Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Apa yang Muncul di Google Saat Mengetikkan Namamu?

Thursday, October 27, 2022

Apa yang muncul di Google Search saat mengetikkan namamu di sana? Maksud hati mau mencari artikel blog Helenamantra melalui Google dalam rangka Hari Blogger Nasional 2022. Tak disangka hasil pencarian menunjukkan sesuatu yang berbeda.


Hari Blogger Nasional 2022

Selamat Hari Blogger Nasional 2022, manteman narablog di manapun kalian berada. Tentunya eksis di dunia maya, di blog layaknya rumah sendiri.


Yes, hari ini, 27 Oktober 2022 diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Eh, blogger atau bloger? 😆 Sesuai KBBI penulisan yang benar itu "bloger" namun masih familiar "blogger" jadi saya pakai bergantian saja ya.


Ngapain nih di hari istimewa buat kita para bloger? Sudahkah menulis blog hari ini? Di berbagai grup dan komunitas blogger sedang ramai merayakannya. Ada yang membuat trending topic di Twitter, ada yang menulis artikel, ada pula yang membuat giveaway dari blogger untuk blogger. Hehehe ....


Baca juga: Alasan Mulai Membuat Blog


Manfaat Menjadi Blogger: Pertemanan Lintas Usia dan Wilayah


Blogger gathering begini yang ku rindukan, bisa kopdar tak sekadar chatting di dunia maya (ki-ka: saya, Visya, dan Ajeng)


Sepertinya dulu ... saya pernah menulis tentang hari blogger tetapi lupa kapan. Biasanya gitu deh berlalu begitu saja padahal ini kan hari spesial buat kita. 


Aktivitas ngeblog yang sudah saya jalani sepuluh tahun lebih di blog ini masih menjadi kegiatan menyenangkan. Kadang pusing kalau dapat tema yang kurang saya kuasai, haha ... padahal di sisi lain membuka kesempatan saya belajar hal baru.


Trus, tadi saya mencoba mengetik di Google Search untuk mencari artikel saya dengan keyword "helenamantra hari blogger". Eh ... eh ... malah ketemu artikel di blog teman-teman yang terasa hangat namun membakar semangat untuk rajin ngeblog. 🔥🔥🔥*semoga rajin dan konsisten, yes!


4 Blog Favorit untuk Blogwalking oleh Irisan Senja


Kenal Mbak Lintang pertama kali dijodohkan Ibu Profesional waktu kami sekelas di Bunda Produktif. Saat tahu Mbak Lintang nge-blog, saya terpukau dengan tulisannya. Bagusss bangettt! Trus, mulai deh ia belajar monetisasi hingga kini blognya beranak-pinak, aktif semua, dan rajin ikut lomba. Rajin menang juga dong! So proud of you, Mbak Lintang Gumilang ibu-e 3G!


9 Blog Parenting di Indonesia Member KEB oleh Indah Julianti


Makpuh-nya Kumpulan Emak-emak Blogger nih, Mak Indah Julianti (Injul). Memang beliau sesepuh di bidang tulis-menulis. Saya suka mengikuti tips seputar dunia kepenulisan di blog maupun medsos Mak Injul. Simple dan mudah dimengerti, yaa tinggal gimana saya mengaplikasikannya 😁. Mak Injul juga jadi referensiku memahami dunia remaja (buat keponakanku) karena anak-anak beliau sudah remaja. Makasih yaa Mak!


10 Blog Parenting Favorit oleh Catatan Si Emak


Siti Hairul Dayah a.k.a Mak Irul ini strong woman dengan 6 anak. Kebetulan anak bungsunya seumuran dengan SID jadi saya suka ngintip blog beliau kalau cerita tingkah polah Miqdad. Kerjaan saya juga bongkar artikel Mak Irul yang berhubungan dengan homeschooling. Waktu itu buta banget gimana menjalankan homeschooling usia SD jadilah saya bertamu sampai bongkarin artikel beliau untuk dibaca satu-persatu. Hehe .... Pengen deh suatu hari main ke tempat Mak Irul supaya SID kenalan sama Miqdad.


Rekomendasi Website dan Blog Parenting untuk Orang Tua Baru oleh April Hamsa


Ini nih dedengkot bloger dari zaman Multiply sampai sekarang masih aktif produktif. Mengurus dua anak SD homeschooling, menjadi admin berbagai grup, tapi masih rajin banget ngeblog termasuk tulisan organiknya, lho! Mbak April Hamsa jadi idolakuuuuu sekaligus teman ngakak-ngikik. Kebetulan anaknya seumuran dengan SID, kami pernah main bareng ke rumahnya di tengah guyuran hujan. Hoho .... Kalau mau cari info seputar dunia parenting and traveling, terutama family travel gitu, sila mampir ke blognya Mbak April.


Mbak April (kiri) dan saya sedang pamer cincin berlian *eh


Pencapaian Sebagai Blogger Parenting oleh Yeni Sovia


Pertama kali kopdar dengan Mbak Yeni rasanya seperti bertemu teman lama. Udah sering kepo-in blognya yang rajin menulis kegiatan bermain dengan anaknya, Erysha, jadi berasa kenal dekat gitu. Eh atau saya saja yang SKSD?


Saat ini Mbak Yeni tinggal di Batam, beradaptasi mengurus dua anak, dan belajar menyetir mobil. Kereeeen! Mbak Yeni juga menulis buku tentang permainan anak, lho. Solusi banget buatku yang suka buntu mau main apa. Kereeeen lagiii!


Selain daftar di atas, senang rasanya menemukan bahwa apa yang ku tulis di blog bermanfaat buat pembaca. Seperti Mama Kepiting (Mbak Arinta Adiningtyas) yang menulis jurnal syukur bersama anaknya. Ada pula Kreasi Natara (Natara) yang mengulas niche lifestyle dan Anna Rosanna (Mbak Rosanna Simanjuntak) yang membahas waktu ideal menayangkan artikel blog.


Selalu ada kejutan di dunia blogging, salah satunya di tahun ini blog Helenamantra.com terpilih menjadi Blog parenting terbaik versi Twinkl. Masya Allah ... Twinkl ini menjadi salah satu resource andalan mencari materi untuk kegiatan homeschooling anak-anak. Such an honor for me 😊


Itulah manfaat menjadi blogger jadi kenal banyak orang dari berbagai usia, berdomisili di kota bahkan negara lain. Kami bisa saling berkunjung ke blog lain, blog-walking, atau chat ini-itu di luar tentang blog. Alhamdulillah.


Baca juga: Menulis Blog Parenting Lebih dari Sekadar Curhat


Masih Relevan Ngeblog di Era Video?

Nah, ini, pertanyaan yang pernah dilontarkan ke saya. Emang masih relevan ngeblog di era video seperti YouTube, TikTok, Reels, dsb? Masih ada yang baca blog?

Errr ... pageview saya emang segitu aja sih tapi so far alhamdulillah blog masih dibutuhkan. Saya sendiri suka membaca blog dibanding nonton video. 

Namun, bukan berarti ngeblog berhenti sampai di situ. Blog bisa didukung dengan video supaya artikel tersebut makin lengkap, komprehensif, dan bermanfaat. Saya merasa penting untuk belajar membuat video juga.

Reels dan TikTok juga bisa jadi pintu masuk mengenalkan isi blog kita. Misal buat video pendek sekilas review suatu tempat. Untuk selengkapnya kita beri keterangan ke arah blog kita, deh.

Ribet, Len! Iya, haha ... kembali lagi ke masing-masing blogger mau ngeblog untuk apa, sampai di mana, bagaimana mengelola blognya, ye kan ....

Anyway, selamat Hari Blogger Nasional 2022 buat teman-teman bloger Indonesia! Mau ngeblog tiap hari, seminggu sekali, sebulan sekali, setahun sekali, atau gimana dah enaknya selama masih punya blog berarti bloger, so ... selamat untuk kita!


Eh btw, apa yang muncul di Google Search saat mengetikkan namamu di sana? 

2 comments on "Apa yang Muncul di Google Saat Mengetikkan Namamu?"
  1. Iseng ketik namaku sendiri di Google dan ternyataa, muncul tulisan2 lamaku yg dimuat di koran dan ada yg dijadikan referensi oleh beberapa orang (uhuk2)

    ReplyDelete
  2. Aku pun masih lebih suka mencari informasi itu dari blog drpd video mba. Ntah kenapa ga sabar kalo harus liat video, apalagi kadang info yg kita butuhkan ntah ada di menit keberapa. Lebih enak blog sih.

    Sampe skr aku blm ngerasa bosen dengan blog. Dari SD udah terbiasa utk menulis diary, jadi memang blog itu sarana sharing dan ungkapin uneg2 yg paling cocok buatku 😁.

    Apalagi sampe bisa kenalan dengan banyak bloggers lain. Seneng sih. Udh banyak bloggers yg akhirnya aku ketemu langsung, dan semuanya asik2. Bisa dibilang temenku di dunia Maya ini lebih banyak drpd dunia nyata 🤣

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,