Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Yes, Balita Boleh Masuk ke Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra!

Friday, November 20, 2020
ocean dream samudra ancol
Balita boleh masuk Ancol


Akhirnya, anak-anak di bawah usia 9 tahun boleh masuk ke Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra! Berarti balita juga boleh dong main ke Ancol. Udah enggak sabar mau mengajak anak-anak ke sana, tapi simak dulu nih tata caranya supaya dapat berlibur dengan aman dan nyaman.


Kangen Main di Ancol

Ancol menjadi destinasi wisata kesukaan keluarga kami. Lokasinya relatif dekat dan mudah dijangkau sehingga beberapa kali kami menghabiskan waktu liburan keluarga di sana. Mau liburan singkat, ke Ancol aja!

Saat ingin main ke pantai, yang terdekat ya pantai Ancol. Di sini SID bebas bermain pasir dan berenang di bibir pantai. Kami main sampai matahari terbenam. Pantai yang sunyi membuat pikiran tenang.

Di lain waktu, kami pergi ke Dunia Fantasi, menginap di Putri Duyung Cottage, berkeliling naik bus Wara-wiri, juga nonton konser di Ecovention Ancol. Alhamdulillah banyak spot menarik di Ancol yang sudah kami jelajahi.

Sayangnya saat ingin mengajak anak liburan ke Sea World, pandemi datang. Entah sudah masuk PSBB tahap berapa sehingga kami belum dapat bebas bermain apalagi sekarang ada bayi. Tempat wisata umumnya memberi batasan usia anak minimal 9 tahun untuk bisa berkunjung. Ah, sungguh kami kangen main di Ancol.

balita masuk seaworld
terowongan akuarium di SeaWorld Ancol



Protokol Kesehatan di Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra

Tempo hari teman saya memberi kabar kalau anak di bawah usia 9 tahun sudah bisa main ke Ancol! Ah, masa' sih? Apa boleh ke wahana indoor? Setahu saya setelah PSBB transisi wahana indoor seperti Sea World dan Ocean Dream masih ada batasan usia minimal 9 tahun sementara anak saya berusia 1 tahun dan 5 tahun.

Langsung saya crosscheck ke situs Taman Impian Jaya Ancol. Eh benar, sudah ada aturan baru untuk SSBB alias Senang Selamat Bareng-bareng yaitu:

"Pengunjung usia di bawah 9 tahun diperbolehkan masuk dengan pendamping ke kawasan Ancol unit rekreasi di wahana Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Allianz Ecopark, Pasar Seni Faunaland, dan Gondola."

Yay! bisa nih mengajak anak-anak ke sana. Rencananya saya ingin mengajak SID dan Uno melihat pinguin dan lumba-lumba dari dekat di Ocean Dream Samudra. Selama ini kan hanya melihat dari buku atau TV. Sensasinya tentu akan berbeda jika melihat langsung.

Selain itu kami hendak ke Sea World Ancol untuk mengenal biota laut lebih dekat. Sudah bertahun-tahun saya tidak berkunjung ke sana. Ingin deh mengajak anak-anak merasakan sensasi berjalan di dalam akuarium raksasa. Terowongannya itu lho bikin dag-dig-dug dan takjub melihat ikan pari berenang bagai terbang di atas kepala.

seaworld ancol tiket
pertunjukan singa laut di Ocean Dream Samudra yang lucu gemesin!


Supaya rekreasi ke Sea World dan Ocean Dream Samudra Ancol di era new normal ini tetap aman dan nyaman, kita perlu mematuhi protokol kesehatan yaitu:

  • Menjalankan 3M - mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Di sana sudah disediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Selain itu wahana rekreasi disemprot disinfektan secara berkala untuk menjaga kebersihan. Wah, makin nyaman karena tempat rekreasinya bersih.
  • Sebelum masuk wahana rekreasi akan dilakukan pengukuran suhu. Batas maksimal 37,3°C serta tidak memiliki gejala demam/batuk/pilek/sesak napas. 
  • Tidak memiliki riwayat penyakit penyerta/komorbid dan/atau kondisi yang dapat berakibat fatal (Ibu Hamil) apabila terpapar COVID-19

Selain staf dan pengunjung yang menjaga kebersihan, ada beberapa penyesuaian untuk menjalankan protokol kesehatan yaitu:
  • Jam operasional pukul 10.00 - 16.30 WIB (buka setiap hari)
  • Menonton atraksi feeding main tank di Sea World Ancol dapat dinikmati dengan duduk di kuris yang telah diberi jarak sekitar 1,5-2m. Biasanya lesehan berebut paling depan, hihi ... kalau sekarang malah enak sambil duduk. Buat saya yang membawa bayi jadi lebih nyaman, kan.
  • Pemberian makan penyu oleh pengunjung di kolam touchpool Sea World Ancol saat ini tidak dapat dilakukan. 
  • Di Ocean Dream Samudra saat menonton atraksi lumba-lumba, tribun penonton diberikan tanda jarak antar penonton.
  • Aktivitas berenang bersama lumba-lumba di Ocean Dream Samudra belum dibuka untuk umum.
That's okay, demi kesehatan bersama dan bisa senang-senang bersama :)


Beli Tiket Ancol Online Sebelum Liburan

Enggak sabar mau mengajak balita ke Sea World dan Ocean Dream Samudra Ancol, nih. Eits, perlu beli tiket online dulu. Sekarang beli tiket Ancol online bisa di www.ancol.com untuk meminimalisir kontak dan menjaga kapasitas tempat rekreasi 50% dari kapasitas normal. 

Harga tiket:
Masuk Ancol Rp 25.000,00/orang; mobil Rp 25.000,00; motor Rp 15.000,00
Ocean Dream Samudra - weekday Rp 55.000,00; weekend Rp 70.000,00
Sea World Ancol - weekday Rp 85.000.00; weekend Rp 105.000,00
Bundling Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol - weekday Rp 115.000,00; weekend Rp 135.000,00

FYI, pengunjung dengan KTP di luar DKI Jakarta udah bisa rekreasi ke Ancol, kok. Namun, untuk pengunjung di atas 60 tahun di perbolehkan masuk ke kawasan Ancol hanya untuk berolahraga Pantai Ancol & Allianz Ecopark, dan belum bisa rekreasi di wahana Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Faunaland, dan Gondola.

Patuhi protokol kesehatan, ya (dok. Sea World Ancol)


Asyik, nih, balita sudah boleh masuk ke Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra. Mau rekreasi keluarga ke Ancol, bisa dong, dengan mematuhi protokol kesehatan di atas. Enak juga, lho, tidak terlalu crowded, bisa menikmati wahana dengan tetap physical distancing. Kembali ke Ancol, yuk!


Info lebih lanjut:
Website www.ancol.com
Instagram @seaworld.ancol dan @oceandreamsamudra.
27 comments on "Yes, Balita Boleh Masuk ke Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra!"
  1. Wah, Ancol sudah buka ya. Pengen ajak anak-anak nih main kesana. Next kalau Ayahnya ada tugas ke Jakarta mau mampir ke Ancol

    ReplyDelete
  2. Ikut senang karena Sea World dan Ocean Dream Samudra Ancol sudah buka dan anak-anak bisa masuk. Tetap jaga protokol kesehatan juga ya. Aku ini belum cek tempat wisata di daerahku udah buka belum nih

    ReplyDelete
  3. Belom pernaah main ke Sea World. Penasaran banget, haha. Terakhir cuma mampir ke pantai Ancolnya doang. Jadi pengen ngajak anak liburan ke Sea World ah. Enak kalo sepi gini kan.
    Kalo pas nggak pandemi, wahana-wahana di dufan antrinya uwow sekali

    ReplyDelete
  4. Wah, senangnya.. Jadi bisa rekreasi sama anak anak ke Sea World dong. Insya Allah aman ya mbk tempatnya, steril dan tentunya protokol kesehatan nomor satu.

    ReplyDelete
  5. Asiknyaa anak2 pasti suka kalo main ke sea world, pastinya kangeen setelah lama di rumah aja niih. Cuss liburan kesana ,sekalian cuci mata ke Ancol pula emaknyaaa..

    ReplyDelete
  6. wah asyik ay jaman pandemi gini bisa jalan2 dg protokol kesehatan

    ReplyDelete
  7. Duhhh senengnya uda bisa main lagi ke ancol, semoga wahana hiburan lain juga dibuka segera ya dan dalam keadaan aman

    ReplyDelete
  8. Kalau ke Seaworld yang paling dinantikan memang masuk ke terowongannya. Bisa berkali-kali deh karena takjub lihat binatang laut yang mengelilingi

    ReplyDelete
  9. Isshhh udh lama bngetttt ga kesini. Trakhir pas si Kaka setahun umurnya wkwkwkwkw. Adeknya malah belum pernah ke SeaWorld.

    Pasti lebih bgs ya skr. Aku suka kesana trakhir kali. Koleksi hewan2nya bagus dan banyak. Jd pengen juga bawa anak2 lagi ke SeaWorld. Msh galau, antara ke taman safari ato seaworld. Yg penting melihat hewan mba :D . Ni para krucils suka banget Ama binatang

    ReplyDelete
  10. Lah Darell cuma baru pernah ke Pantai Ancol tapi belum masuk ke Dufan apalagi Seaworld, sedih banget deh dia.. kasian ya heheh.. jadi udah dibuka nih ya Sea World, Ancol & Dufan

    ReplyDelete
  11. awla tahun sempat main ke sana, sampai akhrnya dengar ditutup cos corona sedih juga, but alhamdulillah if this day sudah bisa play ke sana. good news but still keep healthy ya

    ReplyDelete
  12. senangnya sudah bisa jalan jalan ke seaworld ya mbak..
    jalan jalan di tengah pandemi tetap aman ya , asal selalu mematuhi protokol kesehatan

    ReplyDelete
  13. Senengnya rumah deket Ancol, mau liburan tinggal melangkah aja.

    Kangen banget ke Seaworld, terakhir kesana pas SMA.
    Udah lama banget!
    Kalo ke Jakarta kudu ngajak anak-anak ke Ancol dan nginep disana, soalnya anak anak aku suka banget sama ikan. Moga pandemi lekas berlalu supaya jalan jalannya jadi lebih tenang

    ReplyDelete
  14. Ye, Alhamdulillah udah dibuka nih buat liburan di Ancol. Wajib banget mematuhi protolol kesehatan. Apalagi tiket bisa beli online dan harganya lebih murah. Senengnya.

    ReplyDelete
  15. Sea world emang keren deh. Anak-anak pasti excited banget liat hewan-hewan laut yang sangat menarik perhatian terutama balita ya..

    ReplyDelete
  16. Asiiikk, Uno udah boleh ke seaworld berarti yaaaa.. Kaka Sid juga pasti dah gasabar nih mau jalan ke Ancol lagi yaaa.. Yang penring ga boleh lupa pake masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan yaaa

    ReplyDelete
  17. Wah seneng ya kalo balita udah diijinkan masuk arena Sea World. Mereka pasti kangen pengen lihat binatang yang atraksi atau di dalam air. Itu yang duduk nongkrong singa laut kah, kumisnya panjang jugaa

    ReplyDelete
  18. Emang ya terkurung berbulan2 di rumah bikin mual. Bagus kalau cuma 50% yang dibuka sehingga gak penuh2 banget ya.
    Kalau ke sana kudu memastikan juga kita dalam kondisi fit.

    ReplyDelete
  19. Semoga suatu hari bisa ke sini ngajak anak-anak. Haha, impian anak luar Jakerda niiih. Selama ini ke Jakarta cuma lewat doang. Eh bandara SH pun di Banten ya bukan Jakarta hehehehe

    ReplyDelete
  20. Wah, terakhir ke Sea World Desember 2019 kemarin pas ke Jakarta. Anakku seneng banget main di sana. Favoritnya terowongan bawah laut itu. Seru katanya.

    ReplyDelete
  21. Aku udah umur segini belom pernah ke Sea World dong. Pernahnya main ke pantainya aja, itupun gatau kapan udah lama banget. Haha. Walau pandemi dan nggak seramai biasanya, tetep nggak menghilangkan keseruan di dalamnya ya. Aku nih termasuk yang gemes banget kalau lihat pinguin.

    ReplyDelete
  22. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi nih..aku pun pengen kesini. Bawa anak2 kesini seru pastinya
    .

    ReplyDelete
  23. Sering banget lihat iklan Sea World di tv, internet, maupun majalah. Sampai sekarang belum pernah ke sana euy. Pengen deh suatu saat nanti ke sana, ajak anak-anak, hahaha..emaknya umur segini pun belum pernah ke sana.

    ReplyDelete
  24. Wah, udah buka kembali ya Ancol. Duh jadi kangen ke sana. Pastinya asal kita selalu taat protokol kesehatan. Biar kita tenang dan nyaman.

    ReplyDelete
  25. Asiknyaaaa udah gasabar buat main ke Ancol lagi mba Hel, semoga sehat-sehattttt yaaa kita dan ngajak SID baby Uno ke SeaWorld pasti seneng bgt deh

    ReplyDelete
  26. Ya ampunnnn SEA WORLD, inget pernah 2x ke sini tapi terakhir udah 5 tahun yang lalu. Pengen bisa sampai ke sini lagi, mau nostalgia. Semakin bagus juga ya tempatnya.

    ReplyDelete
  27. udah lama banget nggak ke jakarta dan masuk ke Ancol mbak,apalagi sekarang ada wahana baru, pengennnnnn
    berkali kali ke Ancol pun, aku belum masuk ke sea world. semoga besok besok bisa masuk kemari

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,