Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Alasan Mulai Membuat Blog

Wednesday, April 14, 2021

 


Alhamdulillah blog Helenamantra sudah bayar domain untuk kelima kalinya. Tak terasa sudah sebanyak ini jari mengetik. Blog ini menjadi blog terlama yang saya kelola. Wew, konsisten itu berat, Bu! Mau flashback dulu ah, mengapa saya mulai masuk dunia blog dan betah hingga saat ini.

Terima Kasih Internet


Pertama kali mengenal dunia blog ketika dapat mengakses internet lancar dengan Wi-Fi kampus. Lupa bagaimana detailnya tetapi sudah ada blog-blog pribadi yang saya miliki, ditulis sekenanya, lalu dihapus. Hehe ... se-ababil itu.

Saya membuat blog dengan tujuan sebagai diary online. Mau menulis apa saja ya monggo. Tidak ada panutan maupun gambaran saat itu. Cek saja artikel jadoel isinya potongan lirik ataupun puisi hasil coretan saat buntu mengerjakan ujian.

Memang semudah itu untuk masuk ke dunia blog. Membuat blog tak perlu menunggu alasan serius. Buat saja, toh gratis. Selama ada internet, membuat blog menjadi hal mudah. Terima kasih, internet!

Catatan Perjalanan


Dalam meniti kehidupan, saya menemukan kecintaan akan petualangan menjelajah tempat-tempat baru, berkenalan dengan orang secara acak, yang nampaknya kebetulan tapi kok bisa cocok sampai sekarang. Pengalaman inilah yang kemudian saya abadikan dalam blog. Bisa dibilang blog Helenamantra sempat beraliran travel blog. *ehm

Catatan perjalanan ketika solo traveling ke tiga negara untuk pertama kalinya tertuang lengkap di sini. Begitu pula ketika saya menjadi pecinta air asin, nyemplung ke sana-sini, kenangannya tersimpan di blog ini.

Berhubung saya mudah lupa detail, dengan menulis blog maka catatan perjalanan tersimpan rapi dan mudah diakses. Ketika ada teman bertanya suatu destinasi, cukup saya sodorkan link blog ini. Dibaca, ya!

Jurnal Pengasuhan Anak


Angin berhembus ke arah lain. Saya semakin jarang traveling setelah menyandang status sebagai ibu. Justru saya menemukan passion baru yaitu bermain bersama anak. Maka, blog Helenamantra pun berubah haluan menjadi blog seputar parenting dan curhatan buibu.

Ada kepuasan tersendiri dapat menuangkan pengalaman seputar pengasuhan di blog ini. Ketika ada tantangan pun larinya ya menulis di blog ataupun buku catatan.

Kelak, semoga SID dan Uno dapat mengambil manfaat dari kisah mereka yang tertuang di blog Helenamantra. Catatan kecil yang menunjukkan perhatian dan kebanggaan Ibu pada kalian.

Menemukan Passion


Galau dengan minat bakat pernah saya alami bahkan ketika sudah masuk ke dunia kerja. Duh, labil banget! Maunya do what you love tapi apa ya? 

Lalu, setelah resign malah ketemu bahwa saya memiliki passion di bidang kepenulisan, salah satunya dengan menulis blog. Ketika menulis blog, pikiran plong dan hati tenang sudah menuangkan uneg-uneg.

Maunya sih menulis buku juga tapi kok ya napas saya pendek-pendek. Motivasinya belum kuat. Sementara ini menulis di blog saja, deh.

Tak disangka menulis blog yang isinya curhatan ternyata dapat mendatangkan rezeki materi. Berbagai artikel kerja sama dan kesempatan menjadi narasumber sebagai blogger berdatangan. Masya Allah. Saya dapat bekerja sesuai passion.

Ketika menjalankan passion menulis ini, bekerja rasanya tidak dipaksa. Lebih enteng dan bahagia menjalaninya. Ya sebel sedikit kalau dikejar deadline. *siapa suruh menunda pekerjaan.


Itulah berbagai hal yang membuat saya mulai membuat blog dan betah menulis di blog sampai sekarang. Kalau alasanmu mulai nge-blog apa saja? Cerita dong di kolom komentar.



25 comments on "Alasan Mulai Membuat Blog"
  1. toss dulu mbaaa... blog aku yang ini maupun yang sebelumnya aku buat di Friendster dan juga Multiply banyak berisi foto dan cerita perjalanan kami ke sana kemari

    ReplyDelete
  2. Tadinya sih buat isi waktu aja..kalo menulisnya sih emang udah suka dari dulu ya... Ternyata bablas sampe skerang nih ngeblognya heheh...

    ReplyDelete
  3. Setuju banget kalo ngeblog sebagai Jurnal pengasuhan Anak.
    Dulu pertama kali aku ngeblog pun cerita anaak sedari TK tak tulisin, sekarang udah mo kuliaah ada masanya ga mau di expose.
    Jadi aja expose emaknya, hahaa.

    ReplyDelete
  4. Yes, toss Mak ... dengan menulis yang menjadi passion kita, melakukan pekerjaan berasa bersenang-senang terus ya hehe.

    ReplyDelete
  5. Kalo mbak Helena pertama kali ngeblog dengan memanfaatkan WiFi kampus, kalo saya pake computer kantor + WiFinya hehe...

    Ada banyak cerita yang bisa kita tuangkan dalam blog ya, mulai dari traveling hingga parenting.
    Samma lah blogku juga, campur aduk.

    ReplyDelete
  6. Selamat Hel, udh ultah ke 5 aja buat domainnya...kamu kreatif banget dari Jaman udh kuliah wes utak Atik blog. Apalah aku yg mulai ngeblog karena butuh simpan foto anak dan foto bareng ibu walikota haha.

    Bener banget konsistensi itu berat..tapi kalau passionnya menghasilkan why not

    ReplyDelete
  7. Kalo aku dulu didorong suami karena habis nikah udah ga kerja jd bosen banget di rumah. Trua disuruh ngeblog buat latihan nulis. Keterusan deh smpe sekarang.

    ReplyDelete
  8. Kalo aku dulu didorong suami karena habis nikah udah ga kerja jd bosen banget di rumah. Trus disuruh ngeblog buat latihan nulis. Keterusan deh smpe sekarang.

    ReplyDelete
  9. Iya, blog itu bak pintu Doraemon ya Mbak membawa sejuta peluang untuk kita, memang tidak mudah mengelolanya tapi yakin akan berbuah manis..

    ReplyDelete
  10. hehehe suka sebel ya klo dikejar deadline.
    saya juga gitu, eh tapi salah sendiri juga sih suka menunda-nunda

    ReplyDelete
  11. Bwrsyukur ya bisa kenalan sama blog. Segala kenangan tersimpan rapi dalam balutan personal.

    ReplyDelete
  12. Banyak hal yang bisa kita simpan menjadi tulisan di blog kita ya dan kyknya tu seperti catatan jurnal kehidupan. Dulu pas msh gadis nulisnya ttg ini, pas dah nikah itu, pas ada anak beda lg dll.

    ReplyDelete
  13. Jadi blogger itu salah satu pencapaian yaaa Helena,
    bayangin, bahkan seorang diplomat muda - seorang ketua yayasan - kepala sekoha - sampe ke penulis menganggap bahwa profesi ini membanggakan

    Bukan karena hanya menulis, tapi lebih dari itu, link dan berteman dalam komunitas mendewasakan kita semua

    ReplyDelete
  14. Senang sekali membaca blog kak Helen. Sarat akan kebijaksanaan di setiap rangkaian katanya. Sering juga diselipin humor.

    Kebayang kak Helen seperti apa kalau ketemu. Pasti ramaaah sekali.

    Blog buatku..buat ngobrolin drama sama film Korea, hahaha...abisan, cuma bisa nulis Itu.
    Heuheu~

    ReplyDelete
  15. sama dong, aku juga berwal dari curhat. Bener bener awal mula bikin blog dulu ga nyangka banget bisa menghasilkan pundi pundi uang yaaa.. hihihihihihii. Blog kita hampir seumuran kayanya nih, kalo nggak salah aku juga dah perpanjang blog 5 kali niiihhh.. hihi

    ReplyDelete
  16. Kalau awalnya karena kerjaan juga sih.. pas dapat tawaran bikin scrift writer terus merambat deh jadi nulis blog smp sekarang...

    Terus semangat menyebarkan kebaikan y mba

    ReplyDelete
  17. Kalau sudah menemukan passion kita dalam bekerja itu nikmat banget memang ya. Karena pekerjaan yang didasari dari cinta itu tidak akan memberatkan.

    ReplyDelete
  18. Karena saya suka nulis, butuh uang dan pastinya butuh self healing dari aktivitas yang sama sekali bukan keinginan saat muda dulu
    Ternyata Tuhan ngasih supaya belajar jadi manusia

    ReplyDelete
  19. Akupun awalnya bikin blog sebagai diary mba. Makanya sekarang suka geli sendiri baca postingan di awal-awal. Bahasanya ya ampuuunnn alay. Sengaja gak aku hapus untuk kenang-kenangan 😅

    ReplyDelete
  20. akupun lebih memilih punya blog jadi kenang2an buat anak2ku biar mereka ingat kalau blogku ini penuh cinta cerita setiap hari buat mereka

    ReplyDelete
  21. Nulis di blog bisa buat ngilangin stres juga apalagi kalo dapat job blog ya. Kerja dari rumah tapi Hepi.

    ReplyDelete
  22. Wah sama nih, blog buatku sebagai diary maya catatan perjalanan bersama panda sejak menikah, dan banyak manfaatnya sejauh ini ketika ingin membuka cerita atau terlupa sesuatu, dibantu ingat dari blog.

    ReplyDelete
  23. Aku dulu mulai ngeblog justru saat kerjaan sedang sibuk-sibuknya. Belasan tahun kerja, melakukan yang itu-itu saja, membuatku serasa kayak zombie, ada yang kosong gitu di hatiku. Begitu mulai ngeblog, hidupku serasa lengkap kembali. Makanya sampai sekarang masih terus ngeblog walaupun kuantitasnya ga setinggi dulu.

    ReplyDelete
  24. Aku nulis blog supaya bisa nulis tema apa aja, gak kayak waktu kerja harus desk tertentu

    ReplyDelete
  25. Awal ngeblog tahun 2003 karena ingin mendokumentasikan hasil kerja saat itu kebetulan kerja di stasiun tv, yang dokumennya berupa video bukan tulisan. Tapi lama-lama blognya malah berubah haluan, jadi blog curhat :)

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,