Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

3 Barang Wajib Dibawa Sebagai Penyelamat Liburan Bersama Anak

Wednesday, November 28, 2018

Liburan bersama anak menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Asyik, ya, liburan sekeluarga ke tempat baru. Tapi … liburan bawa bayi atau anak balita bisa jadi pegal sendiri karena terlalu sibuk mengurus buah hati sampai enggak fokus keindahan di tempat wisata yang dikunjungi. Eits, bukan berarti gagal liburan karena anak, lho. Ini nih barang-barang yang wajib dibawa saat traveling bersama anak supaya liburan tetap berjalan bahagia.

liburan bareng anak balita
Bawa apa aja ya buat liburan bersama anak?


Tips Liburan Bersama Anak

Hawa libur panjang akhir tahun semakin terasa. Liburan keluarga pun menjadi topik utama saat video call dengan ibu di Gresik. Mumpung libur di bulan Desember nanti bersamaan dengan libur anak sekolah, ibu mengajak saya liburan bareng keluarga besar.

Di satu sisi, terbayang senangnya bisa berkumpul dengan orang tua, kakak-kakak, dan ketujuh keponakan. Di sisi lain, berapa tas dan barang apa saja yang perlu saya bawa untuk berlibur sambil bawa anak? Mau pergi ke taman saja harus bawa ini-itu. Isi tas ransel didominasi perlengkapan milik SID. Saya kebagian space kecil untuk dompet dan HP. Do you feel the same way, too?


Awalnya memang terasa rempong jaya ketika traveling bersama anak. Akan tetapi, saya dan SID sering traveling kecil-kecilan berdua saja naik kendaraan umum sejak ia berusia setahun. Kebiasaan inilah yang membuat saya makin terlatih liburan bersama anak.

Perjalanan kami tidak selalu mulus. Kadang terjebak macet, kehujanan, SID batuk sampai (maaf) muntah, ngompol, dan tantangan lainnya. Akan tetapi, saya enggak kapok mengajak SID jalan-jalan berdua saja. He he ….

Dari pengalaman bepergian membawa SID selama ini, ada 3 barang wajib dibawa agar liburan bersama anak tetap nyaman, yaitu:

1. Baju ganti untuk anak dan orang tua

Keluar rumah meski hanya beberapa jam, saya selalu membawa satu setel baju ganti untuk SID. Ada aja hal tak disangka seperti bajunya basah oleh keringat, ketumpahan es krim (meski sedikiiit tapi minta ganti baju), atau mendadak pulang sore sehingga bajunya untuk ganti setelah mandi sore.

Selain baju untuk anak, jangan lupa bawa baju ganti untuk ibu. Ini pelajaran waktu kami jalan-jalan ke Kota Tua, Jakarta. Saking asyiknya, SID menahan pipis hingga ngompol. Kok ya pas saya gendong sehingga baju saya kena pipis. Sedikit, sih, tapi tetap enggak bisa dipakai sholat. Waktu itu saya tidak membawa baju lagi. Untunglah ayah SID membawa sweater.

Baju ganti untuk ibu juga berguna bila terkena muntahan atau gumoh bayi. It’s okay sedikit lebih berat bawaannya tetapi nyaman saat liburan.

Waspada makanan mengotori baju


2. Obat-obatan pribadi

Saat berlibur, harapannya semua anggota keluarga sehat. Akan tetapi, anak bisa saja sakit karena jatuh, kelelahan, atau beradaptasi dengan cuaca yang berbeda dari biasanya. Maka, liburan bersama anak wajib membawa obat-obatan pribadi seperti plester, obat merah, obat batuk, dan minyak telon. Oh ya, jangan ketinggalan losion anti-nyamuk untuk melindungi kulit anak dari gigitan nyamuk.

Selain obat, saya membawa perlengkapan mandi anak. Kalau mendadak molor dari jadwal hingga harus pulang malam, SID bisa segera mandi. Praktisnya, saya pakai sabun sekaligus sampo bayi seperti Bambi Hair & Body Bath.
perlengkapan rekreasi anak
Perlengkapan perang, eh, traveling bareng anak


3. Stroller/ Kereta dorong bayi

Stroller menjadi perlengkapan rekreasi anak yang super penting dibawa. Waktu SID bayi, saya selalu membawa stroller saat kami bepergian. Sekarang dia sudah gede dan lancar jalan, tapi kalau ngantuk atau kecapekan ya minta gendong. Nah ini yang membuat tangan dan bahu saya pegal-pegal.

Ketika kami berdua tersesat di Gelora Bung Karno untuk nonton Asian Para Games 2018, ia menolak jalan kaki. Ia minta gendong terus selama mencari pintu masuk. Hati ini tergetar menahan bahu yang menggendong bayi gede. Sampai 2 hari setelahnya, tangan saya masih kaku.

Kondisi di atas enggak bakal terjadi kalau membawa stroller. SID bisa duduk manis di keretanya, mau tiduran juga bisa. Itulah mengapa stroller menjadi penyelamat di kala liburan bersama anak.

stroller ringan untuk traveling
In Parentland, you are what you push (Paul Reiser)


Melipat Stroller Hamilton Ezze dalam 3 Detik

Jangan asal pilih stroller! Harga stroller cukup tinggi dibanding perlengkapan bayi lainnya sehingga harus teliti sebelum membeli. Bagi saya, stroller itu seperti investasi karena dapat digunakan dalam jangka waktu lama, dari bayi hingga TK bahkan bisa diwariskan.

Saat memilih stroller, saya utamakan fitur nyaman untuk anak dan mudah dibawa. Ini termasuk mudah dibuka dan ditutup karena saya sering traveling hanya berdua dengan SID. Kalau kereta bayi ribet dibuka-tutup, anak terlanjur lari entah kemana. Bahaya, kan.

Enno Lerian dan Vibrie menceritakan pengalaman traveling dengan anak di #iLotteHangout di Jakarta, 27 November 2018
Di #iLotteHangout kemarin, saya dibuat takjub oleh stroller Hamilton Ezze yang dapat dilipat hanya dengan satu tangan. Cara melipatnya sangat cepat, hanya dalam 3 detik! Saking enggak percaya, saya coba langsung melipat stroller rancangan Jerman dengan mekanisme MagicFold tersebut. Gampang banget bahkan sambil menggendong anak pun bisa.

Cara melipat stroller Hamilton Ezze yaitu geser tuas di bagian atas handle, tekan tombol di bagian bawah handle, dan beri sedikit dorongan ke depan. Flip, flap, … stroller pun terlipat dalam keadaan berdiri. Sebelumnya, pastikan roda depan lurus sejajar, ya.

tips liburan anak
Mudah melipat stroller Hamilton Ezze
Tak hanya itu, beberapa keunggulan Hamilton Ezze Stroller, antara lain:
  • Posisi duduk bisa untuk rebahan hingga duduk (cocok untuk newborn baby) 
  • Mampu menahan beban hingga 25 kg 
  • Saat dilipat, bisa dibawa dengan dijinjing atau ditarik dengan posisi roda seperti menggeret koper 
  • Ada tempat ngintip bayi di bagian kanopi yang ditutup dengan magnet (tidak berisik saat dibuka) 
  • Keranjang besar lega banget menyimpan tas 
  • Cukup masuk ke kabin pesawat
  • Kanopi mudah dilepas untuk dicuci
  • Rangka stroller yang kokoh namun ringan (6,5 kg) 
  • Lengkap dengan kelambu dan tas perjalanan (cover)

Wohoo… siapa yang tak jatuh cinta melihat mudahnya melipat dan membuka stroller Hamilton Ezze. Ada tiga pilihan warna, bedanya di bagian kanopi. Hamilton Ezze Basic Stroller tersedia dalam warna merah, abu-abu, dan hitam. Selain yang basic, ada juga Hamilton Ezze Elite Stroller yang lebih premium. Bedanya, pada handle terdapat lapisan kulit yang makin membuatnya elegan.

Enno Lerian dengan stroller Hamilton Ezze Basic Red
 Pasti pada penasaran harganya, ya?

Hamilton Ezze Basic Stroller seharga Rp 3.999.000,00 sedangkan Hamilton Ezze Elite Stroller Rp 4.399.000,00. Stroller ini dapat dibeli di situs belanja online terpercaya iLotte.com. Ga perlu khawatir barang KW karena di iLotte, semua seller-nya terpercaya dan resmi. 100% branded products!

Selama seminggu ini, iLotte punya penawaran spesial untuk produk ibu dan bayi. Stroller Hamilton Ezze juga diskon lho. Yang basic menjadi hanya Rp 3.799.000,00. Kalau yang Hamilton Ezze Elite menjadi Rp 4.199.000,00. Pas banget untuk buah hati juga kado ibu melahirkan.
Beli stroller Hamilton Ezze di iLotte.com
By the way, selamat mempersiapkan liburan keluarga! Kalau liburan berjalan di luar rencana dengan segala drama kehidupan, tarik napas dalam-dalam dan hembuskan. All izz well.

28 comments on "3 Barang Wajib Dibawa Sebagai Penyelamat Liburan Bersama Anak"
  1. Stroller jadi barang wajib klo bawa anak (balita) traveling. Pas ke Singapore - Malaysia lalu, berasa kebantu banget sama stroller. Kalo una udah mulai rewel kecapekan atau ngantuk, langsung dudukin di stroller deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, segede Una pun masih butuh stroller buat perjalanan jauh gini ya. Singapore enak nih mbak, transportasi dan jalanannya ramah stroller.

      Delete
  2. Sid, mau liburan kemana nih nantiiiii? Udah siap bawa stroller Ezze Series hamilton ini belooom? Hihihihihiii. Biar ga capek gendong, paling aman pas traveling emang bawa stroller ya ibu Siiiid

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau tante. Beliin atu dong yang merah merona. (emaknya) SID suka banget nih.

      Delete
  3. Mama Sid sumringah banget liat stroller baru, buat persiapan traveling sama Sid apa adiknya Sid nih?

    ReplyDelete
  4. Mak Sid mupeng amat sama strollernya *_* kudu nabung ektra keras, kudu lembur bagai quda ini :)

    btw aku suka lupa loh bawa obat2an kalau pergi :( bad habit

    ReplyDelete
  5. Iya sepakat dg 3 benda wajib bawa yg ditulis

    ReplyDelete
  6. Aku dulu pernah sekali beli stroller bekas eh cuma 1 bukan rusak. Sejak itu kalo beli stroller mending beli baru emang

    ReplyDelete
  7. Aku punya stroller sekali awet dari anak pertama sampe kedua, memang bener enaknya beli yang bagus sekalian aja.

    ReplyDelete
  8. Jadi teringat waktu liburan sama keponakan dan aku yang harus mempersiapkan semuanya.

    Kalau di kampungku masih jarang banget yang pakai stroller bayi.

    ReplyDelete
  9. Iya, mba Helen...
    Ingat rempongnya punya bayi (hingga Balita) saat travelling, jadi males keluar rumah.

    Tapi kalo ga keluar, jadi sendu juga yaa...

    Hihii~
    Kalau stroller, aku aga rempong bawa-bawanya...biasanya mengandalkan stroller pinjaman dari tempat yang akan aku datangi.

    Hiihii~

    ReplyDelete
  10. Apik yo Hamilton ini. Ringan tapi bodynya kuat dipakai traveling. Cocok buat mamah2 muda yg doyan jalan sama anak babynya.
    Yuk dibeli-dibeliiii.
    Jd akhir tahun liburan ke mana kita?😀😀😀

    ReplyDelete
  11. aku ga bisa bayangin jalan2 bawa anak. pasti repot banget ya, secara aku blm ngalamin. btw tipsnya bagus, berharap bisa merasakan dan mengikuti tips yang di jelaskan di artikel ini

    ReplyDelete
  12. Punya dua anak ini, nggak kepikiran beli stroller, hehehe kalau jalan-jalan pasti mengandalkan gendongan dan kalau beruntung ke mal, bisa pinjam stroller di mal

    ReplyDelete
  13. Betul juga ya ..meski si kecil sudah bisa jalan, tapi stroler tetap diperlukan sewaktu-waktu ya..

    ReplyDelete
  14. Sebagai calon ibu, penting nih punya referensi stroller kelar yang bisa dipake nyaman, aman dan praktis

    ReplyDelete
  15. SID mau liburan akhir tahun kemana, stroller emang wajib dibawa kalo masih punya anak balita. Nah kalo anaknya udah seusia anakku, bawa baju ganti dilebihkan juga. Pernah juga sih beli di jalan gara2 kehabisan baju, wkwkwkk

    ReplyDelete
  16. HAhaha iya stroller penting, ku kuga tak sanggup menggendong lama lama karena sudah besar dan berat... ku naksir stroller hamilton ini euy

    ReplyDelete
  17. Naksir berat deh, suka bnget sama sistem lipetnya.

    ReplyDelete
  18. bisa dilipett euy... makin praktis aja nih stroller..

    ReplyDelete
  19. Saya liburannya tahun depan ke Makassar
    Semoga bisa eksplor kabupaten yang belum saya kunjungi sejak kecil

    ReplyDelete
  20. Sepakat mba, stroller nih barang wajib bawa banget kemana2, anak jadi tetap bisa istirahat selama jalan2, kalau di gendong kan dia pegel2, kasian :)

    ReplyDelete
  21. Wah bisa dilipat cuma 3 detik! Nggak usah repot-repot minta bantuan orang lain ya kalau mau dilipatkan strollernya.

    ReplyDelete
  22. Wah keren strolernya. Strolerku anakku dulu gedhe dan repot kalo dibawa pergi2.

    ReplyDelete
  23. Jalan2 bersama anak tuh penginnya enggak capek ya. Tapi kalau si bocah sudah agak berat, gendong melulu akhirnya bikin jalan2 jadi cepet capek. Pake stroller ini enak ya, mana bodynya kokoh banget gitu. Enggak khawatir jadinya ya, anak kita akan nyaman berada di dalam stroller itu.

    ReplyDelete
  24. Strollernya enak banget nih bisa melipat secara otomatis. Kudu punya bayinya dulu ya #eh

    ReplyDelete
  25. Enak ya kalo stroller nya gampang dilipat gitu, bisa dibawa kemana-mana

    ReplyDelete
  26. pernmah sengaja ga bawa stroller waktu liburan keluarga di Malang, karnea kapasitas bagasi mobil kami kecil, ga muat. Nyesel bangettt ga bawa stroller waktu jalan2 di Museum angkut. luas banget yang harus dijelajahi dengan jalan kaki.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature