat jaag2 pas anak sembelit atau diare.

    ReplyDelete
  33. Untuk urusan pencernaan anak kini kian penting untuk diperhatikan ya. Waahh kalau sampai terhambat soal kesehatan pencernaan, anak bisa nggak nyaman saat beraktivitas sehari-hari.

    ReplyDelete
  34. Wah aku baru tau yg dimaksud kolik itu apa.
    Kasihan kalau bayi sakit tuh, gak bisa ngutarain sakitnya gimana :(

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature