Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Membaca Buku dan Bermain di Taman Literasi Martha Tiahahu, Jakarta Selatan

Wednesday, January 25, 2023
Mengenalkan kebiasaan baik membaca pada anak dapat dilakukan sambil bermain di taman, salah satunya Taman Literasi Blok M. Selain area bermain, Taman Literasi Martha Tiahahu dilengkapi koleksi ribuan buku yang bisa diakses secara gratis. Yuk, simak ada apa saja di Taman Literasi Jakarta Selatan.


Cara Agar Anak Gemar Membaca


Tingkat literasi Indonesia berada di peringkat 10 terbawah dari 70 negara berdasarkan survei PISA yang dirilis OECD pada tahun 2019. Salah satu penyebab rendahnya tingkat literasi karena kendala akses buku.

Berdasarkan survei Alibaca (2019), 15 provinsi di Indonesia memiliki indeks akses yang sangat rendah bahkan DKI Jakarta, yang tertinggi, masuk kategori sedang. Selengkapnya pernah saya ulas di Literasi Membaca di Indonesia.

Syukur alhamdulillah saya tinggal di Jakarta yang mudah mengakses buku-buku berkualitas. Tak harus beli, saya dan anak-anak secara berkala berkunjung ke perpustakaan-perpustakaan di Jakarta.

Kebiasaan berkunjung ke perpustakaan dan membaca nyaring bersama anak menjadi cara menumbuhkan kegemaran membaca pada anak.

Tak hanya menyuruh anak membaca tetapi kita juga memberi contoh sering membaca buku di depan anak. Membaca merupakan aktivitas yang menyenangkan, bukan hanya membaca buku pelajaran untuk keperluan sekolah.


Kebiasaan baik membaca buku sejak dini ternyata berdampak besar pada proses belajar membaca anak. SID lebih mudah belajar membaca saat TK. Ia belajar membaca tanpa mengeja. Alhamdulillah.


Ada Apa Saja di Taman Literasi Martha Tiahahu?


Taman Literasi Martha Tiahahu menjadi taman di Jakarta yang baru selesai direvitalisasi pada September 2022 lalu. Lokasinya di kawasan Blok M, tepatnya di antara Blok M Square dan Blok M Plaza

FYI, nama taman literasi ini diambil dari nama pahlawan wanita Indonesia. Martha Christina Tiahahu adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia asal Maluku yang lahir pada tahun 1800. Di usia 17 tahun ia memimpin pasukan melawan penjajah di pulau Nusalaut, Maluku.

Berbeda dengan taman-taman lain di Jakarta, Taman Martha Tiahahu disebut taman literasi kaerna dilengkapi dengan koleksi ribuan buku (fisik maupun digital), perpustakaan, dan juga tempat membaca yang nyaman. Diharapkan taman seluas 9.710 m2 ini menjadi tempat menambah literasi yang mudah diakses warga.

Perpustakaan Taman Literasi



Di Taman Literasi Martha Tiahahu, kita dapat membaca buku di perpustakaannya. Ruang perpustakaan tidak terlalu luas tetapi nyaman dengan AC, kursi, meja untuk co-working space. Di ujung perpustakaan, dekat rak buku anak, terdapat bean bag.

Pengunjung bisa langsung masuk perpustakaan, registrasi, lalu menitipkan tas di rak/loker yang tersedia.

Kami pun mengambil tempat di dekat rak buku anak. Kebetulan kursi-kursi lain sudah terisi. Anak-anak langsung asik memilih buku kemudian membacanya sambil duduk di bean bag.


SID senang menemukan koleksi Lima Sekawan dan komik WHY? Kesukaannya. Sementara si Uno membaca buku-buku bayi terbitan Rabbit Hole. Oh ya, buku-buku di perpustakaan ini hanya untuk baca di tempat, ya.

Selain buku, ada juga mainan kayu edukasi yang bisa dimainkan anak. Wah, ini seperti mainan kesukaan Uno di Perpustakaan Jakarta.


Amphitheatre dan Outdoor Area


Selain dalam area perpustakaan, kita juga bisa membaca di area outdoor lantai satu dan dua. Di sana-sini ada banyak pohon namun saat itu cuaca lumayan terik sehingga kami lebih memilih mendinginkan diri di dalam perpustakaan.

Berseberangan dengan lokasi perpustakaan terdapat lemari buku besar dari Jakarta Book Hive. Pengunjung bebas meminjam buku bahkan bisa membacanya di rumah asalkan ingat mengembalikan ke Book Hive manapun, tidak perlu di tempat yang sama. Kalau punya buku yang mau didonasikan juga bisa meletakkannya langsung di Jakarta Book Hive.

Di bagian tengah Taman Literasi terdapat amphitheatre dan tempat duduk yang melingkar. Kalau melihat foto-foto kegiatan di sana, amphitheatre yang dikelilingi kolam ini menjadi tempat berbagai acara penting seperti peresmian dan konser.

Tempat Bermain Anak


Tak hanya tentang membaca buku, Taman Literasi memiliki area permainan yang disebut Plaza Anak. Ada mainan berputar, area panjat dinding, titian, dan ruang bersantai di belakang dinding wall climbing.

Arena bermain di Taman Literasi tak terlalu luas tetapi anak-anak betah banget main di sana. Dua jam lamanya kami main di taman hingga azan dhuhur.

Mushola dan Toilet


Alhamdulillah Taman Literasi dilengkapi oleh mushola. Sempat bingung di mana mushola karena bentuknya unik eh ternyata dari perpustakaan belok kiri turun tangga. Letaknya tepat di samping toilet.


Cara Menuju Taman Literasi Naik Transportasi Umum


Lokasi Taman Literasi Martha Tiahahu sangat strategis di Jakarta Selatan. Kami Taman Literasi naik bus Transjakarta jurusan Blok M kemudian turun di halte terakhir yaitu terminal Blok M.

Dari Terminal Blok M, kami turun busway hingga masuk ke Blok M Square yang menjual aneka pakaian dan aksesoris HP. Lalu kami keluar Blok M Square dan berjalan ke arah Blok M Plaza tetapi tidak sampai menyeberang. Taman Literasi ada di sisi kanan.

Rupanya ada cara lain yang lebih mudah yaitu tidak perlu keluar Blok M Square. Jalan saja ke arah kanan melewati deretan toko (banyak yang sudah tutup, sepi banget). Sampai di ujung ada tangga ke atas menuju Circle K. Taman Literasi ada di sebelah kanan setelah keluar dari tangga.

Selain bus Transjakarta, pengunjung juga bisa naik MRT turun stasiun Blok M. Pintu MRT (E atau F) sangat dekat dengan Taman Literasi.

Taman Literasi Martha Tiahahu dapat dikunjungi tanpa perlu reservasi seperti Tebet Eco Park. Taman ini buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai 20.00 WIB. Terkadang ada acara menarik di taman, infonya bisa cek di Instagram @tamanliterasi.jkt.

Baca juga: Belajar Membaca untuk Anak TK

Taman Literasi Martha Tiahahu dapat menjadi tujuan wisata edukasi bersama keluarga. Di sini kita bisa membaca buku di perpustakaan, area outdoor, dan juga mengajak anak-anak bermain di Plaza Anak. Mau berkunjung ke sana?


Taman Literasi Martha Tiahahu

Jl. Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

Instagram @tamanliterasi.jkt
2 comments on "Membaca Buku dan Bermain di Taman Literasi Martha Tiahahu, Jakarta Selatan "

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,