Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

4 Jenis Camilan untuk Ibu yang Sedang Hamil Muda

Wednesday, March 7, 2018
Hamil muda alias kehamilan di trimester pertama itu penuh kejutan. Tubuh yang biasanya segar, bisa jadi mudah lelah. Saya teringat seorang teman yang menjadi instruktur senam. Kebayang dong betapa lincahnya ia. Namun setiap hamil, ia (maaf) muntah-muntah tiap hari sampai harus istirahat. Memang ya hamil muda itu kondisi yang sangat rawan terjadinya keguguran sehingga ibu hamil harus sangat memperhatikan aktivitasnya.

Camilan untuk Ibu Hamil Muda
Pada masa kehamilan muda ini, janin di dalam kandungan sedang berada pada proses berkembang. Mengingat akan hal tersebut, sudah seharusnya kita sebagai kaum ibu untuk senantiasa menjaga kondisi kesehatan tubuh. Ya, salah satunya yakni dengan memperhatikan soal makanan sebagai asupan nutrisinya. Berbicara soal makanan yang kaya akan nutrisi, di bawah ini ada 4 jenis camilan yang wajib dikonsumsi oleh ibu yang hamil muda. Jenis camilan apa sajakah itu?

1. Yogurt
Jenis camilan pertama yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil adalah yogurt. Mengapa harus yogurt? Sebab camilan yang terbuat dari fermentasi susu ini kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, kalsium, mangan, fosfor, dan asam folat. Vitamin C itu sendiri berperan sebagai antioksidan, yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Begitupun dengan kandungan asam folat yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

2. Roti Gandum
Jenis camilan kedua yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu roti gandum. Menurut pakar gizi terkemuka, roti gandum ini merupakan salah satu jenis roti yang paling tinggi nutrisinya diantara jenis roti lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, kandungan serat pada roti gandum berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan saat memasuki kehamilan muda.

3. Kacang Merah
Jenis camilan ketiga yang wajib dikonsumsi oleh bumil adalah kacang merah. Ya, jenis kacang-kacangan yang satu ini memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, dimana asam folat tersebut berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

4. Keripik Kentang
Jenis camilan terakhir yang wajib dikonsumsi oleh bumil adalah keripik kentang. Dibalik rasanya yang gurih dan nikmat, ternyata kandungan nutrisi pada keripik kentang ini cukup tinggi lho. Akan tetapi, bunda jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, sebab hal ini bisa meningkatkan kadar kolesterol.
Itulah 4 jenis camilan yang wajib dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda. Dengan makanan sehat dan bergizi. Tentu akan menjadikan sang buah hati lahir sehat. So, apa cemilan favoritmu saat hamil?

14 comments on "4 Jenis Camilan untuk Ibu yang Sedang Hamil Muda"
  1. awal-awal pas kehamilan aku doyan banget yogurt mba ternyata memang bagus ya buat yang hamil :) kata temen malahan ga bagus *sotoy mungkin doi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm kenapa ya ga bagus? Mungkin dalam kadar tertentu. Yogurt bagus lho buat sumber kalsium.

      Delete
  2. Wah, aku sih nomor 1 2 4 hajar terus pas hamil, hahaha. Sama satu lagi biskuit kelapa. Kalau kacang nggak terlalu suka, bikin mulut pegel ngunyah, euy :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biskuit kelapa sampai sekarang juga masih doyan :))

      Delete
  3. Weh bener lho, keripik kentang dulu cemilanku pas lagi hamil muda, ngilangin eneg. Cemilan lainnya ya rujak pedes, coklat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih bisa ya makan rujak pedes. Katanya bumil ga boleh banyak makan sambel.

      Delete
  4. Duluuuu ketika hamil muda(iya, duluuuu....karena bungsuku aja udah hampir 11 tahun), aku memang ngemil melulu. Seringnya sih kue-kue jajan pasar dan keripik kentang. Dan doyan ngemil itu berlanjut sampe sekarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama deh, mbak. Aku tuh ga suka ngemil tapi pas hamil kemana-mana bawa camilan. Sampai bertamu pun makan bekal sendiri. Hahaha

      Delete
  5. Cemilan hamil yaa... Yoghurt aku suka, ama susu kedelai mba. Dulu katanya kan bisa bikin anak kulitnya bersih kalo rutin di minum saat hamil. Ama muesli aku suka cemilin pas hamil dulu. Maklum ya bok, sering laper, nah muesli krn kaya serat jd lumayan ngeganjel perut hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya bener muesli ya supaya ga cepat lapar. memang sih bawaan hamil tuh lapar melulu

      Delete
  6. Saya dulu waktu hamil Erysha suka ngemil biskuit gandum. Mirip ya roti gandum hihihi sama2 bahannya gandum. Nanti tips yg lainnya mau saya coba juga ah ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. gandum enak ya lebih berserat dan lama kenyangnya.

      Delete
  7. Saya cuman doyan ama kacang merah pas hamil muda, itupun gak banyak hehehe

    Sulit banget bisa makan camilan sehat kalau hamilnya pakai mabok hiks :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhuuu iya ya mabok jadi makan sedikit-sedikit.

      Delete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature