Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Activity to Nation: 4E di Hexagon City IIP Bunda Produktif

Monday, November 23, 2020

Sebagai mahasiswi Bunda Produktif di Institut Ibu Profesional (IIP) saya menemukan berbagai aktivitas yang membuat 4E alias Enjoy, Easy, Excellent, dan Earn. Berikut pengalaman saya di zona E selama dua pekan. 

Apa aktivitas 4E-mu?


Aktivitas saya selama Bunda Produktif:

  1. Menjadi co-house leader (enjoy)
  2. Menonton founding mother tiap Rabu malam (easy)
  3. Menonton walikota tiap Rabu atau Kamis (enjoy)
  4. Sarapania (easy)
  5. Menyapa tetangga CH6 (easy)
  6. Menyemangati tetangga (enjoy)
  7. Japri kabar tetangga (enjoy)
  8. Diskusi co-house leader di messenger (enjoy)
  9. Menonton HexaNews
  10. Membaca HexaMagz
  11. Membaca blog Hexagon City (Metana Mama)
  12. Menggunakan apps baru seperti Jamboard, Zoom, GMeet (excellent)
  13. Membuat presentasi (excellent)
  14. Diskusi Co-house 6 seminggu sekali (easy)
  15. Menjadi host diskusi mingguan di CH6 (easy)
  16. Mencari referensi buku dan pelatihan (enjoy)
  17. Mencari info penerbit 
  18. Belajar ilustrasi atau layout (enjoy)
  19. Menulis naskah buku (easy)
  20. Self editing/PUEBI 
  21. Diskusi cluster solutif (easy)
  22. Menulis jurnal tiap zona (Easy)

Prioritas pertama yaitu pada aktivitas: 19, 22, 14, 1, 5, 6, 7, 2, 3.


By the way, seminggu terakhir saya merasa terkena ombak Live. Banyak banget live session yang perlu diikuti atau kalau tidak sempat ya tonton rekamannya. Selain itu di HC sedang ada parade projek passion. Menarik lho melihat berbagai project co housing lain akan tetapi waktu online saya terbatas. Maka, prioritas mengikuti yang wajib, sisanya camilan.



Minggu lalu kami berdiskusi via Google Meet tentang 4E. Kami mencoba on time dan membuat kesepakatan baru. Sebelum meeting, masing-masing menyiapkan 4E versi pribadi sehingga saat berdiskusi lebih efektif dan lancar. Alhamdulillah kami dapat menyelesaikan proses diskusi dalam waktu 1 jam. 


As I mentioned above, kami mencoba platform baru yaitu Google Meet. Ini pertama kalinya saya set-up room meeting dengan Google Meet, belajar sharing screen, dsb. Enaknya GMeet yaitu participants sampai 100 orang dan durasi max. 1 jam for free. Namun, semua member bisa share screen ke host, bukan ke all participants. Mbak Thika tidak bisa terdengar suaranya (entah karena kendala apa), Mbak Ninis dan Mbak Noura terkendala sinyal jadi putus-nyambung 😣. However, saya bahagia karena ini diskusi dengan peserta terbanyak, 9 orang! Hanya Mbak Zaki yang berhalangan hadir (tapi udah kumpulkan 4E duluan, Top!). Alhamdulillah.



Aliran Rasa Jurnalku

Menulis jurnal (aktivitas ke-22) merupakan hal yang saya anggap Easy. Saya mencoba melakukannya dalam waktu 25 menit ternyata selesai karena materi sudah ada dari hasil diskusi kelompok maupun catatan pribadi. Ya tinggal disatukan dalam blog post seperti ini.

Ketika menulis jurnal, saya dapat menceritakan proses belajar selama di Bunda Produktif. Jurnal ini isinya 75% curhatan alias aliran rasa. Saya tak menyangka ada yang terinspirasi dari jurnal saya sampai membuat jurnal yang mirippp banget. Garis besar alurnya sama, bahkan kata penutupnya juga. Wew!

This is so funny karena kita sudah berada di Bunda Produktif, bukan matrikulasi lagi, lho. Tidak pernah ada paksaan harus mengikuti kelas-kelas di IIP. Sejak awal komunitas ini sudah menanamkan belajar merupakan kesadaran diri, bukan seperti saat di bangku sekolah. Belajar karena butuh, karena bahagia. Belajar merdeka, merdeka belajar.

Kelulusan di Bunda Produktif ini hanya dengan mengumpulkan jurnal, tidak bolong 2x. Sounds easy, right! Entah isi jurnalnya bagaimana, semuanya kembali ke diri masing-masing. Impact-nya akan dirasakan diri.



Progress Project Passion

Akhir bulan ini tenggat waktu pengumpulan naskah tapi draftku baru 4 halaman! Eww ...

Saya ganti habit dengan menulis naskah 1 halaman sehari agar target 10 halaman tercapai di akhir bulan. Semangat mengejar setoran!

Menulis tentang blog menjadi tantangan baru bagi saya karena teknis. Selama ini saya sering menulis di blog tetapi kali ini berbeda karena saya menulis tentang blog. Saking nge-blank sampai beda Blogspot dengan WordPress saja perlu saya pelajari lagi. Sekarang sudah makin nyambung, hehe. Lumayanlah sekalian belajar untuk presentasi bulan depan di milad IP Jakarta.



Salam,

Helena yang aktif berperan dan rajin mencari referensi

Co-housing 6 Kepenulisan


#HexagonCity

#Hexagonia

#4EtoNation

#KuliahBundaProduktif

#InstitutIbuProfesional

1 comment on "Activity to Nation: 4E di Hexagon City IIP Bunda Produktif"

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,