Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Perpustakaan Jakarta Timur Tempat Baca Buku Hingga Main Boneka

Wednesday, May 17, 2023

Selamat Hari Buku Nasional! Di hari ini, saya mau mengajak jalan-jalan (lewat tulisan) ke sebuah perpustakaan ramah anak di Jakarta Timur. Tempatnya tersembunyi namun luas dan punya satu lantai khusus layanan anak. Mari kita berkunjung ke Perpustakaan Jakarta Timur!

perpustakaan jakarta timur
Perpustakaan Jakarta Timur punya ruang layanan anak



Layanan Anak di Perpustakaan Jakarta Timur

Sebulan sekali saya dan anak-anak berkunjung ke perpustakaan. Pilihannya antara Perpustakaan Nasional (dekat Monas) atau Perpustakaan Jakarta (Cikini). Selain dua perpus besar tersebut, setiap wilayah administrasi DKI Jakarta juga memiliki perpustakaan daerah masing-masing. Kami pun memilih berkunjung ke perpustakaan umum terdekat yaitu Perpustakaan Jakarta Timur.


Baca juga: Pinjam Buku di Perpustakaan Nasional


Sampai sana, kami diarahkan satpam untuk ke lantai 2, bisa naik lift atau tangga. Lantai 2 perpustakaan ini khusus layanan anak. Sebelum masuk, pengunjung perlu melepas alas kaki dan meletakkan di rak yang tersedia.


Bila membawa tas, bisa dititip ke petugas di sana. Sebenarnya ada loker yang terletak di dekat rak sepatu tetapi petugas mengarahkan untuk menitipkan di meja petugas saja. Kalau saya perhatikan sepertinya loker-loker tersebut tidak ada kunci jadi lebih aman titip ke petugas.

hari buku nasional
suasana di layanan anak lantai 2 Perpustakaan Jakarta Timur


Kami sudah dua kali ke sana. Pertama kalinya berkunjung, suasana di perpustakaan pagi itu sepi, hanya ada satu keluarga lagi selain kami. Pada kunjungan kedua, sekitar pukul 11 mulai ramai anak-anak berseragam SD yang mampir ke perpustakaan. Kebetulan gedung Perpustakaan Jakarta Timur berada tepat di belakang gedung sebuah SD negeri.


Selesai mengisi buku tamu, kami mulai menjelajahi ada apa saja di Perpustakaan Jakarta Timur. Yang jelas ada buku-buku, ya, hehe .... Buku-buku yang kami temukan seputar board book, picture book, ensiklopedia, sticker book, wipe and clean book. Ada juga komik WHY kesukaan SID yang bertema sains, sosial, maupun biografi tokoh.


Selain buku, ada boneka tangan yang menarik perhatian Uno. Boneka-boneka ini dibungkus plastik rapi dan diletakkan di atas rak. Boleh pakai atau tidak? Eh ternyata boleh setelah izin petugas.


Boneka-boneka ini menggunakan seragam profesi seperti TNI, pilot, polisi, hakim, koki, dan ibu-ibu bersetelan pink (apakah itu ibu bhayangkari?). 


Boneka tangan menjadi daya tarik bagi Uno untuk minta ke perpustakaan ini lagi. Ia sedang menyukai aktivitas stimulasi bahasa dengan merangkai cerita melalui mainan.

koleksi buku perpustakaan jakarta
Buku balita hingga komik ada di sini


Setelah puas bermain boneka, Uno dan saya bermain aneka balok kayu yang terpajang di atas meja. Ada yang berbentuk sempoa, mencocokkan bentuk, menyusun angka, dan sebagainya. Pengunjung bebas memainkan asal setelah itu merapikan kembali.


Senangnya membaca buku dan bermain di perpus ini. Layanan anak di Perpustakaan Jakarta Timur tergolong luas dengan banyak rak buku di sana-sini tapi sayangnya tidak ada pengelompokkan jenis buku ataupun berdasarkan usia anak. Jadi, saya harus keliling melihat satu-persatu isi rak untuk mencari buku yang tepat. Kadang dalam satu rak campur antara board book (untuk balita) dan komik (untuk usia SD).


Cara Meminjam Buku di Perpustakaan Jakarta Timur

perpustakaan ramah anak
boneka dan mainan edukasi di perpustakaan

Buku-buku di sini boleh dipinjam untuk dibaca di rumah, lho! Kami sengaja ke perpustakaan untuk mencari novel Lima Sekawan sebagai bahan bacaan books club yang SID ikuti. Saya juga mau meminjam board book untuk Uno yang senang dibacakan buku sebelum tidur.


FYI, novel Lima Sekawan termasuk di buku SMP sehingga terletak di lantai 3, bukan di layanan anak. Kami naik tangga sekali, mengambil buku, lalu kembali ke lantai 2 untuk menyelesaikan proses peminjaman.


Syarat dan ketentuan untuk meminjam buku di Perpustakaan Jakarta, baik di Cikini maupun wilayah administrasi Jakarta yang lain, adalah terdaftar menjadi anggota perpustakaan yang telah terverifikasi. Daftar jadi anggota perpustakaan bisa via online melalui link JAKLITERA kemudian klik "registrasi".


Sebelum ke perpustakaan, saya cek buku Lima Sekawan apa saja yang berada di Perpustakaan Jakarta Timur melalui link di atas. Link JAKLITERA dapat juga digunakan untuk mengetahui lokasi perpustakaan, agenda literasi, dan jadwal pusling alias perpustakaan keliling.


Cara meminjam buku di Perpustakaan Jakarta Timur sebagai berikut:

  1. Terdaftar sebagai member terverifikasi Perpustakaan Jakarta. Daftar member melalui link JAKLITERA.
  2. Login ke JAKLITERA dan simpan QR Code member.
  3. Pilih buku yang akan dipinjam, serahkan ke petugas, serta tunjukkan QR Code member.
Selesai!

Satu member berhak meminjam 2 buku. Kami bertiga, anak-anak juga terdaftar jadi member, sehingga kami punya jatah 6 buku.


Masa peminjaman buku selama 14 hari dan dapat diperpanjang kembali 7 hari melalui situs JAKLITERA pada H-1 jatuh tempo. 


Buku yang dipinjam bisa dikembalikan di Perpustakaan Jakarta manapun, tidak harus ke Perpus Jaktim. Mau kembalikan ke Perpustakaan Cikini juga boleh.


Baca juga:  Wisata Ramah Anak di Perpustakaan Jakarta


Waktu Operasional Perpustakaan Umum Jakarta

Perpustakaan umum di Jakarta buka Sabtu-Minggu juga, lho! Berikut waktu operasional Perpustakaan Jakarta Timur:


Buka setiap hari kecuali hari libur nasional dan cuti bersama.

Jam operasional pukul 09.00 - 17.00 WIB


Terkadang perpustakaan tutup untuk maintenance. Saran saya sebaiknya cek Instagram @perpusjkt_timur sebelum ke sana.


Baca juga: Taman Literasi Dekat Blok M


Lokasi Perpustakaan Jakarta Timur

Di awal saya sebut bahwa letak perpustakaan ini tersembunyi. Hihi... iya walau ada di Google Maps, tapi lokasinya masuk ke perumahan penduduk, melewati jalan yang ngepas 2 mobil, berliku-liku, hingga ketemu gedung SD eh masih belok kanan, kiri, barulah masuk ke area perpustakaan.

Walau jalan masuknya sempit, area perpustakaan termasuk luas dengan parkiran mobil dan motor karena di sini juga sebagai gedung Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur.

Oh ya, di sini tersedia toilet dan mushola di lantai 1, ya. Tidak perlu reservasi untuk berkunjung. Yuk ajak anak mencintai buku dengan main ke perpustakaan karena membaca itu menyenangkan! 

wisata literasi jakarta
kapan kamu ke sini?



Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur


JL Jatinegara Timur 3, Komplek Pendidikan Rawa Bunga, RT.8/RW.7, Rw. Bunga, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13350
32 comments on "Perpustakaan Jakarta Timur Tempat Baca Buku Hingga Main Boneka"
  1. Oalaaah ga jauh amat dari rumahku mba. Aku belum pernah ajakin anak2 ke perpustakaan Krn sbnrnya di rumah kami juga ada perpustakaan sendiri. Tapi sbnrnya menarik juga ke library lain utk ganti suasana membaca. Apalagi si adek juga lagi seneng banget dibacain buku.

    Bagus juga ya sistemnya bisa dikembalikan lewat perpustakaan lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak di Jatinegara situ perpusdanya
      ganti suasana baca sambil mengenalkan anak-anak tentang perpustakaan.

      Delete
  2. Wah..Lima Sekawan bacaanku waktu SMP.
    Senangnya berkunjung ke Perpustakaan Jakarta Timur yang tanpa perlu reservasi dan ada layanan anak ini. Semoga ke depan pengelompokan buku bisa diperbaiki sehingga memudahkan yang ingin cari sesuai kategori

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak semoga jadi lebih tertata yah untuk layanan anak
      hihi ...Lima sekawan memang legend!

      Delete
  3. tempat tinggalku di area Jakarta Timur tapi karena lebih dekat ke Jakarta Pusat, aku lebih memilih ke perpustakaan Cikini... Jadi surprise banget pas baca, eh ternyata Jakarta Timur punya toh perpustakaan. Dan bisa dikategorikan hidden gem krn bener2 tersembunyi lokasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya dari rumahku juga lebih dekat perpus cikini, hahah, tapi ini percobaan cari perpus lain apa ada yang ramah anak juga. Eh ternyata ada layanan anak.

      Delete
  4. komplit ya koleksi perpustakaan, selain buku ada juga boneka tangan, jadi bisa banyak pilihan aktifitas di perpustakaan selain membaca, praktis ya daftarnya lewat web, di sini masih manual kalau perpanjang lewat online aja nggak perlu ke perpusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya boneka tangannya berbentuk profesi pula. Anak2 jd tahu dan punya gambaran nih, ternyata ada banyak macam pekerjaan dan gak cuma guru-dokter aja

      Delete
  5. Asyik ya ngajak anak-anak ke perpustakaan Jakarta timur ini, koleksi bukunya banyak, ada permainan edukatif juga.
    Sayangnya belum ada pengelompokan koleksi bukunya berdasarkan usia. SUdah dicoba kasih masukan buat petugas perpustakaannya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum mbaa, palingan nanti kalau ke sana lagi yah bisa ku sampaikan
      terima kasih

      Delete
  6. Seneng banget sekarang perpustakaan tu semakin keren, tertata, dan memanjakan pengunjungnya dengan fasilitas selain koleksi bukunya.
    Di sini juga perpus daerahnya banyak yang berbenah dan jadi ramah anak banget. Happy banget pokoknya main ke perpus sekarang mah.

    ReplyDelete
  7. Seru banget bisa jalan ke perpustakaan dan pinjem buku yaah. Lima Sekawan tuh buku favorite aku banget, sampai sekarang masih aku simpen walo udah gak lengkap koleksinya hehe. Selain itu dulu aku juga suka baca Malory Towers, Trio Detektif dan Sapta Siaga. Masih pada ada gak yah buku2nya, jadi kangen pengen baca ulang deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tosss lah geng Lima Sekawan!
      di Perpusnas ada Sapta Siaga, waktu itu kami sempat pinjam buku di sana.

      Delete
  8. Sekarang perpustakaan sudah ramah anak ya. Dan tempatnya benar-benar menarik perhatian banget. Saya padahal dah niat kalau pandemik kelar mau ajak Adek keliling perpustakaan, tapi belum kesampean.. hiks

    ReplyDelete
  9. Meski di rumah sudah banyak buku bacaan, main bawa anak ke perpustakaan sungguh jadi kegiatan yang menyenangkan ya. Seru dan berkesan pastinya... Apalagi fasilitasnya juga lengkap

    ReplyDelete
  10. Mba books club tuh online kah? SID uda lama ya ikutannya? buat anak2 tah? Aku jadi pengen baca Lima Sekawan lagi deh. Itu perpus sepi yaa, baru mulai rame siangan ya. Enakeun banget deh ngajakin anak2 wisata edukasi di perpus tuhhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya online, dia ikutan hampir setahun ini mbak. Yang dia ikuti books club khusus anak-anak, jadi bisa ngobrolin satu buku, main game, seru deh kegiatannya!

      Delete
  11. Rumahku masuk kawasan Jakarta Timur tapi malah deket ama Jaksel dan Depok. Agak lain emang. Hehhe. Smoga bisa ajak keluarga ke Perpustakaan Jakarta Timur. Lokasi agak tersembunyi tapi bacaannya juga bervariasi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di Jaksel ada juga perpusda Jaksel tapi aku belum pernah ke sana. Coba mbaaa eksplor, hihi...

      Delete
  12. Wah, seru sekali ya mengajak anak ke perpustakaan. Mereka pasti suka membaca buku-buku favoritnya. Apalagi kalau boleh dipinjam untuk dibawa ke rumah, jelas sangat menyenangkan. Semoga anak-anak makin rajin membaca ya..

    ReplyDelete
  13. Perpustakaan Jakarta keren dan keliatan nyaman ya. Siapa saja yang datang ke sana, kayaknya betah, deh!

    ReplyDelete
  14. Ternyata novel lima sekawan malah di jajaran buku SMP ya, apa karena bacaannya yang sudah terlalu panjang ya? Mungkin juga karena pemecemahan kasus misteri yang ada di dalam buku itu, ihihi

    Anw, perpustakaannya nyaman juga dan menarik juga sampai ada boneka tangannya gitu. Bagus sih diplastikin, supaya bonekanya tetap bersih dan terurus.

    ReplyDelete
  15. Seru banget ada mainannya juga, jadi bikin anak betah, tapi tetap duduk manis dan enggak ribut... Kalau perpustakaan daerah yang di sini, mainannya malah perosotan, jadinya malah rame sama suara anak-anak yang heboh main perosotan...

    ReplyDelete
  16. Perpustakaan di jakarta banyak juga ya, molly mau banget kpn2 maen ke sana. tempatnya nyaman dan fasilitasnya lengkap banget.

    ReplyDelete
  17. Iya Mba, layanan perpustakaan sekarang makin bagus. Termasuk fasilitasnya. Namun sayang peminat pembacanya yang masih kurang, hehehe. Masih suka berselancar di handphone ya.

    ReplyDelete
  18. Waah, Perpustakaan Jakarta Timur bagus juga, ya. Suasana di dalam perpustakaan keliatan nyaman dan estetik.
    Desain perpustakaan yang bagus seperti itu, bisa memudahkan kita untuk mengajak anak mencintai buku dengan main ke perpustakaan karena tempatnya menyenangkan

    ReplyDelete
  19. Pas tinggal di Medan, saya sering ke perpusda Sumut dan ada ruang untuk anak. Kebetulan lokasinya deket skolah anak2. Sejak pindah ke Makassar malah belum pernah sekalipun ke perpusda :( . Kemarin malah selintas baca kalau pembanguna perpus (sepertinya kota, bukan provinsi) malah mangkrak karena kasus korupsi. so sad.

    ReplyDelete
  20. kalo pas ke jkt, kayaknya OK nih agendakan k sini.
    ajak ponakan2 pasti seruuuu bgt
    makin cinta literasiii

    ReplyDelete
  21. Persis banget sama perpustakaan Dispusib Bandung.
    Padahal bessaarr dan tingkat ((Karena jadi rujukan kalau pelajar Bandung butuh literasi)), tapi lokasinya MashaAllah di dalam perumahan. Jadi kalo ngangkot, either jalan kaki sekalian atau Naik becak. Hihii...Bandung masi ada becak.

    ReplyDelete
  22. Baru tau ada prpustakaan cakep dan ramah anak gini deket rumaaaah. Seru banget yaaa maaaak.. mau ah nanti ajak anak-anak kesiniii

    ReplyDelete
  23. aku tuh seneng sekarang ini banyak perpustakaan di Indonesia. Di Jogja juga banyak perpustakaan bagus. cuma satu aja sih syaratnya emaknya jangan mager buat ngajak anak-anak mampir perpus hahaha

    ReplyDelete
  24. Ngajak anak ke perpustakaan memang asyik, anak juga belajar mencintai buku. Dulu awalnya aku ngajak anakku ke perpustakaan daerah karena ada playground, awalnya main terus tertarik baca komik, eh anaknya ketagihan ngajak ke perpustakaan.

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,