Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Apa Kelebihanku? Ikuti Tes Temu Bakat Berikut Ini

Thursday, January 11, 2018


Tes temu bakat. Dalam suatu pelatihan bertema keluarga yang saya ikuti, para peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok. Kami belum pernah bertemu sebelumnya sehingga cenderung saling diam. Untuk mencairkan suasana, fasilitator mengajak kami saling berkenalan dengan cara unik. Masing-masing menyebutkan nama dan satu kekuatan yang khas pada diri. Lalu orang selanjutnya mengulang nama + kekuatan tersebut, begitu seterusnya hingga orang terakhir mengulang seluruh nama dan kekuatan semua anggota grup. Dalam sekejap, kami telah menghafal nama serta ciri khas teman sekelompok.

Saat menentukan kekuatan yang akan disebut, saya dan anggota lain sempat kebingungan. Apa ya? Padahal hanya perlu menyebut satu saja kekuatan. Hal ini wajar karena kita dididik di lingkungan yang lebih sering mengungkit kekurangan, dibanding menjunjung kekuatan.


Mari berkaca. Ketika anak berbuat salah, mungkin kita pernah berkata, “Tuh, kan. Udah ku bilang jangan begitu.”. Kemudian ketika si anak mengulang kesalahannya lagi, kita berkata,”Kamu itu kan udah ku bilang. Masih aja melakukannya.” atau “Dari dulu kamu itu salah melulu.”. Hmm, sounds familiar?

Astaghfirullah…

Pemateri workshop tersebut mengajak para peserta berkenalan dengan cara seperti di atas supaya kita lebih berfokus pada kelebihan. Begitu pula ketika di dalam keluarga. Masing-masing anggota memahami nama/panggilan kesayangan dan kekuatan orang tersebut. Dengan cara ini, membangun suatu keluarga akan lebih solid dan bahagia.

Apa kelebihanku? Ikuti Tes Berikut

Refleksi diri dapat dilakukan untuk menggali kelebihan, mengetahui minat dan bakat diri. Proses ini dapat membutuhkan waktu lama karena kita harus mengingat ulang perjalanan hidup hingga sekarang.

Selain itu kita dapat mengikuti beragam tes minat bakat yang telah tersedia. Teringat saat sekolah maupun mencari kerja, bermacam tes psikologi sudah saya jalani. Di antara itu ada satu tes yang menurut saya cocok dengan kondisi sekarang, yaitu talent mapping yang dibuat Abah Rama. Tes ini dapat diakses di www.temubakat.com. Ada 30 kekuatan (strength) yang terbagi dalam kategori headman, servicing, generating idea, technical, elementary, reasoning, thinking, dan networking. Kalau sampai ada yang bilang “Saya ga punya kelebihan”, ga mungkin deh. Setiap orang memiliki kecenderungan menguasai suatu bidang. Itu adalah anugerah Tuhan yang harus kita syukuri.

Hasil tes di temubakat tersebut menunjukkan potensi kekuatan saya di bagian:

  •     analyst
  •     caretaker
  •     distributor
  •     journalist
  •     mediator
  •     motivator

Hmm, sebagian besar saya setuju dengan hal ini. Potensi kekuatan tersebut cocok dengan kegiatan yang saya jalani sekarang sebagai blogger (meski masih blogger imut). Mungkin ini yang dinamakan do what you love. Bekerja sesuai passion itu seperti tidak sedang bekerja, saya melakukannya dengan bahagia.

Di bagian caretaker dan mediator ini saya banget, ga suka konflik. Lebih suka mendamaikan keadaan. Peace! Kira-kira ada kemungkinan jadi duta damai antar kampung? Atau antar planet?

Potensi yang terakhir yaitu motivator. Saya itu tipe orang yang dijadikan tempat curhat. *Mamah, curhat dong! Dari situ sepertinya saya memiliki bibit-bibit motivator untuk memotivasi orang yang sedang gundah gulana menjadi lebih ceria. Alhamdulillah kalau bermanfaat.

Anyway, tool di atas membantu mengenali bakat pada diri, namun yang paling mengenal diri ya kita sendiri. Saran saya jangan kebanyakan tes ini-itu, nanti bingung sendiri hasilnya karena bisa saja berbeda di tiap tes. Hehehe.


Nah, setelah mengetahui kelebihan diri, kita dapat lebih fokus memilih peran dan aktivitas yang sesuai kekuatan. Serius deh, pekerjaan akan terasa lebih ringan ketika menjalani aktivitas yang tepat. Selamat mencoba!

*
#ODOPJanuari2018 hari ke-2
7 comments on "Apa Kelebihanku? Ikuti Tes Temu Bakat Berikut Ini"
  1. Asyiknyaaa kalau ikutan tes seperti ini :D

    ReplyDelete
  2. tuhkan aku juga kadang suka begitu astagfirullah *tutup muka* pengen cobain ah tesnya sapa tau ada yang berubah dariku xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kadang masih kelepasan gitu ya. Ada kesempatan untuk berubah!

      Delete
  3. Wah asyik nih. Saya nyoba juga ah entar. Btw, itu semua kelebihannya modal banget ya Mbak buat dirimu sebagai blogger. Keren!

    ReplyDelete
  4. saya udah tes mbak, hasilnya seperti ini...


    Generating Idea 57 %
    Networking 14 %
    Thinking 14 %
    Servicing 14 %

    kalau dipikir2 saya cocok jadi planner dan desainer/creator sih mbak, dari dulu saya memang seperti ini. Suka hal2 yang bersifat logika, data dan fakta.

    ReplyDelete
  5. hahha iya, kadang kalo diminta sebut kelebihan diri sendiri, suka bingung, tapi kalo diminta sebut kekurangan, wih seabreg2 keluarnya. Padahal dibalik kekurangan pasti ada kelebihan ya.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature