Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Berawal dari Iseng, Ini Kisah Ibu Rumah Tangga Pengusaha CAB Kraton

Wednesday, January 19, 2022
Iseng-iseng jadi berkah. Mungkin itu yang menggambarkan usaha UMKM yang dimiliki seorang Ibu Rumah Tangga di Jakarta Timur. Setelah resign dari kantor pada 2019 lalu, Anik iseng memulai usahanya, CAB Kraton, sambil menanti kelahiran buah hati. Walau iseng, CAB Kraton memiliki tujuan dan filosofi mendalam. Yuk berkenalan dengan Anik dan CAB Kraton.




CAB Kraton Citarasa yang Mendunia


Awal mengenal CAB Kraton dari suami yang membawa pulang gula aren dan tepung bumbu CAB Kraton. Rupanya produk tersebut buatan tetangga kami di Jakarta Timur. Kebetulan kami memiliki anak seumuran yang sering bertemu di masjid. Dari situlah paerjumpaan saya dengan CAB Kraton yang dikelola ibu rumah tangga bernama Anik.

Pasca mengundurkan diri dari dunia kantor karena menjaga kesehatan selama kehamilan, Anik menyandang gelar sebagai ibu rumah tangga. Hal ini tak membuatnya berpangku tangan. Bosan menunggu melahirkan membuatnya iseng berjualan online. Langkah pertamanya yaitu memasarkan Bumbu Halawa yang selama ini ia konsumsi namun masih jarang dijumpai di Jakarta.

Selanjutnya ia memperoleh supplier gula aren yang cocok sehingga muncul produk baru dengan brand sendiri yaitu CAB KRATON. Hal ini sejalan dengan kebiasaannya selama dua tahun terakhir tidak lagi membeli gula pasir. Anik dan keluarga memilih menggunakan gula aren, stevia, atau gula singkong.

Gula Aren Organik CAB Kraton terbuat dari nira yang disadap tiap hari langsung diolah menjadi gula semut (aren) yang berkualitas. Gula aren organik dapat dikonsumsi oleh konsumen yang memiliki penyakit diabetes. Tak hanya sebagai pemanis dalam kopi susu gula aren yang hits itu tetapi gula aren juga dapat dicampur dengan teh, boba, kue, topping roti, dan sebagainya.


Usaha level UMKM pun butuh terus berinovasi. Maka, sarjana gizi Universitas Indonesia ini bereksperimen dengan produk baru yaitu tepung bumbu gluten free.

“Karena di pasaran harga tepung racik gluten free itu mahal, saya iseng aja jual di akhir taun 2021 lalu,” jelasnya ketika saya mengulik lebih lanjut mengenai CAB Kraton.

Tepung bumbu gluten free CAB Kraton dibuat dari bahan pilihan premium yang bebas terigu, non MSG, vegan-friendly, halal, tanpa pengawet, pewarna, zat aditif lainnya. Komposisinya tepung beras, tepung mocaf, tepung sagu, bawang putih, merica, dan kaldu jamur. Aman dikonsumsi untuk pengidap GERD/ asam lambung dan autisme.

Non-MSG tapi tepung bumbu gluten free CAB Kraton ini gurih, lho! Tepung ini saya pakai untuk memasak tempe goreng, bakwan, sampai nugget homemade. Kriuknya enak!

Sementara gula aren organik CAB Kraton memberikan rasa unik yang khas saat meracik kopi dan teh manis. Aneka kreasi masakan dan minuman dari produk CAB Kraton dapat dinikmati baik segala usia, baik laki-laki maupun perempuan, yang tinggal di desa maupun kota sesuai logo CAB Kraton.

situs CAB Kraton

“Kita pengen menyediakan produk-produk yang menyehatkan badan dan kantong,” ujar Anik.

Buat buibu belanja maunya yang hemat dan juga sehat termasuk urusan dapur. Ibu bukan hanya tukang masak, lho, tetapi manajer gizi keluarga. Mendukung gaya hidup sehat keluarga dengan pakai produknya CAB KRATON.

Gula aren organik, tepung bumbu gluten free, dan berbagai produk CAB KRATON dapat dipesan melalui Tokopedia, Shopee, dan Instagram @cab_kraton.


Dukung UMKM dengan Ikut JNE Content Competition




Review di atas sebagai bentuk dukungan berkembangnya UMKM di Indonesia. Selain itu kita bisa support majunya UMKM dengan cara membeli produknya, mempromosikan secara langsung atau melalui media sosial, menjadi reseller, dropshipper, atau afiliasi, dan berbagi ilmu yang kita miliki pada pelaku usaha UMKM sesuai kebutuhan mereka.

Baca juga: Cara Dukung UMKM

Satu lagi, nih, kita juga bisa mendukung UMKM dengan mengikuti JNE Content Competition. Kompetisi ini diperpanjang hingga 31 Januari 2022. Masih ada kesempatan untuk mengikuti kompetisi berhadiah total ratusan juta rupiah!

JNE yang selama 31 tahun sudah “connecting happiness” mengadakan JNE Content Competition 2021 bekerja sama dengan Kompasiana untuk mendukung UMKM. Kompetisi JNE ini berlangsung selama 6 Desember 2021 sampai 31 Januari 2022. Tema kompetisi kali ini yaitu “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia”. Kompetisi ini terbuka untuk umum, jurnalis, dan juga karyawan JNE yang terbagi dalam writing competition, photo competition, video competition, dan design competition.

Hadiahnya ratusan juta, sayang banget kalau enggak ikutan. Baca dulu syarat dan ketentuan JNE Content Competition 2021.


Punya UMKM? Mau bantu keluarga dan teman mempromosikan UMKM? atau sering beli produk UMKM lokal? Yuk ikutan JNE Content Competition 2021.
24 comments on "Berawal dari Iseng, Ini Kisah Ibu Rumah Tangga Pengusaha CAB Kraton"
  1. packagingnya cute banget mba, awalnya aku kira produk DIY mainan anak, ternyata gula kelapa, hehehe... super cute sih desainnya. kalau gula kelapa asli pasti enak dan sehat ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah lucu banget. jd pengen beli rasanya. saya belum pernah coba gula aren buat pangan dan minuman, biasanya buat isi jajanan kayak putu gitu. woaa apa saya perlu coba dulu ya siapa tau ketagihan pake gula aren terus

      Delete
  2. Gula aren nya bisa pesan luat Jawa gak kak? Penasaran nih. Soalnya udah gak mau konsumsi teh atau kopi pake gula pasir.

    ReplyDelete
  3. Saluuutt banget dgn ibu Anik!
    Warbiyasakkk, iseng2 ternyata sanggup menghasilkan UMKM yg ciamik.
    Hormaatt saya kepada para IRT yg demikian kreatif dan passionate dgn dunia UMKM.
    Dan, heii, JNE juga sangat layak diacungi jempol, karena kontribusinya yang WOW!

    ReplyDelete
  4. Jadii penasaran pengen cobain tepung bumbu CAB kraton bun. Supaya UMKM di negeri kita maju mulai dari diri sendiri ya bun. Kalau tidak mempunyai produk ya bantu menjualkan dagangan teman atau memberi dagangan teman.

    ReplyDelete
  5. Awalnya aku bingung CAB Kraton itu apa hihihi 😂. Ternyata gula aren ya. Wah bagus ini ya Gula Aren Organik CAB Kraton soalnya bisa buat penderita diabetes juga, ama autis ya. Bener bener menyehatkan ya gula aren CAB Craton ini

    ReplyDelete
  6. Produk racikan seorang sarjana gizi Universitas Indonesia, masya Allah, aku jadi pengen belanja. Barusan langsung buka tokonya di Tokopedia, langsung ku masukin wishlist produk2 incaranku. Makasih banget ya Helena udah tulis ini. Semoga kebaikan hati para blogger yang banyak membahas tentang UMKM melalui kampanye JNE ini bisa memajukan para UMKM, melancarkan penjualan mereka, dan akhirnya mereka sejahtera secara ekonomi.

    ReplyDelete
  7. Wah saya suka nih "sehat badan dan kantong" dengan mengkonsumsi gula aren CAB Kraton. Iya kadang produk menyehatkan itu harganya menguras isi kantong, nah kalau ada produk sehat yang ramah kantong, mesti kita dukung

    ReplyDelete
  8. Tadi aku abis pake gula aren buat bikin jahe sereh 😆. Aku kira tadi usaha batik gtu, wah ini ada tepungnya juga yaa. Penasaran tepungnya gurih.. nanti intip2 ah. Ternyata sarjana gizi ya, pas nih keluar kantor trus bisnis onlinenya ini 😍 moga lancar usaha cab kraton milik mbaknyaaa

    ReplyDelete
  9. Saya kalau ngopi selalu pakai gula aren untuk pemanis. Gak suka dikasih gula pasir. Tapi, rasa gula aren ternyata beda-beda. Ada juga yang kurang cocok ma lidah saya. Makanya saya suka nih coba-coba berbagai produk gula aren. Mau ah cobain CAB Kraton

    ReplyDelete
  10. Gula aren memang rasanya unik dan enak untuk sajian apapun yang perlu rasa manis. Tapi untuk yang CAB Kraton saya belum pernah cobain nih. Mungkin bisa kali ya, order via online dan dikirim pakai JNE.

    Blog Competition yang keren nih. Ikut gak ya? Pengen ikut tapi udah minder duluan. Punya temen-temen ulasannya keren-keren.

    ReplyDelete
  11. Halo mba Helena, aku setuju bagaimanapun kita harus sama sama membantu agar UMKM bisa maju dan berkembang ya mba. Dengan cara membeli dan mempromosikan produknya, insyaAllah UMKM akan semakin maju dan berkembang :)

    ReplyDelete
  12. sama nih..aku pun penasaran sama CAB Kraton tepung bumbunya sama gula aren.. Keduanya aku pake sehari-hari. Kalo tepung bumbu ya buat goreng tempe, tahu, dll..Kalo gula arennya buat minum teh/kopi..Semoga produk CAB Kraton laris maniss

    ReplyDelete
  13. Wah menarik sekali ada tepung bumbu non gluten, jadi aman untuk anak ABK atau yang sedang pantangan gluten. Alhamdulillah ya mbak, melihat UMKM yg semakin berkembang gini saya ikut senang karena saya juga pelaku UMKM

    ReplyDelete
  14. Masya Allah, bu Anik ini meski dalam kondisi menjaga kehamilan justru berinovasi, ya. Keren banget CAB Kraton ini. Produk-produknya berkualitas dan sehat. Logonya juga unik gemesin, hehehe..
    Semoga makin sukses ke depannya. Begitu juga dengan para pelaku UMKM di Indonesia :)

    ReplyDelete
  15. Wah, kalo ahli gizi yang meramu ini tentulah bisa dipercayai kandungan terbaiknya dala produknya, hehehe. Tinggal gimana nasih dan usahanya memperkenalkan prduk ini ya mba, semoga kian sukse dan takdir baik buat Cab Kraton aamiin

    ReplyDelete
  16. Kalau menyehatkan badan dan kantong, UMKM kaya gini ya wajib banget didukung. Lha usahanya memang bagus kan. Jadi kudu dibeli

    ReplyDelete
  17. Wah selain berbisnis CAB kraton Bu Anik ini termasuk mengkampanyekan gaya hidup sehat ya mbak, mengajak masyarakat untuk memilih bahan pangan yang layak konsumsi dan bebas dari zat berbahaya, keren. Sukses UMKM!

    ReplyDelete
  18. makanan sekarang memang kudu hati2 biar bener2 bisa menjaga kesehatan kita ya . tepung bumbu ini bikin kepengen secara masak terus skrg. duh pengen ikkutan lombanya jugaaa

    ReplyDelete
  19. waah, semoga lancar dan sukses selalu ya produk2 UMKM. Alhamdulillah UMKM Indonesia makin terus berkembang. semangat terus meraih cuan xD

    ReplyDelete
  20. waaah banyak banget memang UMKM yang produknya oke banget ya mba dan layak kita promosikan dan kita pakai.

    ReplyDelete
  21. Tepung CAB Kraton ini bisa digunakan anak-anak yan memiliki pantangan gluten, terutama yaa..
    Cerdas banget inovasinya. Memang masih jarang tepung racik gluten free.
    Semoga jangkauan CAB Kraton semakin meluas dan informasi mengenainya yang ditulis di blog kak Helen bisa membantu untuk para Ibu yang membutuhkan konsumsi gluten free.

    ReplyDelete
  22. wah baru tahu, memang sekarang banyak UMKM yang mulai bagus dan laku

    ReplyDelete
  23. Dari iseng malah bisa menghasilkan cuan ya Mak, terus meski di rumah aja, ilmunya juga tetep berguna.
    Sekarang banyak banget UMKM, ikutan seneng dan semoga benar2 membantu perekonomian.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,