Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Rekomendasi 5 Taman di Jakarta yang Cocok untuk Piknik Gratis

Sunday, February 12, 2023

Menghabiskan akhir pekan dengan piknik di taman ternyata menyenangkan. Banyak taman di Jakarta yang tertata rapi dan cocok untuk piknik. Di sini saya membahas rekomendasi taman-taman di Jakarta yang dapat digunakan untuk piknik secara gratis.


Rekomendasi Taman di Jakarta untuk Piknik

1. Tebet Eco Park




Tebet Eco Park (TEP) merupakan taman kota di Jakarta Selatan sebagai ruang terbuka hijau yang telah direvitalisasi. Taman seluas 7,3 hektare ini awalnya merupakan dua taman terpisah, yaitu Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Kini kedua taman tersebut telah menjadi satu taman terpadu yang mengusung konsep harmonisasi antara fungsi ekologi, sosial, edukasi dan rekreasi.

Saking luasnya TEP kita mudah mencari spot untuk menggelar tikar piknik. Beberapa spot yang bisa digunakan di seberang pintu masuk plaza utara atau di dekat arena bermain (playground) setelah melewati jembatan.

Mau BBQ-an pun bisa karena ada area khusus. Sebelumnya pengunjung perlu meminta izin ke pengelola di Ruang Informasi Plaza Utara jika mau BBQ-an.

Selengkapnya tentang Tebet Eco Park.


2. Taman Literasi




Taman Literasi Martha Tiahahu menjadi taman di Jakarta yang baru selesai direvitalisasi pada September 2022 lalu. Lokasinya di kawasan Blok M, tepatnya di antara Blok M Square dan Blok M Plaza.

Berbeda dengan taman-taman lain di Jakarta, Taman Martha Tiahahu disebut taman literasi kaerna dilengkapi dengan koleksi ribuan buku (fisik maupun digital), perpustakaan, dan juga tempat membaca yang nyaman. Diharapkan taman seluas 9.710 m2 ini menjadi tempat menambah literasi yang mudah diakses warga.

Area piknik di Taman Literasi ada di bawah dekat arena bermain atau di tingkat atas. Berhubung taman ini tergolong baru, pohon-pohon belum rindang.

Selengkapnya tentang Taman Literasi Jakarta Selatan.

3. Taman Langsat


Taman Langsat di Jakarta Selatan ini berjarak sekitar 1 km dari Taman Literasi. Lokasinya berseberangan dengan Taman Barito. 


Piknik di Taman Langsat terasa nyaman karena pepohonan tinggi dan rindang. Uniknya, Taman Langsat memiliki kolam teratai yang luas serta beberapa ekor angsa berkeliaran bebas. Mereka tidak mengganggu pengunjung, lho, selama kita tidak mengusik mereka.


Selengkapnya tentang Taman Langsat, Jakarta Selatan.


4. Taman Ria Rio



Taman Ria Rio disebut juga Taman Waduk Ria Rio karena di bagian utara taman ini terdapat waduk yang luas. Selain itu, ciri khas Taman Ria Rio yaitu adanya pohon baobab yang besar di atas bukit.

Walau berlokasi dekat jalan protokol dan jalan tol, Taman Ria Rio memiliki suasana yang tenang dan asri. Cocok deh piknik di Taman Ria Rio dengan menggelar tikar di rerumputan di sana.

Selengkapnya tentang Taman Waduk Ria Rio, Jakarta Timur.


5. Hutan Kota GBK & GBK City Park

Hutan Kota GBK sempat menjadi tempat piknik yang viral di jagad media sosial karena letaknya di antara gedung pencakar langit di Sudirman, Jakarta Pusat. Letaknya dekat Istora Senayan di dalam komplek Gelora Bung Karno.


Saat kami ke Hutan Kota GBK di pagi hari suasananya sangat terik dan susah mencari tempat yang rindang. Sepertinya lebih cocok piknik sore hari di sini.


Pemandangan latar gedung-gedung bertingkat memang menarik. Selain itu terdapat kolam ikan dengan jembatan kecil di Hutan Kota GBK.


Masih di kawasan Gelora Bung Karno, ada juga tempat piknik yang lebih rindang yaitu GBK City Park. Lokasinya berseberangan dengan fX jadi lebih mudah masuk lewat pintu samping GBK yang dekat fX.


Dibanding Hutan Kota GBK, taman kota GBK lebih luas dengan pepohonan tinggi menjulang.


Selain piknik, pengunjung dapat menyewa sepeda untuk berkeliling di sekitar area taman.


Sebagai persiapan bawalah alas/tikar, makanan dan minuman (kalau ramai-ramai bisa dengan potluck), topi, kacamata hitam, dan gunakan lotion anti nyamuk untuk berjaga-jaga dari gigitan serangga. Tak lupa jagalah kebersihan area piknik supaya nyaman.


Itulah lima taman di Jakarta yang cocok menjadi tempat piknik. FYI semua tempat piknik tersebut gratis, lho. Punya rekomendasi tempat piknik di Jakarta? Share di kolom komentar, ya!

16 comments on "Rekomendasi 5 Taman di Jakarta yang Cocok untuk Piknik Gratis"
  1. Kesadaran akan open public membaik ya sekarang. Alhamdulillahnya pemda juga sadar akan hal itu. Di tempat saya berdomisili pun demikian; Bogor punya taman² yg bisa diakses gratis. Terlepas dari estetik atau tidak, manusia memang perlu ruang terbuka. Salam kenal dan silahkan mampir ke lapak saya yg udah debuan hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ini siapa ya? belum ada namanya

      alhamdulillah Jakarta makin terawat taman-tamannya. Jadi senang bisa dekat bermain dengan alam, enggak terhimpit gedung pencakar langit.

      Delete
  2. Ya ampuuuun aku udh lama bangetttt ga piknik begitu mbaa 😅. Terakhir kali piknik di taman, pas sebelum pandemi, di kebun raya Bogor, Ama temen kantor.

    Di JKT malah belum pernah 🤣

    Aku udh niat mau ke taman literasi sbnrnya, mau kasih buku2 yg aku ga terlalu suka, tapi mungkin bisa bermanfaat kan untuk orang lain. Supaya ga numpuk di aku juga. Pak suami sibuk Mulu. Ntr deh..

    Dari semua taman di atas, yg paliiing Deket Ama rumahku taman Rio Rio sbnrnya, itupun selama ini cuma lewat doang, ga pernah mampir 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi ... malah dekat lho sama Ria Rio, sesama Jaktim
      cobain mbaaa ajak anak-anak piknik, gimana pengalamannya

      kalau mau taruh buku di Book Hive yang dekat bisa ke Taman Jogging. Ada juga di sana.

      Delete
  3. Wah, asyiknya ada taman yang nyaman bisa piknik murmer. Aku suka taman seperti itu tapi karena di sini tamannya sedikit , ya hanya taman itu saja yang dikunjungi

    ReplyDelete
  4. kalau piknik gini tuh senang ya mba, bawa makanan dari rumah, liatin anak main sama papanya, kita foto2 wkwkwk kayak di drakor2 gituuuu

    ReplyDelete
  5. Kereeeeennnn banget! ini dambaan banget ya, di tengah gedung-gedung pencakar langit dan masih bisa menemukan taman-taman tempat piknik kayak gini, rasanya luar biasa sih.
    Bisa jadi tempat piknik dan sarana healing tanpa perlu jauh-jauh :D

    ReplyDelete
  6. Waktu itu nggak sengaja ke GBK dan lihat hutan kotanya. Pengen mampir tapi kayaknya lebih seru kalau ala ala piknik. Taman di Tebet juga jadi pengen dikunjungi. Makasih referensinya mba

    ReplyDelete
  7. Jadi semangat nih ajak ponakan buat halan² ke taman di Jakarta. Apalagi ini cukup terjangkau dengan transportasi umum juga ya

    ReplyDelete
  8. Catet ya. Asyik bener yang di Jakarta bisa dapat suasana kaya gini, gratis pula. Btw, Taman Ria Rio kaya bukan taman ya. Mungkin karena waduk di sana, jadi gak kaya taman lainnya

    ReplyDelete
  9. Taman salah satu hiburan wisata yang murah meriah nih, one day mau ah bawa anak ke salah satu taman tadi.

    ReplyDelete
  10. Wah ada taman literasiiiii, dilengkapi sama area bermain pula. Aku baru tahu yang ini mbak. Jadi pengen menyambangi tapi sayang jauuuhhhh. Mbak Helen kalau main ke taman literasi lagi boleh donk direview yak. Hehe. Makasih banyak sebelumnyaaaaaaa

    ReplyDelete
  11. Seru taman bermainnya. Beberapa sudah pernah aku kunjungi bersama teman2. Pengen jga ngajak ponakan tapi susah ya minta izin ortunya. Harusnya sih sama anak sendiri 😀😀😀

    ReplyDelete
  12. Cakep banget Tebet Eco Park.
    Seneng ajakin anak-anak main di luar dan berinteraksi bersama dengan anak lain. Gini kalau main sama anak, jadi gak terasa uda soreee aja.

    ReplyDelete
  13. aku juga sukaa banget piknik di taman kota. soalnya udah murah dan biasanya fasilitasnya juga lumayan lengkap lho.. seneng kaan jadinya

    ReplyDelete
  14. selain memandang langit, juga bisa memandang gedung-gedung yaa. anak-anak pasti senang diajak pikinik kayak gini

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Bagaimana komentarmu? Silakan tulis di kolom komentar, bisa pakai Name/URL. Kalau tidak punya blog, cukup tulis nama.

Ku tunggu kedatanganmu kembali.

Jika ada yang kurang jelas atau mau bekerja sama, silakan kirim e-mail ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,