Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Pengalaman Naik Sleeper Bus Pandawa 87 Jakarta - Gresik: Mewah dan Makanan Melimpah

Thursday, October 13, 2022

Pengalaman naik sleeper bus Pandawa 87 Jakarta ke Gresik sangat berkesan buat keluarga kami. Bus mewah, bisa rebahan, dan banyak makanan! Bus Pandawa 87 sleeper membuat perjalanan jarak jauh semakin nyaman. Yuk, intip fasilitas sleeper bus Pandawa 87 beserta harganya di sini


Naik Sleeper Bus dari Jakarta Bawa Anak

Alhamdulillah masih diberi umur panjang ada rezeki untuk mudik. Kangen banget dengan Gresik terutama ketemu ibu yang sudah sepuh. Maka bulan ini kami mudik dari Jakarta ke Gresik.

Setelah menimbang naik transportasi apa, sleeper bus menjadi pilihan. Mengingat pengalaman positif tahun lalu nyaman naik sleeper bus Sinar Jaya dari Jakarta - Surabaya, okelah mudik kali ini naik sleeper bus lagi. Anak-anak juga bisa tidur nyenyak seperti tidur di rumah walau sedikit guncangan dan ada suara mesin (namanya juga tidur di kendaraan).

Seat pada sleeper bus termasuk lega untuk ukuran badan saya. Uno yang masih balita berada satu seat dengan saya, tidurnya sebelahan ya, bukan dipangku. Kebayang kalau naik bus yang bukan sleeper/suite class berarti sepanjang perjalanan harus memangku anak. Lumayan juga kan pegalnya. Itulah hal yang membuat kami memilih naik sleeper bus.

Pertimbangan lainnya, pemeriksaan PeduliLindungi untuk armada bus tidak seketat kereta atau pesawat. Harga pesawat juga sedang lucu-lucunya, meringis bikin putar balik aja.

Sleeper Bus Pandawa 87 Jakarta - Gresik

Ada banyak armada bus yang menyediakan kelas sleeper bus seperti Sinar Jaya, Harapan Jaya, Rosalia Indah, dan juga Pandawa 87. Kami memilih naik yang terakhir karena bisa turun langsung di terminal Bunder, Gresik sementara sleeper bus lain melayani rute Jakarta - Surabaya. 

Terminal Bunder, Gresik ke rumah ibu saya hanya sekitar 10 menit naik taksi. Lebih cepat dan hemat biaya dibanding turun bus di Surabaya. Dari Surabaya ke Gresik jaraknya masih jauh, sekitar 1 jam dan perlu tambahan biaya untuk taksi dan tol.

Sebenarnya ini bukan kali pertama kami naik Pandawa 87. Tahun lalu kami kembali dari Gresik ke Jakarta naik Pandawa 87 sleeper juga namun saat itu beli tiketnya mendadak. Kebetulan hanya tersisa seat di atas yang kurang nyaman jika membawa balita. Tidur saya harus mepet pintu, khawatir terguling. Seat bagian atas guncangannya juga lebih terasa dibanding bawah.

Syukur alhamdulillah perjalanan kami kali ini mendapat seat di bagian bawah. Tepatnya saya dan suami di seat bawah sementara SID di seat atas.



Jadwal Bus Pandawa 87 Sleeper

Kami naik bus Pandawa 87 sleeper dari Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur. Pada tiket tertera keberangkatan pukul 17.30 WIB.

Bus datang meleset sedikit dari jadwal tetapi ruang tunggu yang nyaman seperti bandara membuat anak-anak santai menanti. Apalagi ada vending machine jadi anak-anak beli minuman karena penasaran melihat proses mesin tersebut bekerja.




Jujur ya kami tidak tahu perkiraan bus akan sampai Gresik pukul berapa. Kata suami mungkin sekitar pukul 6-7 pagi. Patokan ini membuat saya santai banget tanpa mengecek GPS lokasi terkini. 

Sekitar pukul 3 dini hari saya  bolak-balik terbangun kemudian tidur lagi karena berpikir subuh masih lama. Tak disangka tepat azan subuh sang kondektur berteriak, "Bunder ... Bunder ...." (maksudnya terminal Bunder, Gresik)

Lho, sudah sampai Gresik? Ini masih pukul 04.20 WIB. Masya Allah, cepat banget perjalanan Jakarta - Gresik naik bus Pandawa 87 hanya sekitar 11 jam termasuk berhenti untuk makan malam.

Fasilitas Sleeper Bus Pandawa 87

Masuk ke sleeper bus, kita dihadapkan pada bilik-bilik kursi. Alas kaki disimpan di rak sepatu bagian luar bilik sehingga kursi tetap bersih. 

Selama perjalanan Jakarta ke Gresik naik sleeper bus alhamdulillah bisa tidur nyenyak. Reclining seat yang hampir rebahan layaknya kasur membantu kenyamanan tidur di kendaraan. Untuk saya dengan tinggi 150 cm, reclining seat termasuk panjang bahkan bagian kaki masih bisa untuk meletakkan tas ransel. 


Uno juga bisa tidur di samping saya, tidak terlalu sempit. Bagian samping kepala diberi bantal supaya tidak terantuk dashboard samping bus.


Terdapat dua macam AC di bus, AC sentral dan AC tiap seat. AC yang di tiap seat dapat kita atur tetapi AC sentral diatur dari depan (sopir). Biasanya saat malam sangat terasa dingin. Syukurlah Pandawa 87 menyediakan selimut tebal. Makin bobo pulas deh.

Oh ya, setiap bilik lumayan terjaga privasinya karena tertutup tirai. Di samping kiri ada tirai depan - belakang berwarna hitam. Begitu pula di samping kanan sehingga jendela bus pun dapat ditutupi tirai.


Khawatir HP lowbatt? Di bagian samping kursi terdapat USB port untuk mengisi daya baterai. Selain itu terdapat juga tempat meletakkan botol dan snack.


Sebenarnya di tiap seat terdapat AVOD - Audio Video on Demand - sebuah TV kecil untuk menonton atau bermain games. Akan tetapi, dua kali naik Pandawa 87 saya belum menggunakan fasilitas ini karena tidak bisa dinyalakan. Berbeda dengan sleeper bus Sinar Jaya yang AVOD-nya bekerja dengan baik. Yah, kalapun enggak bisa nonton lebih baik membaca buku saja. Ada lampu baca di bagian atas.


Selanjutnya sleeper bus juga dilengkapi sebuah toilet di bagian kiri belakang. Ada WC duduk dan bak air. Walau sempit tapi alhamdulillah enggak bingung kalau mau buang air kecil.

Bagaimana dengan makanan?


Ini nilai plus Sleeper Bus Pandawa 87 karena makanannya melimpah! Di awal masuk bus sudah tersedia welcome drink and snack yang terbungkus paper bag cokelat. Ada air mineral, roti, cokelat, permen, kacang, apalagi yah ... lupa hahaha. Dulu saat masih pandemi tiap penumpang juga mendapat masker.


Penumpang mendapat jatah 1x makan. Saat itu kami makan sekitar pukul 11 malam di sebuah restoran. Menu prasmanan bisa memilih diantaranya nasi rames, nasi goreng, soto, dan sop. Mau makan di tempat atau dibungkus, bisa.


Selama di dalam bus pun kita dapat membuat teh atau kopi sendiri. Pandawa 87 menyediakan coffee corner di belakang, dekat toilet. Sudah ada aneka kopi sachet, teh celup, dan gula yang bebas dipakai. Terdapat pula dispenser dengan air panas. Self-service, ya. 


Btw, ini video kami pertama kali naik Pandawa 87 dapat seat atas semua. Menegangkan 😂



Harga tiket bus Pandawa 87 Sleeper Bus

Berapa harga tiket bus mewah Pandawa 87 sleeper?


Saat kami naik bus ini dari Jakarta ke Gresik tarifnya Rp430.000,00 per seat. Kami berempat tetapi Uno masih duduk bersama saya jadi hanya beli 3 tiket.


Per 4 September 2022 terdapat penyesuaian harga tiket bus efek harga BBM naik, bund. Jadilah sekarang sleeper bus Pandawa 87 jurusan Jakarta ke Gresik / Surabaya Rp490.000,00 per seat. Lumayan ya lompatnya ....


harga tiket bus Pandawa 87 terbaru (sumber: IG @pandawa87bus)

Nomor Telepon Agen Bus Pandawa 87

Tiket bus Pandawa 87 dapat dibeli langsung ke agen, bukan lewat OTA. Pilih terminal terdekat lalu kontak via telepon supaya cepat dibalas. 


Ini tantangan mencari tiket bus karena seringkali nomornya tidak aktif, jadwal berubah, enggak tahu berangkat dari terminal mana saja. So, lebih baik telepon satu-persatu agen busnya.
\


Nomor Telepon Agen Bus Pandawa 87 Jakarta

Berikut daftar nomor telepon agen bus Pandawa 87 di area Jakarta dan sekitarnya:

Agen Pulo Gebang 081399156483

Agen Poris 081311303750

Agen Pondok Pinang 081311421909

Agen Kalideres 081212016377

Agen Bekasi 081295681127

Agen Cikarang 081219780900

Agen Karawang 082210860114

Agen Cirebon 082318052312


Nomor Telepon Agen Bus Pandawa 87 Surabaya Gresik Lamongan

Agen Surabaya 0895342269916 ; 081330963094 ; 0813231280817

Agen Gresik 081283809122

Agen Lamongan 082336909949

Itulah pengalaman kami sekeluarga naik bus mewah Pandawa 87 Sleeper dari Jakarta ke Gresik. Walau ada minus di AVOD yang tidak dapat digunakan tetapi overall bus-nya bersih, perjalanan aman dan nyaman, serta banyak makanan. Hehehe .... 


Kalau kamu tertarik naik sleeper bus? atau sudah pernah? Bagaimana ceritamu naik bus AKAP?


Baca juga: Liburan ke Kepulauan Seribu Bawa Anak Tanpa Travel

30 comments on "Pengalaman Naik Sleeper Bus Pandawa 87 Jakarta - Gresik: Mewah dan Makanan Melimpah"
  1. wah keren mba, mantab ya pengalamannya.. Pas banget mertua saya juga orang gresik. ini bisa jadi rekomendasi sepertinya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh iya mbak, cuma Pandawa yang berhenti di Gresik

      Delete
  2. bus pandawa memang bagus banget ya :D

    ReplyDelete
  3. aku baca ampe tuntas dan terkesaaaan bgt sama sleeper bus ini euyy...blm pernah soalnya. seringnya bis2 biasa.paling keren jg damri eksekutif tapi tetap gak kayak bis ke Gresik ini fasilitasnya.mantappp sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih yaaa Mbak
      Sleeper bus memang nyaman

      Delete
  4. wah seru sekali sih ini pengalamannya naik sleeper bus pandawa 87, anak-anak pasti happy dan merasa nyaman ya

    ReplyDelete
  5. Sleeperbus emang ter the bestt anakku sukaaak banget harusnya weekend 2 mg lalu mudik ke solo maunya naik itu anakku...eeeh sold semua akirnya gajd mudik🤭. Pernah cobain sekali desember kmrb trs ketagihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew sampai sold out yaa

      Yang ini juga rame, mbak. 2x Naik keknya full deh atas bawah

      Delete
  6. Senangnyaa..naik Sleeper Bus Pandawa 87.
    Kak Helen kampung halamannya di Gresik?

    Aku lihat Bandung belum ada poolnya yaah..
    Aku belum pernah naik sleeper bus. Tapi kalau naik bis, tentu pernah.. Tapi kayanya cuma sampai Jogja. Enaknya perjalanan malam, jadi lebih gak terasa yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa di Gresik

      Eh iya kalau Bandung belum ada ya.

      Delete
  7. Eh ada rute Banyuwanginya, kok jadi tertarik ingin mencoba naik bus. Apalagi Pandawa ini nyaman banget ya mak Helena, waktu pameran GIIAS beberapa waktu lalu tuh anakku sempat lihat yang sleeper bus gini dan dia demen banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wohooo DI GIIAS ada sleeper juga ya. Yuk yuk ke Banyuwangi naik sleeper perjalanan panjang bisa tetap nyaman. Dapat 2x makan

      Delete
  8. Wah kayaknya seru juga yah perjalanan panjang kalo pake sleeper bus gitu jadi lebih nyaman tidur sepanjang perjalanan. Kayaknya pengen cobain juga deh. semoga ada rute Bandung Jogja yaah, pengen ke Jogja soalnyaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Cari tahu di terminal, kak. Barangkali ada Armada bus lain yang jurusan Bandung-Jogja dengan sleeper

      Delete
  9. Bus Pandawa ini lagi naik daun, banyak yang memilih naik ini ketika melakukan perjalanan jauh karena lebih privat dan bisa tidur juga dengan nyaman. Tapi aku belum pernah, suamiku yang pernah naik Pandawa waktu pulang dari Jakarta ke Wonogiri tapi berhenti di Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oow iya mbak
      Rame loh sekarang yang Naik sleeper. Nyaman alhamdulillah

      Delete
  10. Ngakak pas bagian harga pesawat sedang lucu2nya. Iya mahal bgt. Jadi kita mesti pandai memilih alternatif transportasi untuk menghemat

    ReplyDelete
  11. Aki baru tau kalau satu temlat bisa buat berdua sama anak. Aku kira tuh meskipun anak2 harus pakai kursi sndiri, Mbak. Aku jdi ngebayangin anak2 kasian tduran sndirian. Hahaha.

    Kapan2 nyobain laah. Fasilitasnya lumayaan lengkap.

    ReplyDelete
  12. Sleeper Bus nyaman deh buat perjalanan antar Kota. Perjalanan lama emang biasanya suka ngantuk dan butuh tidur. Udah Pas banget naik sleeper bus.

    ReplyDelete
  13. Makasih sharingnya mba Helena
    Tadinya aku ada rencana mau ke luar kota di jawa tengah pingin nyobain naik sleeper bus. Tapi utk terminal terdekat di pulo gebang juga sedangkan jarak dari rumah terbilang lumayan jadi msh suka bimbang
    Fasilitasnya lengkap juga ya..bikin perjalanan jauh lebih nyaman

    ReplyDelete
  14. Wow keren banget fasilitas dari Bus Pandawa 87. Sangat worted dengan harga segitu tetapi service excellent ya

    ReplyDelete
  15. Busnya kyknya nyaman yaaa. Belakanganjuga banyak yang menyarankan buat naik bus aja setelah bbrp komplainan soal KA yang makin mihil tapi fasilitas gk dibenahin.
    Ternata cepet yaa, nyampeknya sebelum subuh, gak nyampek pagi. Perjalanan malam gak kerasa emang ya.
    Semoga kapan2 bisa juga nih nyobain mudik naik bus sleeper gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next mau cobain juga travellingan naik bus sleeper sebenarnya aku mabokkan klo naik bus.. tapi kepingin juga ngerasan sensasinya

      Delete
  16. Waaah ada ya. Saya belum pernah naik sleeper bus padahal pengen banget nyobain. Kayaknya seru banget bisa tidur di jalan. Sampai lokasi sudah pagi bisa langsung tamasya gak nginap hotel lagi. Lebih hemat secara biaya.

    ReplyDelete
  17. Enak juga naik bus begini. Perjalanan jauh jadi nyaman ya karena bisa tidur telentang. Apalagi buat anak kecil yang suka rewel naik kendaraan umum. Bisa anteng deh.

    ReplyDelete
  18. wah seru ya, mbak ini naik bis-nya bisa sambil rebahan. aku pernah sih naik bus dari banjarmasin ke samarinda tapi itu yang posisinya duduk sepanjang jalan. hihi

    ReplyDelete
  19. wah nyaman banget ini sleepr busnya. bawa anak-anak juga nyaman ya mb Helena. Harganya memang lumayan ya hahaha

    ReplyDelete
  20. mbak, aku nggak pernah naik bus sleeper, ternyata senyaman itu ya. Perjalanan darat 11 jam ya hitungannya cepet loh, padahal pakai makan malam juga. Eh iya kukira bagian bawah lebih terasa goncangannya, ternyata malah yang atas ya. Pengalaman seru nih mbak, untung aja nggak kebablasan tidur pas kondektur nyebut terminal Bunder. Hehe. Kalau harga emang sekarang apa-apa naik mbak, sejak BBM naik harga. Semoga bisa berkesempatan naik bus sleeper :) Biar punggung nggak capek, maklum dah berumur :p

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,