Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Buku Serial Solusi Sehat dan Cantik Teman yang Tepat untuk Ibu Hamil, Menyusui, dan Anak

Wednesday, January 18, 2023

“Skincare apa yang aman buat ibu hamil?” tanya seorang teman di WAG.


Berawal dari chat tersebut, yang lain saling menimpali dengan pengalaman merawat kulit selama kehamilan. Ada yang berjerawat, wajah breakout, ada pula yang tidak berani pakai skincare selama hamil khawatir berefek ke janin.


Beragam mitos kehamilan maupun disinformasi membuat para ibu enggan merawat kesehatan kulitnya padahal ibu hamil dan menyusui berhak tampil cantik. Ini momen istimewa, lho!


Alhamdulillah minggu lalu (14/10) saya menghadiri peluncuran buku dan talkshow serial “Solusi Sehat dan Cantik” karya dr. Tina, SpKK. Dua buku pertama membahas tentang ibu hamil, ibu menyusui, dan anak, berikut ulasannya.

 

Peluncuran Buku Serial Solusi Sehat dan Cantik

 

Saat hamil dan menyusui rasanya aktivitas ibu terasa padat. Enggak sempat merawat kesehatan diri apalagi dandan cantik. Waktu hamil takut salah pilih skincare dan kosmetik juga, kan. Yah, namanya ibu prioritas utama pada anak.


Namun, sesibuk apapun ibu, penting menyempatkan untuk me-time supaya re-charge diri semangat membersamai ananda. Alhamdulillah Sabtu, 14 Januari 2023 lalu saya mendapat izin me-time dari suami untuk hadir di book launch & talkshow serial “Solusi Sehat dan Cantik” di Kawasan SCBD, Jakarta. Sesekali gantian suami bersama anak-anak di rumah.


Peluncuran buku terasa begitu hangat, mengalahkan dinginnya AC dalam Soehana Hall. Keluarga dan para kolega hadir mendukung acara ini bahkan ada special piano performance oleh Feya Kalani Agiya, cucu dr. Tina. Belakangan saya menyadari cover dan isi buku ada yang menggunakan foto cucu beliau. Feya tersenyum manis di cover tersebut. *so sweet


Sebagai opening speech oleh anak dr. Tina, SpKK yaitu Giovanni Sakti Nugraha, ST, MBA yang menceritakan ibunya sangat rajin mencatat. Jika mau ulangan waktu sekolah dulu, Pak Gio belajar bersama ibu dari catatan tersebut. Saking lengkapnya, sampai-sampai guru mau meng-copy catatan itu. Buku yang launching ini merupakan rangkuman dari puluhan tahun dr. Tina, SpKK berkarir di bidang kedokteran.


Permasalahan kulit di tiap usia berbeda, perawatannya pun tak bisa disamaratakan. Hayo … siapa yang udah gede masih pakai sabun mandi bayi? Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV mengalami berbagai masalah kulit seperti jerawat saat remaja, eksim, serta alergi makanan tertentu. Masalah tersebut membuat beliau ingin menjadi dokter.


Dokter yang berpraktik di Klinik Utama Sakti Medika Tebet ini meluncurkan serial “Solusi Sehat dan Cantik” berupa buku supaya banyak orang dapat membaca dan mudah mengakses informasi yang tepat seputar kesehatan dan kecantikan.


“Ini merupakan impian saya sejak lama, agar dapat membagikan ilmu, bukan saja yang bersifat medis, tetapi juga banyak faktor yang berperan di sekeliling kita yang dapat berpengaruh terhadap timbulnya masalah pada kulit dan kelamin, bagaimana tata laksana sehari-hari dan edukasi yang tepat agar dapat mencegah terjadinya masalah atau gangguan pada kulit,” jelas dr. Tina, SpKK mengenai tujuan penulisan bukunya.

Saat ini dua buku sudah terbit yaitu buku “Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik” dan “Kulit Terawat Anak Sehat”. Selanjutnya bakal ada dua buku lagi yang mengupas kesehatan kulit remaja dan dewasa. Saya setia menanti buku untuk dewasa terutama bahas anti-aging, hehe.



Talkshow Serial Solusi Sehat dan Cantik


Tak hanya launching buku, acara ini juga diisi talkshow yang menghadirkan narasumber dr. Tina Wardhani Wisesa, SpKK (K), FINSDV, FAADV; dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA, MARS (dr. Tiwi, SpA); dan Caca Tengker dipandu MC Jean Girsang, S.Psi.

Pada sesi ini dr. Tina, SpKK mengingatkan kesehatan ibu hamil dan menyusui dapat dilakukan dengan:

  • Perawatan tepat dan rutin
  • Asupan gizi seimbang
  • Gaya hidup sehat
  • Boleh berolahraga dengan menyesuaikan kondisi supaya janin dan ibu sehat
  • Extra me-time karena ibu hamil dan menyusui berhak tampil cantik


Perawatan kulit anak juga tak kalah penting. Ibu-ibu mudah khawatir melihat kulit bayi memerah, gatal, atau cradle cap yang umum terjadi di kulit kepala bayi.


Caca Tengker menceritakan badan anaknya, Ansara, merah-merah saat bayi. Setelah tes alergi ternyata bayinya alergi kacang. Oh, pantas saja karena Caca suka makan ketoprak sementara ia masih menyusui.


Anak kedua Caca, Aruni, memiliki masalah kulit dermatitis atopik. Pada lipatan kulitnya merah-merah. Aruni juga alergi putih telur. Sedikit saja makan putih telur di awal MPASI maka wajahnya menjadi merah dan muncul bentol-bentol.


Saya juga sering mendengar pipi bayi merah itu karena alergi ASI. Ibu yang minim informasi bisa-bisa stop ASI padahal ASI kan penting untuk pertumbuhan bayi. Dokter Spesialis Anak, dr. Tiwi, SpA, mengingatkan pentingnya ASI eksklusif untuk bayi di 6 bulan pertama. Apapun keluhan pada kulit bayi, ASI tidak boleh dihentikan. Merah di pipi mungkin eksim.


Sesi tanya jawab pun berlangsung interaktif. Berbagai permasalahan kulit ditanyakan oleh para undangan. Mumpung ketemu pakarnya bisa langsung konsultasi.


Salah satunya mengenai pemberian minyak telon pada bayi. Sehabis mandi biasanya minyak telon dibalur ke seluruh tubuh bayi. Alasannya supaya mencegah masuk angin. Namun, ada bayi yang tidak tahan dengan minyak telon, alih-alih membuat hangat malah kulit memerah. dr. Tina, SpKK menyarankan minyak telon dapat dioleskan ke telapak kaki kemudian menggunakan kaos kaki supaya hangat.


Baca juga: Melahirkan Normal di Rumah Sakit dengan BPJS

 

Buku Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik

 

Buku Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik (dok. pri)

Sepanjang perjalanan pulang saya membaca buku ini, mumpung bisa tenang duduk di bus.

Buku Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik karya dr. Tina, SpKK membahas:

  • perubahan tubuh ibu hamil,
  • mengenali kulit termasuk rutinitas menjaga kesehatan kulit,
  • mitos dan fakta seputar kehamilan,
  • gangguan kulit di masa kehamilan,
  • gangguan kulit pasca persalinan dan masa menyusui, serta
  • tips perawatan wajah bumil dan busui yang dapat dilakukan di rumah.


Menurut saya buku ini menarik karena full color, menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami, clean layout, informasi dalam satu halaman tersusun rapi, tidak terlalu padat sehingga nyaman dibaca, dan disertai foto-foto pendukung yang memudahkan saya memahami istilah medis.


Buku ini cocok menjadi panduan menemani ibu hamil dan menyusui supaya tetap sehat dan glowing.


Baca juga: Skincare yang Aman untuk Ibu Menyusui


Buku Kulit Terawat Anak Sehat

Buku Kulit Terawat Anak Sehat (dok. pri)


Menjelang tidur, saya lanjut membaca buku kedua yaitu Buku Kulit Terawat Anak Sehat. Membaca buku tentang perawatan kulit anak karya dr. Tina, SpKK ini membuat saya banyak berkomentar, “Oh waktu itu Uno pernah begini,” dan “Oh pantesan anakku dulu begitu,” juga “Oh harusnya seperti ini.”


Buku Kulit Terawat Anak Sehat membahas:

  • berkenalan dengan kulit anak,
  • bayi baru lahir,
  • gangguan kulit yang sering terjadi pada anak termasuk haruskah tes alergi,
  • perawatan kulit bayi,
  • perawatan kulit anak, dan
  • hubungan kesehatan kulit dengan kecerdasan anak.


Sama dengan buku sebelumnya, buku ini juga full colour dengan banyak gambar pendukung. Foto-foto gangguan kulit sangat memudahkan saya memahami istilah medis penyakit tersebut. Bahasa Indonesia yang digunakan juga mudah dipahami. Ditambah lagi pada bagian akhir buku terdapat kamus istilah.


Pada bab gangguan kulit yang sering terjadi pada anak dijelaskan penyebab penyakit tersebut, gelaja, cara mengatasi yang dapat orang tua lakukan secara mandiri, dan kondisi kapan harus ke dokter. Menurut saya bagian ini membantu orang tua untuk dapat mengukur apakah penyakit tersebut perlu dibawa ke dokter atau tak perlu khawatir karena bisa ditangani sendiri dengan self-treatment.

Buku-buku ini dapat dibeli melalui online di gerai.kompas.id, www.gramedia.com, Tokopedia Harian Kompas, Shopee Harian Kompas, juga di toko buku Gramedia, dan Klinik Utama Sakti Medika.


Buku serial “Solusi Sehat dan Cantik” karya dr. Tina, SpKK cocok menjadi teman ibu hamil, ibu menyusui, hingga masa-masa merawat anak. OK banget dijadikan kado untuk ibu hamil maupun melahirkan supaya lebih memahami kondisi kulitnya dan mengurangi kekhawatiran akan mitos yang beredar.

45 comments on "Buku Serial Solusi Sehat dan Cantik Teman yang Tepat untuk Ibu Hamil, Menyusui, dan Anak"
  1. Wah, buku yang menarik, informatif dan berguna sekali bagi orang tua. Menurutku gak cuma seorang Ibu yang perlu baca buku beginian. Seorang Ayah pun perlu juga untuk belajar hal-hal begituan untuk bisa memberikan bantuan dan perhatian yang cukup, baik dan benar baik kepada Ibu dan juga kepada Anak.

    Thanks for sharing Kak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah cocok!
      ayah jadi tahu treatment yang tepat untuk ibu dan anak supaya makin sehat dan cantik.

      Delete
  2. Memang dari tulisan di atas, dua buku tersebut terlihat menarik juga. Ini juga sekaligus bisa menambah minat literasi bagi ibu, eh, ayah juga ding. Kan kalau keduanya sama-sama tahu, lebih bagus toh. Ya toh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayah jadi tahu apa yang cocok untuk perawatan kesehatan kulit istri dan anak. Good!

      Delete
  3. Buku yang penting untuk dibaca para ibu nih biar nggak terjebak mitos, terutama yang berhubungan dengan kulit. Aku bisa bayangin struggle-nya para ibu yang ketika hamil kulitnya jadi 'jelek' karena pengaruh hormon dan bingung bagaimana menghadapinya. Semoga dengan kehadiran buku ini, para ibu nggak bingung lagi dan bisa memberikan perawatan yang tepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hamil, badan makin gede, kulit wajah breakout, duh rasa PD hancuuur ...
      dengan buku ini insya Allah jadi panduan untuk para ibu hamil.

      Delete
  4. Senangnya hamil dan menyusui zaman now itu udah ada banyak buku dan juga social media yang bisa dijadikan acuan atau semacam kamus besar saat mengurus anak ya, termasuk buku yang satu ini juga. Calon orang tua dan mereka yang udah jadi ortu juga nih kudu baca bukunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbak, lewat buku untuk ibu hamil dan menyusui ini jadi mudah diakses juga khususnya untuk daerah yang susah internet.

      Delete
  5. Hasil karya dr Tina memang sangat bermanfaat sekali untuk para ibu hamil merawat dirinya supaya biar tetap cantik dan mempesona jadi lebih tahu lagi treatment yang tepat

    ReplyDelete
  6. Masyaallah buku bagus ini banyak edukasi dan informasi tentang kulit dan kesehatan. Appalagi penulisnya dokter spesialis. Makin berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah penulisnya sudah kaya pengalaman dan ilmu yaa

      Delete
  7. keren deh bu dokter sudah menghasilkan dua buku sesuai keahliannya. bagus nih karyanya untuk kado, ya.

    ReplyDelete
  8. Wii acara book launch nya super seru mbaa, ini tuh mengupas banyak hal tentang kulit dan saat in baru release untuk kesehatan kulit busui, bumil dan juga si Kecil itu sendiri. Karena saat hamil atau pasca melahirkan, kondisi kulit pun akan berubah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes Grandys. Nanti kalau hamil perlu baca buku ini yaa. Aamiin.

      Delete
  9. Buku yang sangat menarik dan harus dibaca nih, secara tiap Ibu, wanita pengen cantik dan sehat, saat kapan pun termasuk saat hamil dan menyusui yang mana biasanya kita takut untuk melakukan perawatan seperti saat normal. Hmm, di buku ini jadi bisa menemukan solusi untuk itu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bumil ga perlu takut merawat kesehatan dan kecantikan kulitnya lagi. Ada panduan di buku karya dr. Tina.

      Delete
  10. suka banget kalau ada peluncuran buku tema hamil dan menyusui, zaman aku dulu susah banget cari buku dan bacaan tema parenting, jauh toko buku dari rumah, sekarang terbantu deh ya kalau bukunya lengkap begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. zaman dulu belum familiar jual beli online sih yaa
      kalau sekarang alhamdulillah makin mudah mencari referensi buku untuk ibu hamil dan menyusui.

      Delete
  11. Hiks
    Kok saya mupeng banget ini mau baca
    Punya planning ada buku solo selama 2023 ini
    Bukunya menarik dari cover aja bikin penasaran tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah iya mbak Amma kan punya bayi, cocok punya buku dr. Tina ini nih.
      bisa beli online, lho, atau ke Gramedia.

      Semoga terwujud yaa buku solo 2023.

      Delete
  12. Hehehe... aku mbak, sampai jaman kuliah masih suka pakai sabun bayi, bahkan sampai sekarang juga masih suka pakai bedak bayi.

    Bagus ini buku-bukunya, banyak ilustrasi di dalamnya, jadi nggak bosan ya baca teks panjang-panjang. Apalagi ditulis seorang dokter, berdasarkan pengalaman dan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan ... akupun masih pakai sabun bayi apalagi kalau kulit kering. Eh ternyata tiap usia punya sabun sendiri-sendiri, heheh.

      Delete
  13. tiap kali ada hal baru dan ilmu yang seharusnya aku tau dari dulu kayak gini tuh suka ngebatin, kenapaaa baru ada sekaraanngg, ahaha.

    tapi ya emang udah Qadarullah lah ya. sekarang tapi jadi kagum sama orang2 yang mau memeberi manfaat gini. soalnya insyaAllah manfaatnya besar banget buat banyak orang. aku aja kayanya mau banget nih buku yang perawatan kulit anak.

    Yaampun, semoga bukunya bisa jadi buku yang dikenal banyak masyarakat, jadi banyak juga yang ngerasain manfaatnya.

    *semangat sendiri baru tau ada buku yang bermanfaat kayak gini, wakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Helpful mbak, aku suka baca buku yang perawatan kulit anak karena menjawab keresahanku. Ada beberapa penyakit kulit yang pernah dialami anakku terjawab di buku dr. Tina ini.

      Delete
  14. Iya nih penggunaan minyak telon masih dianggap wajib karena udah kebiasaan dari turun temurun, padahal harus lihat kondisi kulit si baby

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak mendengar penjelasan dr. Tina, aku stop penggunaan minyak telon ke anakku yang sulung karena selama ini ia mengeluh kepanasan. Berarti memang enggak cocok yah.

      Delete
  15. Jadi ada ide kado buat ponakan yang lagi hamil akutuu..buku serial Solusi Sehat dan Cantik karya dr. Tina, SpKK Yang bisa jadi bestie bagi ibu hamil, ibu menyusui, hingga masa-masa merawat anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok, cari di Gramedia atau online juga ada, Mbak Dian. Semoga bermanfaat.

      Delete
  16. Banyak emak emak hamil pada gak PD karena hormon dan kulit juga beubah.jafi wajib baca kedua buku ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya Mpo, semoga jadi tahu cara merawat kesehatan lebih baik selama kehamilan dengan membaca buku ini.

      Delete
  17. Bukunya menarik itu aku dulu awal.hamil sukaa kalap belanja buku serba serbi hamil dan seputar perawatan kulit buat bumil.

    ReplyDelete
  18. Bukunya mrnarik dan lengkap informasinya jd wajib banget bumil dan busui baca ya. Kalo aku jaman hamil dlu rambut rontok para begitu lahir lumayan kurang. Tp pas hamil wajah kliatan mulus banget ga ada jerawat soalnya aku selalu jerawatan klo mens. Jd 9bulan tu bebas jerawarlt bahagiaa hahahah

    ReplyDelete
  19. Waaaaww 😁😍 ini kereen bngt konsep launching bukunya kerennnn dan pastinya ini buku super duper bergiziii yak.
    Kudu ikutan baca nih.
    Karena sangat sarat manfaat ya

    ReplyDelete
  20. Berhubung sudah ga ada rencana punya baby lagi, ketika baca review ini aku mikirnya, wah bagus nih ntar buat menantu. Gubraaaaaksss...anak2 cowok paling gede aja baru ABG uda kepikiran beliin mantu. Jauuuuhnyaaaa maaaak... Kayaknya paling deket tuh ya kado buat temen lah ya hahahaha. Baca artikel ini jadi merasa recall ingatan lama ketika anak-anak batita. Sempat dong, ngalamin anak ruam, anak alergi dan sebangsanya. Aku sudah lupa kalau makanan ibu yg masih meng-ASI-hi bisa berdampak kalau anak alergi zat tertentu. Sedih ya kalau sampai gara2 ini si Ibu stop ASI (karena dia nggak ngerti).

    ReplyDelete
  21. Buku yang bisa membuka pandangan lain tentang kesehatan kulit pada saat hamil nih.

    Juga ada pengetahuan tentang pentingnya kesehatan kulit anak yang berkaitan dg kecerdasan anak.

    Para Moms harus punya ini buku nih.

    ReplyDelete
  22. Keren banget ya Dokter Tina tak hanya praktik dokter tapi juga produktif menulis buku yang bermanfaat untuk para ibu dan bayi balita. Acara peluncuran bukunya meriah dan bergizi yaa..

    ReplyDelete
  23. Nah, baru tahu ada bayi alergi minyak telon ya. Pastinya ortu pengen yang terbaik untuk anak dan mendapatkan ilmu seperti ini akan membantu banget ya

    ReplyDelete
  24. Buku yang menarik ya. Kalau di desa, kadang tuh penampilan Ibu jadi tanda jenis kelamin anak. Mitosnya sih gitu

    Kalau aku, maunya tetap terlihat cantik dan sehat sih

    ReplyDelete
  25. Suka sekali deh sama orang2 yang peduli sama kesehatan ibu dan anak
    Bukunya bagus dan membantu banget ibu hamil untuk mengenali diri dan kondisinya saat hamil

    Ibu2 jadi punya rujukan deeh,
    Jadi inget aku dulu suka bingung jni itu karena banyak bgt omongan tp ga tau mana yg bener

    ReplyDelete
  26. Bukunya bisa untuk kado kenalan yang sedang hamil ya mba, isinya bermanfaat dengan informasi penting seputar kehamilan. Menjadi edukasi yang penting buat kita juga. Jadi ingat dulu aku pun suka membalur tubuh anakku dengan minyak telon. Ternyata ada yang alergi minyak telon yaa

    ReplyDelete
  27. Kalau lihat ada launching buku buat mamah2 gini mba, rasanya aku tuh pengen segera beli. Mau aku jadiin kado buat saudara dan sahabat terdekat, hehehe ...

    ReplyDelete
  28. Waaahh!! Jadi pingin punya bukunya juga. Bagus isinya. Sangat mengedukasi biar ibu hamil dan menyusui nggak was-was lagi kalau mau perawatan skincare. Besok meluncur ke toko buku, ah.

    ReplyDelete
  29. Semacam bukit saku sebelum jadi orangtua ya mba. Asik deh bisa kembali ke event2 offline lagi.. 🥳

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,