Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Rumah untuk Milenial di Kota Podomoro Tenjo Mulai 200juta-an Aja!

Saturday, November 28, 2020
Mau beli rumah tapi harganya sudah tinggi menjadi tantangan untuk kaum milenial. Eh, ada lho rumah yang harganya cocok untuk kantong milenial, mulai Rp200juta-an saja! Fasilitasnya juga mengerti kebutuhan milenial. Lokasinya di barat Jakarta. Apa yang membuat Kota Podomoro Tenjo cocok menjadi rumah untuk milenial? Lanjut baca, ya!

Contoh desain rumah di Kota Podomoro Tenjo (dok. APLN)

Rumah untuk Milenial


Seringkali saya mendengar anggapan kaum milenial lebih memilih menabung untuk jalan-jalan dibanding beli rumah. Hal ini karena pengalaman traveling begitu penting. Hmm … benarkah demikian?

Berlibur baik untuk melepas penat, akan tetapi memiliki rumah juga penting sebagai tempat tinggal. Terasa, lho, tahun 2020 ini kita tidak bisa leluasa bepergian karena pagebluk. Berbagai rencana perjalanan harus dibatalkan, tiket yang terlanjur dibeli jauh-jauh hari pun harus di-refund. Menjalani kehidupan lebih banyak di rumah membuat saya berpikir betapa pentingnya memiliki rumah.

Namun, harga rumah di Jakarta sudah tinggi. Setiap tahun harganya pun akan naik. Kapan bisa terbeli?

Investasi Properti untuk Milenial

Selain untuk rumah tinggal, properti menjanjikan investasi jangka panjang. Felicia Putri Tjiasaka berbagi tips untuk milenial yang mau berinvestasi di bidang properti. Investment storyteller yang tenar di YouTube dan Instagram ini menjelaskan ada dua sumber keuntungan berinvestasi di properti, yaitu:

1. Capital gain atau kenaikan harga

Contohnya, membeli rumah 200 juta, 2 tahun kemudian menjualnya di harga 500 juta rupiah. Return dari capital gain 150%.

Investasi jenis ini bersifat jangka panjang maka perlu memperhatikan infrastruktur yang akan dibangun, future development, dan track record developernya untuk melihat potensi kenaikan harga.

Mendapat keuntungan dari kenaikan harga menjadi pilihan investasi yang lebih cocok untuk anak muda.


2. Rental yield atau pendapatan sewa

Contohnya, membeli rumah Rp1 miliar untuk disewakan dengan harga sewa Rp 5.000.000,00 per bulan. Dalam setahun mendapat rental yield 6%.

Investasi seperti ini perlu memperhatikan lokasi yang strategis (dekat pusat aktivitas), masih ada potensi capital gain, dan membandingkan dengan cash flow-investment lain. 

Properti di lokasi strategis biasanya berharga tinggi, butuh biaya lebih besar dibanding poin pertama. Investasi jenis ini lebih cocok untuk orang yang penghasilannya lebih dari cukup yang mencari passive income.


Rumah di Kota Podomoro Tenjo Mulai 200 juta-an


Ngomongin tentang rumah untuk milenial dan juga investasi properti, ada pilihan menarik dari developer Agung Podomoro. PT. Agung Podomoro Land, Tbk sedang mengembangkan kota satelit dan mandiri baru di barat Jakarta seluas 650 ha, tepatnya di Tenjo. “Sekarang ini sudah terjual 1500 unit,” jelas Zaldy Wihardja, Asst. Vice President Kota Podomoro dalam webinar bertajuk “Kota Podomoro Tenjo Pas Buat Kantong Milenial” yang diadakan Rabu, 25 Oktober 2020 lalu.

Wow, sudah banyak terjual. Apa yang membuat Kota Podomoro Tenjo menarik untuk kaum milenial?

(ki-ka): Felicia Putri Tjiasaka, Zaldy Wihardja, dan Darmadi Darmawangsa


Fasilitas Kota Podomoro Tenjo

Kota Podomoro Tenjo menawarkan berbagai fasilitas dari segi lokasi, desain, juga fasilitas umum yang mengerti kaum milenial. Berikut fasilitasnya:

Akses Transportasi


Saat memilih rumah, akses menuju pusat Jakarta menjadi poin penting. Tidak apa lokasi agak jauh asalkan aksesnya mudah, baik transportasi umum maupun pribadi.

Dari segi lokasi, Kota Podomoro Tenjo berada di wilayah Bogor, Jawa Barat. Untuk menuju Jakarta melalui transportasi umum, stasiun terdekat yaitu stasiun Tiga Raksa. Kira-kira 40 menit naik KRL ke Jakarta.

Stasiun Tiga Raksa terkoneksi langsung dengan Kota Podomoro Tenjo, lho. Akan dibangun Transit Oriented Development (TOD) sehingga mudah untuk menggunakan transportasi umum seperti KRL dan bus.

Kota Podomoro juga dekat dengan tol Serpong - Balaraja yang kini sedang dibangun. Jaraknya sekitar 2 km dari tol masuk ke Kota Podomoro Tenjo. Tol ini diprediksi selesai akhir 2022. Pas, ya, dengan rencana serah terima kunci Kota Podomoro dua tahun lagi.

Zaldy Wihardja, Asst. Vice President Kota Podomoro, menjelaskan fasilitas TOD untuk memudahkan akses transportasi di Kota Podomoro (dok.pri)


Premium Club House


Hangout, nonton, kolaborasi, dan bekerja di co-working space begitu dekat dengan kebiasaan kaum milenial. Tinggal di Kota Podomoro Tenjo, kita dapat melakukan hal tersebut tanpa harus pergi jauh karena ada Premium Club House.

Premium Club House menyediakan swimming pool, fitness center, billiard, private cinema, juga co-working space. Tiap 2-3 cluster bakal dilengkapi Premium Club House. Mantab, kan, fasilitas hiburannya.

Green Belt 


Gaya hidup sehat semakin marak termasuk pada kaum milenial. Kota Podomoro Tenjo mengakomodir kebutuhan ini dengan menyediakan green belt sepanjang 2,5-3km. Tempat teduh dengan banyak pepohonan enak banget ya untuk jogging, bersepeda, atau mengajak keluarga kecil berjalan-jalan.

dok. APLN


Harga Rumah Kota Podomoro Tenjo


Makin kepengen, deh, setelah mengetahui fasilitas premium di atas. Berapa, sih, harga rumah Kota Podomoro Tenjo?

Harganya bervariasi, mulai dari 200 juta rupiah sudah mendapat landed house. Kalau dibuat simulasinya, dengan DP 10%, cicilan KPR perbulan 1,9 juta rupiah* saja.

Beberapa tipe rumah di Kota Podomoro Tenjo, yaitu:
  • Tipe 27/60 
  • Tipe 36/72 
  • Tipe 40/160
  • Tipe 52/160
Dua tipe terakhir menggunakan konsep rumah tumbuh. Luas tanah 160m2 dengan ukuran 8x20m2 cocok untuk yang mau membeli rumah namun sekarang ini dana masih terbatas. Di tahun mendatang dapat dibangun menjadi lebih mewah.

(dok. APLN)


dok. APLN


Harga Kota Podomoro Tenjo sangat affordable untuk rumah pertama kaum milenial maupun investasi. 200 juta-an sudah mendapat fasilitas premium. Kalau beli sekarang, 10-20 tahun ke depan milenial berpotensi mendapat leverage keuntungan.

Darmadi Darmawangsa, President Director ERA Indonesia, berpesan agar milenial berinvestasi, mumpung masih muda. Investasi, “putar” dulu uangnya, supaya dapat keuntungan. Jangan sampai saat tua malah menderita.

Membeli properti membutuhkan uang dalam jumlah besar di depan namun hasilnya akan terlihat di tahun-tahun mendatang. Mengutip pernyataan aktor Will Rogers, ”Don’t wait to buy real estate. Buy real estate and wait.”

Mau rumah yang mana, nih? Kali aja kita bertetangga, bisa nonton bareng di private cinema Club House. Klik aja booking.kotapodomoro.com.


*Asumsi harga rumah Rp 200 juta, bunga KPR 10% per tahun, dan tenor KPR 15 tahun. Dihitung menggunakan Kalkulator KPR cekaja.com.
23 comments on "Rumah untuk Milenial di Kota Podomoro Tenjo Mulai 200juta-an Aja!"
  1. Wih boleh nih .. mulai 2OO juta. Jangankan milenial, saya saja yang dari Gen X juga tertarik hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke buat investasi, Kan, atau buat hadiah pernikahan anak nanti

      Delete
  2. Asyik nih ya..utk yang blm mempunyai rumah ini bisa jadi solusi sedangkan yg sudah memiliki rumah ini bisa jadi alternatif investasi ya.. TFS mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, cocok buat rumah pertama ataupun investasi

      Delete
  3. Konsep green belt nya bagus ya mba..bisa diakses dari tiap kluster,merata begitu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa enak buat jalan pagi, mbak. Tetap sehat!

      Delete
  4. Kalau dananya lagi ada, emang sekarang tuh moment beli properti harga lagi turun dan prosedurnya dimudahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener banget, mumpung banyak promo property

      Delete
  5. Memang ya kalau investasi rumah ga ada salahnya. Karena setiap tahun akan naik terus.
    Selalu suka deh dengan perumahan Podomoro, karena tempatnya bagus dan asri juga

    ReplyDelete
  6. Whoaaa, ini nih yg bikin milenial semangat berburu rumah!
    Harganya masih ramah di kantong ya
    Yg penting kudu disiplin dan konsisten menngalokasikan budget untuk hunian.
    InsyaALLAH bakal dipermudah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu kudu konsisten, mbak. DPnya pun ringan. Bismillah bisa

      Delete
  7. Kece banget deh ini model rumahnya yaa,cocok banget sih buat para nilenial pasti pada suka hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa trus fasilitas penunjangnya seperti club house oke banget

      Delete
  8. di jabodetabek sana banyak banget yah perumahan yang ramah untuk kantongnya anak milenial, dari segi desain juga cakep, lokasi dan fasilitas oke. di surabaya sini masih jaraaang haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Surabaya udah padat, mbak. Daerah pinggiran Gresik, Sidoarjo, Mojokerto yg makin berkembang

      Delete
  9. Sis, bisa kali nih kita tetanggaan, kan enak sore sore bisa ke area hijau terus ngerujak bareng hehe

    ReplyDelete
  10. Pilihan bijak yang lagi cari hunian kekinian, dengan fasilitas yang komplit dan serba ada ya Mba Helen. Ya Allah, moga kelak aku pun punya hunian seistimewa ini aamiin.

    ReplyDelete
  11. Aku suka ama konsep green belt nya masa kak, biasanya kan kalo mau dapet rumah yang depannya taman tuh kidu bayar lebih ya, di podomor tenjo semua bisa dapet loh

    ReplyDelete
  12. Tanahnya minimalis banget yaa..
    Apa ini memungkinkan untuk dibangun ke atas lagi, kak?
    Layaknya keluarga, rumah pun bertumbuh.

    ReplyDelete
  13. Aq seneng dengan konsepnya. Green dan minimalis.. Cocok banget untuk milenial yang ga mau ribet ya mbaaa..

    ReplyDelete
  14. Mau punya 1 rumah di sini
    Bisa nggak ya?
    Lirik dompet dulu...

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,