Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, and upside down of life.

Cara Tidur Nyenyak dengan Perhatikan 3 Hal Ini

Wednesday, March 21, 2018

Cara tidur nyenyak. Tiga tahun belakangan, tidur saya kurang berkualitas. Setiap malam setidaknya saya bangun tiga kali, untuk menyusui dan buang air kecil. Terkadang saya rebahan di kasur cukup lama, mata merem tapi pikiran masih kemana-mana. Susah tidur! Saya benar-benar bisa tidur sepanjang malam, tanpa terbangun, hanya satu kali. Saya ingat betul ketika itu libur lebaran. Tidur nyenyak itu rasanya… surga!

Cara tidur nyenyak dengan perhatikan 3 hal ini (dok. Logan Nolin)
Kualitas tidur penting untuk kesehatan dan mood seharian, termasuk membuat kulit awet muda, lho. Kuantitas juga penting, untuk dewasa sekitar 6-8 jam sehari. Bangun dari tidur nyenyak itu badan dan pikiran bugar, siap beraktivitas. Bagaimana ya supaya bisa tidur nyenyak? Apa saja yang dapat dilakukan?
Secara garis besar ada tiga hal yang perlu kita perhatikan untuk meningkatkan kualitas tidur, yaitu:


MAKANAN

Di dalam tubuh kita terdapat hormon melantonin yang membuat ngantuk dan ingin tidur. Hormon ini diproses dari asam amino atau protein dari makanan. Saat hari mulai gelap, tubuh akan mencari hormon melantonin. Salah satu cara tidur nyenyak yaitu coba deh konsumsi makanan yang dapat diposes menjadi hormon melantonin seperti: buah ceri, almond, stroberi, anggur, atau ikan. Dapat juga mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B6 untuk mempermudah produksi melantonin, seperti pisang dan kacang-kacangan.

RUANGAN

Buat ruangan senyaman mungkin untuk tidur. Usahakan kamar tidur difungsikan sebagai kamar untuk tidur, tidak dicampur sebagai ruang kerja atau hiburan. Adanya PC, TV, atau smartphone yang menyala membuat mata susah merem. Kalaupun ada gawai tersebut, sebaiknya matikan supaya pikiran rileks dan siap untuk tidur.

Perhatikan kasur dan bantal yang dipakai. Apakah terasa nyaman? Kasur yang terlalu keras atau bantal yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tidur tidak nyenyak. Ganti peralatan tidur tersebut, bila perlu.

Yang tak kalah penting, ruangan nyaman didukung pula dengan AC terbaik. Ruangan adem makin bikin betah tidur, kan. Ada lho orang yang susah tidur karena bunyi AC yang berisik setiap kali dinyalakan. AC mati, kepanasan. AC nyala, suaranya mengganggu. Maka, perlu selektif memilih AC rumah.

Biasanya nih indoor AC berisik karena part di dalam AC yang mulai usang, getaran bodi AC karena kurang tepat saat pemasangan, atau sirkulasi udara yang masuk ke AC tidak merata. Di angka berapa decibels (dB) seharusnya bunyi AC?

Tidur nyenyak tak terganggu suara AC (dok. AC Gree)
Bunyi AC zaman now rata-rata berada di angka 25dB. Level 25dB, berada di sekitar level bunyi detakan jarum jam dinding atau bunyi bisikan ringan dan halus. Selain memilih AC dari segi AC low watt, AC hemat, atau AC inverter terbaik, perhatikan juga ya level bunyi yang dihasilkan. Boleh saja mencari AC murah tetapi kualitas jangan murahan.

AC GREE seri Inverter Silent King-GEE dan Deluxe Inverter-U-Crown ada di level 18dB. Ini lho rahasianya AC GREE sangat sunyi dibanding yang lain:
  • Setiap produk RAC GREE menggunakan desain “one shell + one chassis”. One shell merupakan desain dari casing body unit indoor yang bersifat menutup seluruh unit indoor secara keseluruhan tanpa adanya celah yang dapat menyebabkan vibrasi/getaran ketika unit beroperasi dan menyebabkan bunyi berisik. Begitu juga dengan one chassis, yakni desain pada kerangka bagian dalam unit indoor yang tidak memiliki celah untuk menyebabkan vibrasi. 
  • Produk AC GREE juga memiliki sebuah komponen yang tidak dimiliki oleh merek lain, yakni filter suara yang terdapat di bagian unit outdoor, berfungsi untuk menyaring dan meredam bunyi dari kompresor ketika sedang beroperasi, sehingga bunyi tersebut tidak masuk ke dalam pipa tembaga yang dapat tersalurkan ke dalam unit indoor dan ke dalam ruangan. 
  • Indoor unit AC GREE didesain untuk memiliki “Desain Sisir”, yakni sebuah desain pada outlet udara yang berbentuk garis-garis yang berfungsi untuk meredam bunyi dari hembusan udara dari dalam unit indoor ke luar mencapai ruangan user, dan juga berfungsi untuk membuat hembusan udara lebih jauh.


PIKIRAN

Konsumsi makanan yang mengandung melantonin alami, udah. Membuat ruangan senyaman mungkin, udah. Nah, pikiran juga harus dikondisikan untuk tidur.

Buat jadwal tidur yang rutin dan atur ritual sebelum tidur. Ritual ini sebagai sinyal bagi tubuh bahwa sudah waktunya beristirahat. Berbagai hal dapat dicoba, antara lain: mendengarkan musik yang menenangkan, membaca buku (apalagi diktat kuliah yang tebal. Bosan lalu ketiduran, hihihi), mandi air hangat, menggunakan aroma therapy, dsb.

Saya sudah mencoba memejamkan mata, gelibak-gelibek di kasur, tapi tak juga tertidur. Ah, mungkin karena pikiran yang masih terbayang deadline pekerjaan. Jadilah makin susah tidur bahkan terbawa mimpi buruk. Heu… bangun tidur jadi ga enak.

Titipkan permasalahan yang berputar dalam otak ke Yang Maha Pemberi Hidup dan berdoa supaya tidur malam ini nyenyak sampai pagi. 

Lepaskan beban pikiran agar tidur nyenyak (dok. Aleksandr Legorov)
Itulah cara tidur nyenyak yang bisa kamu coba. Mau, kan, tetap awet muda dan selalu fresh setiap pagi? Pekerjaan segambreng pun siap dihadapi setelah tidur berkualitas. Bagaimana caramu agar tidur nyenyak? 



53 comments on "Cara Tidur Nyenyak dengan Perhatikan 3 Hal Ini"
  1. Wajib ada guling sama selimut kalau buat saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga punya guling di rumah. Hohoho. Ga biasa pakai, sih.

      Delete
  2. Bagiku tuh 'pikiran' yang paling mempengaruhi, contohnya kalau tugas belum selesai meskipun lelah mau tidur tetap aja tidurnya gak tenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepikiran terus ya sampai terbawa mimpi. Aku tuh kadang begini :(

      Delete
  3. Wah, boleh juga tuh AC-nya yang ada filter suaranya. Sippp....

    ReplyDelete
  4. Betuuul. Kalo sedang kepikiran sesuatu, malah jadi nggak bisa tidur ya.
    Tapi kalo badan capek, begitu rebah di kasur sebentar aja sudah terbang ke alam mimpi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak ya tidur saat ngantuk. Langsung pulas sampai pagi :)

      Delete
  5. Yang terakhir soal pikiran bener banget mba. Apalagi kalau ada deadline. Duuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. idem, hahaha. Mimpi buruk deh mikirin deadline.

      Delete
  6. 6-8 jam ya? Diriku cuma setengahnya, huhu. Padahal ngerti banget kalo tidur berkualitas bikin muka jadi awet muda dan emosi stabil, tapi kalo ada DL itu yang susah, krn dibawa tidur juga ga enak krn belum selesai. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih kuat banget, Mbak. Apa ga keliyengan kalau kurang tidur?

      Delete
  7. Kalo aku ga ada masalah dgn tidur karena aku suka tidur jadi gampang tidurnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidur di kereta enak, mbak. Sambil nunggu sampai Depok.

      Delete
  8. Aku tidur nyenyak kalau udah mandi air hangat dan kerumulan selimut

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh nyaman banget itu malam-malam mandi air hangat.

      Delete
  9. Makasih mbak tipsnya. Saya gak bisa tidur kalau lagi sakit.hehehe skrg lagi pengen gimana caranya bisa shalat dan nulis di sepertiga malam. Susah banget. Mungkin pumya tips mbak?

    ReplyDelete
  10. Tidur tidur nyenyak bagaikan surga. Biasanya saat cape berat tidur nyenyak

    ReplyDelete
  11. Nah buat aku kurang nih tidur nyenyak, kalo sudah kurang tidur kepala jadi pusing dan lemas saat bangun

    ReplyDelete
  12. Makanan dama pikiran ini yang masih sering mengganggu :-D

    ReplyDelete
  13. Setelah punua baby, hampir gak bisa tidur nyenyak. Kalau malem pasti 3-4 x bangun buat nyonyonin dan ganti diapers.

    ReplyDelete
  14. Setuju, titipkan masalah pada Yang Maha Kuasa, ga usah dibawa tidur

    ReplyDelete
  15. Lebih susah tidur kalo banyak beban pikiran, padahal tidur berkualitas sangat baik untuk tubuh. Selain pikiran kenyamanan saat tidur juga ya mbak, enak banget udah ada AC yang getarannya ga kuat jadi bisa tambah nyenyak tidur

    ReplyDelete
  16. Di rumah gk pakai AC mba anakku elergi dingin��, pdhal bundanya kepingin bnget padang AC note nih, untuk semua tipsnya udah kupake bner bangt

    ReplyDelete
  17. iyaaa penting banget yah kualitas tidur itu supayaaa awet muda kitaaa 😄 kulit juga jadi sehat kalau tidur kita cukup

    ReplyDelete
  18. Jika bisa tidur nyenyak, rasanya memang surga banget. Pas bangun juga lebih fresh dan ga nguap2 terus saat menjalani aktifitas siang harinya

    ReplyDelete
  19. Pasti nyenyak ya tidurnya mba Helena, apalagi dengan AC yang nyaman

    ReplyDelete
  20. Mak sdh ckp lama mengalami gangguan tidur krn emang mobilitas pd siang dan sore hari ckp luar biasa dan otomatis saat mlm aja br bisa ngerjain tugas yg lain spt nyelesein DL.

    ReplyDelete
  21. Pas banget nih sama hobiku sis. Tidur. Hehe aku kadang bisa nggak tidur tapi juga kadang tidur terus. Mungkin itu tanda kualitas tidurmya kurang baik ya. Nice inpoh

    ReplyDelete
  22. Kalau aku pokoknya kalai mau bobo jangan laper banget dan jangan kenyang banget hehehe.. kalau bisa lampu dimatin ^^

    ReplyDelete
  23. Setuji banget mba saya nggak bisa tidur kalau kepanasan. Kalau mati lampu mesti uring uringan. Tapi semenjak menyusui jarang tidur nyenyak, pasti kebngun tengah malam :p

    ReplyDelete
  24. Kayaknya masalah pikiran nih yang membuat tidur saya jadi kurang nyenyak, hehe
    Thanks for share mba :D

    ReplyDelete
  25. Caraku agar tidur nyenyak ya salah satunya gk gerah, haha, blm cobain sih ac gree gmn rasanga, tapi yg penting mmg adem klo aku mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adem bikin betah tiduran, Mbak. Makin mager deh.

      Delete
  26. Tidur nyenyak itu penting banget ya mbak.. Nggak perlu lama yg penting berkualitas.. ehehe

    ReplyDelete
  27. Aslii, surga banget mbak. Kalau bisa tidur nyenyak, aktivitas keesokan hari nya bisa lebih fresh..

    ReplyDelete
  28. Wah kalau AC kualitas begini sih yakin deh, semua problem solved ya kak :)

    ReplyDelete
  29. Tidur juga perlu trik. Makasih yaaa triknya.

    ReplyDelete
  30. Kata orang, ingat mantan juga gak bisa tidur nyenyak.

    ReplyDelete
  31. Perlu dicoba nihh, biar bisa tidur nyenyak.

    ReplyDelete
  32. wahh ada caranya ya supaya nyenyak hehe, makasih tipsnya

    ReplyDelete
  33. biasanya mengkonsumsi coklat hangat bisa membantu untuk nyenyak..cocok juga buat yang insomnia

    ReplyDelete
  34. Ada Ac emang bisa bikin tidur nyenyak, apalagi saat cuaca panas gini. Dijamin betah di dalam kamar :D

    ReplyDelete
  35. Kalau aku mah malah nahan ngantuk yang jadinya gak bisa tidur

    ReplyDelete
  36. Pengen awet muda ? Jaga kesehatan biar fresh setiap hari

    ReplyDelete
  37. Banyak pikiran yang bikin tidur tidak nyenyak nih. Bikin insomnia, susah tidur

    ReplyDelete
  38. Yang penting sih kalau mau tidur nyenyak itu harus bebasin pikiran dulu ya. Orang yang banyak pikirian kan cenderung susah tidur. Termasuk mikirin invoice yang lama cairnya wkwkwkkw

    ReplyDelete
  39. Nah ini kamar ada TV, tab, hape, haduuuuh. Pantes susah mau bobok. Eh AC nya tenang banget ya. Keren ya. AC ku ya suaranya masih berisik :D

    ReplyDelete
  40. Wah jd gak berisik ya AC-nya. Tambah pules deh bobonya :D

    ReplyDelete
  41. Klo udah cape banget baru bs nyenyak tidur 😂

    ReplyDelete
  42. Fatih dan Aisyah sering bangun malam Mbk, jadi terbiasa bangun terus tengah malam. Wntah minta minum atau buang air kecil. Ahamdulillah alarm sih hehee

    ReplyDelete
  43. wah mungkin ini solusi agar tidurku neynyak ,

    ReplyDelete
  44. bener banget, kita bisa istirahat dan tidur nyenyak bila ruangan kita sejuk dengan suhu ruang yang pas, bila panas, sumpek atau terlalu dingin ya mana bisa, satu lagi bila memasang pengatur suhu ruangan biayanya akan makin nyaman bila pakai ac yg ga berisik :-))

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai akun G+, Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature