Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Habit to Nation: Membangun Habit di Hexagon City IIP Bunda Produktif

Tuesday, November 10, 2020
Masuk ke zona H di Hexagon City kami membangun habit untuk memperkuat karakter dalam menjalankan #ProjekPassion Mahir Menulis Apapun. Mungkinkah H untuk Habit? Lalu, habit apa yang dipilih? Bagaimana pengalaman melakukan kebiasaan selama dua pekan?


habit di co-house 6 kepenulisan Hexagon City


Sebelum menentukan habit, ada baiknya selalu mengingat "Tujuan lo apa?" supaya tetap on-track menjalani project selama 5 bulan ke depan.











Dari timeline, kami breakdown menjadi milestone. Zona H kali ini masih berfokus pada milestone 1. Yes, one bite at a time.

Di milestone 1 yaitu menulis naskah selama bulan November 2020, ada lima habit yang diperlukan (sticky notes kuning), penghambat/blockers (stikcy notes merah muda), dan solusi untuk memecahkan penghambat (sticky notes oranye).

Dari lima habit di atas, masing-masing Hexagonia memilih habit yang ingin dijalani selama milestone 1. Saya memilih habit untuk rajin mencari referensi, baik untuk bab antologi yang saya tulis maupun untuk yang lain. Saya butuh menguasai kebiasaan ini agar hasil tulisan semakin kaya dan berkembang.






Alhamdulillah selama Senin sampai Senin lagi saya lebih rajin membaca buku, blog-walking, dan mencari referensi lain. Membaca buku saya jadwalkan minimal 15 menit sehari. Masih sedikit ya tapi memang rebutan dengan anak juga ada kegiatan online lainnya.


Saya mendapat buku seputar blog dari apps Gramedia Digital. Ada juga versi gratis di iPusnas. Selain itu saat scrolling Instagram menemukan info IG live yang menarik. Sumber referensi bisa dari banyak tempat asalkan fokus dan niat untuk mencari.


FYI, pekan ini kami menggunakan Jamboard untuk media diskusi. Cara penggunaannya mudah, perlu sedikit adaptasi, dan enak diakses bersama melalui PC atau apps Jamboard.


Kekurangannya, perlu install apps kalau dari HP untuk menyunting. Lalu, gambarnya mudah banget bergerak bila tidak sengaja tertekan. Selain itu karena bentuknya untuk presentasi, tidak bisa diunduh satu persatu dalam bentuk gambar seperti Canva (atau saya belum tahu caranya). *masih ya Canva idolaku!


akhirnya ingat buat foto saat diskusi >,< semoga selanjutnya bisa kumpul semua


Oh ya, mic di laptop saya error, tidak bisa digunakan untuk zoom meeting. Alhasil Mbak Thika yang menjadi host untuk meeting pekan pertama. Jadi belajar bersama, ya, mbak.

Saya senang dan makin bersemangat melihat antusias maupun kontribusi para tetangga di CH 6 Kepenulisan. Mau saling berbagi, mendukung, curhat juga, hihi ... jadi tidak sendiri dalam menjalankan project di Bunda Produktif. Terima kasih, tetanggaku sayang!

Salam,

Helena yang aktif berperan dan rajin mencari referensi

Co-housing 6 Kepenulisan


#HexagonCity

#Hexagonia

#HabittoNation

#KuliahBundaProduktif

#InstitutIbuProfesional

Post Comment
Post a Comment

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,