Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Tips Memilih Nama Blog dan Arti di balik Helenamantra

Wednesday, April 14, 2021
tips memilih nama blog

Membuat blog itu cepat dan mudah, yang lama adalah memilih nama blog. Haha ... perlu merenung 7 hari 7 malam apalagi maju-mundur mau beli domain. Jika kurang cocok kemudian mau ganti nama blog, perlu
syukuran bubur merah bayar domain lagi, LOL. Berikut tips memilih nama blog a la Helenamantra.


Memilih Nama Blog

Memilih nama blog itu sama pentingnya ketika memilih nama anak. Selama ini saat menyiapkan nama anak, kami memikirkannya sejak tahu saya hamil. 9 bulan mencari nama yang cocok, baik laki-laki maupun perempuan, sehingga ketika melahirkan langsung buat pengumuman nama anak. Hehehe ....

Eh tapi jangan kelamaan sampai 9 bulan memikirkan nama blog, keburu mandeg nulis. Yuk simak tips memilih nama blog versi Helenamantra:

  • Personal branding

Nama blog akan menempel pada si pemilik blog karena sifatnya blog itu personal. Coba tanyakan pada diri apa personal branding yang ingin dibangun (atau bahkan sudah dimiliki selama ini)? Ingin dikenal sebagai siapa?

Contoh: Apa yang terlintas saat mendengar nama nengbiker? catatanemak?

  • Mencerminkan isi blog

Blog ini akan diisi artikel seputar apa saja? Apakah fokus pada satu niche atau beragam tema? Jika spesifik pada satu niche, pilih nama blog menggunakan kata yang mencerminkan niche tersebut.

Contoh: myfunfooddiary, pergidulu, techcracky, dst.

  • Mudah dibaca dan diingat

Coba ucapkan nama blog incaranmu. Minta juga teman dan keluarga mengucapkannya. Apakah mudah dibaca? Mudah diingat? Satu huruf terlewat diketik dapat berpengaruh ke pembaca tidak jadi berkunjung ke laman blog maka pilih nama blog yang mudah dibaca dan diingat.

Contoh: mudah mana mengetik r4m4d4n.com atau ramadan.com?

  • Unik

Walau poin mudah dibaca itu penting, pilih nama blog yang unik karena tidak ada nama domain yang kembar di dunia maya ini.

  • Tidak terlalu panjang

Definisi tidak terlalu panjang ini belum ada patokan pasti tetapi saya pernah mendapat saran agar nama blog maksimal 3 kata. Kepanjangan juga membuat lama mengetik, hehe. 


Arti Nama Blog Helenamantra

Setelah menyimak 5 tips memilih nama blog di atas, lalu mengapa blog ini bernama Helenamantra?

Sayangnya ketika memilih nama blog, saya tidak mencari tahu terlebih dahulu tips nama blog. Haha ... udah asal aja pakai nama julukan yang menempel sejak masih SMA, Helenamantra. Itu karena blog ini akan berisi berbagai cerita saya, belum spesifik mau menulis tentang apa. 

Dulu, waktu awal memulai blog ini pada 2008 isinya seputar dunia anak kost. Mulai 2016 bertekad rutin ngeblog hingga membeli domain. Posisi sebagai orang tua baru membuat saya sering menuliskan cerita sebagai ibu. Jadilah isi blog ini beragam karena enggak tega menghapus tulisan lama (selama tidak mengandung aib, haha).

Syukurlah nama Helenamantra termasuk unik (memuji diri sendiri) bahkan teman-teman blogger ingatnya nama blog ini dibanding nama lengkap saya. Semoga saja tidak dikira blog berisi sihir dan semacamnya, ya. Hoho ....

Itulah sekelumit tips memilih nama blog. Semoga tercerahkan, ya, bukannya makin bingung memilih nama yang cocok. Kalau arti nama blogmu apa?

Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,