Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Yes, Balita Boleh Masuk ke Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra!

Friday, November 20, 2020
Akhirnya, anak-anak di bawah usia 9 tahun boleh masuk ke Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra! Berarti balita juga boleh dong main ke Ancol. Udah enggak sabar mau mengajak anak-anak ke sana, tapi simak dulu nih tata caranya supaya dapat berlibur dengan aman dan nyaman.

anak kecil masuk sea world ancol
Yes, anak-anak boleh masuk ke Ancol! (dok. Sea World Ancol)




Kangen Main di Ancol

Ancol menjadi destinasi wisata kesukaan keluarga kami. Lokasinya relatif dekat dan mudah dijangkau sehingga beberapa kali kami menghabiskan waktu liburan keluarga di sana. Mau liburan singkat, ke Ancol aja!

Saat ingin main ke pantai, yang terdekat ya pantai Ancol. Di sini SID bebas bermain pasir dan berenang di bibir pantai. Kami main sampai matahari terbenam. Pantai yang sunyi membuat pikiran tenang.

Di lain waktu, kami pergi ke Dunia Fantasi, menginap di Putri Duyung Cottage, berkeliling naik bus Wara-wiri, juga nonton konser di Ecovention Ancol. Alhamdulillah banyak spot menarik di Ancol yang sudah kami jelajahi.

Sayangnya saat ingin mengajak anak liburan ke Sea World, pandemi datang. Entah sudah masuk PSBB tahap berapa sehingga kami belum dapat bebas bermain apalagi sekarang ada bayi. Tempat wisata umumnya memberi batasan usia anak minimal 9 tahun untuk bisa berkunjung. Ah, sungguh kami kangen main di Ancol.


pertunjukan lumba-lumba di Ocean Dream Samudra (dok. ODS)



Protokol Kesehatan di Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra

Tempo hari teman saya memberi kabar kalau anak di bawah usia 9 tahun sudah bisa main ke Ancol! Ah, masa' sih? Apa boleh ke wahana indoor? Setahu saya setelah PSBB transisi wahana indoor seperti Sea World dan Ocean Dream masih ada batasan usia minimal 9 tahun sementara anak saya berusia 1 tahun dan 5 tahun.

Langsung saya crosscheck ke situs Taman Impian Jaya Ancol. Eh benar, sudah ada aturan baru untuk SSBB alias Senang Selamat Bareng-bareng yaitu:

"Pengunjung usia di bawah 9 tahun diperbolehkan masuk dengan pendamping ke kawasan Ancol unit rekreasi di wahana Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Allianz Ecopark, Pasar Seni Faunaland, dan Gondola."

Yay! bisa nih mengajak anak-anak ke sana. Rencananya saya ingin mengajak SID dan Uno melihat pinguin dan lumba-lumba dari dekat di Ocean Dream Samudra. Selama ini kan hanya melihat dari buku atau TV. Sensasinya tentu akan berbeda jika melihat langsung.

Selain itu kami hendak ke Sea World Ancol untuk mengenal biota laut lebih dekat. Sudah bertahun-tahun saya tidak berkunjung ke sana. Ingin deh mengajak anak-anak merasakan sensasi berjalan di dalam akuarium raksasa. Terowongannya itu lho bikin dag-dig-dug dan takjub melihat ikan pari berenang bagai terbang di atas kepala.

Apa beda anjing laut, singa laut, dan walrus? (dok. ODS)



Supaya rekreasi ke Sea World dan Ocean Dream Samudra Ancol di era new normal ini tetap aman dan nyaman, kita perlu mematuhi protokol kesehatan yaitu:

  • Menjalankan 3M - mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Di sana sudah disediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Selain itu wahana rekreasi disemprot disinfektan secara berkala untuk menjaga kebersihan. Wah, makin nyaman karena tempat rekreasinya bersih.
  • Sebelum masuk wahana rekreasi akan dilakukan pengukuran suhu. Batas maksimal 37,3°C serta tidak memiliki gejala demam/batuk/pilek/sesak napas. 
  • Tidak memiliki riwayat penyakit penyerta/komorbid dan/atau kondisi yang dapat berakibat fatal (Ibu Hamil) apabila terpapar COVID-19

Selain staf dan pengunjung yang menjaga kebersihan, ada beberapa penyesuaian untuk menjalankan protokol kesehatan yaitu:
  • Jam operasional pukul 10.00 - 16.30 WIB (buka setiap hari)
  • Menonton atraksi feeding main tank di Sea World Ancol dapat dinikmati dengan duduk di kuris yang telah diberi jarak sekitar 1,5-2m. Biasanya lesehan berebut paling depan, hihi ... kalau sekarang malah enak sambil duduk. Buat saya yang membawa bayi jadi lebih nyaman, kan.
  • Pemberian makan penyu oleh pengunjung di kolam touchpool Sea World Ancol saat ini tidak dapat dilakukan. 
  • Di Ocean Dream Samudra saat menonton atraksi lumba-lumba, tribun penonton diberikan tanda jarak antar penonton.
  • Aktivitas berenang bersama lumba-lumba di Ocean Dream Samudra belum dibuka untuk umum.
That's okay, demi kesehatan bersama dan bisa senang-senang bersama :)


Beli Tiket Ancol Online Sebelum Liburan

Enggak sabar mau mengajak balita ke Sea World dan Ocean Dream Samudra Ancol, nih. Eits, perlu beli tiket online dulu. Sekarang beli tiket Ancol online bisa di www.ancol.com untuk meminimalisir kontak dan menjaga kapasitas tempat rekreasi 50% dari kapasitas normal. 

Harga tiket:
Masuk Ancol Rp 25.000,00/orang; mobil Rp 25.000,00; motor Rp 15.000,00
Ocean Dream Samudra - weekday Rp 55.000,00; weekend Rp 70.000,00
Sea World Ancol - weekday Rp 85.000.00; weekend Rp 105.000,00
Bundling Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol - weekday Rp 115.000,00; weekend Rp 135.000,00

FYI, pengunjung dengan KTP di luar DKI Jakarta udah bisa rekreasi ke Ancol, kok. Namun, untuk pengunjung di atas 60 tahun di perbolehkan masuk ke kawasan Ancol hanya untuk berolahraga Pantai Ancol & Allianz Ecopark, dan belum bisa rekreasi di wahana Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Faunaland, dan Gondola.

Patuhi protokol kesehatan, ya (dok. Sea World Ancol)


Asyik, nih, balita sudah boleh masuk ke Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra. Mau rekreasi keluarga ke Ancol, bisa dong, dengan mematuhi protokol kesehatan di atas. Enak juga, lho, tidak terlalu crowded, bisa menikmati wahana dengan tetap physical distancing. Kembali ke Ancol, yuk!


Info lebih lanjut:
Website www.ancol.com
Instagram @seaworld.ancol dan @oceandreamsamudra.
Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,