Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Pelatihan Gratis Kejuruan Elektronika, TIK, Refrigeration, dan Pariwisata untuk Segala Usia di BBPLK Bekasi

Thursday, January 25, 2018
Ga sia-sia perjalanan saya menuju Bekasi ditemani hujan pada Senin lalu. Di sana saya mendapat kabar gembira bagi para pencari kerja maupun yang membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuannya. Bingung karena lama menganggur? Punya kemampuan tapi tak punya ijazah atau sertifikat? Semoga kabar ini tepat buat Anda, keluarga, atau lingkungan Anda. Lanjut baca, ya.

Di depan hotel BBPLK Bekasi

Pembukaan Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi

22 Januari 2018 lalu, saya menyaksikan pembukaan Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi (PBK) tahap 1 tahun 2018 yang diadakan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi (BBPLK Bekasi). Peresmian ini dilaksanakan di aula utama BBPLK Bekasi. 576 peserta berseragam putih hitam dengan khidmat mengikuti jalannya acara.

Pada pelatihan tahap 1 ini terdapat 4 kejuruan yaitu Elektronika, Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK), Refrigeration (mesin pendingin), dan Pariwisata. Pelatihan ini berlangsung sekitar 1-6 bulan, tergantung kurikulum. Paling singkat yaitu kejuruan pariwisata dengan 200 jam pertemuan. Sedangkan beberapa program di TIK membutuhkan 960 jam pertemuan.

Selama pelatihan, peserta tak hanya mendapat materi untuk meningkatkan kompetensi bidangnya (hard skill) tetapi juga soft skill berupa wawasan industri, etika, dan motivasi guna menambah kemampuan interpersonal. Bahkan peserta akan memperoleh pelatihan militer supaya lebih disiplin. Lengkap!
Kepala Balai Latihan Kerja Bekasi Helmiaty Basri dalam pembukaan pelatihan berbasis kompetensi tahap 1 tahun 2018
BBPLK Bekasi atau dikenal pula dengan Balai Latihan Kerja Bekasi (BLK Bekasi) melaksanakan program tahunan ini sesuai arahan Kementrian Tenaga Kerja RI untuk memperluas kesempatan kerja melalui pembinaan pelatihan keterampilan kerja pada masyarakat.

Angka pengangguran di Indonesia tercatat sekitar 7,5juta. Masalah pengangguran ini penting diatasi karena efeknya merembet ke hal-hal lain. Angka pengangguran tinggi akan berdampak ke angka kriminalitas yang tinggi pula. Lulus sekolah dan memiliki ijazah tidak menjamin seseorang cepat mendapat pekerjaan. Setuju?

Di sisi lain ada orang yang putus sekolah atau tidak memiliki ijazah namun menguasai kemampuan/kompetensi tertentu. Hal ini tidaklah cukup karena beberapa profesi membutuhkan sertifikasi sebagai bentuk pengakuan kompetensi secara sah. Contohnya tukang servis AC yang harus memiliki sertifikasi tertentu guna memudahkan mencari pekerjaan.

Fakta tersebut di atas ditambah lagi dengan masuknya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan disepakatinya Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN, bahkan AFTA. Hal ini menambah tantangan bagi para pencari kerja untuk meningkatkan skill sesuai kebutuhan di pekerjaan.

Mading di Lab TIK
Hal-hal di atas menjadi latar belakang dilaksanakannya pelatihan kerja berbasis kompetensi oleh BLK Bekasi. Diharapkan para peserta akan lebih terampil dan siap bekerja maupun membangun usaha setelah lulus dari pelatihan tersebut. Pelatihan tersebut diharapkan dapat mengatasi dan mengantisipasi tingginya angka pengangguran di Indonesia.

Kepala Balai Latihan Kerja Bekasi, Helmiaty Basri, berpesan, “Ikuti dengan baik pelatihan yang akan berjalan ini, karena ilmu dan keterampilan merupakan investasi masa depan yang tidak ternilai harganya. Manfaatkan kesempatan ini untuk masa depan yang lebih baik.”.

Penerapan 3R di BLK

Selepas peresmian di aula, kami berpindah ke meeting room. Di sana kami berbincang dengan pihak BLK Bekasi, antara lain Kepala Balai Latihan Kerja Bekasi, Helmiaty Basri, S.Sos, M.A.P; Kepala Bagian Tata Usaha BLK Bekasi, Memey Meirita Handayani, SE; Kepala Bidang Penyelenggaraan dan Pemberdayaan, Syafruddin, ST., M.Pd; dan Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Yudi Hermawan, S.Ant., M.Si.

Bincang bersama BLK Bekasi
Sebelum menjabat sebagai Kepala BLK Bekasi, Bu Helmi telah mengunjungi berbagai BLK di tanah air. Ia mendapati kondisi BLK di beberapa tempat yang memprihatinkan. Gedung tidak terawat, digunakan Pemda untuk hal lain, bahkan ada yang berubah menjadi kandang sapi. Padahal misi BLK sendiri begitu penting untuk meningkatkan kompetensi masyarakat Indonesia. Kalau gedungnya saja terbengkalai, bagaimana dengan program-programnya?

Tantangan lain yang dihadapi yaitu terlalu banyak kejuruan dalam satu BLK sehingga pelatihan kurang efektif. Contohnya BLK Bekasi yang telah ada sejak 1985 ini awalnya memiliki 12 kejuruan.

Permasalahan tersebut diatasi dengan dicanangkannya program 3R, yaitu re-orientasi, revitalisasi, dan re-branding. Dengan 3R, pembinaan kejuruan akan lebih mudah dan terarah. Masing-masing BBPLK ditetapkan sebagai pusat pengembangan dan pembinaan 2 kejuruan (kejuruan unggulan) secara nasional, seperti BBPLK Bekasi dengan kejuruan unggulan di bidang elektronika dan TIK.

Lab komputer di BLK Bekasi
BLK di Indonesia kini berfokus pada peningkatan kualitas dan kuantitas lulusan 10 kejuruan unggulan, sebagai berikut: teknik manufaktur, otomotif, las, listrik, elektronika, TIK, bisnis manajemen, fashion desain, konstruksi, dan pariwisata. Sesuai arahan Hanif Dhakiri, Menteri Tenaga Kerja RI, untuk fokus dan masif.

Kurikulum BLK disesuaikan dengan kebutuhan industri supaya lulusan pelatihan tersebut siap kerja. Peralatan yang digunakan pun mengikuti teknologi terkini seperti BLK Bandung yang menggunakan Vellfire pada kejuruan otomotif.

Lab Elektronika di BLK Bekasi
BLK aktif mengadakan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan, baik BUMN maupun swasta. Skema kerja sama ini ada dua macam. Pertama, BLK dan perusahaan menandatangani MoU dan menyusun kurikulum pelatihan bersama. Setiap peserta pelatihan yang lulus akan langsung diterima di perusahaan tersebut. Kedua, BLK mengadakan pelatihan kemudian perusahaan dapat menyeleksi para peserta yang sesuai kriteria untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Tahun ini BLK Bekasi menargetkan melatih 5.008 peserta ditambah 15.072 BLK Binaan. Peserta ini tak hanya dari wilayah Bekasi saja tetapi dari seluruh Indonesia. BLK akan mengadakan road show ke daerah-daerah untuk mencari calon peserta pelatihan. Ga perlu khawatir, semua biaya pelatihan dari tiket, akomodasi, hingga konsumsi dibiayai oleh BLK.

Akan tetapi, menurut Bu Helmi BLK masih kekurangan instruktur. Padahal instruktur mendapat kesempatan pelatihan hingga ke luar negeri, lho. Mau mengajukan diri?

Fasilitas Lengkap BBPLK Bekasi, dari Asrama sampai Hotel

Saat menginjakkan kaki ke BBPLK Bekasi saya terkagum-kagum dengan areanya yang asri. Gedung nampak modern dan taman tertata rapi. Pas deh dengan suasana Bekasi pagi itu yang diguyur hujan.
Ternyata BLK Bekasi sedang berbenah. Renovasi terus berlanjut di tahun ini dengan memperbaiki berbagai fasilitas yang ada. Saat ini saja sudah banyak sudut-sudut yang ciamik untuk tempat memotret, instagrammable! Bocoran dari Ketua BBPLK Bekasi akan dibuat photobooth 3D. Wah, jadi ingin balik ke sini lagi.

Lingkungan pelatihan yang asri
BBPLK Bekasi menempati lahan seluas 10ha. Saat ini terdapat 44 ruang lab komputer, 47 ruang lab elektronika, lab refrigeration, juga hotel yang masih dalam tahap pemugaran. Para peserta akan mengikuti pelatihan dipandu instruktur-instruktur yang berkompeten juga langsung praktek. Hotel yang ada akan dijadikan tempat praktek para peserta kejuruan pariwisata. Kalau AC atau kulkasnya rusak, bisa diperbaiki peserta kejuruan refrigeration, dong.

Tersedia 4 president suite rooms di hotel milik BBPLK Bekasi
Para peserta makan siang di kantin BLK Bekasi
Selain itu BBPLK Bekasi dilengkapi perpustakaan, area olahraga, kantin, hotspot area, masjid, parkir, juga asrama. Nah, asrama ini ditujukan khusus peserta yang tinggalnya jauh dari Bekasi. Bentuknya persis seperti sekolah tetapi materi yang dipelajari lebih spesifik. Bahkan saya mendengar bel tanda masuk kelas.

Cara Mendaftar Pelatihan Gratis Melalui Kios3in1

Saat ini BLK Bekasi memiliki 4 kejuruan, yaitu: Elektronika, TIK, Refrigeration, dan Pariwisata. Masing-masing kejuruan terdiri dari program-program sebagai berikut:

Kejuruan Elektronika    
  • Operator Instrumen & Kontrol   
  • Operator Otomasi Elektronika Industri   
  • Operator Mesin Insert SMT
  • Teknisi Audio Video
  • Teknisi Instalasi Fiber Optik
  • Teknisi Satelit V-Sat
  • Teknisi Telepon Selular

                             
Kejuruan TIK     
  • Movie Animator
  • Digital Animator
  • Desain Grafis    
  • IT Software Solution for Business                             
  • Pemrograman Client Server
  • Cloud Computing
  • Computer Technician
  • Database Programming
  • Mobile Programming
  • Warehouse Crew Development Programmer
  • Network Professional
  • Web Developer

                               
Lab Refrigeration di BLK Bekasi

Kejuruan Refrigeration
  • Teknisi Pendingin dan AC Split
  • Teknisi Lemari Pendingin (Show Case)
  • Teknisi Refrigerasi Komersial


Kejuruan Pariwisata
  • Food Beverage 
  • House Keeping
  • Patisserie


Para blogger berfoto bersama pimpinan BBPLK Bekasi
Untuk mengikuti pelatihan tersebut, calon peserta dapat melakukan registrasi online di www.kios3in1.net/006. Dengan syarat:

  1. Laki-laki/perempuan
  2. Fotocopy ijazah pendidikan terakhir
  3. Fotocopy KTP
  4. Pas photo 3x4 1 lembar
  5. Lulus tes seleksi
  6. Sehat jasmani & rohani
  7. Tidak buta warna

Setelah mendaftar, akan ada seleksi administratif, tes tertulis, juga wawancara. Peserta yang lulus seleksi akan mendapat pelatihan, baik boarding maupun non-boarding, tanpa dipungut biaya sepeserpun. Jika ada pihak yang meminta imbalan di BLK Bekasi, ga usah digubris karena semuanya gratis!

Selama pelatihan, peserta mendapat berbagai fasilitas seperti transport PP, asrama (bagi peserta boarding), makan, pakaian kerja, dan asuransi. Kemudian peserta akan diuji untuk memperoleh sertifikat pelatihan juga sertifikat BNSP. Siap kerja, deh!

Pelatihan ini tidak dibatasi usia maupun jenis kelamin. Mau pria atau wanita, tua atau muda, punya ijazah atau putus sekolah, boleh mendaftar ke BLK Bekasi. Calon peserta diharapkan memiliki kemampuan dasar program yang diminati.

Informasi lebih lanjut hubungi Kios3in1 BBPLK Bekasi di 08159171717 atau 085711070057. Bisa juga langsung datang ke BLK Bekasi di Jl. Guntur Raya No. 1, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat. Lokasinya dekat dari Stasiun Bekasi, Hutan Kota Patriot, dan GOR Bekasi tempat Jakmania biasa bertanding.

Website: www.blkbekasi.kemnaker.go.id
Facebook: BLK Bekasi Kemnaker RI
Twitter: @BBPLK_Bekasi dan @KemnakerRI
Instagram: @BLKBekasi_Kemnaker dan @Kemnaker
Youtube: BLK Bekasi Kemnaker RI




25 comments on "Pelatihan Gratis Kejuruan Elektronika, TIK, Refrigeration, dan Pariwisata untuk Segala Usia di BBPLK Bekasi"
  1. Bagus banget buat rekomendasi tempat pelatihan ya mba. Fasilitas nya pun banyak. Jadi ga perlu khawatir banget. Kejuruan yang ditawarkan pun banyak pilihan, jadi bisa kita sesuaikan dengan diri kitanya.

    ReplyDelete
  2. Setelah dilatih di BBPLK Bekasi akan ada langsung kontrak kerja dengan perusahaan tertentu kah, mba?

    Karena pelatihannya yang lumayan singkat untuk satu bidang keilmuan yaa..sedangkan yang lulusan SMK saja butuh waktu 3-4 tahun mendalami bidang tertentu.

    ReplyDelete
  3. Selalu seruuu kalo ke BLK, pelatihannya sering jadi rujukan para pencari kerja. Semoga semakin banyak memberikan manfaat untuk para generasi muda Indonesia yaa mbak Helena

    ReplyDelete
  4. Huwaaa gratis ya gratiiisss :D
    Kalau sampai ada yang bilang bayar tu oknum grrhh. Moga sukses BBPLK Bekasi dan BLK2 lainnya mengentaskan pengangguran di Indonesia aamiin :D

    ReplyDelete
  5. Program penting banget ini untuk kurangi Pengangguran. Boleh kita sebar untuk sodara2 kita nih. Informasi yang memang sangat berguna biar masyarakat juga tahu.

    ReplyDelete
  6. setuju mba, tapi yang lebih miris lagi punya ijazah tapi malas nyari kerja dan malas bekerja. Rasanya pengen sleding aja hehee..

    ReplyDelete
  7. Keren ya pelatihan gratis gini. Membantu banget usia produktif yang pengen ngasah skill.
    Eh btw jurusan ku kayaknya gak faforit deh mbak hahahha, soalnya gak ada ditulisan diatas haha. Iya siiih kalo mau jadi Sekretaris sekolah dlu di Akademi Sekretari 3 taun setelah lulus SMK. Hehehehe

    ReplyDelete
  8. Wah keren fasilitasnya, gedungnya juga OK. Semoga makin banyak tempat seperti ini tidak hanya di Bekasi. Di daerah2 yg lain juga perlu.

    ReplyDelete
  9. taunya telat, klo dari dulu bisa ikutan ,,mau kelas rotinya he he

    ReplyDelete
  10. Keren terobosannya. Dengan adanya pelatihan ini semoga semakin banyak pengangguran yg terserap dan pelarian jadi TKI juga berkurang

    ReplyDelete
  11. Keren banget jurusan2nya serta pelatihannya, andai di aceh juga ada

    ReplyDelete
  12. Ilang fokus sama blogger-blogger kece yang foto di depan hotel BBLK. Kompak banget :) Programnya bagus banget nih, semoga semakin banyak yang bisa mendapatkan ilmu dan sertifikasi di tempat ini

    ReplyDelete
  13. Tempat pelatihan, program dan fasilitasnya oke banget nih. Boleh ditiru daerah lain. BLK bisa menhadi salah satu rujukan sebagai tempat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan siap menyongsong era globalisasi

    ReplyDelete
  14. Mudah-mudahan di setiap kota ada BBPLK seperti Bekasi ini ya..bagus banget apalagi GRSTIS

    ReplyDelete
  15. Wah, gratis tis tis ya walau tinggal di asrama. Nah, penasaran sama seleksinya gimana. Susah ngga ya. Such a great info nih buat sodara2 suami di Bekasi

    ReplyDelete
  16. Solusi bangat ini untuk mengurangi pengangguran, apalagi program studynya kekinian dan sesuai dunia kerja saat ini.

    ReplyDelete
  17. Pelatihan2 macam gini ini penting banget utk meningkatkan kompetensi agar bisa bersaing di dunia kerja

    ReplyDelete
  18. Seandainya aku tau pasca kuliah, aku mau langsung ikutan, karena ini cukup relevan dg keahlianku juga. Hmm jadi tertarik buat yg desain grafis.

    ReplyDelete
  19. Recommended nih buat tempat belajar mba..

    ReplyDelete
  20. pengen banget ikutan. Sayangnya jauh.

    ReplyDelete
  21. Wah keren juga ya tempatnya. Pas banget kalau buat pelatihan-pelatihan.
    Btw, itu yang hijab ungu mau pelatihan kerja ya? Nampak baru lulus SMK hehe

    ReplyDelete
  22. Program ini bagus sekali menurutku,makanya kita harus sebatian infonya ya, bu helen

    ReplyDelete
  23. Keren ya Bekasi punya Balai Pelatihan Kerja yang kece begini, fasilitas dan kejuruan yang ditawarkan juga cukup lengkap. Semoga makin bnyak yang tau hadirnya BBPLK di Bekasi ini ya, mau kusebar sama saudara2ku yang butuh pelatihan seperti ini biar cepet kerja :)

    ReplyDelete
  24. Kemnaker makin kece ya.. Ada juga BLK di Lombok Timur yang 100 persen lulusannya terserap di kapal pesiar royal karibian. Semoga smua BLK di seluruh Indonesia makin banyak menyerap tenaga kerja :)

    ReplyDelete
  25. aku langsung merujuk artikel ini ke adik saya yang kebetulan sedang mencari kerja hehe... terima kasih informasi nya ya mba

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature