Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Medikids Clinic Bekasi Bikin Enggak Takut Lagi ke Dokter Gigi

Saturday, July 20, 2019

Medikids Bekasi


Siapa yang anaknya takut ke dokter gigi? Banyaknya peralatan di ruang praktek dokter gigi, takut disuntik atau ngilu giginya dicabut terkadang membuat anak menolak diajak ke dokter gigi. Namun, suasana di Medikids Clinic Bekasi jauh dari kesan menyeramkan. SID malah betah bermain dan bertemu dokter gigi anak yang ramah.

dokter gigi anak jakarta
Medikids Clinci Bekasi Poliklinik Gigi Ramah Anak

Ketika tahu gigi geraham SID ada yang perlu ditambal, saya mencari referensi dokter gigi ramah anak yang dekat tempat tinggal kami. Salah satu yang menjadi inceran saya waktu itu adalah Medikids Clinic. Kepo banget deh saya cek Instagram @medikidsclinic yang menunjukkan ruang praktek dokter gigi serasa playground.

Setelah membuka cabang di Green Terrace, Kemang, Bintaro, dan Depok, klinik gigi ramah anak Medikids Clinic kini hadir di Bekasi. Nah, pada 17 Juli 2019 lalu, saya dan SID periksa gigi di sana.

Baca juga: Tips Hari Pertama Sekolah Menyenangkan

Menjadi Dokter Gigi Cilik di Medikids Play Hospital

Sambil menunggu giliran diperiksa, SID masuk ke Medikids Play Hospital. Ruangan di lantai 1 dan mezzanine ini menjadi tempat pretend play.

SID disambut ramah kakak-kakak dari Medikids. Kemudian ia menggunakan jas putih seperti dokter dan ada peralatan dokter-dokteran mainan.

Eh, ada kursi seperti di ruang dokter gigi beneran, lho, yang bisa dinaik-turunkan. Di atas sandaran kursi terdapat model kepala manekin lengkap dengan kondisi gigi berlubang. Peralatan dokter gigi juga ada untuk menambal gigi. Tapi, tambalannya pakai play-dough. Hehehe ….

medikids bekasi
Role play menjadi dokter gigi di sini
SID dan kawan-kawannya bergantian menjadi dokter dan pasien. Asyiknya melihat tampang serius dokter cilik memeriksa pasien cilik.

Di lantai mezzanine terdapat ruang bermain juga. Berbagai mainan balok, mobil-mobilan, masak-masakan, sampai alat peraga bagian tubuh manusia ada di sana. Pantas saja anak-anak betah di sini.

Baca juga: Sudahkah Imunisasi Rutin Lengkap?

Bawa Boarding Pass untuk Periksa Gigi di Medikids Clinic Bekasi

Ruang pemeriksaan ada di lantai 2. Uniknya, anak diberi semacam boarding pass mainan sebelum “boarding” ke lantai 2. Di tiket tersebut tertera tanggal, nama anak, dan nama negara. Lho, apa maksudnya nih tiketnya SID tertulis Jepang?

dokter gigi anak jakarta
Enggak berasa di ruang tunggu dokter
Aih, rupanya ruang tunggu di lantai 2 seperti di bandara. Nama negara itu menunjukkan ruang praktek dokter gigi yang dituju. Ada Afrika, Jepang, dan Amerika. Hoho … lucu, ya.

Dari tadi masuk di Medikids Clinic Bekasi enggak menyeramkan sama sekali. Malah lupa kalau mau bertemu dokter gigi. Di dalam ruang praktek dokternya pun sangat berwarna-warni. Begitu kami masuk ke ruang “Jepang”, nampak lukisan animasi Jepang “Totoro”.

SID pun terlihat santai dan langsung naik ke kursi pasien. Alhamdulillah ia sangat kooperatif ketika giginya diperiksa. Sepertinya ia keasyikan nonton film kartun di televisi yang terletak di bagian atas kursi.

Selesai diperiksa dan konsultasi dengan drg. Anisa, SID mendapat selembar rapor gigi anak yang menunjukkan kondisi giginya. Huhu … ada lubang kecil dan karies di gigi SID. Kata dokternya, karena yang bolong di bagian depan dan belum terlalu parah, enggak perlu ditambal. Tunggu saja sekitar usia 6 tahun giginya akan lepas dan tumbuh gigi permanen.

medikids clinic bekasi
Ruang praktek dokter gigi bertema kartun Totoro dari Jepang
FYI, Medikids Clinic memang didesain ramah anak namun orang dewasa juga boleh treatment di sini. Poliklinik kesehatan gigi ini menyediakan jasa:
  • Spesialis gigi anak
  • Spesialis orthodonti (kawat gigi)
  • Spesialis konservasi gigi (penambalan, perawatan syaraf, dan estetika)
  • Spesialis bedah mulut
  • Spesialis prostodonti (gigi tiruan, veener, implan gigi)
  • General practitioner

Tips Merawat Gigi Anak

Setelah periksa gigi, kami mengikuti talkshow tentang “What Millennial Parents Should Know About Children Teeth”. Mumpung SID ikut, nih, jadi dia bisa langsung mendengarkan penjelasan Bu drg. Laila Novpriati.

Gigi anak memang masih gigi susu, nantinya di usia sekitar 6 tahun gigi anak mulai tanggal satu persatu dan berganti dengan gigi tetap. Namun, gigi susu yang sifatnya sementara ini bukan berarti tidak perlu dirawat. Sangat penting menjaga kesehatan gigi anak, karena:

  • Gigi penting buat mengunyah. Kalau giginya bolong, anak tidak dapat mengonsumsi makanan dengan baik. Alhasil gizi yang diasup kurang. Contohnya, anak susah mengunyah daging bertekstur kasar padahal butuh kandungan protein dalam daging tersebut.
  • Menyediakan ruangan untuk tumbuhnya gigi tetap. Memeriksa gigi anak secara rutin tiap 6 bulan sekali ke dokter gigi itu penting. Bila diketahui ada gigi yang belum tumbuh atau tidak tumbuh dengan tepat, dapat segera dilakukan tindakan.
  • Fungsi estetis dan berdampak pada perkembangan bicara yang jelas. Jika gigi anak sehat dan rapi, anak menjadi lebih percaya diri.


klinik gigi ramah anak
drg. Laila Novpriati

Jangan sampai deh gigi anak berlubang. Oleh karena itu, hindari kebiasaan yang dapat membuat gigi berlubang seperti minum susu pakai dot sampai ketiduran, mengemut makanan, makan makanan yang manis dan lengket, jarang menyikat gigi, atau salah memilih waktu menyikat gigi. Bukan berarti enggak boleh makan es krim atau permen. Boleh, kok, tapi batasi misal sekali sehari dan setelahnya gosok gigi, ya.

Drg. Laila memberikan tips merawat gigi anak sebagai berikut:
  • Rajin membersihkan gigi anak. usia 6-12 bulan, usap gigi dan gusi menggunakan kasa serta air hangat 2x sehari. Pada usia 1 tahun bisa memakai sikat gigi anak namun bantu anak menyikat gigi. Di atas usia 4 tahun anak dapat menyikat giginya sendiri.
  • Gunakan pasta gigi berfluoride namun sesuaikan takaran dengan usia anak. Untuk anak batita pakai pasta gigi sebiji beras saja. Kalau anak usia di atas 3 tahun gunakan pasta gigi sebesar biji jagung.
  • Sikatlah gigi 2x sehari, pagi setelah sarapan (sekitar 30 menit setelahnya) dan malam sebelum tidur.
  • Rutin periksa gigi anak ke dokter gigi 6 bulan sekali. Jangan ditakut-takuti ya supaya anak mau diajak ke dokter. Kalau perlu, lakukan role play menjadi dokter gigi, membaca buku tentang gigi, pokoknya ceritakan yang indah-indah deh soal dokter. Jadikan dokter gigi sahabat anak.

dokter gigi anak bekasi
Hai, aku dokter gigi cilik

Kalau poliklinik kesehatan gigi se-ramah dan warna-warni seperti Medikids Summarecon Bekasi, anak enggak bakal takut lagi ke dokter gigi. Bisa-bisa tiap hari minta mampir ke Medikids. Seperti SID yang excited cerita ke ayah dan teman-temannya kalau ia pernah belajar menjadi dokter gigi cilik. “Aku ingin jadi dokter gigi,” ujarnya.


Medikids Summarecon Bekasi
Ruko Graha Bulevar Blok GB-B08
Jl. Bulevar Ahmad Yani, Summarecon Bekasi, Jawa Barat
RSVP 08118905531
Instagram: medikidsclinic
Website: http://mhdc.co.id

28 comments on "Medikids Clinic Bekasi Bikin Enggak Takut Lagi ke Dokter Gigi"
  1. Foto pertama dan terakhir bikin aku makin ngefans sama SID, dijaga ya kesehatan giginya agar kuat dan gak berlubang

    ReplyDelete
  2. Wah, bagus sekali ceritanya! Menarik. Keadaan di tempat praktek gigi anak juga kreatif, inovatif dan keren pokoknya. Pantas anak ingin jadi dokter gigi.

    Beruntung mereka yang tinggal di kota, sedangkan tidak semua daerah ada tempat begitu. Andaikan dokter gigi membaca tulisan ini, mereka akan berusaha juga membuat anak-anak mau diperiksa. Kan kesannya dokter itu menakutkan, soalnya jarum suntiknya itu lho! Hehe...

    Sukses terus, tebarkan tulisan yang bermanfaat. Salam dari website DuniaKeluarga.Id

    :)

    ReplyDelete
  3. tempatnya nyaman ya bikin betah anak

    ReplyDelete
  4. Anak jadi ga takut lagi untuk datang ke klinik gigi ya Bun, Medikids klinik gigi yang ramah anak. Ruangannya bikin anak-anak betah.

    ReplyDelete
  5. Pantas SID jadi etah, emang desain Medikids di Medical Centre bikin anak tetap nyaman saat mau periksa ke dokter gigi ya mbak. JAdi nggak akan terjadi drama takut ketemu dokter giginya ya heheee
    TFS yah Mbak

    ReplyDelete
  6. Ini klinik DokGi apa playground siiihh?
    Kiyuuutt bangeett!
    Anak2 pasti demen yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. Ya ampun gemes amat pakai boarding pass segala!
    Berasa mau jalan2 jauh dong ya. Hahah..

    Ini cakep banget yaa tempatnya, asli beda banget sama tempat td aku nyabut gigi anakku. Untungnya drg ramah sama anak, jd terbayar lah walau gak sekeren ini

    ReplyDelete
  8. Mupeng banget sih, coba ada di banjarmasin ya. Karena tempatnya juga asik banget buat anak

    ReplyDelete
  9. Kliniknya keren banget mbaa. Ini mah, anak-anak gak bakalan takut ke dokter gigi.

    ReplyDelete
  10. Wah dokter gigi cilik SID tampak hepi ya berkunjung ke Medikids Clinic Bekasi..wong saya yang emak aja suka apalagi anak-anak ya..beneran kids friendly konsep klinik giginya. Pasti deh anak-anak enggak bakalan lari lagi lihat kursi dokter gigi dan alatnya.
    Ini sih ga bikin gakut sama sekali malah bikin hepiiii

    ReplyDelete
  11. Unik sekali yaaa tempat praktek dokter gigi anaknya. Andai di Sidoarjo juga ada yg seperti itu, saya gak perlu susah minta Zril buka giginya untuk diperiksa

    ReplyDelete
  12. Kalau poli giginya begini, siapa yang ga suka coba? Ke dokter gigi jadi menyenangkan ya. Oiya, ini bisa untuk dewasa ga ya?

    ReplyDelete
  13. Asyik banget ya klinik gigi khusus untuk anak jadi suasananya ceria dan menganak, anak jadi nggak takut lagi untuk periksa gigi di klinik..

    ReplyDelete
  14. Klinik giginya kayak play land ya, jadi anak malah seneng dan bisa eksplor seputar gimana sih kerjaan dokter gigi itu. Ga ada takut-takutnya kan, malah jadi hepi. Bagus banget ya konsep pembuatan klinik Medikids ini.

    ReplyDelete
  15. Wah, anak2 aku selalu ketakutan dan penuh drama kalo disuruh periksa gigi nih mbak hahaha. Mudah2an ada di Bandung juga yah, supaya anak2 gak takut lagi kalo ke dokter gigi

    ReplyDelete
  16. Lucu memang klinik dokter gigi yang mengakomodasi ketakukan anak - anak akan dokter gigi

    ReplyDelete
  17. Wow, medikids keren banget.anak2 pasti suka nih kalau diajak ke sana, ke dokter gigi yang selama ini menyeramkan malah jadi menyenangkan

    ReplyDelete
  18. Menarik mb, suasana klinik giginya membuat anak tidak takut diajak ke dokter gigi dan ga perlu dipaksa2 lagi...

    ReplyDelete
  19. Wih SID hebat..berani periksa gigi.. gak tau noh Nada belum pernah, potong rambut aja nangis 😅. patut dicoba nih ke Medikids Clinic..

    ReplyDelete
  20. Jangankan anak-anak, Mbak, saya aja takut ke dokter gigi. Sebenernya pengen banget cabut gigi tapi sampai sekarang belum jadi-jadi. Apalagi banyak yang becandain katanya sakit banget. Haduhlaah saya parno dulu deh..

    Tapi kalau ruangannya seasyik medikids clinic Bekasi, kayaknya nyaman banget, ya. Ke dokter gigi tapi anak-anak bisa main dulu jadi dokter atau pasien secara bergantian. Terus ruang tunggunya itu unik ya, dengan nama tujuan berbagai negara. Dan yang paling seneng, pas pemeriksaan anak bisa lihat kartun, jadi nyaman deh.

    ReplyDelete
  21. Bagus ya kliniknya. Gak nyeremin ke anak. Sebaliknya malah bikin betah. Anak-anakku kalo dibawa ke klinik kayak gini sih pasti pada mau

    ReplyDelete
  22. Bawa anak ke Medikids ga bakal takut lagi buat periksa ya ini mah. Jadi pengen periksa gigi juga, bolehkan ya

    ReplyDelete
  23. Aih keren ini artikelnya bisa masuk feednya Bloger Perempuan
    Produktif sekali sih jadi mama

    Soal Medikids, aku menanti cabangnya di Surabaya

    ReplyDelete
  24. Lutunyaaa...SID jadi dokter.
    Tante mau periksa kalau SID yang jadi dokternya.

    Beneran yaa..
    Tempatnya anak-anak banget.
    Warna-warni...lebih mirip sekolah daripada klinik gigi.

    ReplyDelete
  25. Klinik gigi dengan desain ruangan yang super cetar, bagus banget. Dilengkapi sarana bermain untuk anak pula, kalau spt ini, anak-anak gak takut ke dokter gigi

    ReplyDelete
  26. cakep banget klinik giginya bikin betah anak-anak ya jadi ga takut gitu jadi keingetan mau periksa gigi anak2 juga

    ReplyDelete
  27. Wah, keren banget kliniknya. Kalau gini sih nggak akan ada drama ya kalau ngajak anak periksa gigi. Sip, deh!

    ReplyDelete
  28. Ya ampun, ini lucu bangettttt... Bangettt.. bangettt.. Hahaha.. Interiornya very-very kids friendly. Kapan ya, ada di Jogja.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,