Life of Happy Mom - Indonesian blog about parenting, health, & up and down of life.

Tips Manajemen Waktu Ibu Rumah Tangga

Wednesday, December 8, 2021

Sering kebingungan mengerjakan tugas rumah tangga yang tak ada habisnya? Sepertinya kegiatan sehari-hari begini doang tapi kok sibuk amat sampai kadang terlewat untuk menyapu dan mengepel. Apalagi ibu dengan anak bayi dan balita yang ada saja tumpahan atau ceceran makanan. Waspada burnout, Bu. Yuk kita belajar manajemen waktu ibu rumah tangga supaya ibu bahagia, keluarga bahagia.

Senang melihat rumah bersih rapi walau nanti berantakan lagi (dok. Unsplash)


24 Jam Rasanya Tidak Cukup

Iya, rasanya 24 jam berlalu begitu cepat. Sudah mencuci pakaian, belum menjemur. Sudah menjemur, lupa mengangkat jemuran kering sampai turun hujan (menunggu esok kering kembali). Barusan ikut tidur mumpung anak tidur siang, masyaAllah sudah azan asar waktunya persiapan mengantar anak ke TPQ.


Eh, kok curhatnya panjang. Hehehe … tapi begitulah gambaran keseharian saya sebagai ibu rumah tangga. Terkadang saya menertawakan kebahagiaan aktivitas sehari-hari ini. Lelah, iya. Kelelahan itu tanda kita sudah bergerak, berusaha. Alhamdulillah.


Merasa terbebani dengan pekerjaan rumah tangga? Kadang, sih, biasanya saat PMS emosi sedang campur aduk. *LOL.


Namun, membaca Al Quran surat Al-‘Asr untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya dalam keimanan, kebajikan, kebenaran, dan kesabaran agar tidak menjadi manusia yang merugi di dunia. Mengingat hikmah surat Al-‘asr tersebut membuat saya terpacu untuk lebih produktif menjalankan peran, salah satunya sebagai ibu rumah tangga.

 

Tips Manajemen Waktu Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga, saya belum ideal akan tetapi masih mencoba membagi waktu supaya berbagai pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Berikut tips manajemen waktu ibu rumah tangga yang bisa buibu coba:


1. Membuat daftar pekerjaan

Terkadang kita bingung mau mengerjakan yang mana maka penting untuk membuat daftar pekerjaan. Tulis semua pekerjaan rumah tangga (domestik) kemudian tetapkan bersama anggota keluarga lain siapa yang akan mengerjakannya. Pembagian tugas ini dapat dimulai dengan masing-masing memilih pekerjaan yang disukai. Sisa pekerjaan dapat dirundingkan apakah mau dikerjakan sendiri atau didelegasikan ke pihak ketiga (asisten, mesin, laundry, dsb).


Selain itu, ibu perlu membuat daftar pekerjaan hari itu (to-do list). Tetapkan skala prioritas menurut tingkat kepentingan dan mendesak/tidak. Tempel to-do list di tempat yang mudah terlihat.

 

Membuat to-do list

2. Antara pekerjaan rumah tangga dengan mengasuh anak

Ibu rumah tangga bukan berarti 24 jam hanya beberes rumah saja. Bila punya anak, apalagi masih bayi dan balita seperti saya, si anak masih suka nemplok ibunya. Ditinggal sebentar ke toilet bisa menangis meraung-raung semacam ditinggal pergi haji. *aamiin.


Anak-anak butuh perhatian ibunya, bermain bersama, membaca buku, mengobrol, olahraga bareng, atau sekadar jalan-jalan lalu mampir beli es krim di toko sebelah. Maka, ibu perlu membagi waktu antara pekerjaan rumah tangga dengan mengasuh anak.


Ibu dapat membuat kandang waktu. Misal tugas bersih-bersih rumah maksimal sampai pukul 7 pagi sudah harus selesai. Pukul 7-15 bisa fokus mengasuh anak. Beberes selanjutnya dijadwalkan pukul 3-4 sore ketika anak les online.


 Baca juga My House is My Playground


3. Lakukan dengan mindful

Multi-tasking membuat kegiatan terasa penuh, saya pun masih kerap melakukannya. Mengerjakan dua pekerjaan dalam satu waktu terkadang berhasil, pernah pula malah enggak karuan.


Dalam satu dua kesempatan, saya mencoba untuk lebih mindful beraktivitas. To-do list dipersingkat 3-4 hal dalam sehari, melakukan satu pekerjaan saja dalam satu waktu, menerima keadaan rumah yang tak selalu rapi, juga menunda menggunakan gawai saat bangun tidur.


Contohnya, saat makan biasanya sambil scrolling medsos atau membaca buku. Saya coba untuk makan saja. Melihat makanan yang tersaji, menghirup aromanya, merasakan teksturnya, menikmati kunyahan, dan bersyukur atas rezeki makanan ini.

 

AVARO Laser Robotic Vacuum Cleaner Si Asisten Robot Canggih

Sesuai tips membagi waktu ibu rumah tangga poin 1, ibu tak dapat melakukan semua pekerjaan rumah tangga sendiri. It’s okay if we ask for help, salah satunya meminta bantuan pada asisten robot canggih si AVARO Laser Robotic Vacuum Cleaner.


Urusan menyapu dan mengepel itu nampaknya sederhana namun jujur kadang saya tak setiap hari melakukannya. Kalaupun membersihkan di tempat yang mudah saya lihat saja.

Ilustrasi pojok main anak (dok. Unsplash)


Saya punya anak balita yang belajar makan sendiri. Nasi jatuh, kuah tumpah, remahan biskuit tersebar di karpet dan lantai, atau kadang saya tidak tahu ia makan di mana eh sampai ada potongan ikan nyempil dekat rak buku (entah sudah berapa hari di sana).


AVARO Laser Robotic Vacuum Cleaner menjadi bala bantuan mengerjakan tugas menyapu dan mengepel rumah secara bergantian. Saya dapat melakukan aktivitas domestik lain atau menemani anak-anak bermain sementara rumah tetap terjaga kebersihannya.


Fitur AVARO Laser Robotic Vacuum Cleaner antara lain:


Mapping Bentuk Rumah

Di awal, vacuum robot AVARO akan mapping bentuk rumah, kenalan dulu dengan tempat baru. AVARO dapat menyimpan memori sampai 4-5 lantai, lho. Vacuum robot ini dapat dipakai untuk rumah tingkat.


Dilengkapi Ai SENSOR

Nah kalau ketemu dinding, furniture, atau tangga bagaimana? AVARO Laser Robotic Vacuum Cleaner dilengkapi Ai SENSOR (Anti Bump & Fall) sehingga dapat bergerak bebas, cerdas, dan aman tanpa terjatuh atau terbentur.


Menjangkau lebih banyak area rumah

Bentuknya yang compact dapat menjangkau hingga bawah kasur dan sofa. Ini area yang lumayan bikin encok kalau nyapu-ngepel karena harus menunduk padahal debu-debu banyak berkumpul di sana. Dengan AVARO Laser, area yang sulit kita jangkau menjadi lebih mudah dibersihkan.

AVARO Laser menjangkau kolong meja, kasur, dan lemari


Strong Vacuum Power

Daya hisap debu AVARO Laser hingga 1800pA, efektif membersihkan lantai dan karpet dari kotoran dengan optimal. Dari lantai ke karpet pun AVARO bisa “memanjat” sendiri dengan fitur Creative Climbing Switch max 1,5 cm.


Anti-Slip

AVARO Laser dilengkapi anti-slip belt supaya tidak tergelincir di tempat yang licin. Membersihkan tumpahan minuman pun bisa dilakukan dengan mudah.


Baterai 3000 mAh Lithium

Dilengkapi baterai 3000 mAh lithium, AVARO Laser dapat membersihkan area rumah hingga 120 menit/120m2. Walking speed-nya 0,3m/detik.


Saat lowbatt, AVARO otomatis kembali ke charging dock untuk mengisi daya. Setelah baterai penuh, AVARO Laser kembali ke tempat semula untuk menuntaskan bersih-bersihnya. Canggih dan bertanggung jawab!


Menjadwalkan Otomatis melalui AVARO APP

Proses pengoperasian AVARO Laser mudah menggunakan AVARO APP di smartphone untuk menghidupkan, mematikan, mengawasi secara real-time, dan mengganti mode cleaning.


Tahu piala Adipura? Kunjungan ibu saya ke rumah bak juri Adipura. Beliau sangat concern terhadap kebersihan rumah. Segala sudut rumah diteliti, bersih enggak. Deg-degan tiap beliau akan berkunjung. Kalau ada asisten robot AVARO Laser, cukup klik atur dari apps AVARO. Yes!

Robot vacuum AVARO dapat digunakan untuk menghisap debu di karpet


Gimana enggak happy dengan fitur-fitur Robot Vacuum Cleaner AVARO yang membantu banget ibu rumah tangga sepertiku ini. Jadi lebih kalem menghadapi remahan makanan atau tumpahan air dari anak balita. Urusan menyapu dan mengepel, delegasikan saja ke AVARO Laser Robotic Vacuum Cleaner.


Kabar baiknya, tadi saya cek harga AVARO Official Store di Tokopedia sedang promo. Harga normalnya Rp2.599.000,00 menjadi Rp1.999.000,00! Sudah termasuk garansi resmi 2 tahun.


24 jam rasanya enggak cukup namun dengan manajemen waktu ibu rumah tangga yang baik, insya Allah berbagai pekerjaan dapat diselesaikan. Apalagi dibantu smart assistant AVARO Laser Robot Vacuum Cleaner untuk menjaga kebersihan lantai rumah. Gimana buibu, udah pakai AVARO? Atau tertarik menggunakan robot vacuum cleaner ini?

27 comments on "Tips Manajemen Waktu Ibu Rumah Tangga"
  1. ya ampun ini mah alat rumah tangga idaman banget sih,, AVARO Laser Robotic Vacuum Cleaner beneran asisten rumah tangga terbaik sih buat bantu-bantu bebenah rumah

    ReplyDelete
  2. Wah, Avaro Laser tuh mejadi andalan para ibu dan keluarga untuk urusan membersihkan lantai rumah ya :) Banyak banget kelebihan alat ini. Bisa disetel otomatis juga ya, sehingga kita tetap bisa hangout dan biarkan Avaro bekerja dengan baik. Harganya jadi agak miring ada diskon nih, serbuuuuu!

    ReplyDelete
  3. Dari kemarin lihat review Avaro Robot Vacuum Cleaner ini. Jadi makin mupeeeng.
    Ngebantu banget soalnya apalagi kalau pas kumpul lebaran kan lantai rentan kotor sama remahan kue-kue. Cocok banget deh punya Avaro di rumah dan bisa dibawa mudik juga kan.

    ReplyDelete
  4. bener banget mbak bagi IRT 24 jam rasanya gak cukup huhuh apalagi kalau banyak deadline *pengsan cantik. Saya juga suka bikin daftar kerjaan jadi lebih terstruktur dan gak akan lupa. Saat udah dicentang, duh rasanya lega banget. Wait robot vacumnya bisa menghisap debu di karpet? omoo ini kereen, mau kumasukkin wishlist. Sangat membantu ya mbak untuk menyelesaikan pekerjaan rumah tangga kita dengan Avaro ini.

    ReplyDelete
  5. Huwooo, mupeng banget buat punya AVARO Laser Robotic Vacuum Cleaner

    bener2 Asisten Robot Canggih nan ciamik iniii
    kalo punya AVARO juga bs hemat budget karena ga perlu bayarin ART ye kan.

    ReplyDelete
  6. Boleh nih mak kirimkan avaro ke rumah sayah, butuh banget buat wiken ini yah, hehehe. Kalo bisa jangan terlambat, biar cepat juga beberesnya, ngak pake lama, mau lanjut nonton

    ReplyDelete
  7. Bener kudu buat to do list. Kalo gak gitu bakal banyak magernya kayak saya. Soalnya kalo gak bikin kan jd mengentengkan pekerjaan, ditunda mulu, akhirnya numpuk dan posing mulai dr mana kerjainnya. Btw enak deh udah ada yg bantuin bersihkan debu2 sampai kolong kursi. Ngiriiii

    ReplyDelete
  8. Dibikin happy aja ya mba dalam penyelesaian tugas. Kadang udah dijadwalkan tapi masih ada kemungkinan meleset juga. Bisa rada santai nih kalau udah dibantu si Avaro, tinggal selesaikan tugas yang lainnya.

    ReplyDelete
  9. Robotic vacuum cleaner gini enaknya buat multitasking an ya mba. Si robot biar nyapu semua ruangan, kita masak di dapur. Pas udah mateng, lantai udah bersih.

    ReplyDelete
  10. Iya memang ya kalau dituruti kerjaan rumah tangga seabrek ngga habis-habis jadinya ya sebisaku saja hehe terus ada bantuan dari bocah dan suami jadi lebih ringan, mau juga robot ngepel ini lantai jadi lebih kinclong yaa

    ReplyDelete
  11. Enak banget punya Avaro ini ya, bisa ngolong2, menjangkau tempat2 yg biasanya susah banget kita gapai. Serasa punya ART. Kalau ditanya, ARTnya siapa? AVARO 🤣🤣

    ReplyDelete
  12. Wah promo jadi 1,99 juta ya mbak? Lumayan banget sih harganya jauh lebih murah. Aku masih menimbang nih punya ini mengingat mau pindahan rumah tingkat. Pingin ku yang kamar atas pake robot avaro aja

    ReplyDelete
  13. Canggih amat Avaro ini, dia bisa mapping rumah kita juga ya? Kalau aku sih senangnya punya robot vacuum gini karena jadi bisa bersihin kolong tempat tidur tanpa repot.

    ReplyDelete
  14. wah senangnya kalau di rumahku juga ada Avaro, vacum cleaner robot ini. Bisa menjangkau semua sudut rumah ya dan kolong kolong yang pastinya udah banyak sarang laba laba dan debu hehe

    ReplyDelete
  15. Aku meskipun anaknya banyak tetap mengusahakan rumahnya rapi. Pertama karena aku ga bisa konsentrasi kerja atau mulai belajar kalau rumah berantakan hahaha

    ReplyDelete
  16. wahh mbak Helen, kok sama mbak
    Aku juga selalu buat to do list harian, biar nggak lupa

    ReplyDelete
  17. Jadi ingat kata-kata Bu Septi yaa, kak Helen.
    Bahwa bila kita sungguh-sungguh, maka akan keluar dengan aa yang kita lakukan dengan kesungguhan kita tersebut.

    Termasuk dalam mengasuh anak dan mengatur kerumahtanggaan yang mashaAllah~
    Dengan AVARO Laser Robotic Vacuum Cleaner, rumah jadi tetap bersih dan urusan rumah tangga untuk hal bebersih jadi beres.

    ReplyDelete
  18. Mencatat to do list ini penting banget lho, aku biasanya aku catet malam. Jadi besoknya tinggal eksekusi.. Lumayan terarah gitu jadinya.
    Heuheu rasanya pingin punya si Avaro satu... Biar bisa leyeh leyeh sejenak gitu. Urusan sapu dan mengepel biarlah dipegang si Avaro ahahaha

    ReplyDelete
  19. Udah lama banget kepingin punya robot vacuum, tapi bingung beli yang mana... Makasih review avaronya ya mbak... Lagi ada promo pula nih...

    ReplyDelete
  20. Tips yg perlu ditiru nih oleh kaum emak-emak. terutama aku, juga sepertinya ini nasehat buat akun hihi

    ReplyDelete
  21. Duh impian banget deh punya robot vacuum cleaner kayak ini!
    Ku udah ngincer sejak pada menggunakannya, dan sekarang juga ada pel yang sangat compatible dan ga ngerepotin jadi nabung pindah ke robot VC dulu

    ReplyDelete
  22. Helen, masalah kita kok sama? Emang kalau enggak dibikin to do list, rasanya masalah kacau yak. Jadi burn out terus nangis sendiri, huhuhu. Btw, vakum kekinian kayak gitu menarik banget. Cuman aku suka khawatir dijadikan mainan sama anak-anak, tahan banting kan ya?

    ReplyDelete
  23. Membuat kandang waktu, heemmm saya baru tahu istilah ini. bagus juga buat di tiru.

    Kalau ada AVARO Laser Robotic Vacuum Cleaner di rumah, seneng banget nih pastinya. Bisa meringankan urusan bersih-bersih di rumah

    ReplyDelete
  24. Aku dulu pake waktu buat bagi2nya tp ga berhasil. Akhirnya cuma tulis2 plan tiap hari ngapain aja, dan lebih gampang diinget.

    Trus urusan sapu jg udah diserahkan ke vakum robot 😆 pel bisa ganti2an sama anak 😂

    ReplyDelete
  25. bener rasanya 24 jam kurang waktunya buat ngasuh anak sambil ngerjain apa yang kita mau hufffft
    tapi pas anak tidur rasanya sepi ga rame lagi padahal pas pagi ketemu lagi rame lagi anak2

    ReplyDelete
  26. Kita manusia butuh mesin yang membantu dan butuh to do list biar semuanya tidak keteteran lagi

    ReplyDelete
  27. Aku butuh sih vacum ini, penting kalo asisten2 ku mudik 😄. Selama ini kan tiap mereka mudik aku sekeluarga juga mudik juga ke hotel 🤣, sampe si mbak2 kesayanganku balik. Setidaknya kalo si mba ga ada, aku bisa pake jni drpd manggil jasa cleaning tiap hari 😁. Suka Ama featurenya yg bisa charging dulu pas dayanya habis, dan anti fall. Karena rumahku banyak undak2an nya mba.

    ReplyDelete

Haiiii... Terima kasih banyak ya sudah berkunjung. Semoga artikel tersebut bermanfaat.

Sebelum beralih ke artikel selanjutnya, tulis komentar dong... bisa pakai Name/URL, atau Anonymous pun saya menerima.

Sering-sering mampir ke sini ya!

Kalau mau surat-menyurat, kirim e-mail aja ke helenamantra@live.com

Salam,
Helena

Auto Post Signature

Auto Post  Signature
Stay happy and healthy,