Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Meru Pitstop Cafe dan Resto Instagrammable di Sentul

Friday, January 20, 2023
kafe resto instagrammable di sentul
Meru Pitstop Cafe & Resto Sentul


Hore ... jalan-jalan ke Sentul. Letak Sentul yang tak terlalu jauh dari Jakarta bisa menjadi tujuan wisata akhir pekan keluarga. Kali ini kami makan siang di Meru Pitstop, salah satu cafe dan resto yang instagrammable di Sentul. 


KM 0 Sentul Spot Favorit Goweser

Sebelumnya saya hanya tahu Sentul dengan sirkuit balap internasionalnya namun belum pernah ke sana. Rupanya Sentul juga menjadi tempat wisata yang adem, cocok untuk mencari suasana baru.


Keluar dari tol, kami melewati perumahan yang luas bagian dari Sentul City. Sepertinya ini perumahan mewah dengan jalan utama di Jl. M.H. Thamrin.


Di jalan utama ini terdapat IKEA Sentul City bersebelahan dengan AEON Sentul City. Wih ... mau mampir kapan-kapan ke IKEA yang di Sentul. Bukan buat belanja furniture tapi makan Swedish meatball, hehe.


Setelah melewati jalan yang lebar, semakin lama jalan makin menyempit dan meliuk-liuk. Sepanjang jalan kami sering berpapasan dengan pengendara sepeda. Menurut Ayah SID memang daerah Sentul yang sini, terutama KM 0 Sentul, menjadi tempat favorit goweser (pesepeda/ orang yang senang bersepeda).


Wah, KM 0 itu seperti apa ya? Terbayang ada tugu atau ikon apa yang menjadi tempat berfoto, seperti tugu KM 0 yang pernah saya lewati di Samarinda atau Palu. Eh, rupanya KM 0 Sentul ditandai oleh banner besar bergambar orang naik sepeda.


Masih di sekitar kawasan Sentul yang dekat KM 0 ternyata ada rumah menteri pertahanan Indonesia, lho! Hayo ... siapa namanya? Dari luar kurang jelas bentuk rumahnya karena rimbun tertutup banyak pohon. *di sana memang masih banyak hutan. Areanya luas banget, malah kabarnya ada peternakan juga.


Baca juga: Masuk ke dalam Monas, Ada Apa Ya?


Meru Pitstop Cafe dan Restoran Instagrammable di Sentul


Berhubung saya dan Ayah SID enggak kenal sama Pak Menteri, tujuan kami ke Sentul bukan sowan ke rumah beliau. 😁


Di sekitar KM 0 terdapat banyak restoran dan kafe, dari yang sederhana sampai artistik kekinian. Kami pun mampir ke salah satunya yang berlokasi paling dekat dengan KM 0 Sentul yaitu Meru Pitstop Cafe & Resto.


Ini kali kedua saya makan di Meru. Mau menulis dari dulu tapi belum sempat.😁 Tahun lalu saya ke Meru saat kafe ini baru buka. Sekarang sudah ada tambahan bangunan baru dan makin banyak spot foto menarik di Meru.


Baca juga: Naik Sleeper Bus Mewah di Indonesia


Spot Foto di Meru Pitstop

Dari luar, cafe di Sentul ini unik dengan dua dinding peti kemas bercat putih yang mengapit pintu masuk. Area parkir kendaraan ada di bagian depan dan samping cafe, mungkin cukup sekitar 15 mobil dan beberapa motor.


Saat itu kami datang menjelang pukul 11 pagi. Ada beberapa customer lain yang asyik memotret berlatar pemandangan alam. Namun, saya tertarik melihat pasangan lanjut usia yang duduk menghadap luar, membelakangi saya. Sepertinya mereka begitu menikmati bentang alam pegunungan yang luas tanpa terhalang gedung-gedung. Udara pagi itu sejuk dengan kabut tipis jadi makin berucap Masya Allah, indahnya alam ciptaan-Mu.


Sambil menunggu pesanan, kami keliling melihat berbagai sudut Meru Pitstop Cafe & Resto yang menarik untuk dipotret. Mumpung masih sepi juga, yah, jadi bisa lebih leluasa memotret karena makin siang resto ini semakin ramai.


kafe di sentul
pemandangan dari pintu masuk Meru Pitstop


Meru Pitstop memiliki area makan indoor dan outdoor dengan dua lantai. Modelnya dua bangunan yang dipisahkan meja makan outdoor.


Bangunan pertama dekat pintu masuk. Bagian bawah terdapat bartender, kasir, ruang VIP, dan tempat karaoke atau live music. 


Di lantai dua terdapat area makan semi outdoor yang nyambung dengan area outdoor. Nah, di area outdoor ini ada ayunan untuk anak dan dewasa, lho! Anak-anak naik ayunan kecil sementara dewasa bisa mencoba berayun di hammock.


kafe playground di sentul


cafe sentul instagrammable
Siapa yang ngumpet di hammock?


Bangunan kedua terletak di seberangnya, langsung menghadap pemandangan alam. Lantai 1 tempat makan indoor dan toilet, sementara lantai dua tempat makan semi outdoor.


meru pitstop cafe resto sentul
lantai 1

meru pitstop menu
lantai 2 (jaket SID matching dengan dinding Meru Pitstop)

Setelah muter-muter Meru Pitstop, saya menemukan satu spot favorit pada kafe di Sentul ini yaitu di bangunan kedua lantai dua. Masya Allah, serasa menonton televisi layar datar 100 inch.


meru pitstop sentul bogor
Masya Allah~


Menu Meru Pitstop Cafe & Resto Sentul


Menu makanan di Meru Pitstop beragam, dari menu khas Indonesia hingga western. Menu camilan seperti tahu crispy, pisang goreng, calamary ring, dan dimsum. Menu utama antara lain nasi goreng, mie, pasta, ayam goreng, ayam rica-rica, juga sop iga. Minumannya beragam, dari aneka macam kopi, jus, mojito,  dan khas Meru. 

Dua kali ke sini anak-anak memesan french fries dan spaghetti carbonara. Rasa spaghetti-nya creamy dengan porsi yang membuat sangat kenyang tapi ... enggak ada fotonya. 😌

Oh ya, saos french fries sempat tumpah karena terjatuh saat dibawa anak. Syukurlah pramusaji mau memberikan pengganti.

meru pitstop menu

Sementara saya memesan soto betawi yang ternyata porsinya cukup besar sampai kami bertiga habiskan bersama, termasuk Ayah SID. Porsi nasinya banyak juga. Mangkuk soto terlihat biasa aja tapi sebenarnya berisi banyak. 

Soto betawi dilengkapi emping, potongan timun, tomat, dan jeruk sonkist. Ada sambalnya tetapi saya tidak suka pedas jadi skip aja.

Kuah soto masih hangat, cocok dimakan di tengah udara sejuk Sentul. Potongan dagingnya banyak. Pantas saja menu soto betawi salah satu yang recommended di Meru Pitstop. *katanya bakmi jawa-nya juga enak tapi saya belum coba.

meru pitstop soto betawi
Soto betawi seporsi bisa buat 2 orang


Untuk minuman, kesukaan SID yaitu oreo red velvet. Buat saya yang kurang suka manis, Oreo ini terlalu manis walau jujur enaaaaak!



meru pitstop minuman
Oreo Red Velvet

Ayah memesan es kopi khas Meru. Rasanya mengaduk emosi karena sekali sruput saya merasakan rasa pahit dan manis secara bersamaan. Hei, kok bisa bertentangan namun membuat ketagihan?! Monmaap, kopinya lupa difoto, gaes.


Saya kurang tahu harga tiap makanan dan minuman ini karena Ayah SID yang traktir. Sekilas membaca menu Meru Pitstop untuk harga minuman sekitar 10-35ribu rupiah dan makanan mulai 20ribu rupiah. 


restoran ramah anak sentul


Hawa sejuk di Meru Pitstop Sentul membuat nyaman. Walau siang, enggak terasa gerah padahal tidak ada AC. Saat di sana, sempat turun hujan sebentar. Wih ... makin dingin.


Alhamdulillah perut kenyang, pemandangan tenang, hati senang, anak-anak juga akur. Suatu hari nanti kalau sedang jalan-jalan ke Sentul mau balik lagi ke Meru Pitstop buat mencoba menu Bakmi Jawa.

Pernah main ke Sentul? Punya rekomendasi tempat wisata atau resto di Sentul?



Meru Pitstop Cafe & Resto Sentul


Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor Regency, West Java 16810

Instagram: merupitstop
33 comments on "Meru Pitstop Cafe dan Resto Instagrammable di Sentul"
  1. Suami pernah nih ke sini pas gowes Ama temen2nya mbaa. Aku diajak ya emoh. Sepedaan dari Rawamangun ke Pramuka aja mikir dulu, apalagi sampe Sentul 🤣🤣🤣🤣. Tapi aku tau di sana memang banyaaak tempat makan dan kafe kopi. Pernah coba, tapi buka yg meru ini. Enak2 sih memang, tapi kuliner di daerah Sentul Bogor memang ga pernah mengecewakan. Ditambah view-nya cantik bangettt 😍

    Aku melihat sotonya langsung pengeen mba 🤤

    ReplyDelete
    Replies
    1. warbiyasah dari Rawamangun ke Sentul gowes!
      akupun mikir-mikir, mbak. Rencana mau sepedahan ke Velodrome aja ga jadi apalagi sejauh ini, LOL.
      Next time cobain ke Meru yah mbaak, waiting for your review.

      Delete
  2. Sya tahun lalu pernah ke Sentul. Stay di Bigland Hotel Sentul. Tp hanya sempat jalan2 di Aeon Mall Sentul saja. Pengen kesana kalau dikasi rezeki lg ke Sentul. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ow AEON ke KM 0 Sentul masih sekitar 15-20 menitan sepertinya yah. Lewat jalur yang berliku-liku.

      Delete
  3. Kelelahan setelah gowes akhirnya bisa terbayar dengan indahnya pemandangan ya. Keren banget itu di kejauhan terlihat hamparan menghijau. Aduh indah banget... Serasa ini bukan di daerah Sentul gitu ya
    Menu makanannya juga cukup menggiurkan tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat kami the Jakartans yang sering lihat gedung, pemandangan di Sentul itu masya Allah indah banget. Mengurangi stress ... udara juga sejuk.

      Delete
  4. Di sentul memang jadi salah satu tempat yang paling cocok untuk healing kata anak sekarang, apalagi di sana banyak banget cafe dan juga tempat makan enak yang bisa kita nikmati sambil melihat pemandangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa tempat wisata kekinian yah di Sentul. Pemandangannya memang sebagus ituuu

      Delete
  5. Pemandangannya bagus banget, ya. Akhir pekan ke sini buat melepas penat setelah bekerja cocok banget, nih. Jadu, mupeng pengin ke sana sekarang juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. work from Sentul juga cakep tuh mbak, suasana baru.

      Delete
  6. Wah viewnya bagus banget, ini mah bisa sambil wisata ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ... jadi lama di kafe menikmati makanan sambil melihat pemandangan indah di Meru Pitstop.

      Delete
  7. Indah banget pemandangannya, pastinya nyaman banget ya tempatnya untuk berkumpul bersama teman atau keluarga, atau sepertinya untuk kerja juga enak banget disana, hawanya sejuk pemandangannya juga hijau, membuat suasana hati jadi senang banget, apalagi harganya ramah di kantong, makanan dan minumannya juga terlihat menggugah selera. Ini sih jadi salah satu rekomendasi kafe kalo nanti bisa main - main ke sentul.

    ReplyDelete
  8. lucu deh vibes nya, bisa ajak anak-anak bocil dan mereka pasti enjoy banget nih. Udah gitu soto betawi nya sungguh menggoda iman nih, mantuul bisa buat berdua ya itu porsiannya

    ReplyDelete
  9. Pemandangan indah dicampur makanan enak bikin Meru Pitstop banyak diburu gowesers ya Mbak 😍 suka deh sama pemandangan nya kayak lukisan aja ya

    ReplyDelete
  10. Boleh juga nih review Meru Pitstop Cafe dan resto-nya!
    Aku juga pasti dijamin terpesona dan super duper takjub dengan view ala layar TV itu.

    Btw,
    Jujurly aku malah belum pernah ke Sentul, at all!
    Cuma dengar namanya aja dan tahunya Sentul hanya identik dengan sirkuit balap. Hihihi.

    ReplyDelete
  11. Makanannya kebanyakan menu kafe pisan ya mbak tapi ada juga makanan berat kayak soto ini, dagingnya banyak ya jadi worth it buat disantap. Makasih banget rekomendasinya bisa jadi tujuan berikutnya nih kalau liburan di Bogor kudu disave biar ingat

    ReplyDelete
  12. Dari Jakarta nggak perlu geser jauh-jauh ya mbak kalau mau dapat pemandangan yang bagus banget gini, cukup ke Meru Pitstop cafe and resto aja. Bisa dapat pemandangan bagus, anak-anak juga bisa leluasa bergerak di area yang luas, bahkan ada ayunannya juga. Terus bisa makan-makan dengan suasana yang beda dengan keseharian.

    Jadi kalau ke Sentul lagi, mau ke Meru atau ke IKEA buat makan Swedish meatball nih?

    ReplyDelete
  13. Soto Betawi itu makanan kesukaanku, jadi wajib sih pas ada waktu ke Meru Pitstop Cafe dan Resto, trus lokasinya di Sentul juga

    ReplyDelete
  14. Instagramable banget tempatnya ya Mba. Samaan nih kalau pesan soto Betawi biasanya bisa buat berdua. Kalau sendiri nggak habis, soalnya banyak hehe .... Kalau anakku favouritnya friench fries. Seneng ya bisa jalan-jalan ke Pitstop Cafe Dan Resto

    ReplyDelete
  15. Itu kalau rame, kayaknya bakal antre yang mau pake hammock hahaha. Asik banget view yang langsung kayak perbukitan. Berasa kayak lihat lukisan. Tapi, pasti lebih indah. MasyaAllah. Penasaran juga nih saya sama Soto Betawinya.

    ReplyDelete
  16. Uwooo iya, cakep banget view-nya
    Meru Pitstop Cafe & Resto Sentul ini mbak
    Seru ya ada cafe yg chic seperti ini
    Hiburan yg nggak jauh dari Jakarta

    ReplyDelete
  17. Panoramanya ulalaaaaa
    Udah gitu hawanya suegerrr yaaa
    Spot escape yg pas bgt nih....buat warga Jakarta

    ReplyDelete
  18. Beneran ya porsi soto Betawi super gede, mangkok nya aja segitu dan isinya penuh. Sayangnya dulu kami gak memilih kafe ini, malah pilih resto di Aeon. Karena gak perlu masuk ke dalam wilayah Sentul. Padahal akhirnya ya tetep aja masuk karena pengen ke air terjunnya

    ReplyDelete
  19. Maak kereen banget akuu gatauu padahal kalau treking area sentul...next dicoba ditawarin ke emak2 arisan.

    Viewnya masya Allah kereen...

    ReplyDelete
  20. Aku belum pernah ke daerah Sentul. Ternyata suasananya adem gini ya..
    Masih asri dan Meru Pitstop Cafe ada di lokasi yang menyenangkan, nyaman untuk keluarga bersantai.

    Sama nih, ke IKEA buat belanja ((NO)) buat makan ice cream pakek koin, hahha..
    Ini antara norak tapi bikin happy.

    ReplyDelete
  21. ada menu sotonya juga ya padahal biasanya kalau cafe menunya cuma cemilan dan bukan makanan berat. worth it nih buat ngajak keluarga

    ReplyDelete
  22. Outdoor Meru Pitstop Cafe & Resto Sentul cakep ya. Ini pas lagi cerah, asyik buat santai dan foto-foto cakep buat diupdate di sosmed. Btw porsi Sotonya memang terlihat banyak

    ReplyDelete
  23. tempatnya bagus yah, outdoor cakep nih buat foto - foto

    ReplyDelete
  24. Selalu pengen ke Sentul tapi suka bingung kalau ke sana naiknya kendaraan umum apa ya? Di sana masih banyak view gunung2 gtu ya?
    Kafenya cakep dan ramah anak. Hidangannya juga kelihatan enak. Campuran ya menunya? Lokal dan western.
    Ahaha jendelanya gede banget, iya kyk tipi layar gede :D

    ReplyDelete
  25. Biasanya KM 0 ditandai dengan keberadaan kantor pos besar, sama juga nggak di sana, mbak?
    Meru Pitstop Cafe asik juga ya vibesnya. Bisa dijadikan tempat ngumpul bersama teman dan keluarga.

    ReplyDelete
  26. Wah, cakep banget nih tempatnya mak. Adem dan bikin refresh. Dan iya, anak-anak aku kayaknya bakaln suka deh tempat begini. Lihat pemandangan luarnya asriii. Semoga kesampaian bisa main ke sini juga. :D

    ReplyDelete
  27. Walah mama Helena terima beres aja ya, sampe cuma liat sekilas harga menunya wkwkw. Walopun ditraktir suami, kalo aku pasti tetap liat menu dan harganya xixi. Difoto juga menunya supaya info di blog lebih lengkap.

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,