Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Mastermind dan False Celebration di Kampus Ibu Pembaharu

Sunday, January 9, 2022


Bismillah, saatnya mastermind dan false celebration di Kampus Ibu Pembaharu. Rasanya campur aduk sudah sejauh ini namun merasa kurang berbuat lebih. So, inilah hasil self dan peer assessment Tim Suhero.

Self Assessment


Hal yang sudah baik saya lakukan di Tim Suhero:
  • Memimpin rapat tim membicarakan program, milestone, dst.
  • Aktif membuat konten edukasi di platform Instagram dan Facebook Sekolah Alam Semesta.
  • Bermain dengan tim Suhero lebih mindful.Akan
  • Menuliskan catatan/jurnal bermain dan menuntaskan buku Sekolah Alam Semesta.

Hal bahagia mengerjakan family project bersama Suhero:
  • Bekerja sama keluarga
  • melibatkan anak-anak
  • lebih dekat dan semakin sering bermain bersama
  • belajar banyak hal tentang parenting, team building, campaign, dsb

Kesalahan selama bekerja sama Tim Suhero:
  • Perubahan tujuan, kegiatan dari awal (menyesuaikan tim member) 👉 perlu menggali lebih dalam akar masalah tanpa tergesa mencari solusi. Fleksibel dalam membuat program.
  • Anggota tim kurang komitmen menjalankan program sesuai jadwal (ayah - ibu) 👉 berkomitmen sesuai jadwal masing-masing yang feasible dan menempatkan dalam skala prioritas.
  • Ragu apakah akan membuat program keluar atau menguatkan di dalam dengan program internal keluarga 👉 masih mencari pertimbangan atau membuat 2 program yang sifatnya internal dan eksternal.

Perjalanan tim yang perlu diperbaiki seperti refleksi di atas. Kami akan mengadakan rapat awal tahun untuk menentukan program internal tahun ini dan mengukur feasible atau tidak untuk program eksternal (antara melibatkan orang tua lain melalui kelas atau membagikan edukasi di kanal web dan medsos).

Peer Assessment


Berhubung tim terdiri dari 2 dewasa (saya dan suami) dan 2 anak (6 th dan 2 th) maka peer assessment agak awkward, hehe.

Ayah Rozaq alhamdulillah sudah mendukung penuh program ini, menjadi teman diskusi selama bunda salihah tiap pekan, membuat website, dan support pendanaan program. Saya tahu prioritas utama beliau bukan di bidang ini maka dukungan seperti di atas sudah sangat membantu memacu semangat saya mendalami bidang parenting di Sekolah Alam Semesta.

Anak-anak, SID dan Uno, alhamdulillah menunjukkan kemajuan yang positif. Setiap hari kami bermain bersama, kadang saya bermain dengan salah satu anak, melihat kembali daftar milestone, serta membuat dokumentasi Homeschooling mereka.

Jadwal saya lebih slow namun enjoy beraktivitas bersama anak-anak. Alhamdulillah. Itulah momen-momen bahagia, bisa bekerja sama dalam keluarga.

[UPDATED 11/01/2022: Masya Allah, kami lolos seleksi tahap pertama ekosistem Ibu Pembaharu bersama 162 tim lainnya. Ga nyangka sama sekali.]

Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,