Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Langkah Kecil Hijrah ke Sasha

Thursday, December 20, 2018
hijrah memakai jilbab
Hijrah ke Sasha Toothpaste

Memasuki bangku SMA menjadi saat yang saya tunggu-tunggu. Saya membuat dua keputusan besar kala itu, hijrah berjilbab dan hijrah menuntut ilmu ke luar kota. Kedua hal ini menjadi langkah kecil yang mendorong saya melangkah setapak demi setapak melanjutkan proses hijrah hingga sekarang.

Kesadaran Diri untuk Hijrah Berjilbab

Keinginan saya menggunakan jilbab sudah muncul sejak SMP. Namun, karena satu dan lain hal akhirnya saya baru dapat berjilbab saat SMA.

Keinginan itu datang dari diri sendiri. Saya menyadari menutup aurat dan menutup kain kudung hingga ke dada itu hal wajib sebagaimana tertulis dalam Al Qur’an surat Al-A’raf: 26 dan An-Nur: 31. Alhamdulillah Allah berikan jalan yang mudah dan lingkungan yang mendukung saya berjilbab.

Tantangan konsisten berjilbab sempat saya alami di awal. Sebenarnya tidak ada masalah kepanasan atau enggak fashionable. Namun, saya sendiri yang kadang pakai jilbab, kadang tidak saat menerima tamu di rumah. Padahal sudah jelas batasan mana muhrim dan mana yang bukan muhrim. Astaghfirullah….

Proses Hijrah Lulu Elhasbu

pasta gigi halal sasha
Lulu Elhasbu menceritakan prosesnya berhijrah
Rupanya tantangan berhijab dialami pula oleh desainer sekaligus model muslimah Lulu Elhasbu. Awalnya ia asal-asalan memakai jilbab karena bersekolah di sekolah berbasis Islam dan hanya mengikuti orang tua. “Pakai jilbab dulu itu masih yang ngasal, enggak ada styling-nya. Dulu yang penting rambut ketutup semua tapi leher masih kemana-mana,” ujar Lulu Elhasbu menceritakan prosesnya berjilbab.

Lama-kelamaan ia menyadari proses hijrah butuh terus mencari pengetahuan, tak hanya mengikuti orang tua atau tren. Ia mencari ilmu melalui kajian, membaca Al-Qur’an beserta artinya, juga memperbaiki pakaian secara bertahap.

Menjadi model berhijab merupakan profesi yang tak biasa saat itu. Berbeda dengan sekarang yang menunjukkan tren pakaian hijab. Modelnya beragam, trendi, dan tetap santun menutup aurat.

Model muslimah bukan hanya menonjolkan kecantikan. Wajah, lenggak-lenggok di catwalk, dan skill model lainnya bukanlah yang utama. Di sekolah model muslimah Zaura Models Academy, attitude alias sikap menjadi nomor 1 yang diajarkan. Lulu Elhasbu mendirikan sekolah model ini sejak enam tahun lalu bersama teman-teman model senior Witha Fitra, Lydia, Ashfi, Dian Ayu, dan Firdha Khalisa.

Lebih dari Sekadar Hijrah Penampilan

Memaknai hijrah sering dikaitkan dengan penampilan, seperti menggunakan jilbab, baju panjang, dst. Padahal, hijrah tak hanya dari segi penampilan saja, lho. Saat memutuskan hijrah, langkah ini perlu disertai hijrah hati dan pikiran.

Topik “Memaknai Hijrah dalam Kehidupan Muslimah” menjadi bahasan utama blogger gathering bersama Sasha toothpaste yang saya hadiri 30 November 2018 lalu di The Hook, Jakarta. Gathering kali ini sungguh istimewa karena memberikan inspirasi dalam berhijrah.

pasta gigi halal sasha
Ummu Balqis menjelaskan keutamaan bersiwak
Parenting and marriage enthusiast, Ummu Balqis, kali ini tidak membahas kisah dunia ibu-ibu rempong mengurus anak seperti di akun Instagram @ummubalqis.blog. Namun, beliau memberikan tausiyah seputar hijrah yang disebut 31x dalam Al-Qur’an. Penekanan “hijrah” begitu penting sehingga sering disebut.

Kata hijrah berasal dari bahasa Arab yang artinya memutuskan, meninggalkan sesuatu yang buruk ke hal baik (sesuai Islam). Hijrah merupakan proses berkelanjutan, tak cukup hanya berkerudung lalu selesai. Proses ini meliputi segala aspek kehidupan, terutama mengubah mindset bahwa hidup untuk ibadah.

Mengikuti Sunnah Rasul untuk Bersiwak

Ketika selalu menyertakan Allah dalam seluruh aktivitas, kita akan mencari tahu apa yang boleh dan apa yang dilarang, mana yang halal dan haram. Al-Qur’an dan hadist sebagai pedoman dalam berhijrah tersebut.

Salah satu sunnah Rasulullah yaitu bersiwak. Sebelum tidur, Rasul bersiwak. Ketika terbangun di malam hari, Rasul berkumur kemudian bersiwak. Kebiasaan ini Rasul bawa ke kaumnya dengan menganjurkan bersiwak sebelum sholat bila tidak merepotkan.

Masya Allah, segitunya ya Rasulullah menjaga kebersihan gigi dan mulut. Ada apa dengan siwak?

cara bersiwak
Pasta gigi halal Sasha mengandung serpihan siwak asli
Zaman dahulu belum ada sikat gigi seperti sekarang akan tetapi kebiasaan baik Rasul ini sungguh bermanfaat. Drg. Annisa Rizki Amalia, Sp.KGA, menjelaskan tangkai kayu lunak Salvadora Persica yang digunakan Rasul bersifat anti mikroba yang mampu membunuh bakteri, menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang, dan memelihara gusi. Wow, manfaat siwak itu luar biasa, ya!

Selain itu, Ummu Balqis mengingatkan manfaat menjaga bau mulut dalam berumah tangga, lho. Kelemahan laki-laki ada pada penciuman. Kalau di dekat suami, jangan lupa udah sikat gigi. Bye-bye bau mulut supaya suami makin betah di rumah.

Mudah Bersiwak dengan Pasta Gigi Halal Sasha

Zaman sekarang semakin jarang bersiwak seperti dahulu. Gimana ya caranya tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut serta mengikuti sunnah nabi?

Di blogger gathering kali ini, saya mengenal produk halal pasta gigi dari PT. Kino Indonesia yang menggunakan serpihan siwak asli. Alhamdulillah sekarang sudah ada bentuk bersiwak yang dimudahkan dengan pasta gigi halal Sasha.

cara pakai siwak yang benar
Sasha halal toothpaste terdiri dari dua varian, herbal antibacterial dan whitening
Beneran, lho, Sasha halal toothpaste mengandung serpihan siwak asli (bukan ekstrak, ya). Saya sempat mengintip isi Sasha toothpaste herbal antibacterial. Warna pasta giginya cokelat muda dengan butiran berwarna gelap. Varian yang ini mengandung siwak dan ekstrak daun sirih untuk membunuh bakteri penyebab plak serta bau mulut. Ada sedikit aroma sirih yang menguar ketika menggosok gigi. Rasanya fresh dan nafas menjadi segar.

Satu lagi, untuk membuat gigi tampak putih ada Sasha Toothpaste Whitening dengan kemasan berwarna putih. Selain mengandung serpihan siwak asli, pasta gigi halal yang satu ini mengandung lemon dan garam yang terkenal sebagai pemutih gigi alami. Menggunakan pasta gigi Sasha mulut langsung terasa segar. Makin percaya diri buat senyum lebar dan ngobrol sama suami. Ehm….

produk halal indonesia
Kandungan pasta gigi halal Sasha
Oh ya, dari tadi saya menyebut pasta gigi halal tapi belum menjelaskannya. Pasta gigi Sasha telah mendapat sertifikasi halal dari MUI. Pada kemasan tertera bahwa Sasha tidak mengandung alkohol dan bahan yang berasal dari hewan. Makin tentram menyikat gigi dengan pasta gigi halal.

Pasta gigi halal Sasha tersedia dalam ukuran 150 gr dan 65 gr. Kemasan besar untuk di rumah, kemasan kecil masuk pouch untuk dibawa bepergian. Udah ada, kok, di Alfamart dan toko-toko lainnya.

Pas banget, ya, dapat rekomendasi produk halal yang mendukung hijrah sekeluarga. Soalnya, saya memang sedang mencari pasta gigi yang bisa dipakai orang serumah. Awalnya sempat berpikir apa SID (3 tahun) udah boleh pakai pasta gigi berflouride? Ternyata boleh, dong, dengan catatan pasta giginya sebiji beras saja. Kalau anak usia 6 tahun, pasta giginya sebiji jagung.

pasta gigi halal sasha
Kandungan Sasha Halal Toothpaste
Dalam berhijrah memang kudu totalitas. Saya masih perlu banyak banget belajar soal ini karena langkah hijrah saya masih terus berjalan agar menjadi muslimah yang istiqomah.

Teringat pesan Ummu Balqis bahwa hijrah merupakan proses yang terus-menerus dilakukan dan sebaiknya tidak berhenti sampai di diri kita saja. Ajaklah teman dan saudara dalam berhijrah.

Lulu Elhasbu menambahkan pentingnya support system dalam berhijrah. Ketika hijrah bersama-sama, bergandengan tangan, prosesnya akan semakin mudah dan saling menguatkan.
(ki-ka) : Lulu Elhasbu, Ummu Balqis, drg. Annisa Rizki Amalia, Sp. KGA, dan Danti Nastiti (dok. hijab influencers network)
Yuk, ambil langkah (yang nampaknya) kecil namun berarti dengan #waktunyahijrah menggunakan produk halal Sasha toothpaste. Seperti pesan Danti Nastiti, Asisten Brand Manager Sasha Indonesia, “Kami hanya menjadi bagian kecil dalam hijrah tetapi kami berharap menjadi bagian besar hijrahnya teman-teman (pengguna Sasha toothpaste).”.

Bagaimana pengalamanmu berhijrah?

Info lebih lanjut ada di:
78 comments on "Langkah Kecil Hijrah ke Sasha"
  1. Menjalankan sunah jadi lebih mudah ya Mba sekarang, aku gabisa pakai siwak kayu rasanya gimana gitu. alhamdulillah ada apsata gigi sasha yang mengandung serpihan siwak jadi aku nyaman pakainya plus ada proteksi untuk gigi juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin aneh ya bersiwak langsung. Bisa adaptasi pakai sasha halal toothpaste.

      Delete
  2. Senang rasanya jika memiliki teman yang dulunya waw dan memilih jalan hijrah, menjadi lebih baik.

    Pengen coba juga toothpaste dengan konsep siwak ini 😍

    ReplyDelete
  3. Sekarang sudah jarang bahkan udah nggak pernah lihat orang ke masjid bawa siwak. Shasha sudah ada dipasarkan belum mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah banyak, kok, Mbak. Enggak cuma di Jawa aja. Sasha udah ada di Sumatera juga.

      Delete
  4. Ternyata Sasha sangat bermanfaat bagi gigi kita. Anak-anak juga bisa pakai Sasha.

    Jadi sekeluarga bisa pakai satu pasta gigi doang

    ReplyDelete
  5. Halo mba helena, Dari follow di ig ketemu disini hehe..

    Baru tau kalau Sasha bisa buat anak2 jg, thanks sharingnya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Ismi,
      iya bisa mbak. Ukurannya sedikit aja, sebiji jagung buat 6 tahun ke atas asalkan anaknya tahan rasa pedas mint.

      Delete
  6. Wah Sasha ini selain halal juga pakai siwak asli ya. aku baru tahu loh. sudah gitu harganya terjangkau pula dan mudah ditemukan di mana2 yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya standar, kok, mbak dengan khasiat yang oke punya buat menjaga kebersihan gigi dan mulut.

      Delete
  7. Sekarang mamin banyak produk halal. Senangnya

    ReplyDelete
  8. Suamiku ke kantor selalu bawa siwak asli. Nanti aku kasihtau dia deh tentang odol ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iyakah? Sasha bisa menjadi alternatif untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.

      Delete
  9. Tinggi banget ya Lulu, padahal ummu Balqis itu tinggi, eh sama tingginya hehehe
    Btw pernah baca juga kisah hijrahnya Lulu, dia kesal waktu itu jadi model, tapi disuruh pakai baju seksi, dipegang-pegang laki2.
    Dia malu.
    Ternyata karena basic sekolahnya sebelumnya Islam ya.
    Emang kebiasaan waktu kecil itu akan selalu mengikuti sampai dewasa.
    Kalau biasa risih pakai baju seksi, ya insha Allah sampai kapanpun bisa seperti itu.

    Dan untunglah sekarang banyak produk halal ya, kayak Sasha ini.
    Jadi jawaban dari orang yang terbiasa mengutamakan kehalalan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mereka tinggi banget, akulah yang pendek. *eh malah curhat, hahah
      namanya juga model ya tinggi dong.

      Delete
  10. Waaah ini dia niiih yang lagi hits di kalangan blogger. Jadi Sasha itu kayak siwak ya baunya? Aku sih kurang suka baunya siwak, tapi kalau udah dijadikan pasta gigi begini mungkin akan sedikit beda dengan siwak aslinya kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada bau siwak, Mbak. Malah bau sirih yang seger itu lho kayak lagi nginang.

      Delete
  11. Suka banget pas sampai di sini:

    "... terutama mengubah mindset bahwa hidup untuk ibadah!"

    Itu tuh seperti anak panah yang nancap didada.

    Paling suka kalau ada produk halal, bisa pakai tanpa was-was seperti Sasha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, mengubah mindset itu membuat hijrah berjalan lebih lancar.

      Delete
  12. Perjalanan hijrahku masih panjang, Mbak. But insyaAllah aku akan tetap menggunakan Sasha karena nyatanya emang benar-benar enak di mulut dan gusi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus berproses menjadi lebih baik dan lebih baik
      semangat!

      Delete
  13. aku juga baru beli sasha nih mb.. tapi belum dicobain sih karena stok pasta gigi lama masih ada, hehehe. gak sabar pengen segera pake, sensasi siwaknya itu yang bikin penasaran :D

    ReplyDelete
  14. bener mbak kadang hijrah hanya diartikan sempit dan cenderung hanya penampilan aja, padahal dari segala sisi bisa aja yaa misal dari gaya hidup dan bahkan dari hal hal kecil yang ga kita perhatiin, misalnya sasha ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes, mbak. Hijrah ke arah kebaikan tak hanya melalui penampilan.

      Delete
  15. Masyaallah, sekarang jadi lebih mudah dan modern ya tentunya kalau mau merasakan menggunakan siwak, selain sunnah penggunaan siwak juga bagus untuk kesehatan gigi. Terimakasih ya mba aku baru tau kalau ada siwak dijadiin pasta gigi. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kreatif dan inovatif, ya. Aku pun baru tahu karena memang baru launching secara umum produk ini.

      Delete
  16. Aku mau coba nyari offline dulu, ingin lihat warnanya kaya apa kan ada siwaknya. Senang dengan adanya pasta gigi halal kaya gini

    ReplyDelete
  17. Aku baru tau kalau kandunagan siwak ternyata banyak manfaatnya. Dan alhamdulillahnya nih kandungan siwak bisa kita temukan di sasha ya mbk. Senengnyaaa. Secara kn susah nyari siwak. Makasih sharenya yah. Klok di sini sdh ada, maulah beliikkk sasha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantaslah nabi dari zaman dulu membersihkan gigi dan mulut dengan siwak. Memang besar khasiatnya

      Delete
  18. Aku dulu hijrah pakai hijab cuma buat nutup alat bantu dengar yang kupakai. Sungguh sesat sekali. 😂😂😂

    Tapi memang setiap orang punya jalannya sendiri, ya. Pada akhirnya semakin mantab berhijab.

    Aku belum ganti pasta gigi siwak nih. Nyarinya susah di kampung. Dijual dimana aja sih pasta gigi Sasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hijrah pun butuh proses ya mbak. Terus belajar memperbaiki diri.

      Delete
  19. Bersiwak sekarang lebih mudah ya sejak pakai Sasha jadi gak repot lagi pakai siwak seperti jaman dulu

    ReplyDelete
  20. Siwak dari dulu udah dipercaya bagus buat gigi ya dan sekarang jadi lebih praktis soale ada di pasta gigi ini .

    ReplyDelete
  21. Suka dengan pasta gigi Shasa ini, merasa aman juga memakainya karena halal :) ini saya baru coba sih dan cocok

    ReplyDelete
  22. Sekarang nyiwak lebih praktis ya mba karena sudah dalam bentuk toothpaste, jadi pengen coba juga

    ReplyDelete
  23. Membersihkan gigi memang kegiatan sehari-hari. Tetapi, memang sebaiknya mengikuti sunnah nabi juga. Saya seneng banget ada pasta gigi seperti Sasha

    ReplyDelete
  24. Aku pun memutuskan untuk memakai jilbab sejak masih duduk di bangku SMK. Tapi kalau aku waktu itu masih di kota yang sama karena belum ada biaya untuk menempuh pendidikan di kota lain.

    ReplyDelete
  25. Aku pun sekarang hijrah ke Sasha loh, enak bgt sensasi segarnya yg gold

    ReplyDelete
  26. Lulu ElHasbu kayaknya lebih berisi ya daripada dulu. Eh malah salfok. Aku juga pake pasta gigi ini lho.

    ReplyDelete
  27. Kalau komposisinya baik dan sudah berlabel halal MUI, jadi tenang untuk pakai ya, Mbak.

    ReplyDelete
  28. sama Mak Sid aku juga dulu berhijab pas udah SMA hehehe btw pengen cobain ini deh semoga segera ada di Cimahi

    ReplyDelete
  29. Sasha lagi digandrungi saat ini ya. Semua pada hijrah ke Sasha, aku jadi pengen hijrah juga deh

    ReplyDelete
  30. Saya di.rmh jg lj produk halal utk pasta gigi tapi ga pke serbuk kyk siwak gini nih..jd penasaran pengwn nyoba deh...

    ReplyDelete
  31. Dulu pernah dikasih siwak tapi bingung cara pakainya, padahal pengen bisa mengikuti sunah rasul, alhamdulillah ya sekarang ada pasta gigi bersiwak jadinya lebih praktis

    ReplyDelete
  32. Wah, Sasha mengandung serpihan siwak asli? Jadi pasta giginya ada serpihan kayu kecil-kecil gitu, ya, Mbak?
    Dengan memakai pasta gigi Sasha itu juga merupakan langkah kecil untuk berhijrah ya...

    ReplyDelete
  33. Membersihkan gigi pakai siwak bisa bikin keset, enaak yaa kalau udah ada yg berbentuk pasta gigi, bisa sering pakai siwak karena lebih praktis :)

    ReplyDelete
  34. jaman kecil aku selalu pake siwak sebelm sholat mbak. dulu yang ngajarin almarhum simbah saya. sekarang aku hampir gak pernah lihat siwak... eh ini ada inovasi dari sasha bikin pastagigi siwak. jadi penasaran.

    ReplyDelete
  35. Anti bacterialnya ini kyknya cocok ya buat gigi sensitif gtu. Aku soalnya kdng suka sensi gigiku.
    Kmrn kelupaan mau beli ini di alfa, penasaran nyobain serpihan siwaknya, eh kerasa kan ya? :D

    ReplyDelete
  36. Suka banget baca reviewnya, dan aku jadi mupeng banget buat nyoba produknya

    ReplyDelete
  37. Jadi penasaran pakainya, semoga bisa segera diaksea ama masyarakat luas ya jadi mudah dibeli dan dipakai xD

    ReplyDelete
  38. Aku udah pake Sasha ini. Enakeun deh. Saya suka yang herbalnya. Segeeer...

    ReplyDelete
  39. Wah alfamart didekat rumahku belum ada, 😂😂
    Kalau udah ada coba ah, kayaknya seger

    ReplyDelete
  40. Wah alfamart didekat rumahku belum ada, 😂😂
    Kalau udah ada coba ah, kayaknya seger

    ReplyDelete
  41. Mau ikutan nyobain Sasha pasta gigi aaahh.... Kandungan siwaknya ini loh sesuai dengan anjuran Nabi untuk membersihkan dan menyehatkan gigi kita.

    ReplyDelete
  42. Kayu siwak itu barang langka kalo di tanah air. Aku dulu bawa lumayan banyak, dibagi-bagi ke tetangga. Tapi yang mau aja sih, karena nggak kebiasaan pakai itu. Aku aja juga kurang nyaman, mending kalo ada pasta dari kayu siwak gini ya lebih praktis

    ReplyDelete
  43. udah sering liat sasha toothpaste ini, jadi penasaran pengen cobain juga karena halalnya ituuu. kalo udah jelas halal gitu jadi bangga pakenya wkwk

    ReplyDelete
  44. Pasta gigi Sasha ini segar ya Mbk, bikin napas jadi wangi. Aku juga suka pakai ini

    ReplyDelete
  45. Aku di rumah pakai Shasha yang coklat mak..cocok banget untuk gigiku yang sensitif ini.

    ReplyDelete
  46. Alhamdulillah, ada Sasha yang melengkapi proses hijrah kita ya, aku sudah coba yang herbal dan cocok :)

    ReplyDelete
  47. Alhamdulillah semakin ke sini kesadaran berhijrah semakin menggema di negeri ini ya. Semoga berkah. Aku juga mau nyari Sasha juga ah. Buat pasta gigi keluarga

    ReplyDelete
  48. Betul3x kalau berhijrah itu langsung aja jgn tanggung2 ya mb �� Semua pasti butuh proses pastinya. Kita muslimah wajib menggunakan produk halal jntuk keperluan dan kebutuhan hidup sehari2 alhamdulillaab ada Sasha ya ��

    ReplyDelete
  49. Alhamdulillah ada Sasha Toothpaste Ini sekarang ya mbak . Kita semua jadi lebih lancar berhijrah dengan bisa menjalani sunah Rasulullah dengan mudah

    ReplyDelete
  50. Aku juga udah cobain Sasha Pasta Gigi ini, mbak Helen. Aku kira harganya agak diatas rata-rata pasta gigi pada umumnya. Ternyata masih terjangkau banget. Mudah-mudahan dari hal ini, bisa kita mulai hijrah ya, agar selalu pakai produk-produk yang jelas halal dan sesuai tuntunan islam

    ReplyDelete
  51. Dulu pernah populer produk serupa. Kesulitannya adalah tidak tersedia pada banyak toko.

    ReplyDelete
  52. aku akhirnya pakai pasta gigi ini dan stop belu yg lama. awalnya suami nolak, krn dia udh dr kecil pakai pasta gigi yg sblmnya. tp pas aku suruh coba sasha, dia akhirnya mengakui mulutnya lbh seger dan terasa bersih. akupun suka banget krn itu. beda kok rasanya dgn pasta gigi biasa. kalo yg biasa, kesegarannya cepet bgt ilang.

    ReplyDelete
  53. Aku baru mulai berhijab pas 3 taun lalu mba, itu juga masih dikit demi sendikit perdalam ilmu agamanya. Masih jauh lah. Sekarang udah ditambah ada Sasha pasta gigi Halal ya, hijrah pasta gigi ke yang sunnah :)

    ReplyDelete
  54. Pengen cobain Sasha,sdh cari dibbrp outlet kesehatan dan kecantikan tp blm ktemu.Dr dulu emang pngn bgt bersiwak.Pas tau Sasha jd semangat lagi utk bersiwak atau setidaknya pake pasta gigi halal.

    ReplyDelete
  55. Hijrah merupakan proses menuju pada perubahan yg lebih baik, jika segala yg dijalankam sesuai syariat hati pasti lebih tenang. Pun dgn menjaga kesehatan mulut dan gigi, dgn pasta gigi berbahan siwak

    ReplyDelete
  56. Alhamdulillah ada pasta gigi halal yang pakai serpihan siwak asli. Sasha juga udah ada di mana-mana, pas pulang ke Batusangkar kemarin juga udah adaaa..

    ReplyDelete
  57. Ternyata anak bisa pakaia ya, mau nyari h nanti

    ReplyDelete
  58. Saya juga awal pake jilbab itu pas SMA. Tapi emang pada dasarnya saya merasa risih tiap kali pake baju yang nyetak badan gitu. Wkwk

    Tentang bersiwak sering denger sih, tapi rasanya kok agak susah dapatnya.
    Alhamdulillah sekarang ada pasta gigi Sasha ini.

    ReplyDelete
  59. Alhamdulillah sekarang jdi lebih mudah bersiwak dgn menggunakan Sasha Halal Toothpaste yaaa

    ReplyDelete
  60. aku suka yang varian herbal kak, perpaduan siwak dan daun sirih itu bikin nafas segar dan mulut terasa enteng

    ReplyDelete
  61. enaknya skrg bersiwak jd mudah ya. Smoga kita smakin bisa menjalankan sunnah rasul yg lain di kehidupan sehari2 ya. Jd hijrahnya terus berlanjut insyaAllah

    ReplyDelete
  62. Kata hijrah berasal dari bahasa Arab yang artinya memutuskan, meninggalkan sesuatu yang buruk ke hal baik (sesuai Islam). 

    Jadi semakin tahu

    ReplyDelete
  63. Wah enak yah ada serpihan kayu siwak aslinya, aku kadang pakai siwak kalau lagi sariawan atau ngurangi dahak ditenggorokan.. Kalau ada ini lebih praktis donk.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,