Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Dear Mimin dan Momod, Fitur di Facebook Group Berikut Ini Semakin Mudah Bantu Kamu Mengelola Komunitas

Tuesday, November 13, 2018

Ada berapa grup di Facebook yang kamu ikuti? Kurang dari 10 atau lebih dari 10? Saya barusan hitung, 34! Wahaha banyak banget grup yang saya ikuti tapi sebagian besar diantaranya saya jarang nongol.
Saya bersama founder Ibu Profesional Septi Peni Wulandani dan Ketua Komunitas Ibu Profesional Uni Eci
Tergabung dalam Facebook group menjadi aktivitas menyenangkan karena berkomunitas via online semakin mudah. Saya punya teman ngobrol yang nyambung di dalam grup tersebut. Mau nanya, chit-chat, curhat, sampai jualan ada grupnya masing-masing.

Di balik itu, pengelolaan grup di Facebook menjadi tantangan tersendiri bagi para admin dan moderator alias mimin dan momod. Ya kalau satu grup hanya puluhan orang, pembicaraan masih mudah dikontrol. Nah kalau satu grup berisi ribuan bahkan ada yang ratusan ribu member, menjalankan grup supaya aman tentram sesuai aturan perlu usaha serius.


Tantangan Mengelola Facebook Group

Dari hasil diskusi Facebook dengan para admin Facebook group minggu lalu (saya nyempil di dalamnya mewakili Ibu Profesional), diketahui beberapa komunitas memiliki permasalahan yang mirip, antara lain:

1. Banyaknya spammer membagikan konten yang tidak relevan dan hoax.
2. Notifikasi pesan yang terlambat muncul.
3. Screening calon anggota yang sesuai dengan aturan grup tersebut. Kalau hanya 10 request yang masuk, masih oke lah bisa kepo-in satu-persatu. Bagaimana dengan 2000 request calon member setiap hari? PR banget, ya, harus screening satu persatu.
4. Pertanyaan yang diulang-ulang, terutama dari member baru.
5. Mencari topik yang pernah dibahas terdahulu membutuhkan waktu yang lama untuk scrolling linimasa, apalagi bila lupa kata kunci.
6. Konten pembahasan di grup yang sifatnya sensitif di-capture dan disebarkan keluar grup.
7. Menulis di grup tidak bisa atas nama admin, yang muncul adalah nama personal, sehingga rancu apakah ini pos atas nama grup atau pribadi.
8. Tidak ada fitur Facebook Ads untuk mempromosikan grup.
9. Menghubungkan satu grup dengan grup lain atau dengan laman (page) lain.

Apakah para mimin dan momod mengalami hal serupa?


Fitur-fitur di Facebook Group

Renata ini orang Semarang yang berkiprah di Facebook HQ Amerika. Keren!
Renata, Head of Engineering Facebook, menjelaskan ada fitur-fitur Facebook untuk mengatasi beberapa hal di atas, antara lain:

1. Mute
Fitur mute member untuk memberi warning ke spammer. Member tidak akan bisa pos artikel atau berkomentar di grup tersebut untuk sementara waktu.

2. Auto-flag post
Facebook secara proaktif mendeteksi post yang sepertinya spam. Post ini tidak akan muncul di linimasa grup dan harus melalui approval moderator.

3. Grup rules
Tiap grup memiliki aturan masing-masing. Umumnya aturan ini diletakkan di atas (pinned post). Meski demikian, masih aja member yang malas membaca aturan grup dan langsung nge-post. Sebenarnya, setiap member akan bergabung ke suatu grup, grup rules otomatis ditunjukkan ke prospective member sehingga enggak ada alasan belum baca aturan grup.

4. Filtering member
Saat menyaring calon member, bisa digunakan fitur filtering member based on gender, location, waktu join Facebook, dsb. Hal ini akan sangat memudahkan admin menerima member yang tepat.

5. Topic tagging
Admin dapat mengatur tag dengan topik tertentu, misal: food, parenting, tips, review, dsb. Ketika member post new article, member dapat memberi tag sesuai pilihan yang sudah diatur admin.

6. Reminder filling questionnaire
Admin dapat mengirim pengingat untuk calon member agar mengisi kuesioner. Pertanyaan dalam kuesioner dapat menyaring calon member agar tepat sesuai tujuan komunitas tersebut.

7. Badge
Dalam Facebook group, terdapat beberapa badge yang nampak di dekat nama profil, antara lain: new member, moderator/admin, dan top contributor. Badge ini memudahkan untuk menyambut member baru ataupun memberikan apresiasi member teraktif di grup tersebut.

8. Group linking
Satu grup dapat dihubungkan ke beberapa grup. Misalnya, grup Institut Ibu Profesional dihubungkan dengan grup Ibu Profesional Jakarta, Bogor, Bandung, Payakumbuh, Asia, dst. Dengan ini, memberi di grup Institut Ibu Profesional mudah mengakses grup sesuai regionalnya.

Banyak juga ya fitur yang disediakan Facebook. Mimin dan momod udah pernah menggunakannya? 


Fitur Terbaru di Facebook Group

Bersama para admin komunitas dan tim Facebook
Selain fitur di atas, di 2018 ini Facebook meluncurkan fitur-fitur terbaru di facebook group, yaitu:

1. Group announcements
Moderator dapat membuat hingga 10 pengumuman dan melekatkannya di atas grup (pinned post)

2. Subscription pilot
Selama ini akses informasi di facebook group bersifat free untuk semua member. Dengan subscription pilot, admin dapat membuat grup spesial untuk memberikan konten-konten khusus kalangan tertentu, misalnya member yang ingin ikut harus membayar (langganan).

3. Watch party
Lewat facebook group, member dapat menonton video bersama dan mengomentari (chat) secara real time. Seru nih buat nobar.

4. Chat in Facebook group
Biasanya kalau chat arahnya ke personal atau lewat page, kali ini facebook group dapat digunakan untuk chat juga. Aplikasinya menggunakan Messenger.


Wah, makin rame nih berkomunitas di Facebook group. Mengelola komunitas di facebook semakin mudah dengan fitur yang tersedia. Alangkah lebih baik jika para member menaati aturan di masing-masing komunitas supaya linimasa adem lancar, gitu.... 

41 comments on "Dear Mimin dan Momod, Fitur di Facebook Group Berikut Ini Semakin Mudah Bantu Kamu Mengelola Komunitas"
  1. Dulu sering banget ada yang ujug-ujug masukin saya ke grup. Nyebelin banget deh hehe...Tapi kalau sekarang gak pernah lagi. Mungkin udah pada sadar kali ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Kaget juga masuk grup entah apa padahal ga join.

      Delete
  2. senanagnya diajakin ke ruang komunal facebook dan bahas tentang FB group ya, jadi semangat lagi mengaktifkan group facebook nih

    ReplyDelete
  3. Aku jarang banget buk afb kalau gak ada mention atau mau share link skr :) jadi penasaran aku mau hitung grupnya juga ah

    ReplyDelete
  4. Di dalam sebuah komunitas, semakin banyak member berarti akan semakin banyak pendapat. Hebat para mimin yang bisa dengan sabar menghadapi para anggotanya :)

    ReplyDelete
  5. Waktu acara Facebook di Makassar saya ikut yg kelas Bisnis. Ternyata ini ya bahasan untuk kelas komunitas. TFS, Mbak, jadi tahu deh

    ReplyDelete
  6. Whah fitur Filtering member tu kayanya yang bakalan jadi favorit ya Mbak.... Dulu pernah ikut salah satu grup ibu-ibu yang amit-amit kalau sampai kesusupan laki-laki iseng :(

    ReplyDelete
  7. Ternyata lengkap banget yaa fiturnya, cuma sayangnya banyak admin yang malah nggak ngerti sama sekali fitur2 ini, akhirnya grupnya jadi berantakan dg spammer.

    ReplyDelete
  8. Eh iya, saya ada berapa grup ya di FB. Keknya banyak juga deh *buru2 ngitung. Keknya harus dibersih2in juga grup yang udah gak aktif nih ��

    ReplyDelete
  9. Banyak fitur baru yaaa, aku udah jaraaaaaang bgt ni buka fb, jd kudet deh

    ReplyDelete
  10. Enak ya skrg, banyak fitur yg memudahkan admin atau moderator grup facebook. Aku punya grup fb komunitas backpacker, tp udh lama gk diurus krn lelah. Br tau klo skrg makin oke nih fb

    ReplyDelete
  11. Huaa aku baru tau fitur -fitur facebook terbaru ini kayaknya lebih seeu ya.

    ReplyDelete
  12. Aku lupa ikut berapa komunitas, ngitung dulu deh nanti. Hebat ya yang jadi Mimin komunitas gitu, kesabaran nya luar biasa

    ReplyDelete
  13. Ikut berapa grup ya... Kayaknya fitur-fitur fb makin seru saja. Aku jadi mimin satu grup komunitas, tapi nggak begitu perhatian sih. Sudah ada teman-teman yang bagian approval, kasih info, dsb.

    ReplyDelete
  14. Kalau fiturnya banyak begini, mengelolakomunitas makin seru banget yaaa mba. Aku sering jadi anggota tapi ngg pernah jadi mimin hehehe

    ReplyDelete
  15. Nah iya jadi mimin ddan monod mman harus sabar banget ya..aku aja kalau lihat group padahal ketentuan sudah jelas eh masih ada aja yang nanya, parahnya itu nggak mau baca sih sebenarnya. Sabar ya untuk para mimin dan momod :)

    ReplyDelete
  16. Aku belum pernah jadi mimin dan momod FB Grup, tapi sebagai member yg setia #ceileh aku udah pernah dapat hal-hal yang disebutkan di atas.

    ReplyDelete
  17. waaah baru tahu aku ada fitur-fitur begini, maklum belum pernah jadi mimin dan punya grup :D

    ReplyDelete
  18. Wah, seru nih ada fitur-fitur baru. Tapi sayangnya udah semingguan ini aku belum buka akun Facebookku. Lagi banyak hal yang lebih penting soalnya. Hehehe.

    ReplyDelete
  19. saya juga terdaftar dalam beberapa group/fans page gitu, tapi biasanya yg berhubungan dengan Blogger atau Parenting dan atau masak aja yg saya ikutin, yg lain saya mute, hihihih

    naahh, gegara chat group itu, saya udah uninstall si Messenger, hihih, malas banget di group SMP itu kadang annoying chatnya.
    terus udah malas juga message2 klo penting yaaa langsung ke WA ajah, hihih *sok sibuk banget :D

    ReplyDelete
  20. Keren banget blogger-blogger diajak berkunjung ke kantor Facebook dan dapat ilmu tentang fitur terbaru FBG.

    ReplyDelete
  21. Masih ingat dulu waktu masih gencar2nya gabung di grup fb khusus bahasa inggris, benar kata mba Helena, kalau menjadi admin itu susah susah gampang, bayangin aja ngatur ribuan member dengan sceening it gimana yah. But, dengan melihat fitur baru fb jd tertarik kembali untuk gabung di grup

    ReplyDelete
  22. Aku pernah adminin 1 grup di FB, duh ribet padahal anggotanya juga gak seberapa. Sekarang blm aktif lagi, eh ada fitur2 baru ternyata

    ReplyDelete
  23. Ak suka masuk grup tapi yang sesuai dgn aku minati ada hampir 30grup di fb

    ReplyDelete
  24. wah banyak fitur baru ya, baru tau...
    Btw, aku gak pernah ngitung ikut berapa grup dan apa saja, kayanya emang waktunya ngintip nih udah masuk grup apa aja...

    ReplyDelete
  25. Padahal saya paling seneng gabung di facebook, tapi semenjak aplikasi facebook nggak bisa didonlot di hhape jadi jarang buka facebook, kecuali dari laptop, dan sekarang jarang banget buka laptop untuk facebookan, padahal makin apdet ya fitur fb group

    ReplyDelete
  26. Jarang perhatiin grup FB. Hihihi. Biasanya aku buat cari informasi aja. Kalau buat grup blogger ya share link dan BW pastinya

    ReplyDelete
  27. Sekarang sudah tak banyak ikut grup FB lagi. Dulu paling kesel kalau tiba2 dimasukkan ke suatu grup. Sekarang juga agak jarang sih buka FB kalah sama frekwensi buka medsos lain hehe

    ReplyDelete
  28. Serius nih bisa pinned post sampai 10? Aaaaak, keren banget. Jadi kalau ada member baru bisa langsung baca pengumuman yang nyantol di atas ya.
    Btw aku pindah Jawa belum gabung IIP lagi nih Len. Di Kebumen belum ada, kayaknya mau gabung Banyumas Raya aja deh.

    ReplyDelete
  29. Betuul..jadi admin grup emmang harus punya stok kesabaran yang banyak hehehe...
    Banyak kejadian yang unik dan gemesin!
    Untung sekarang banyak fitur baru, jadi agak lebih ringan saat mengelola grup ya...

    ReplyDelete
  30. Wah keren juga kalau grup ibuprofesional batam link ke grup iip pusat. Jadi gak sabar ini

    ReplyDelete
  31. Udah lama gabung grup FB tapi ga pernah menelisik lebih dalam soal fitur-fitur yang ada.
    Udah rempong sama balita yang kadang rebutan online haha

    ReplyDelete
  32. Keren nih fiturnya. Sekarang kan era berkomunitas via online. Selalu ada banyak grup baru yang muncul.

    ReplyDelete
  33. Aku mengelola komunitas tapi cilik sih, FB juga paling cuma buat share link doank hehe.
    Ternyata banyak fitur yang gak aku tahu. Oke ntr aku coba otak atik ah, biar grupnya jd bagusan :D

    ReplyDelete
  34. makin banyak aja ya fiturnya Facebook sekarang.. tapi aku udah jarang banget lho buka facebook.. aku seringnya instagram hehehe

    ReplyDelete
  35. Istilah2 itu baru tau akutu mba. Ternyata banyak juga ya istilahnya. Keren kalo bisa kelola grup denngan baik

    ReplyDelete
  36. Aku mulai jarang main di facebook 1 tahun belakangan ini. Jadi jaramg juga liat grup komunitas yg aku ikutin.

    ReplyDelete
  37. Wah, udah bisa nempelin beberapa pin post ya... baru tau nih. Selama ini jadi admin grup fb juga, tapi nggak ngeh pada update di atas. Thanks untuk sharingnya ya mbaaa.. bookmarked nih artikel ini.

    ReplyDelete
  38. Aku belum coba semua nih fitur baru di FB Group Mba Helen. Tapi melihat apa yang ditulis dan dijabarkan Mba Helen jadi lumayan paham. Asik sekarang ada pinned post ini, beberapa groupku juga meneapkannya. Paling seru chat ini FB Group ini, enak sekalian ya kalau mau chat sama teman-teman di group nggak kudu japri.

    ReplyDelete
  39. Wahahaha aku muncul di fb grup cuma untuk share link blog. Lumayan sih pageviews paling banyak dari facebook.

    ReplyDelete
  40. Tugas mimin dan momod ternyata banyak juga ya, harus perhatian dengan detailnya

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature