Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Review Minyak Bekatul Oryza Grace Rice Bran Oil

Thursday, December 27, 2018

Review Minyak Goreng Sehat Oryza Grace Rice Bran Oil


manfaat minyak bekatul
Minyak bekatul Oryza Grace
Di penghujung 2018, saya mengulas kembali target setahun belakangan. Di awal 2018, keluarga kami mengusung tema hidup sehat, baik sehat fisik maupun psikis. Alhamdulillah ada sebagian program yang dijalankan seperti lebih rutin berolahraga, tetapi untuk mengolah makanan sehat masih menjadi tantangan.

Saya mudah tergoda oleh gorengan. Makanan yang digoreng rasanya kriuk, gurih, dan nikmat. Well, niatnya lebih banyak mengukus atau merebus makanan, tapi … tapi …. Sebenarnya makanan yang digoreng juga enggak apa-apa dikonsumsi asal dalam batas wajar. Anjuran dari Kemenkes RI, 5-4-1 yaitu 5 sdm lemak/minyak goreng, 4 sdm gula, dan 1 sdt peres garam dalam sehari.


Minyak Bekatul Padi/ Minyak Dedak

Beralih ke gaya hidup sehat itu butuh proses. Salah satu ikhtiar kami menggunakan minyak goreng yang lebih sehat. Butuh effort juga nih mencari referensi minyak goreng untuk keluarga hingga saya menemukan rice bran oil.

Pernah mendengar khasiat bekatul padi? Kulit ari padi (rice bran) yang biasanya menjadi makanan ternak, rupanya mengandung serat tinggi, vitamin, mineral, dan antioksidan. Lha, jangan kalah hidup sehat dibanding ternak sendiri. He he ….

Bekatul padi tersebut dapat diolah menjadi minyak goreng, lho. Mungkin masih terdengar asing tetapi di negara maju sudah banyak yang menggunakan rice bran oil alias minyak bekatul/ minyak dedak. Khasiatnya tak kalah, lho, dibandingkan olive oil yang terkenal lebih mahal.

oryza grace minyak kulit ari
Menumis, menggoreng, memanggang, ataupun salad dressing pakai rice bran oil

Minyak Goreng Sehat Oryza Grace Rice Bran Oil

Kini, saya menggunakan minyak goreng ekstrak bekatul padi Oryza Grace Rice Bran Oil untuk menggoreng dan menumis masakan. Ini lho yang membuat saya beralih ke minyak goreng sehat rice bran oil:

1. Rendah Lemak Jenuh

Rice bran oil sebagian besar mengandung monounsaturated fats (lemak tak jenuh tunggal) yang baik untuk tubuh karena dapat meningkatkan HDL/ kolesterol baik dan polyunsaturated fats (lemak tak jenuh ganda) yang dapat menurunkan kadar LDL/kolesterol jahat (sumber)

American Heart Associaction (AHA) merekomendasikan asupan lemak yang seimbang berkisar diantara 37% lemak tak jenuh tunggal, 33% Lemak Tak Jenuh Ganda, dan 37% Lemak jenuh. Kandungan Oryza Grace Rice Bran Oil mengandung 47% lemak tak jenuh tunggal, 33% lemak tak jenuh ganda, dan 20% lemak jenuh, mendekati rekomendasi AHA, ya.

minyak bekatul oryza grace
Oryza Grace 100% minyak kulit ari beras



2. Tinggi titik asap

Selama ini saya menggoreng ya pakai minyak goreng. Entah itu minyak bahannya dari apa, saya kurang mengerti. Duh, rupanya tiap cara menggoreng harus menggunakan minyak yang tepat. Kalau tidak, kandungan minyak berpotensi dapat meningkatkan kolesterol jahat/LDL dalam darah.

Penggunaan minyak yang tepat ini melihat titik asap masing-masing minyak. Titik asap adalah titik ketahanan minyak goreng terhadap panas.

Saya pernah mendengar olive oil untuk menumis aja, jangan deep frying semacam menggoreng kentang. Saya pikir itu karena sayang minyaknya mahal, jangan kebanyakan dipakai. Ha ha …. Ternyata, karena titik asap virgin olive oil yang rendah (160°C). Bila digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi (ditandai dengan minyak terlihat berasap), ikatan rangkap pada semua kandungan lemak tak jenuh dalam minyak berubah menjadi lemak jenuh yang menimbulkan risiko peningkatan LDL dalam darah. Selain itu, dalam minyak terbentuk zat akrolein yang merugikan kesehatan seperti menyebabkan batuk.

Berbeda dengan minyak kulit ari beras yang memiliki titik asap tinggi (254°C) sehingga bisa digunakan untuk menumis maupun menggoreng (deep frying). Tingginya titik asap ini membuat Oryza Grace Rice Bran Oil tidak menyebabkan batuk.

minyak goreng sehat
Rice bran oil memiliki titik asap tinggi (dok. Oryza Grace)

3. Mengandung vitamin E dan sumber serat

Rice bran oil mengandung vitamin E yang kaya antioksidan. Vitamin E juga baik untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Oleh karena itu, ada lho produk kecantikan yang menggunakan bahan alami rice bran oil.

Di samping itu, bekatul merupakan sumber serat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Buat yang ingin mengontrol berat badan, coba deh mengganti minyak gorengnya dengan healthy oil dari minyak bekatul.

4. Melezatkan makanan

Mau menumis, menggoreng, memanggang, ataupun salad dressing bisa menggunakan Oryza Grace Rice Bran Oil. Teksturnya cair sehingga enggak terasa kental dan eneg saat menjadi salad dressing. Hasil masakannya juga lezat, dong, apalagi dimasak dengan penuh cinta. *eh



Support healthy lifestyle by using healthy oil. Mengetahui manfaat besar minyak bekatul di atas, saya tak salah pilih memasak dengan Oryza Grace.

Kamu sudah pakai Oryza Grace Rice Bran Oil? Apa menu sehat favorit keluargamu?

Facebook @ricebranoil
Instagram @oryzagrace



43 comments on "Review Minyak Bekatul Oryza Grace Rice Bran Oil "
  1. Baru tahu aku minyak bekatul padi. Luar biasa memanfaatkan yang ada. Makasih infonya kak

    ReplyDelete
  2. Baru tahu nih ada minyak dari kulit beras. Prosesnya jadi minyaknya lama ga ya? Boleh dicoba nih ngegoreng pakai minyak ini.

    ReplyDelete
  3. Ini bisa jadi SOLUSI banget.... buat yg doyan gorengan tapi pengin hidup sehat, yaaa
    Makasiiiyyy

    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  4. Nice info nih saya jadi tau kalau ada minyak bekatul padi

    ReplyDelete
  5. Waaa penemuan baru nih dalam minyak goreng menggunakan kulit beras. Baru tahu saya Kak, mau banget ih cobain pengen tahu juga perbedaannya. Apalagi untuk hidup sehat kita

    ReplyDelete
  6. Dudududu kmana aja aku ya sampe baru tau klo ada minyak sehat ini 😍

    ReplyDelete
  7. Makasih mama sid berfaedah banget infonya buat aku yang tidak boleh makan gorengan sama sekali untuk sekarang hahaha disuruh berhenti sama dokter. Baru tau minyak dari kulit beras nanti aku coba

    ReplyDelete
  8. Memberikan yg terbaik buat keluarga itu tanggng jawab Kita ya mba aplg yg dikonsumsi tiap Hari, mau coba nih minyak oryza grace

    ReplyDelete
  9. Loh bisa ya kulit ari padi jadi minyak goreng. Mana manfaatnya banyak lagi ya, penasaran harganya aku tuh

    ReplyDelete
  10. Saya baru tau kalau ada minyak goring dari kulit beras, bagus ya.. tinggi titik asapnya dari jenis minyak yang lain. Thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  11. 2019 tambah sehat. Skrng makin banyak pilihan minya goreng sehat yang bisa dipakai buat masak. Eh denger2 ini jg bagus dipakai buat masker wajah gtu. bisa bikn alus kulit :D

    ReplyDelete
  12. Aku baru tahu kalo bekatul ternyata banyak manfaat bagi kesehatan ya, jadi penasaran sama minyak ini

    ReplyDelete
  13. Wah, aku baru tau kalo bekatul bisa diolah jadi minyak goreng, mba. Minyak sehat pula. Wajib coba nih. Secara, aku juga ga bisa lepas dari goreng-gorengan tapi pengen hidup lebih sehat di 2019 nanti :)

    ReplyDelete
  14. Aku baru nyoba sekitar 2 minggu pakai minyak ini lho kak,, katnya bisa bikin makanan enak ya ga hanya itu aja yang pasti minyak ini sehat pula.

    ReplyDelete
  15. 1st time coming here

    minyak bekatul?
    ini mesti harganya mihilllll

    ReplyDelete
  16. Ok, menyehatkan. Namun sepertinya belum familiar di daerah saya...

    Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  17. Wah bekatul bs jd minyak ya..jadi penasaran rasa masakan nya

    ReplyDelete
  18. Wiihh bekatul luar biasa, jadi minyaak..
    Aku belom nemu minyak ginian maak, ntr nyarii ah soalnya doyan makan gorengaan, biar sehat atulaah.

    ReplyDelete
  19. Pertama kali nih baca info ada minyak dedak. Baru tahu juga kalau nama lain dedak itu bekatul padi. Hihihi

    ReplyDelete
  20. Pantes minyak yg sebelumnya tu ditinggal bentar aja dah berasap, ternyata cari yg titik apinya tinggi ya, gk mudah berasap kayak minyak dedak ini

    ReplyDelete
  21. Baru tahu kulit beras bisa diolah jadi minyak goreng ya. Teknologi memang memudahkan Kiat manusia ya. Hebat ini penemuannya...

    ReplyDelete
  22. aku kemaren pengen nyoba minyak. ini juga mbak. . tapi blom. jadi soalnya kehabisan.. soalnya penasaran juga

    ReplyDelete
  23. Aku jadi tertarik pake minyak ini buat numis2 makanan anak2 nih.
    Keren yaa ternyata bekatul bisa jadi minyak juga

    ReplyDelete
  24. Selain minyak kelapa, di rumah saya juga menggunakan Oryza. Memang rasanya beda dari minyak goreng biasa yang terbuat dari kelapa sawit. Tekstur makanan juga lebih kaya rasa kalau digoreng dengan Oryza Oil

    ReplyDelete
  25. wah, baru tahu nih ada minyak yg terbuat dr dedak yg biasanya sih ini utk pakan ayam ya.

    ternyata minyak ini lebih murah.dan hampir sama dg minyak zaitun utk gitu bisa dimasak pula wah, kelebihannya lebih dr minyak zaitun.

    mengandung antioksidan, bisa bikin awet muda dong....

    ReplyDelete
  26. Haha. Saya kira juga kenapa olive oil kok gak boleh untuk numis. Mahal sih. Eh ternyata...kalau gak baca tulisan mbaak, saya gak bakal tau

    ReplyDelete
  27. Saya pakai minyak ini. Malah sekarang saya pakai juga buat merawat kulit :)

    ReplyDelete
  28. Saya sepertinya harus mulai beralih ke minyak ini nih mba. Biar sehat juga ya

    ReplyDelete
  29. mantap inovasi sekarang ya mak SId dari Bekatul bisa jadi minyak goreng aku penasaran pengen cobain nih asli gimana rasanya pengen cobain

    ReplyDelete
  30. Belum lama baru tau kalau bekatul bagus untuk perawatan kulit, eh ternyata ada minyak gorengnya juga ya Mama Sid.

    Eh Aku pun mengira selama ini pakai Olive Oil untuk numis ajah, sayang karna harganya yg mahal, ternyataaa ada alasan yg lainnya toch.

    ReplyDelete
  31. Harus selalu peduli untuk kesehatan keluarga, salah satunya dengan memerhatikan minyak goreng yang kita gunakan yah

    ReplyDelete
  32. Kalau punya minyak goreng begini mah jadi senang makan di rumah, soalnya lebih aman dan sehat.

    ReplyDelete
  33. Referensi baru nih buat aku. Ternyata ada minyak goreng dari beras yg sehat

    ReplyDelete
  34. lebih murah dari olive oil? wahh mau bangett!
    lagi nyari minyak goreng yg sehat. makasi infonya yaa

    ReplyDelete
  35. Selama ini pake minya olive oil. Tapi harganya lumayan. Kalau ada yang lebih murah, oke banget nih

    ReplyDelete
  36. Etdah, kalau nggak baca postingan ini ya nggak bakalan tahu ada minyak bekatul. Boleh juga nih buat penggemar gorengan seperti aku. Karena mengubah pola hidup memang harus pelan-pelan kan. Anggap saja pemakaian minyak bekatul sebagai permulaan meninggalkan minyak goreng yang itu tuh

    ReplyDelete
  37. Bekatulnya aku tau pas jaman kecil dulu, tapi minyaknya baru ngeh manfaatnya banyaaak.
    Asyik juga kalau punya, goreng, numis, panggang, dressing pun okeeeh aja.
    Musti jadi bagian resolusi sehatku ini :)

    ReplyDelete
  38. Wah baru tau ada minyak yg bermanfaat utk kesehtan nih.. Nice info kak..thx

    ReplyDelete
  39. Wah keren ya ini minyak
    nya..jd pengen nyoba deh..

    ReplyDelete
  40. Waah minyak sehat yaa. Bisa jd rekomendasi utk healthy lifestyle nih😍

    ReplyDelete
  41. nambah wawasan baru nih, aku baru tau loh ada minyak dari kulit beras, dan manfaatnya baik untuk kesehatan, bisalah ini aku coba buat gaya hidup sehat.

    ReplyDelete
  42. pake ini aku langsung ganteng ga mba??

    ReplyDelete
  43. Teknologi pangan semakin kreatif ya,Mbak. Kapan2 saya coba pakai minyak ini untuk memasak :)

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,