Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Tips Berkunjung Ke Tebet Eco Park Bareng Anak-Anak

Saturday, December 24, 2022

Alhamdulillah jadi juga saya dan anak-anak mengunjungi Tebet Eco Park di Jakarta yang viral itu. Sempat ditutup karena pengunjung membludak, kini Tebet Eco Park sudah kembali dibuka dengan sistem yang lebih rapi. Sebelum ke sana, baca dulu tips berkunjung ke Tebet Eco Park bareng anak-anak berikut ini.


tebet eco park
Arena bermain di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan

Tebet Eco Park Pasca Revitalisasi


Tebet Eco Park (TEP) merupakan taman kota di Jakarta Selatan sebagai ruang terbuka hijau yang telah direvitalisasi. Taman seluas 7,3 hektare ini awalnya merupakan dua taman terpisah, yaitu Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Kini kedua taman tersebut telah menjadi satu taman terpadu yang mengusung konsep harmonisasi antara fungsi ekologi, sosial, edukasi dan rekreasi.

Waktu SID balita, kami pernah sekali berkunjung ke Taman Tebet Utara dan Selatan. Tempatnya begitu rindang dengan pohon-pohon besar di tengah kota Jakarta. Sayangnya beberapa mainan sudah rusak, berkarat, dan banyak coretan.

Setelah Tebet Eco Park tuntas dipugar, bulan ini kami berkunjung ke sana. Tamannya jauh lebih tertata, rapi, bersih, dan banyak petugas berjaga.

Ngomongin petugas, waktu kami mau menyeberang jalan sepulang dari Tebet Eco Park, seorang petugas sigap membantu menyeberangkan. Pergi dengan dua anak kan lumayan ya kudu pegang kanan kiri sambil perhatikan jalanan sebelum menyeberang. Terima kasih, ya, Pak!

Selain itu melihat banyaknya petugas yang berjaga jadi terasa lebih aman. Saya teringat pengalaman buruk teman bloger, Mbak Dian, pernah kena tipu di sini. Dia seperti digendam, tidak sadar malah berjalan menjauh dari pintu Tebet Eco Park lalu HP-nya dijambret. Alhamdulillah ia dan kedua anaknya selamat. (Baca ceritanya dengan klik di sini). 

Permainan Anak di Tebet Eco Park

Tujuan utama kami main ke Tebet Eco Park ya ke playground-nya. Saya FOMO deh melihat postingan area permainan anak di Tebet Eco Park wara-wiri di linimasa. Haduh ... cakep banget dan luas. Berasa playground di Singapore! *kayak tahu aje 😆

Begitu masuk ke TEP, saya langsung bertanya ke petugasnya di mana area bermain anak. Mas petugas memberi arahan dari pintu masuk Plasa Utara ke kanan, naik tangga berputar ke jembatan oranye, lalu ikuti jembatan tersebut hingga ujung. OK!

Saat itu matahari terasa terik. Uno agak rewel walau sudah pakai topi. Ia minta digendong selama menyeberangi jembatan. Baique ... saya pun olahraga angkat beban sambil menyusuri jembatan oranye tersebut.

Hampir sampai di ujung, kami melihat arena permainan anak dari atas. Wow ... anak-anak mulai excited dan melupakan cuaca panas. Kami pun mempercepat langkah menuju children playground.

Playground sudah di depan mata tapi kami harus melewati jembatan goyang. Anak-anak sempat ragu melihat bagian bawah jembatan terbentang kali, khawatir jatuh. Bismillah ... sambil berpegangan tangan dan berjalan perlahan kami pun sukses mencapai ujung jembatan.

tiket tebet eco park

Dan inilah children playground di Tebet Eco Park ....

cara reservasi tebet eco park
berani masuk ke mulutku?

Buaya cokelat menjadi area bermain iconic khas TEP. Anak bisa masuk ke mulut buaya, memanjat di dalamnya menuju bagian punggung buaya, dan meluncur melalui perosotan. Hati-hati, ya, kalau mau keluar lewat pintu samping badan buaya karena pintunya rendah. Kepala saya kejedot, aww sakit!

Di sepanjang ekor buaya juga terdapat poin panjat. So, selain memanjat lewat dalam buaya, bisa juga melalui bagian luarnya.

Selain itu ada arena bermain trampoline dengan 1 trampoline besar dan 3 trampoline kecil. Saya udah ikutan lompat-lompat di sini eh begitu lihat papan petunjuk ternyata trampoline dikhususkan untuk anak hingga 12 tahun. Pantas saja saat ada seorang bapak melompat bersama anaknya, ada petugas yang mengingatkan.

Banyak area memanjat dan meluncur di sini. Anak-anak berulang kali naik - turun mencobanya. Uno yang masih 3 tahun pun lancar naik hingga ke bagian atas lalu memilih meluncur di terowongan tertutup.

jam buka tebet eco park
memanjat dan meluncur

Di samping itu, ada arena ketangkasan berjalan di titian balok. Permainan ini sepertinya lebih cocok untuk anak SD ke atas. Bagi anak yang lebih muda perlu ditemani supaya percaya diri melewati titian demi titian seperti ninja warrior.

taman di jakarta selatan
latihan jadi ninja warrior

By the way, selain permainan yang di atas, ada juga area permainan untuk anabul alias anak bulu. Di bagian Pintu Selatan Tebet Eco Park terdapat Pet Park. Pengunjung bisa membawa hewan piaraan bermain di pet friendly Pet Park ini. Saat ini pet friendly area di TEP hanya di Pet Park jadi belum bisa jalan-jalan keliling Tebet Eco Park sambil bawa anabul.



Cara Berkunjung ke Tebet Eco Park Harus Reservasi Online

Tebet Eco Park buka setiap hari dan gratis tetapi sebelum berkunjung, kita perlu melakukan reservasi melalui apps JAKI. Tak ada batasan domisili harus KTP Jakarta, bebas kok.

Cara berkunjung ke Tebet Eco Park:
1. Buka aplikasi JAKI di smartphone.
2. Scroll ke menu "Ruang Ketiga"
3. Klik "Daftar Sekarang" di menu Tebet Eco Park.
4. Isi formulir dengan lengkap termasuk memilih jadwal kunjungan mau sesi 1 (pukul 07.00 - 11.00 WIB) atau sesi 2 (pukul 13.00 - 17.00 WIB). 
5. Simpan QR Code kunjungan dan tunjukkan pada petugas di pintu masuk.

Kapasitas pengunjung di hari Senin - Jumat 4.000 orang sementara Sabtu - Minggu 5.000 orang per sesi.



Transportasi Umum ke Tebet Eco Park

Tebet Eco Park terletak di antara pemukiman warga. Awal dibuka pasca revitalisasi, warga sekitar sempat protes karena jalanan di sana menjadi macet. Warga susah keluar rumah karena bagian depan rumah menjadi tempat parkir pengunjung TEP.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi disediakan lahan parkir di dekat Pintu Selatan TEP. Tempat parkir ini lumayan jauh dari pintu masuk TEP yang berada di Pintu Utara.

Saat ke sana, kami menggunakan taksi jadi bisa langsung drop off di Pintu Utara. Pulangnya pun kami lewat pintu yang sama padahal cerita dari teman yang sebelumnya berkunjung, masuk lewat Pintu Utara dan keluar lewat Pintu Selatan.

Di setiap Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, Taman Tebet Eco Park menerapkan zona rendah emisi. Jadi, kendaraan yang bukan milik warga sekitar, sepeda, dan angkot tidak boleh melintas atau parkir di sekitar Tebet Eco Park.

Trus gimana? Ini opsi naik transportasi umum ke Tebet Eco Park:

  • Naik KRL turun stasiun Tebet lanjut naik mikrotrans JAK-18 jurusan Kalibata - Kuningan.
  • Naik mikrotrans JAK-43 (Tongtek - Cililitan).
  • Naik KRL turun stasiun Cawang lalu berjalan kaki sekitar 1,1 km atau lanjut naik mikrotrans JAK-43.
Ada juga yang memberi saran untuk parkir motor di Pasar Tebet Barat lalu berjalan kaki. Lokasi Pasar Tebet ke TEP tidak terlalu jauh.



Tips Bawa Anak ke Tebet Eco Park

Capek ... panas ... tapi kami bersenang-senang selama bermain di Tebet Eco Park. Capeknya karena TEP 7,3 hektar itu luas, ya, bun, apalagi bawa anak-anak dengan cuaca Jakarta yang aduhai. Hihi ....

Buat kunjungan selanjutnya bisa coba tips bawa anak ke Tebet Eco Park berikut ini:

  1. Membawa bekal makanan dan minuman. Di TEP boleh bawa snack sampai makanan berat. Mau BBQ-an sambil piknik pun bisa. Bahkan ada area khusus untuk BBQ-an, cukup meminta izin ke pengelola di Ruang Informasi Plaza Utara. Jaga kebersihan, ya.
  2. Kalau enggak sempat membawa bekal, sudah tersedia booth makanan dan minuman di Plaza Utara dekat pintu masuk. Kebetulan kami hanya bawa air putih jadi sempat membeli burger (25k) dan jus (20k) di sini. Pembayaran bisa menggunakan tunai maupun non-tunai di kasir.
  3. Pakai topi dan kacamata hitam supaya enggak silau, men!
  4. Membawa stroller supaya lebih nyaman berkeliling area TEP. Ini pelajaran saat Uno sempat rewel sementara saya enggak bawa stroller. Jadilah saya latihan angkat beban, ugh!
  5. Toilet yang saya temui ada di Plaza Utara, sebelah kiri pintu masuk. Selama berjalan ke arah children playground, saya belum menemukan toilet. Khawatir saat bermain trus kebelet pipis lumayan itu jalannya. So, sebaiknya tawarkan anak ke toilet sebelum bermain.
tempat makan di tebet eco park
Enak, lho, burger di TEP. Juicy!

Walau lelah sampai kepala kejedot dan kaki kepentok selama bermain di TEP, saya bahagia bisa mengajak anak-anak bermain di sana. Senang melihat ada taman yang proper di Jakarta. Taman yang dikelola dengan baik untuk tempat rekreasi keluarga. Gratis pula!

So, liburan sekolah kali ini mau berkunjung ke Tebet Eco Park? atau mau berwisata literasi ke perpustakaan ramah anak di Jakarta? Selamat berlibur!


Tebet Eco Park


pintu masuk tebet eco park

Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820

Instagram @tebetecopark
50 comments on "Tips Berkunjung Ke Tebet Eco Park Bareng Anak-Anak"
  1. Kalau sama balita, emang baiknya bawa stroller ya mbak. Lumayan luas lho itu 7,3 hektar, kan capek juga mesti gendong anak kalau dia ngambek nggak mau jalan karena kecapekan.

    Buaya coklatnya menarik banget ya, Jadi masuk mulut buaya itu nggak bahaya ya, tapi menyenangkan. Asal buayanya yang ada di Tebet Eco Park

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaa mulut buaya yang ini aja
      eh ada telur buaya juga tapi ga kefoto

      Delete
  2. wah seru pastinya nih ngajak anak-anak rekreasi ke taman ini pas hari libur. biaya masuknya juga murah ya, mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan murah, gratis malah, mbak.
      bawa rombongan keluarga besar piknik bareng di sini mantul!

      Delete
  3. Aku sampai saat ini belum kesampaian juga main ke Tebet Eco Park :) Sempat sih beberapa waktu melewatinya pas kebetulan lagi hangout di sekitar Tebet cuma belum tahu cara masuknya gimana hihihihihi :D Ternyata dibatasi ya ada sesi-sesi tertentu. Sppaya ga terlalu ramai kayaknya. Bagus ini taman yang indah dengan playground menarik buat anak2.

    ReplyDelete
  4. Terlihat bersih, rapi, dan nyaman. Cocok buat tempat bermain outdoor anak-anak, ya. Kalau lagi musim hujan gini, mainan jadi basah, apakah tetap aman buat bermain?
    Btw, tempat manjat dan merosot itu, tampak seperti pakai rumput sintetis. Atau rumput asli tampak seperti sintetis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh yang perosotan itu sintetis, mbak
      kalau rumput aslinya banyak di sekitar taman, heheh

      Delete
  5. Sepi ya, aku pikir bakal rame banget lhooo liburan sekolah. Tahu gini jadi mau ke Tebet Eco Park juga nih. Apalagi anak-anakku lagi suka ngider dan eksplorasi. Tamannya bagus dan banyak permainan playground. Asyik nih. Semoga nanti bisa kesana hehe..

    ReplyDelete
  6. Aku mau review Tebet Eco Park nih kok ya ngga jadi2 sih ah. Kalau di Malang dih banyak eco park sama playground gini, masuknya juga bebas aja hahaha. Waktu ke sini aku juga dadakan instal JAKI. Tapi seru lho di Jakarta ada kek ginian. Makanya pasti nge bludak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya ya di Malang malah banyak dan free
      di Jakarta banyak juga sih tapi seperti RPTRA gitu kan tidak terlalu luas

      Delete
  7. Enaknya ke TEP pas weekdays nih, suepiii, hehehe.
    Tapi memang jadi keren banget, luas dan beneran sebagus itu. Weekend walaupun ramai, sekarang lebih tertib, mungkin ya karena harus daftar dulu itu dan parkirnya juga agak jauh sih yaa 😊

    ReplyDelete
  8. Asyik banget, banyak permainan di Tebet Eco Park. Kalau dekat sana, kumau juga datang. Catet buat reservasi online dulu biar kebagian waktu berkunjung sesuai keinginan

    ReplyDelete
  9. Waaah...bagaimana otot mb helena sekarang setelah latihan angkat beban di taman tebet? Hihihi.. emak2 emang kudu setrong yaa..

    Aku naksir buayanya #eh😅😅😅
    Keren deh.. pas bagian cara masuk ke taman, aku sekilas baca "ruang ketiga" sbg "orang ketiga"...hedeeeeeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOL, jangan dong ah pake orang ketiga segala

      iya lumayan nih mbak 2023 six pack latihan angkat beban bawa anak balita

      Delete
  10. Sama kayak mba Nurul, aku juga belum pernah ke Tebet Eco Park. Pengen juga ajak anak kesana. Tempatnya luas banget. Tapi buat anak jadi aktif berekplorasi ya mba. Makasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  11. Kereen banget mana murah meriah tiket masuknya. Berharap ada banyak taman wisata murah meriah spt ini dah sejukkk.

    Semoga dipelihara dengan baik dan pengunjung ikut menjaga kebersihan

    ReplyDelete
  12. Seru tempat bermain yang makin bertambah saat ini di kota-kota besar. Tapi Tebet Eco Park ini paling keren sih dengan fasilitas bermain yang beragam. Yang oke juga ada booth tempat jualan makanan dan minuman, kalo nggak bawa bekal ya udah tinggal jajan aja ya

    ReplyDelete
  13. Buaya coklatnyaan baguss mbaa hehehe. Playground seluas itu ada ditebet coba? Kudu hadir ini,tempatnya bersih dan baguss bangett :). Tapi emang iya,wajib pakai pelindung kepala kalau panas,mengingat cuaca jkt ya :)

    ReplyDelete
  14. wow menyenangkan banget nih ngajak anak-anak buat main di Tebet Eco Park, udah cantik-cantik isinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Anak-anak pasti betah kalau ada di sana. Puas banget apalagi pas hari libur gitu ya

      Delete
  15. Pengen banget nih ke Tebet Eco Park belum juga kesampaian. Apalagi sekarang musim hujan. Banyak permainan yang melatih keberanian anak ya. Well, next year alias bulan depan ya aku kesana deh

    ReplyDelete
  16. Waktu aku ke Tebet memang bingung sih mau parkir di mana, karena kendaraan umum saja yang bisa melintas, dan itu pun terbatas

    jadi sebaiknya ya naik KRL dan turun jalan kaki dikit, keren ya konsepnya Ecopark Tebet ini

    ReplyDelete
  17. seneng banget itu anak2 bisa ke sana main main
    anakku malah belum pernah ke sana, kapan ya bisa ke tebet

    ReplyDelete
  18. Ooh, aku baru tahu masuk Tebet Eco Park harus daftar di JAKI. Supaya terkontrol ya Mbak jumlah pengunjungnya dan bisa lebih nyaman mainnya karena space yang cukup. Aku pengin juga kapan-kapan ngajakin anakku ke taman kota serperti ini. Di tempat tinggalku agak jauh soalnya kalau mau taman-taman gitu. Terus lihat TEP ini kok cakep banget, bersiiih gitu.

    ReplyDelete
  19. Tebet Eco Park ini emang lagi hype banget ya mbak
    Jadi tempat wisata hits di Jakarta
    Sayangnya pas kemaren ke Jakarta aku nggak sempat mampir sini
    Huhu
    Sedih

    ReplyDelete
  20. Kirain bebas aja ke taman ini ternyata pakai daftar dulu di aplikasi Jaki yaaa. Kapan hari sekolahnya anak2 ngadain acara di sini tp krn anakku sakit jdnya gagal ikutan deh. Moga kapan2 bisa ke taman ini. Ternyata emang cakep yaa. Bisa jd alternatif obyek wisata liburan sekaligus edukasi yang murah ceria nih buat anak2 TFS infonya

    ReplyDelete
  21. Seru banget ya mengajak anak ke sini. Apalagi lagi musim liburan Pastinya seru banget dapat banyak pengalaman

    ReplyDelete
  22. Aku sempat berkunjung sebelum ditutup kembali waktu itu, untungnya berkunjung saat hari kerja jadi gak terlalu ramai banget. Enak sih ya buat santai-santai di tengah kokta begini Tebet Eco Park. Sempat main trampolin juga di sana. Ternyata sekarang harus reservasi online dulu ya untuk masuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh iya mbak, dulu itu saking ramainya sampai ditutup yaa
      penduduk sekitarnya juga terganggu
      kalau sekarang memang lebih tertata walau buat yang bawa kendaraan pribadi rada jauh parkirnya.

      Delete
  23. Cakep banget Tebet Eco Park. Aku juga mikirnya sama kayak Mbak April. Ku kira tinggal datang aja gitu taunya harus daftar ya. Meminimalisir membludaknya pengunjung kali ya mbak, makanya ada 2 sesi karena baru lewat covid juga. Kapan-kapan kalau ke Jakarta mau main ke sini deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mending dibatasi gini
      tapi gampang juga kok, mungkin karena udah lama buka yaa jadi ramai pun enggak padat banget. masih teratur.

      Delete
  24. Noted mbak! Ini cakep banget, andai aku bisa ajak anak anak aku weekdays kesini :"") anw app Jaki ini juga bisa buat warga dlluar Jakarta kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, apps Jaki tinggal unduh aja bebas. Ga harus KTP Jakarta.

      Delete
  25. wah toilet perlu ini ya padahal
    sayang kalau sampai washroom ini ga ada, menyusahkan pengunjung

    ReplyDelete
  26. Len, buat moms cocok nggak sih, misal mau jogging trus ngopi ngopi cantik gitu? Udah lama sama gengs tetangga mau ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bangeeet.
      ada tempat fitness juga lho
      hawanya enak di sini karena pohon-pohon tinggi
      kalau tempat ngopi tinggal jalan kaki di dekat Eco Park.

      Delete
  27. Sangat menarik, jangankan anak-anak. Saya pun juga jadi pengen kesana hiks 🤗✨️💆‍♀️

    ReplyDelete
  28. Menarik banget nih konsep tamannya, anak-anak pasti seneng banget kalo diajak kesana. dan kalo ngelihat luasnya kayaknya ga cukup sekali deh jalan2 kesana. btw saya juga surprise banget sama kapasitas taman yg bisa dikunjungi hingga ribuan orang. semoga di Bandung juga ada taman dengan konsep kayak Tebet eco park ini. Mantap !

    ReplyDelete
  29. Baru tau ternyata Tebet Eco Park bukan cuma hits karena ada children playground-nya. Eh ternyata ada Pet Park sama tempat barbeque-an yang kalau mau seseruan di sana tinggal minta ijin doang. Asik.

    ReplyDelete
  30. Selalu gagal deh kalo ke sana, selalu ngga dapet parkir hehehe. Tapi lihat penampakan playground-nya ko jadi excited ya buat bawa anak ke sana. Saya juga baru tahu harus akses aplikasi dulu ya buat berkunjung. Noted banget nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ow rame yah? saya kurang paham tentang parkir karena ke sana naik taksi.

      Delete
  31. wahhh ponakan saya pasti senang nih main ke Tebet Eco Park, apalagi banyak permainan ketangkasan seperti itu.. Enaknya kalau kesini pas pagi di hari weekdays biar lebih sepi kali ya..

    ReplyDelete
  32. pengen deh di kotaku juga ada ecopark begini. ada sih sekarang beberapa tempat wisata tapi di kota sebelah lumayan juga kalau naik mobil. hehe

    ReplyDelete
  33. Ternyata seluas itu ya TEP. Asik nih yang rumahnya dekat sana. Bisa sering ke TEP. Saya sempat menunda buat main ke sana karena lihat antusias masyarakat yang luar biasa. Sekarang mah jadi tertarik buat main ke TEP

    ReplyDelete
  34. Wah, playground-nya memang keren, luas, dan bersih! Tips buat jalan bersama anak, mungkin perlu perhatikan timing juga ya biar nggak terlalu panas.

    Haha, rakyat kita mah memang suka latah semua kalo ada yang heboh. Berbondong-bondong menyerbu tempat hits!

    ReplyDelete
  35. Ternyata mau ke taman ini kudu reservasi dulu tho, ga bisa langsung go show ya 😂. Tapi bagus sih emang tamannya, semoga tetap terawat yaa. Yg sedih kan kalau ga dirawat, sayang2 udah cakep gini 😂

    ReplyDelete
  36. Wahh noted nih, Tebet Eco Park jadi salah satu destinasi menarik yang harus dikunjungi besok kalo kesana

    ReplyDelete
  37. Tebet Eco Park ino cocok banget jadi referensi wisata keluarga, banyak area bermain anak dan bisa piknik juga..

    ReplyDelete
  38. Kalau masih stay Jakarta lama. Bisa juga berkunjung ke sana. Sayang sekali stay di Jakarta sebentar huhuhu. Pdahal blm puas menjelajah Jakarta

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,